Selamat datang di ForSa! Forum diskusi seputar sains, teknologi dan pendidikan Indonesia.

Selamat datang, Pengunjung. Silahkan masuk atau mendaftar. Apakah anda lupa aktivasi email?

November 30, 2021, 12:43:55 AM

Masuk dengan nama pengguna, kata sandi dan lama sesi

Topik Baru

Artikel Sains

Anggota
Stats
  • Total Tulisan: 139668
  • Total Topik: 10408
  • Online Today: 39
  • Online Ever: 441
  • (Desember 18, 2011, 12:48:51 AM)
Pengguna Online
Users: 0
Guests: 28
Total: 28

Ikuti ForSa

ForSa on FB ForSa on Twitter

Penulis Topik: INCEPTION - mari berwisata diantara batas kenyataan dan mimpi  (Dibaca 14072 kali)

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

Offline nʇǝʌ∀

  • 🆈🆄🆁🅸 🅻🅾🆅🅴🆁
  • Global Moderator
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 505
  • IQ: 232
  • Gender: Pria
  • ɐɯɐs ɥɐlɐpɐ uɐʇɐlǝS uɐp ɐɹɐʇ∩
Re:INCEPTION - mari berwisata diantara batas kenyataan dan mimpi
« Jawab #15 pada: April 25, 2012, 08:20:11 PM »
kalau lucid dream biasanya orang langsung mengalami tindihan trus semuanya jadi gelap dan bahkan di antara mereka merasa tubuhnya di angkat. di situ, anda jangan takut, tubuh anda tidak benar2 diangkat.. nga usah berpikir hantu atau semacamnya.. nanti malah muncul saking yakinnya... tenang aja dan dalam pikiran perintahkan anda untuk melihat keadaan sekitar (metodenya ini macam2)
syukur2 anda bisa lihat ruangan tempat anda tidur tanpa membuka mata jadinya astral projection.

.. meski pada prakteknya, peristiwa itu suka tercampur dengan mimpi. terutama bagi orang yg ngotot belajar AP.

misal anda ngalamin tindihan karena lucid dream
terus anda mencoba melihat dunia nyata (astral projection)
ternyata anda bisa melihat dunia nyata, bahkan "tubuh halus" anda bisa jalan2
ketika anda bangun tidur anda baru sadar ternyata apa yang anda lihat ketika astral projection beda dengan dunia nyata
semisal ketika astral projection anda melihat lampu ruangan mati
tapi pas anda bangun anda melihat lampu ruangan nyala

so kalau saya pribadi lbh mencoba mendengarkan iringan musik khusus atau visualisasi cahaya ketika pandangan jadi gelap. tapi yg iringan musik ini seringkali gagal karena saya malah ga bisa tidur ketika dengerinnya.
bagaimanapun juga ini awalnya bukan bakat tapi dibandingkan astral projection, lucid dream itu susah utk didapatkan secara sengaja.
                |'''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''|
       __/""|"|--------nʇǝʌ∀ inc.------|
 > (|__|_|!!|__________________|
      (o)!""""""(o)(o)!"""""""""""(o)(o)!

Offline ytridyrevsielixetuls

  • To Kick Out Fake Critical Thinkers!
  • Global Moderator
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 687
  • IQ: 219
  • Gender: Pria
  • ▄▄█▀▀█▄▄█▀▀█▄▄█▀▀█▄▄
Re:INCEPTION - mari berwisata diantara batas kenyataan dan mimpi
« Jawab #16 pada: April 26, 2012, 08:00:14 AM »
astral projection tu cm memproyeksikan pikiran keluar tubuh jadi bukan roh keluar tubuh. dan nga ada itu yg namanya benang perak atau diculik setan...kalau anda sudah mendekati out of body (ini cuma istilah dari suksesnya astral projection), anda akan merasa seperti berputar dan pendengaran jadi campur aduk.

