Gunakan MimeTex/LaTex untuk menulis simbol dan persamaan matematika.

Selamat datang, Pengunjung. Silahkan masuk atau mendaftar. Apakah anda lupa aktivasi email?

September 18, 2021, 04:48:56 AM

Masuk dengan nama pengguna, kata sandi dan lama sesi

Topik Baru

Artikel Sains

Anggota
Stats
  • Total Tulisan: 139666
  • Total Topik: 10406
  • Online Today: 80
  • Online Ever: 441
  • (Desember 18, 2011, 12:48:51 AM)
Pengguna Online
Users: 0
Guests: 45
Total: 45

Ikuti ForSa

ForSa on FB ForSa on Twitter

Penulis Topik: Jin, Iblis dan Setan  (Dibaca 39177 kali)

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

Offline Ndoro Mas

  • Mahasiswa
  • **
  • Tulisan: 33
  • IQ: -3
Re: jin dan jun
« Jawab #30 pada: Januari 13, 2009, 11:53:46 PM »
Apa sich keuntungannya mempelajari alam Jin, setan dll buat kehidupan kita sebagai manusia? terus kerugiannya apa? kalo kerugiannya lebih besar daripada untungnya buat apa belajar?

Kalau kita mengerti dan paham akan kedudukan kita yang sesungguhnya sebagai Manusia, maka kita akan berkata "Sangat Beruntung" bisa mempelajari Alam Setan, Jin , Malaikat buat kehidupan kita. Mengapa demikian ? ya, karena Allah/Tuhan menempatkan posisi Manusia lebih tinggi derajadnya dari Makhluk2 yang lain tak terkecuali Malaikat sekalipun. Mengapa ? Karena ada megaproyek Allah/Tuhan dalam rencana-NYA yang tidak diketahui oleh siapapun.

Sebenarnya ketika kita menyadari akan betapa Hebatnya Power yang diberikan kepada Manusia melalui “Alat2” yang tercipta ini, kita tak akan tinggal berpangku tangan merenungi nasib atau bahkan berputus asa dalam segala hal. Termasuk merelakan Raga kita, Rasa kita, Jiwa kita, Sukma kita dan bahkan Hidup kita dijarah oleh Setan/Jin tanpa kita mampu menangkalnya, karena kita tak pernah tau sifatnya, karakternya apalagi wujudnya yang sebenarnya melalui belajar dengan benar. Dan juga tak pernah berinterospeksi sejauhmana alat2 kita mengalami degradasi  kemrosotan yang menjurus pada kolaborasi dengan sifat2 Setan/Jin. Yang semestinya dengan alat2 yang ada pada kita ini akan mampu menembus dimensi Setan atau bahkan Malaikat sekalipun.

Nah oleh karena itu seharusnya ada pertanyaan mendasar, bagaimana kita bisa mengerti bentuk penggodaan dan intervensi setan/jin kalau kita tak pernah memahami Alam dia, kemudian bagaimana kita bisa  berkolaborasi dengan Malaikat dalam mewujudkan kepasrahan dengan Allah/Tuhan sedang kitapun tak pernah mempelajari Jagad Alam Malaikat sendiri. Peran Manusia sebagai Khalifah adalah sebagai leader baik bagi dirinya sendiri sekaligus untuk semua Makhluk hidup tak terkecuali Setan, Jin ataupun Malaikat.

Tetapi perlu diperhatikan, bahwa dalam mempelajari Ke-Ghaiban tidak diperkenankan menggunakan Nafsu Angkara, juga harus secara sistematis dan proporsional  yaitu perlu mempelajarinya dengan bertahap dan tepat sesuai porsinya.  Oleh karena itu sebelum belajar ttg Jagad Alam Ke-ghaiban lebih baik menyiapkan diri terlebih dahulu yaitu mengenali alat2 dan Nafsu2 kita, sekaligus memberadabkannya terlebih dahulu kepada ajaran2 yang benar sesuai fitrah Manusia.

Untung apa rugi ?, kalau semua berdasarkan ibadah hanya kepada Allah/Tuhan dalam mewujudkan tugas kita sebagai Khalifah tentunya untung atau rugi itu tak kan pernah terbayang dalam pikiran kita yg ada hanyalah mencari ke-Fitrahan, menjalaninya sesuai prosedur yang benar menurut Allah/Tuhan. Sebenarnya kita mempelajari atau tidak yang namanya Setan/Jin itu tetap saja mengintervensi kita Manusia, cuman karena kita tidak pernah belajar ttg dunia Setan/Jin sehingga kita tak pernah bisa memahami apakah masalah ataupun kejadian2 disekitar kita itu tidak ada kaitannya dengan Setan/Jin, atau malah sebagian besar merupakan campur tangan Setan/Jin. Salam Damai. :)

Offline marshall

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 162
  • IQ: 11
  • Gender: Pria
Re: jin dan jun
« Jawab #31 pada: Maret 14, 2009, 07:03:15 PM »
waduh..baru bisa masuk lagi nih sayah..jadi ga enak.. ;D
udah lumayan jauh ya, perkembangan nya..?!
jadi seyem juga neh.. ;D

jadi memang belum ada penjelasan secara fisik ya, jin itu terdiri atas unsur apa atau bagaimana?

