Member baru? Bingung? Perlu bantuan? Silakan baca panduan singkat untuk ikut berdiskusi.

Welcome to Forum Sains Indonesia. Please login or sign up.

Agustus 09, 2022, 05:44:07 AM

Login with username, password and session length

Topik Baru

Artikel Sains

Anggota
  • Total Anggota: 26,760
  • Latest: Hormide
Stats
  • Total Tulisan: 139,633
  • Total Topik: 10,390
  • Online today: 71
  • Online ever: 441
  • (Desember 17, 2011, 09:48:51 AM)
Pengguna Online
Users: 0
Guests: 45
Total: 45

Aku Cinta ForSa

ForSa on FB ForSa on Twitter

Bumi Kiamat tahun 2012

Dimulai oleh uzik-sama, Desember 16, 2008, 07:08:52 AM

« sebelumnya - berikutnya »

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

uzik-sama

ramalan1:
Pada 21 Desember 2012 akan menjadi hari berakhirnya peradaban umat manusia kali ini, dalam perhitungan kalender Maya. Sesudah itu, umat manusia akan memasuki peradaban baru total yang tidak ada hubungannya sama sekali dengan peradaban sekarang. Pada hari itu, tepatnya musim dingin tiba, matahari akan bergabung lagi dengan titik silang yang terbentuk akibat ekliptika (jalan matahari) dengan ekuator secara total. Saat itulah, matahari tepat berada di tengah-tengah sela sistem galaksi, atau dengan kata lain galaksi terletak di atas bumi, bagaikan membuka sebuah "Pintu Langit" saja bagi umat manusia.

ramalan2:

Di Indonesia sendiri seorang peramal mengatakan, "pada tahun 2012 nanti jumlah penduduk di Indonesia ini tinggal 40%". Lalu ketika ditanya apa penyebabnya,dia menuturkan, "pada tahun itu sebuah bencana besar akan melanda Bumi secara Global, mungkin pada setiap negara nantinya hanya menyisakan 30%-40% kehidupan untuk kembali membangun kehidupan baru".

uzik-sama

"Matahari akan bersinar 36 jam nonstop pada 17 Oktober 2008. Ini terjadi 2400 tahun sekali. Kita beruntung dapat menyaksikan dan merasakannya. Beritahukan yang lain, ya!".

Informasi yang beredar dari milis ke milis bulan lalu ini sempat menghebohkan. Sejumlah media utama pun sempat terpancing untuk menulis dan menginformasikan berita ini kepada ahli astronomi. Hasilnya, informasi itu tidak benar. Di rimba internet, informasi sampah semacam ini sangat banyak.


Informasi yang dikategorikan hoax (cerita bohong) ini dengan leluasa masuk ke kotak surat elektronik setiap orang. Seringkali hoax membuat heboh dan merugikan banyak pihak.

Sebagian warga Yogyakarta, Mei lalu, misalnya, sempat khawatir karena beredar informasi di dunia maya bahwa 11 hari lagi akan ada gempa dahsyat yang memicu tsunami. Untuk lebih meyakinkan, berita itu mencatut nama jaringan televisi CNN. Menurut informasi itu, CNN memberitakan lempeng bumi autralia sedang bergerak ke arah utara menuju asia dan akan menabrak pulau jawa. Namun, hingga 11 hari berikutnya, Yogyakarta ternyata aman-aman saja. Pasalnya informasi itu memang bohong.


Di Paris Perancis, sebagian orang takut datang ke bioskop karena ada informasi yang menyebutkan banyak orang yang pantatnya tertusuk jarum yang ditebar di kursi bioskop. Yang menakutkan, jarum tersebut dilaporkan telah terkontaminasi HIV. Lebih seram lagi, akibat tertusuk jarum itu, para korban belakangan diketahui tertular HIV. Hoax serupa juga menyebutkan, seorang gadis muda yang berencana menikah tertusuk jarum di Priya Cinema, New Delhi, India. Jarum itu diberi catatan "selamat datang di dunia penderita HIV". Selanjutnya hoax tersebut menjelaskan, empta bulan setelah tertusuk jarum, gadis itu meninggal dunia karena syok berat. Hoax itu juga mewanti-wanti semua orang untuk berhati-hati dan waspada di tempat umum.


Dan sekarang muncul HOAX baru yang membahas mengenai peristiwa kiamat yang akan terjadi pada tahun 2012. Waspadalah, kalian semua diperdaya !