tapi bagi saya muncul keraguan, apakah AP ini beneran bisa lihat dunia nyata ketika tidur atau cuma rekaman informasi di otak saja ditambah halusinasi yg terlihat jelas ketika kita tidak sadar? sebab kalau benar ini cuma rekaman informasi + halusinasi mengapa bisa melihat tubuh sendiri tidur?

tapi kalau itu beneran bisa melihat dunia nyata dng AP lantas apa iya kita bisa mengeksplorasi segala tempat ? setahu saya orang yang melakukan AP ke bulan dan berjalan-jalan di bulan sebenarnya tidak benar2 melihat keadaan bulan. itu cuma proyeksi alam bawah sadarnya dari informasi ttg bulan yg dia tahu dari buku, TV, gambar, video ditambah persepsi dia sendiri.

jadi manakala ia ingin ke bulan dng AP, ia membayangkan gambar bulan dalam2 dan kemudian ia merasa seolah-olah berada di bulan, dan dikelilingi bintang2.... faktanya, segala temuan astronomi selalu diungkapkan oleh astronom dan bukan para praktisi AP.
mungkin aja orang zaman dulu pernah melakukan AP menembus langit tapi apa yang mereka lihat di balik langit ternyata beda dengan fakta astronomi....
     -/"|           -/"|           -/"|
<(O)}D     <(O)}D     <(O)}D
     -\_|          -\_|           -\_|

Offline topazo

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 542
  • IQ: 21
  • Gender: Pria
  • Topazo Kenni von Ashraldia Nessia
    • (belum ada isinya)
Re:INCEPTION - mari berwisata diantara batas kenyataan dan mimpi
« Jawab #17 pada: April 26, 2012, 09:36:03 AM »
Pertanyaan saya, apakah Astral Projection sudah pernah dibuktikan secara gamblang... Seperti; lulus test nya James Randi misalnya, atau beberapa test lain...
Soalnya saya pernah dengar2 dari orang psikologi, AP adalah bagian dari lucid dream, dan semuanya "100% halusinasi"... Gak ada hubungan sama sekali dengan realitas (kecuali mungkin yang berhubungan dengan memori dan ingatan)...
Maka nikmat Tuhan kamu yang manakah yang kamu dustakan?

Offline nʇǝʌ∀

  • 🆈🆄🆁🅸 🅻🅾🆅🅴🆁
  • Global Moderator
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 505
  • IQ: 232
  • Gender: Pria
  • ɐɯɐs ɥɐlɐpɐ uɐʇɐlǝS uɐp ɐɹɐʇ∩
Re:INCEPTION - mari berwisata diantara batas kenyataan dan mimpi
« Jawab #18 pada: April 26, 2012, 09:16:14 PM »
setahu saya yang pernah mengalahkan Randi adalah seorang clairvoyant. kalau utk kebenaran AP itu sendiri sepertinya mesti dicoba sendiri.
sedangkan dlm pengalaman saya sendiri memang tidak bisa membuktikan bahwa AP itu keadaan sebenarnya di dunia nyata. sepertinya memang sesuai memori dan persepsi saja
tapi sisi baiknya adalah gambarnya jelas terlihat.

Offline ytridyrevsielixetuls

  • To Kick Out Fake Critical Thinkers!
  • Global Moderator
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 687
  • IQ: 219
  • Gender: Pria
  • ▄▄█▀▀█▄▄█▀▀█▄▄█▀▀█▄▄
Re:INCEPTION - mari berwisata diantara batas kenyataan dan mimpi
« Jawab #19 pada: April 26, 2012, 09:53:46 PM »
cuma yang agak aneh misal kalau kita AP di kamar tidur kita lihat tubuh kita sendiri, dan ketika kita bangun memang sepertinya posisi tubuhnya sama ketika kita lihat pas AP. misal kalau anda tidur terlentang, anda melihat anda tidur terlentang ketika AP begitu juga dengan pakaian anda beserta apa saja yg ada di kamar tidur anda.