saya juga dapat perkembangan baru, setelah pindah kontrakan. sekarang saya tinggal di dekat rumah seorang "paranormal". kejadian2 aneh yang berada di luar nalar, sekarang sepertinya sudah jadi pemandangan biasa bagi saya.

mulai dari yang kesurupan seperti mbak yul dulu, sampai melihat benda asing keluar dari tubuh manusia (dari paku ampe "kepiting aneh" ??? ;D) mereka bilang sih kena santet.

huuh..kalau saja saya punya keahlian seperti para "leluhur"..pasti saya sudah melakukan penelitian tentang hal ini  :'( :'(

ok deh, lanjut yang masih mo komen.. ;D

om momod, thanks udah di pindahin  ;D

oh ya, buat yang penasaran pengen juga ngeliat yang aneh2, atau barangkali udah punya keahlian seperti para "leluhur" dan mau melakukan penelitian, bisa deh nanti berkunjung ke tempat saya  ;D (pm : [email protected])
".............

Offline Ndoro Mas

  • Mahasiswa
  • **
  • Tulisan: 33
  • IQ: -3
Re: jin dan jun
« Jawab #32 pada: April 25, 2009, 03:59:21 AM »
jadi memang belum ada penjelasan secara fisik ya, jin itu terdiri atas unsur apa atau bagaimana?

jadi memang belum ada penjelasan secara fisik ya, jin itu terdiri atas unsur apa atau bagaimana?
[/quot

Kadang ada Permasalah dunia yg diselesaikan dengan Ke-Ghaib-an, Contoh Permasalah dunia yg deselesaikan dengan Ghaib : Orang cari Pesugihan, tahan bacok, ilmu pelet, dsb. Tetapi ada juga  Permasalah Ghaib diselesaikan dengan dunia, contoh : Orang kesurupan dimandiin campuran air jeruk dan garam, mengusir makhluk halus di rumah dengan menyebarkan campuran garam dan merica, dst.

Nah utk penjelasan ttg Jin, Setan atau malaikat perlu penjelasan secara Ghaib, karena memang tidak ada bahasa, rujukan (misal kitab suci, dll) yang bisa mewakili utk menjelaskannya.  Sedangkan bila kita kupas dengan bahasa Dunia mungkin tidak bisa tepat. Tetapi saya ingin mencoba sedikit menggambarkan saja, bahwa ketika saya bersentuhan dengan makhluk halus, tubuh mereka seperti balon gelembung, meski terlihat besar dan kuat ttp sangat lentur, oleh karenanya dia sangat fleksibel ketika masuk di dimensi dunia, misal masuk botol, kotak atau apa saja.

Salam Damai.

Offline monokorobo

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 352
  • IQ: 96
  • Chayoooooo
Jin, Iblis dan Setan
« Jawab #33 pada: Juni 09, 2009, 03:00:55 AM »
   Kita sering trjdi kbngungan sputar perbdaan antara jin, iblis, dan setan. Nah, bila dr knsep jin, mka sbnrnya iblis adlah slah satu glongan dr jin sperti dsebutkan dlam ayat berikut, "Dan ketika kami berfirman kpda para malaikat, 'Sujudlah kamu kpda Adam,' maka sujudlah mereka kecuali iblis. Dia adlah dr glngan jin, mka ia mnduhakai perintah Tuhannya.
  Patutlah kamu mngambil dia dan turunan2nya sbgai pemimpin selain dripada Ku, sedang mereka adalah musuhmu? Amat buruklah iblis itu sbgai penggannti bg orang2 yang dzalim (Qs.Al-Kahfi:50).
   Iblis merupakn golongan jin durhaka yg menentangsjus pada Nabi Adam AS. Keengganan ini trjadi karena iblis menganggap dia lebih baik dari Nabi Adam. Alasannya, iblis dibuat dari api, sementara manusia dibuat dari tanah. Karena itulah iblis dilaknat oleh Allah SWT.
    Selainitu, iblis juga diberi penanguhan hingga hari kiamat dan diberi kesempatan untuk menjerumuskan anak cucu Adam ke dalam kesesatan. Sementara itu, setan tidak selalu identik dengan Iblis . kenapa?
   karena setan itu bisa berbentuk manusia atau jin. Hal ini seperti di jelaskan pada surat An-Nas,"katakanlah; 'Aku berlindung kepada Tuhan manusia, Raja manusia. Sembahan manusia. Dari kejahatan Syaitan yang biasa bersembunnyi, yang membisikkan ke dalam dada manusia, dari jin dan manusia."
   Nah, bila salah setan itu ada yg berbentuk manusia dan jin. Maka setan itu apa? penjelasannya seperti ini: Ada sebuah hadist yang berbunyi, "Sesungguhnya setan itu berjalan pada manusia melalui aliran darah. Maka persempitlah tempat jalannya dengan lapar." (HR.Ahmad, Bukhari,Muslim,Abu Daud, dan Ibnu Majah).
   Dari hadits tersebut, jelaslah bahwa setan itu sebenarnya adalah dorongan negatif yang bisa membuat kita condong pada keburukan di setiap waktu. Karena, bila setan dalam hadits itu adlah golongan jin, mka artinya setiap hari kita kesurupan jin.
   karena itulah, siapa pun bisa menjadi setan baik itu dari golongan jin atau manusia, tergantung kecendrungan dia dalam menghadapi hawa nafsu, apakah dia bisa melawannya atau justru malah mengikutinya.
Apa tmn2 mo nambahin mengenai jin,iblis dan setan?? 
Waktu diibaratkan pedang yang akan bunuh diri kita, waktu tak akan bisa berputar kembali,janganlah sia-siakan waktumu, taukah kamu setiap detik dan menit mengandung manfaat bagi orang yang menggunakan

