Selamat datang di ForSa! Forum diskusi seputar sains, teknologi dan pendidikan Indonesia.

Selamat datang, Pengunjung. Silahkan masuk atau mendaftar. Apakah anda lupa aktivasi email?

Juni 24, 2021, 12:32:44 AM

Masuk dengan nama pengguna, kata sandi dan lama sesi

Topik Baru

Artikel Sains

Anggota
Stats
  • Total Tulisan: 139653
  • Total Topik: 10396
  • Online Today: 57
  • Online Ever: 441
  • (Desember 18, 2011, 12:48:51 AM)
Pengguna Online
Users: 0
Guests: 57
Total: 57

Ikuti ForSa

ForSa on FB ForSa on Twitter

Penulis Topik: [ask] Ectoplasm, apaan sih?  (Dibaca 12038 kali)

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

Offline Takagi Fujimaru

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 921
  • IQ: 47
  • Gender: Pria
  • Falcon is flying...
[ask] Ectoplasm, apaan sih?
« pada: April 19, 2010, 11:44:42 PM »
Lagi2, buat kk momod. Kalo salah tempat, pindahin ya? hohoho

Adakah yang tau apa itu ectoplasm?
Belajar itu buat cari ilmu, bukan cari nilai.

Offline nandaz

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 1.849
  • IQ: 75
  • Gender: Pria
  • ...Mad about Sci_mistery
Re: [ask] Ectoplasm, apaan sih?
« Jawab #1 pada: April 21, 2010, 10:10:28 AM »
ini, pseudo kali....ngomong tentang ektoplasma, jadi inget komik inuyasha...itu roh yang keluar dari tubuh seseorang yang berbentuk kabut putih,
« Edit Terakhir: April 21, 2010, 10:26:59 AM oleh nandaz »
starting by doing what is necessary, then what is possible and suddenly you are doing the impossible...
\dia\cal{ANONYMOUS}\cl

Offline Takagi Fujimaru

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 921
  • IQ: 47
  • Gender: Pria
  • Falcon is flying...
Re: [ask] Ectoplasm, apaan sih?
« Jawab #2 pada: April 21, 2010, 10:13:10 AM »
Wah, ternyata bener roh ya? Trus ini nyata ga? Hm, klo diliat dari postingnya nandaz, kyknya ga asli ya? Tapi kmaren aq liat sklias ada penelitian ttg ini... Hmmmm

Offline nandaz

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 1.849
  • IQ: 75
  • Gender: Pria
  • ...Mad about Sci_mistery
Re: [ask] Ectoplasm, apaan sih?
« Jawab #3 pada: April 21, 2010, 10:24:59 AM »
Wah, ternyata bener roh ya? Trus ini nyata ga? Hm, klo diliat dari postingnya nandaz, kyknya ga asli ya? Tapi kmaren aq liat sklias ada penelitian ttg ini... Hmmmm
tentu saja ada, dalam biologi ectoplasm juga merupakan lapisan luar protoplasma yang bersifat liat dan kaku yang terdapat pada sel...orang menggunakan nama ini sebagai roh...
sedangkan ektoplasma baru roh gitu, orang indo yang menyamain nama ectoplasm sama dengan ektoplasma..salah terhadap penulisan huruf, padahal keduanya memiliki arti beda
« Edit Terakhir: April 21, 2010, 10:26:33 AM oleh nandaz »

Offline Takagi Fujimaru

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 921
  • IQ: 47
  • Gender: Pria
  • Falcon is flying...
Re: [ask] Ectoplasm, apaan sih?
« Jawab #4 pada: April 21, 2010, 10:47:11 AM »
Pantes! Pas q gugling pake indonesia, hasilnya roh-roh gitu...tapi klo pake english yg nongol malah bio...hmmm...begitu...makasii mas nandaz...

Offline Christyo

  • Mahasiswa
  • **
  • Tulisan: 24
  • IQ: 2
  • Gender: Pria
Re: [ask] Ectoplasm, apaan sih?
« Jawab #5 pada: April 29, 2010, 02:13:33 AM »
bedanya ama aura apa??
bingung ni kakak...
hahaha..