tapi meski demikian anda tetap tidak bisa melihat keadaan yg sesungguhnya dari tempat2 lain macam inti matahari, inti bumi, bulan, planet gelap, dsb. coba anda niatkan ke mana saja, misal anda mau ke dalam gunung berbentuk piramid di Jabar anda akan melihatnya tapi ngak menjamin itu keadaan yg sebenarnya. atau anda malah kena tindihan lagi dan semuanya jadi gelap.

jadi memang ttp ada kemungkinan orang mendapat vision yg salah. bukankah ketika anda kena tindihan dan berusaha membuka mata di antara anda ada yg melihat hantu ? cuma bedanya hantunya sesuai persepsi dan informasi yg anda punya. setahu saya semakin yakin dan semakin takut justru malah semakin terasa nyata kehadiran hantunya.

Offline nate river

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 149
  • IQ: 22
  • Gender: Wanita
  • I'm an alone lonely loner
Re:INCEPTION - mari berwisata diantara batas kenyataan dan mimpi
« Jawab #20 pada: April 27, 2012, 12:03:59 PM »
bukankah ketika anda kena tindihan dan berusaha membuka mata di antara anda ada yg melihat hantu ? cuma bedanya hantunya sesuai persepsi dan informasi yg anda punya. setahu saya semakin yakin dan semakin takut justru malah semakin terasa nyata kehadiran hantunya.

Betul sekali. Aku sering menjumpai makhluk bukan manusia tapi bentuknya mirip manusia yang tak punya wajah. Ada wajahnya rata nongol di kaca jendela kamar,manggil2 namaku sambil ketuk2 pintu kamar (suaranya terdengar sangat nyata). Ada pula yg memeluk pas aku tidur dan bikin aku susah bangun. Macem2 deh bentuknya. Pokoknya ngeri dan ganjil. Tapi berhubung sudah sering ngalami jadi malah kesannya biasa saja.  ;D
Katanya para peneliti itu namanya Sleep Paralisys.  8)
hidup itu seperti asimtot...
meski mustahil mencapai titik kesempurnaan, tapi kita akan selalu berusaha mendekati kesempurnaan....

Offline nʇǝʌ∀

  • 🆈🆄🆁🅸 🅻🅾🆅🅴🆁
  • Global Moderator
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 505
  • IQ: 232
  • Gender: Pria
  • ɐɯɐs ɥɐlɐpɐ uɐʇɐlǝS uɐp ɐɹɐʇ∩
Re:INCEPTION - mari berwisata diantara batas kenyataan dan mimpi
« Jawab #21 pada: April 27, 2012, 12:22:15 PM »
@ytridyrevsielixetuls,

setelah baca2 komen
saya pribadi jd mikir2 lagi apakah AP saya tu sebenarnya LD atau bukan...
jd pengalaman sy gini..
ketika tidur saya sadar sy sdg bermimpi trus sy ngalamin ketindihan dan pandangan jd serba gelap.
nah trus saya visualisasi cahaya..
saya bayangkan titik putih di tengah pandangan saya yg gelap tsb
titik cahaya tsb muncul dan membesar dan warnanya jadi ungu tapi transparan sehingga saya jd bisa lihat dunia nyata di kamar tidur saya persis seperti kenyataan (sama seperti ketika bangun tidur)
hingga saya bisa liat jelas kamar tidur dan warna ungunya lenyap
nah, tapi pas mau jalan2 itu saya suka masuk ke alam mimpi
sy coba terbang ke langit eh sy malah masuk ke rumah orang trus ngobrol sm orang itu dan pernah jg masuk ke film kartun..
pd kesempatan lain ketika sy coba jalan2 penglihatan menjadi kabur lagi dan serba gelap lagi
akhirnya saya bangun dr tidur dan saya akhirnya sadar kalau saya bermimpi kecuali bagian melihat dunia nyata di kamar tidur tsb krn benar2 persis.

pernah juga di kesempatan lain pas titik cahaya tsb membesar dan warna ungunya pudar saya berada di tempat lain yg saya nga tahu ky hutan, pedesaan, air terjun, taman, sabana, hutan, di dalam suatu bangunan berpilar, dsb...(tapi bukan kehendak saya sendiri) apa itu cuma khayalan/memori/mimpi yg terproyeksi jelas ?

kalau itu LD kok saya nga bisa memunculkan benda yang saya inginkan seperti pedang atau peti harta karun ?