Ciri-Ciri Hoax

Salah satu ciri hoax adalah timbulnya efek berantai. Ya, memang itulah maksud dan tujuan dari hoax, Tanpa peduli isinya, hoax menginginkan penerimanya untuk mengirimkan surat itu kesemua orang. Itulah yang disebut efek berantai atau efek forward. Ciri-ciri hoax lebih lanjut yaitu sebagai berikut :

1. Topik yang unik (misalnya komputer, kesehatan, keuangan, kemanusiaan, astronomi)

2. Masalah yang kira-kira akan membuat orang mengernyitkan dahi dan berupaya untuk memberitahukan kepada teman-temannya.

3. Menggunakan istilah-istilah ilmiah dan sudah diketahui banyak orang, beserta angka-angkanya.

4. Kadang ada alamat kantor berita di internet, supaya terlihat serius.

5. Ada kata-kata ajaib

6. Efek forward.


Apa yang harus dilakukan bila suatu berita terlihat seperti hoax ?

1. Tunda mengeklik tombol forward sampai bisa diyakini kebenaran beritanya.

2. Search google. Ketikkan judul berita tersebut dan tambahkan kata "hoax"

3. Tanyakan kepada orang yang benar-benar ahli

4. Telusuri setiap detail yang tercantum dalam berita. Jika disebutkan nama riset atau universitas tertentu, carilah di internet. Bila perlu hubungi institusi tersebut untuk mendapat klarifikasi.


Yang harus dilakukan jika terbukti hoax :

1. Hapus segera berita tersebut dari inbox

2. Jika memungkinkan, buat bantahan di media yang bisa di akses semua orang, misalnya internet atau surat pembaca

3. Stop membicarakannya kepada orang lain jika tidak ditanya. Bahasa lisan sangat mudah terdistorsi dan menghasilkan kebohongan baru.


Menghindari hoax :

1. Saat menulis apapun, posisikan diri sebagai pencari informasi, bukan pakar

2. Jangan membuat pernyataan bahaya jika tidak terlalu yakin kebenarannya

3. Bersikaplah skeptis terhadap semua berita, tidak ada berita yang benar sebelum benar-benar terbukti benar

4. Bertanggung jawab, meminta maaf dan menyatakan terus terang jika memang tulisan yang dibuat salah

5. Bila memungkinkan, hapus segera tulisan yang terbukti salah agar tidak terbaca oleh orang awam

6. Tanamkan dikepala kita bahwa tombol forward tidak digunakan untuk menyebar berita apapun.


Begitulah rimba raya internet. Informasi yang melimpah ruah tidak selamanya membantu orang, sebagian justru menyulitkan. Ada seorang blogger senior di Jakarta menyatakan, "Tidak selamanya internet membuat segalanya terang benderang"

utusan langit

hmmf, bahaya yach,.. aku googling dapet banyak banget artikel 2012, hmmf, di tread  "Indonesia dan Dunia Diprediksi akan Mengalami Krisis Terhebat Sepanjang Seja " juga udah disinggung singgung,.. hehehe

rawWARus

yach klo ramalan yg bisa dilogika sh mgkn q bisa menerima...
tapi mgkn bs tjd jg klo pecahya perang dunia ke3, lihat sj skrg kasus israel thdp palestina, dmn iran akan membantu serangan thdp israel gawat jg tuh klo tjd perang nuklir...
SeSuATu KarYa MaNusIa SerIng BeRaWaL dAri MimPI, MaKA eKSpresIkan MImpimU DenGAN Sains...
DaLAm HaL KeDUniAwiAn TAk AdA hAl yG tAk mUNgkin...

biobio

Kutip dari: rawWARus pada Januari 05, 2009, 02:28:00 PM
yach klo ramalan yg bisa dilogika sh mgkn q bisa menerima...
tapi mgkn bs tjd jg klo pecahya perang dunia ke3, lihat sj skrg kasus israel thdp palestina, dmn iran akan membantu serangan thdp israel gawat jg tuh klo tjd perang nuklir...
sampai skg iran tdk menyerang israel.kl smpe terjadi,bs jd alasan AS menyerang iran,lagipula bush benci ahmadinejad.tapi,skg kan udah ganti obama,ga tahu policies ny gmn.
"The pen is mightier than the sword"

