Member baru? Bingung? Perlu bantuan? Silakan baca panduan singkat untuk ikut berdiskusi.

Welcome to Forum Sains Indonesia. Please login or sign up.

Juni 26, 2022, 06:41:21 AM

Login with username, password and session length

Topik Baru

Artikel Sains

Anggota
  • Total Anggota: 26,754
  • Latest: sainsftw
Stats
  • Total Tulisan: 139,632
  • Total Topik: 10,389
  • Online today: 62
  • Online ever: 441
  • (Desember 17, 2011, 09:48:51 AM)
Pengguna Online
Users: 0
Guests: 39
Total: 39

Aku Cinta ForSa

ForSa on FB ForSa on Twitter

HIDUP TANPA KEYAKINAN , BENAR-BENAR TANPA KEYAKINAN

Dimulai oleh excelboy, Juli 24, 2011, 04:21:58 PM

« sebelumnya - berikutnya »

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

excelboy

OKE GANS LANGSUNG AJA , SETIAP KITA PASTI MEMILIKI SETIDAKNYA SATU KEYAKINAN DALAM HIDUP INI , YAITUYAKIN TERHADAP EKSISTENSI DIRI SENDIRI

TAPI BISAKAH KITA BAYANGKAN , ADA MANUSI YANG HIDUP TANPA KEYAKINAN , BENAR-BENAR TANPA KEYAKINAN , SAMPAI DALAM TINGKAT YANG EKSTRIM ,IA TIDAK YAKIN AKAN EKSISTENSI DIRINYA SENDIRI

MUNGKINKAH ITU GANS  8)???

Icha

mungkin aja sih mas bro,pa lagi org yg merasa dirinya benar" terpojok,pesimis,sampe dia ga yakin sama apa yg akan dia utarakan  :kribo:
sedikit ketidaktahuan akan mengakibatkan kesalahan yang fatal

excelboy

Kutip dari: Icha pada Juli 24, 2011, 04:59:20 PM
mungkin aja sih mas bro,pa lagi org yg merasa dirinya benar" terpojok,pesimis,sampe dia ga yakin sama apa yg akan dia utarakan  :kribo:
ya , tapi adakah yang lebih ekstrim lagi , seperti gak yakin dengan keberadaan dirinya sendiri ?

Icha

ada mas bro,soalnya saya pernah ngerasain yg kayak gitu,tapi alhamdulillah udah sadar :)
sedikit ketidaktahuan akan mengakibatkan kesalahan yang fatal

topazo

Ada donk... Pada saat itu, sang manusia hanya merasa seperti seonggok daging yang berkedut... Sampai akhirnya dia berkata "[pranala luar disembunyikan, sila masuk atau daftar.]"...
Maka nikmat Tuhan kamu yang manakah yang kamu dustakan?

Icha

Kutip dari: topazo pada Juli 24, 2011, 08:08:19 PM
Ada donk... Pada saat itu, sang manusia hanya merasa seperti seonggok daging yang berkedut... Sampai akhirnya dia berkata "[pranala luar disembunyikan, sila masuk atau daftar.]"...
pa itu artinya ka?
sedikit ketidaktahuan akan mengakibatkan kesalahan yang fatal

excelboy

Kutip dari: topazo pada Juli 24, 2011, 08:08:19 PM
Ada donk... Pada saat itu, sang manusia hanya merasa seperti seonggok daging yang berkedut... Sampai akhirnya dia berkata "[pranala luar disembunyikan, sila masuk atau daftar.]"...

wah rene descartes dong ?

topazo

Cogito ergo sum... Artinya kira2 "aku berpikir maka aku ada"...

Jika aku berpikir, maka aku ada dan eksis. Kenapa aku ada?  karena berpikir adalah sebuah kegiatan, harus ada subjeknya... Jadi kalau ada yang berpikir, maka objeknya ada... Apakah objeknya? Objeknya adalah "Aku"...

Begitu kira2... Dengan kita berpikir tentang hidup saja, itu sudah menandakan bahwa kita eksis di dunia... Yang menjadi pertanyaan besar adalah... "Kenapa kita berpikir? Kenapa kita eksis?"...
Maka nikmat Tuhan kamu yang manakah yang kamu dustakan?

Muhammad Taufiqi

Kalau manusia agamis bisa saja menganggap semua ini dan dirinya tidak ada, yang ada hanyalah Tuhan.
Theoritical Physics


[move]See The World in Different Ways[/move]

Pi-One

Diri? Tidak ada. Itu hanyalah khayalan. :)

Aku berpikir, maka aku ada.
Tapi bagaimana kita tahu 'aku yang berpikir' benar-benar ada?
'Aku yang berpikir' tak lebih dari buah pikiran itu sendiri.

topazo

Kalau ada khayalan, maka siapakah yang menghayal kalau bukan "aku"...
Kalau Boss Pi-One bilang yang berpikir adalah si "buah pikiran", maka "aku" adalah "buah pikiran", dan manusia hanyalah sekelompok "buah pikiran yang sedang berpikir tentang eksistensinya"... Gitu bukan? Karena bagaimanapun juga, kalimat tidak akan sempurna kalau tidak ada si subjek untuk menceritakannya....

(Ini kok lebih tepat di agama dan filosofi ya...)
Maka nikmat Tuhan kamu yang manakah yang kamu dustakan?

Muhammad Taufiqi

Ada yang mirip dengan pembahasan ini ya, Topiknya kalau g salah Materi Nyata atau Tidak
Theoritical Physics


[move]See The World in Different Ways[/move]

excelboy

kayaknya mengerikan ya kalo kita BENER-BENER GA YAKIN DENGAN EKSISTENSI ... :-\

isaactaruma23

ada gan! gua pernah tuh ngerasainnya.. waktu itu sempet dapet kegagalan yang parah banget sampe" lupa ngapa"in! lupa makan lupa tidur lupa semuanya bahkan kakak gue nyebut kalo gua napas aja lupa haha

kerjaan gua cumen duduk bengong terus mikir 'enak kali ya kalo jadi ikan hias, kerjaan cuma renang" di akuarium ga perlu mikir tentang ini-itu' haha pokoknya parah kalo malem itu tidur jam 1-4 jam doang dan itu isinya mimpi buruk mulu dan itu gue bener" bingung!
gua hidup apa kaga isinya bingung banget gan ini yang terjadi apa beneran apa gimana.. ini semua khayalan gua ato gimana.. gua bingung gua masih hidup ato kaga, kalo hidup kok hal" kaya gini bisa terjadi ke gue.. pokoknya isinya bingung parah banget gan sampe kepikiran bunuh diri sik haha

sori curhat cumen gue percaya aja sik dan itu ada di siklus hidup manusia :)

MonDay

Jika diri hanya khayalan lalu yang mana kenyataan?