Offline mhyworld

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 1.503
  • IQ: 50
  • Gender: Pria
  • .start with the end in mind.
Re:INCEPTION - mari berwisata diantara batas kenyataan dan mimpi
« Jawab #22 pada: April 27, 2012, 01:57:12 PM »
astral projection tu cm memproyeksikan pikiran keluar tubuh jadi bukan roh keluar tubuh. dan nga ada itu yg namanya benang perak atau diculik setan...kalau anda sudah mendekati out of body (ini cuma istilah dari suksesnya astral projection), anda akan merasa seperti berputar dan pendengaran jadi campur aduk.

tapi bagi saya muncul keraguan, apakah AP ini beneran bisa lihat dunia nyata ketika tidur atau cuma rekaman informasi di otak saja ditambah halusinasi yg terlihat jelas ketika kita tidak sadar? sebab kalau benar ini cuma rekaman informasi + halusinasi mengapa bisa melihat tubuh sendiri tidur?

masih ada faktor imajinasi. Kita bisa melihat bagaimana bentuk tubuh kita sendiri dari cermin. Kita juga bisa melihat bagaimana tubuh orang lain yang sedang tidur. tinggal menggabungkan kedua informasi itu dalam imajinasi, kita akan bisa melihat tubuh sendiri tidur.
once we have eternity, everything else can wait

Offline ytridyrevsielixetuls

  • To Kick Out Fake Critical Thinkers!
  • Global Moderator
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 687
  • IQ: 219
  • Gender: Pria
  • ▄▄█▀▀█▄▄█▀▀█▄▄█▀▀█▄▄
Re:INCEPTION - mari berwisata diantara batas kenyataan dan mimpi
« Jawab #23 pada: April 28, 2012, 12:06:05 AM »
nanti akan saya coba reality check. saya masih penasaran dng AP yg katanya adalah bagian dari LD. so utk membuktikannya mesti saya coba sendiri.

adapun penampakan dan suara hantu yg menyeramkan mudah diredam bahkan dihilangkan kalau kita tidak meyakininya atau kita menjadi orang yg kritis pada hal2 gaib.

@nʇǝʌ∀

anda ketika melakukan AP itu suka melamun ya?
saya pun pernah mengalami itu jadi penglihatan kita nyasar ke mana-mana gara2 kurang konsentrasi, kurang rileks, dsb.
tadinya jelas lihat kamar tidur eh tau2 malah nyasar ke alam mimpi ;D

saya tidak tahu mengapa ketika LD/AP kita tak bisa memunculkan apa yang kita inginkan sebab saya bukan ahlinya...

saya apabila mengalami LD atau AP (bingung yg mana) ke tempat2 yg tidak saya kenal di luar kehendak saya, itu biasanya terjadi manakala saya cuma niat tidur saja tanpa berniat AP. atau ketika mau AP saya sudah melamun macam2...

oh ya soal metode, anda pernah nyoba metode ini nga?
anda nyalakan obat nyamuk bakar di dlm kamar tempat anda mau AP
terus matikan lampu sehingga kamar anda gelap dan ga ada sumber cahaya kecuali nyala api obat nyamuk tsb.
nah dari jarak minimal 1 meter, anda pandangi terus nyala api tsb hingga agak lama.
nanti setelah itu anda langsung berbaring dari pejamkan mata.
nah ketika mata anda terpejam anda masih bisa melihat titik cahaya di dalam pandangan mata anda. dalam hati niatkan saja supaya dia membesar dan menjadi vision.
tapi harus cepat kalau tidak nanti titik cahaya itu akan lenyap. kelemahan metode ini memang bikin praktisinya terburu-buru sehingga kurang rileks dan konsentrasi.

atau, anda bisa coba Meditasi Levitasi Pikiran Chi Kung (silahkan google). saya coba metode ini dengan mata terpejam. kalau mata terbuka jd terasa berat kepala saya.