rawWARus

#5
ah obama sama aja tuch... >:( >:(
ya mgkn klo perang jg ya sudah meletuslah mungkin PD selanjutnya...apa lg amerika lg melemah...dan saya yakin amerika tetap amerika ...
sekarang negara2 yg mayoritas muslim mulai bersatu menekan israel dan kalo israel meneruskan agresinya maka kemungkinan besar perang antara negara2 arab dan dunia akan terjadi melawan israel dan amerika...
dan klo tjd perang nuklir besar2 an ya tamat lah dunia...
wah q musti tobat nh KIAMAT UDAH DEKAT.... :-[ :-[ :-[
SeSuATu KarYa MaNusIa SerIng BeRaWaL dAri MimPI, MaKA eKSpresIkan MImpimU DenGAN Sains...
DaLAm HaL KeDUniAwiAn TAk AdA hAl yG tAk mUNgkin...

h4ry

hahaha , , ,blom pada tobat ?


ckckckck



^^a



yah klo masalah kiamat mah tunggu hari "H"nya ja kan ?

susah amat sih , , ,^^



tul gag ?




soAL oBAMA yanG jelAs beLA InDo LAh , , ,hahahhaha


(loh gag da hubnya ya ?  :-[ :-[ :-[ :-[)


;D ;D ;D
_Don't Be Affraid_

utusan langit

Kutip dari: rawWARus pada Januari 21, 2009, 11:08:27 AM
ah obama sama aja tuch... >:( >:(
ya mgkn klo perang jg ya sudah meletuslah mungkin PD selanjutnya...apa lg amerika lg melemah...dan saya yakin amerika tetap amerika ...
sekarang negara2 yg mayoritas muslim mulai bersatu menekan israel dan kalo israel meneruskan agresinya maka kemungkinan besar perang antara negara2 arab dan dunia akan terjadi melawan israel dan amerika...
dan klo tjd perang nuklir besar2 an ya tamat lah dunia...
wah q musti tobat nh KIAMAT UDAH DEKAT.... :-[ :-[ :-[
sepertinya Obama bakal merangkul negara-negara muslim dech,.. tapi dengan tetap negutamakan keadilan. ya kalo menurutku cukup adillah,..
untuk perang nuklir, tampaknya nggak akan semudah itu deh,..

biobio

OBAMA mana bisa membela indonesia? itu kan karangannya orang indonesia sendiri aja, mendompleng ketenaran orang lain. seolah kita ini tdk pny harga diri lagi, mengemis kemana2....
"The pen is mightier than the sword"

utusan langit

Kutip dari: biobio pada Januari 22, 2009, 01:17:46 PM
OBAMA mana bisa membela indonesia? itu kan karangannya orang indonesia sendiri aja, mendompleng ketenaran orang lain. seolah kita ini tdk pny harga diri lagi, mengemis kemana2....
kenapa tidak bisa membela Indonesia? asal Indonesia masih dijalur yang benar saja,..

biobio

Kutip dari: utusan langit pada Januari 22, 2009, 02:08:36 PM
kenapa tidak bisa membela Indonesia? asal Indonesia masih dijalur yang benar saja,..
akhirnya akan sama dengan bush. lihat saja nanti...
"The pen is mightier than the sword"

nandaz


kok melenceng topiknya ke politik.....wah, Obama memang pernah di indonesia, tetapi itu bukan jaminan kalo Obama bakal mengangkat harkat dan martabat negara kita,bukan....
starting by doing what is necessary, then what is possible and suddenly you are doing the impossible...
\dia\cal{ANONYMOUS}\cl

nurR

Kutip dari: rawWARus pada Januari 21, 2009, 11:08:27 AM
dan klo tjd perang nuklir besar2 an ya tamat lah dunia...
wah q musti tobat nh KIAMAT UDAH DEKAT.... :-[ :-[ :-[

tobat?
ngapain nunggu kiamat


obama dan bush
beda orang tapi sama pemikiran.
bentar......
orang goblok lagi belajar.

rere

Nyang blon kawinnnn, buruan kawin deh.
::)  :-\


The Houw Liong

#14
Tidak ada bukti ilmiah bahwa bumi akan kiamat pada tahun 2012.
Beberapa ilmuwan memprediksi tahun 2012 adalah tahun aktivitas matahari puncak, sehingga ada kemungkinan coronal mass ejection (CME) yang dahsyat akan menimbulkan badai magnetik dan akan megganggu sistem pelistrikan, sistem komunikasi dan sistem navigasi.

HouwLiong