Offline Farabi

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 3.282
  • IQ: 171
  • Gender: Pria
  • Nabi Allah
Re: [ask] Ectoplasm, apaan sih?
« Jawab #6 pada: April 30, 2010, 12:07:53 AM »
bedanya ama aura apa??
bingung ni kakak...
hahaha..

Konon katanya tubuh manusia memancarkan listrik, dan listrik ini intensitasnya berubah2x sesuai mood, itulah yang disebut sebagai aura. Kalau tidak salah, memang tubuh manusia itu memancarkan radiasi karena atom2xnya bergetar, tapi dalam spektrum infra merah. Infra merah tersebut kalau nilainya dinaikkan bisa menjadi spektrum cahaya tampak. Itulah sebabnya ada alat night vision.
Raffaaaaael, raffaaaaael, fiiii dunya la tadzikro. Rafaael. Fi dunya latadzikro bil hikmah, wa bil qiyad

Maa lahi bi robbi. Taaqi ilaa robbi. La taaqwa, in anfusakum minallaaahi.

Offline Takagi Fujimaru

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 921
  • IQ: 47
  • Gender: Pria
  • Falcon is flying...
Re: [ask] Ectoplasm, apaan sih?
« Jawab #7 pada: April 30, 2010, 09:42:16 PM »
Hm, bukannya Night Vision itu bekerja berdasarkan sensor panas?

Oia, klo ga salah ada penelitian tentang massa roh. Ga tau lagi bener apa engga... Katanya, tikus yg mati massanya berkurang 1/1jt gram...

Offline Farabi

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 3.282
  • IQ: 171
  • Gender: Pria
  • Nabi Allah
Re: [ask] Ectoplasm, apaan sih?
« Jawab #8 pada: Mei 01, 2010, 01:08:22 AM »
Hm, bukannya Night Vision itu bekerja berdasarkan sensor panas?

Oia, klo ga salah ada penelitian tentang massa roh. Ga tau lagi bener apa engga... Katanya, tikus yg mati massanya berkurang 1/1jt gram...

IYa sensor panas, tapi dalam spektrum infra red


Offline Pi-One

  • Next Hikaru Genji
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 6.981
  • IQ: 40
  • Gender: Pria
  • Next Hikaru Genji
    • Membantah Hoax
Re: [ask] Ectoplasm, apaan sih?
« Jawab #9 pada: Mei 01, 2010, 02:47:37 AM »
Oia, klo ga salah ada penelitian tentang massa roh. Ga tau lagi bener apa engga... Katanya, tikus yg mati massanya berkurang 1/1jt gram...
Memang itu sudah menimbang massa dari udara dan air yang meninggalkan tubuh?

Offline HyawehHoshikawa

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 499
  • IQ: 22
  • Gender: Pria
  • ehm...gua itu cowo' yah...
Re: [ask] Ectoplasm, apaan sih?
« Jawab #10 pada: Mei 01, 2010, 08:16:30 AM »
nah, kalo yang saya tau,
beda massa antara orang yang masi idup sesaat dengan yang mati, itu sekitar 21 gram,
tapi ngga tau itu massa roh? ato kayak kata pi-one massa udara air ato apalah.
Rationality alone isn't enough, the world is Complex.

Offline Farabi

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 3.282
  • IQ: 171
  • Gender: Pria
  • Nabi Allah
Re: [ask] Ectoplasm, apaan sih?
« Jawab #11 pada: Mei 01, 2010, 11:46:08 AM »
http://www.youtube.com/watch?v=81uvR6SZuog

Kalo ngomongin masalah roh, dari hasil penelitian oleh tim diatas, roh itu adalah gelombang listrik yang bisa diukur. Kalau tidak salah untuk sebuah penampakan dibutuhkan listrik sekitar 1.7 milli gaus, sedangkan berdasarkan percobaan saat dalam sebuah kamar yang mempunyai ukuran 7.1 mili gaus roh tersebut bisa mencakar manusia.