BTW yg anda maksud dengan "iringan musik khusus" itu apa semacam brainwave atau benaural beats bukan? kalau iya anda punya koleksi yg mana aja? share yuk sama saya :)

Offline nʇǝʌ∀

  • 🆈🆄🆁🅸 🅻🅾🆅🅴🆁
  • Global Moderator
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 505
  • IQ: 232
  • Gender: Pria
  • ɐɯɐs ɥɐlɐpɐ uɐʇɐlǝS uɐp ɐɹɐʇ∩
Re:INCEPTION - mari berwisata diantara batas kenyataan dan mimpi
« Jawab #24 pada: April 28, 2012, 11:46:53 AM »
metode itu ? blum bro, takut rusak mata hehehe sory yah, bukan gua ngak hargain masukan anda tp... bukankah tdk baik klo ngeliat 1 sumber cahaya lama2... peace ya? :)
klo yg Chi Kung suka ketiduran, abis ada olah nafasnya. malah tambah rileks. tp klo lg nga ngantuk malah nga bisa tidur maupun AP/LD.

soal iringan musik tu mang namanya brainwave dan benaural beats. tp saya sendiri nga bisa bedain yg mana brainwave dan benaural beats. tp yg pasti keduanya kan adalah suara musik atau bunyi-bunyian yg didengarkan untuk mengatur frekuensi gelombang otak kita sesuai tujuan kita. so beda tujuan ya beda jenis musiknya.

nah yg saya punya itu ada juga buat LD. utk bbrp musik tu termasuk jenis LD yg eksklusif, artinya ada beberapa tempat yg bisa dikunjungi dng mendengarkan musik tertentu. nah tempat2 tsb adl tempat yg nuansa alamnya masih alami. setiap tempat beda musiknya nah anda pilih musik sesuai tempat yg ingin anda kunjungi.

sebelumnya anda lihat dulu gambar dr tempat tersebut. bayangkan dlm2 sampe ingatan anda hanya fokus ke gambar itu. nah trus anda tidur sambil denger musiknya di discman atau ipad. kalau anda tertidur anda akan ke sana dan suasana di sana jelas sekali terlihat.
meski anda membayangkan gambarnya tapi pas LD anda bisa melihat tempat tsb bergerak... mau itu air terjun, rumput tertiup angin, deburan ombak, dll. tempat2 tsb bermacam-macam. ada taman, pantai, gunung, lembah, dll. tapi semuanya itu lucid dream.
indah banget lah. meski tu cm pemandangan yg terproyeksi jelas di dalam tidur kita tapi lumayan kan bisa jalan2 ke tempat2 yg indah meski dalam mimpi.... daripada bosen dng mimpi2 ga jelas... hihihi :D

silahkan anda PM saya klo berminat hehehe :)

 

Related Topics

  Subyek / Dimulai oleh Jawaban Tulisan terakhir
15 Jawaban
6461 Dilihat
Tulisan terakhir Juni 02, 2009, 03:37:02 AM
oleh Pi-One
107 Jawaban
24182 Dilihat
Tulisan terakhir Juli 23, 2010, 09:32:25 AM
oleh reborn
mari bertanya....

Dimulai oleh soedibjo Otak Jayus

4 Jawaban
178286 Dilihat
Tulisan terakhir Januari 08, 2011, 03:44:18 AM
oleh fandelou
1 Jawaban
196425 Dilihat
Tulisan terakhir Juli 07, 2017, 12:12:56 AM
oleh Sakuranboaoi
4 Jawaban
1779 Dilihat
Tulisan terakhir Juni 08, 2018, 10:58:12 PM
oleh The Houw Liong