Offline nandaz

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 1.849
  • IQ: 75
  • Gender: Pria
  • ...Mad about Sci_mistery
Re: [ask] Ectoplasm, apaan sih?
« Jawab #12 pada: Mei 02, 2010, 01:40:28 AM »
...meragukan kebenarannya, video nya terlalu panjang, malas nunggu2....jadi inget film "supranatural"

Offline Farabi

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 3.282
  • IQ: 171
  • Gender: Pria
  • Nabi Allah
Re: [ask] Ectoplasm, apaan sih?
« Jawab #13 pada: Mei 02, 2010, 03:20:59 PM »
...meragukan kebenarannya, video nya terlalu panjang, malas nunggu2....jadi inget film "supranatural"

Kalau memang menurut anda jin atau roh tidak ada kenapa tidak anda maki2x saja jinnya? toh tidak akan terjadi apa2x kan?

Offline Al-Khawarizmi

  • Siswa Baru
  • *
  • Tulisan: 5
  • IQ: 1
Re: [ask] Ectoplasm, apaan sih?
« Jawab #14 pada: Mei 02, 2010, 10:36:29 PM »
bedanya ama aura apa??
bingung ni kakak...
hahaha..

Konon katanya tubuh manusia memancarkan listrik, dan listrik ini intensitasnya berubah2x sesuai mood, itulah yang disebut sebagai aura. Kalau tidak salah, memang tubuh manusia itu memancarkan radiasi karena atom2xnya bergetar, tapi dalam spektrum infra merah. Infra merah tersebut kalau nilainya dinaikkan bisa menjadi spektrum cahaya tampak. Itulah sebabnya ada alat night vision.

Assalamualaikum wbt.

Izinkan saya mencelah juga ya, saya petiknya daripada sumber internet juga;

Aura ataupun digelar juga sebagai gelombang elektromagnetik, jaluran tenaga atau wap-wap air dalam warna-warna pelangi yang diserap dan tidak kelihatan dalam cahaya nampak tetapi sebenarnya ia wujud di persekitaran tubuh manusia, haiwan dan tumbuhan yang hidup.

Aura berbentuk seperti sebuah telur raksasa. Aura adalah sebuah medan energy atau tenaga yang hidup. Setiap sel berbeza tenaga atau frekuensinya untuk membentuk organ-organ yang berlainan dengan fungsi yang berlainan juga. Sel-sel itu mempunyai tugas masing-masing. Organ hanya berfungsi sebagai satu alat yang membentuk sistem seperti ginjal, perut, pankreas dan sebagainya. Namun demikian, yang menggerakkan tenaga (daya hidup) sistem tubuh ialah kerja-kerja sel yang dikawal oleh kelajuan cahaya pelbagai warna dengan frekuensi tertentu.

Aura adalah gelombang cahaya yang mengandungi medan elektrik yang mempunyai gerakan tegak dan lurus terhadap rambatan gelombang.

Bioelectromagnetism (sometimes equated with bioelectricity) refers to the electrical, magnetic or electromagnetic fields produced by living cells, tissues or organisms. Examples include the cell membrane potential and the electric currents that flow in nerves and muscles, as a result of action potentials. It is not to be confused with bioelectromagnetics, which deals with the effect on life from external electromagnetism. -  Wikipedia

 

Related Topics

  Subyek / Dimulai oleh Jawaban Tulisan terakhir
Ikan itu tidur ga sih?

Dimulai oleh reborn « 1 2 3 » Biologi

40 Jawaban
33026 Dilihat
Tulisan terakhir Oktober 11, 2011, 10:51:00 AM
oleh exile_rstd
4 Jawaban
4410 Dilihat
Tulisan terakhir Agustus 06, 2008, 12:40:13 PM
oleh L
6 Jawaban
4967 Dilihat
Tulisan terakhir Oktober 26, 2009, 10:28:08 AM
oleh r.a.n
8 Jawaban
6620 Dilihat
Tulisan terakhir Mei 11, 2010, 07:00:24 PM
oleh kuin
4 Jawaban
5661 Dilihat
Tulisan terakhir September 20, 2010, 05:39:31 AM
oleh faiqhr