Offline heru.htl

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 991
  • IQ: 14
  • Gender: Pria
    • Free GNU/Linux Distributions
Re: Jin, Iblis dan Setan
« Jawab #34 pada: Juni 14, 2009, 01:12:26 PM »
Sekilas tentang setan:

-- setan -- tidak berwujud visual (tidak dapa dilihat bahkan tidak akan menampakan diri), dan ini lebih bisa dianggap berujud signal -- berbentuk bisikan-bisikan (pengaruh berupa penyesatan) ketika ia masuk kedalam diri manusia.
Salah satu tanda setan telah masuk dan mulai berbisik adalah perubahan perasaan secara signifikan dari perasaan-perasaan baik menjadi perasaan-persaan yang menyimpang dari tuntunan logika, salah satunya adalah bentuk keraguan ketika diri diminta membedakan benar dan salah meski telah diberikan referensi yang cukup relevan untuk membedakan keduanya.

Offline biobio

  • Staff
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 2.476
  • IQ: 221
  • Gender: Pria
  • Tjiasmanto, Wewin
Re: Jin, Iblis dan Setan
« Jawab #35 pada: Juni 16, 2009, 04:38:24 AM »
Sekilas tentang setan:

-- setan -- tidak berwujud visual (tidak dapa dilihat bahkan tidak akan menampakan diri), dan ini lebih bisa dianggap berujud signal -- berbentuk bisikan-bisikan (pengaruh berupa penyesatan) ketika ia masuk kedalam diri manusia.
Salah satu tanda setan telah masuk dan mulai berbisik adalah perubahan perasaan secara signifikan dari perasaan-perasaan baik menjadi perasaan-persaan yang menyimpang dari tuntunan logika, salah satunya adalah bentuk keraguan ketika diri diminta membedakan benar dan salah meski telah diberikan referensi yang cukup relevan untuk membedakan keduanya.

dalam hal ini maksudnya setan tidak sama dengan hantu ya?
"The pen is mightier than the sword"

Offline marshall

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 162
  • IQ: 11
  • Gender: Pria
Re: Jin, Iblis dan Setan
« Jawab #36 pada: Juni 18, 2009, 06:35:24 PM »
eh iya, tentang ini juga banyak presepsi om..
ada yang menganggap  jin, iblis, setan, dan hantu itu berbeda jenis dan berupa person
ada juga yang menganggap nya sebagai kiasan, sifat dan lain sebagainya..

tapi ngomong2..om bio udah pernah ketemu hantu om..??


Offline biobio

  • Staff
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 2.476
  • IQ: 221
  • Gender: Pria
  • Tjiasmanto, Wewin
Re: Jin, Iblis dan Setan
« Jawab #37 pada: Juni 20, 2009, 03:38:55 AM »
tapi ngomong2..om bio udah pernah ketemu hantu om..??
3x...

Offline marshall

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 162
  • IQ: 11
  • Gender: Pria
Re: Jin, Iblis dan Setan
« Jawab #38 pada: Juni 21, 2009, 05:53:11 AM »
wew..serius om..??
seperti apakah yang om lihat?

Offline heru.htl

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 991
  • IQ: 14
  • Gender: Pria
    • Free GNU/Linux Distributions
Re: Jin, Iblis dan Setan
« Jawab #39 pada: Juni 21, 2009, 02:39:13 PM »
dalam hal ini maksudnya setan tidak sama dengan hantu ya?

Betul bang biobio...

Setan tidak dapat dilihat sebab ia tidak akan pernah menampakan dirinya.

Sedangkan Jin, ia dapat menampakan wujudnya, tetapi sebelumnya ia harus mengkosolidasi sejumlah besar energi jika ia harus tampil secara "trans-dimensional" (di antara alam manusia dan alam jin). Hanya beberapa jenis Jin yang cukup kuat yang mampu tampil secara trans-dimensional dengan kecepatan tinggi kehadapan manusia, contoh adalah jenis Ifrit atau dikenal di Indonesia sebagai "Gendurwo".
Metoda yang sering dilakukan Jin, ia tidak menampakan wujudnya, melainkan menggunakan metoda "hipnotesa" atau menghipnotis pikiran seseorang, mengirimkan gambaran-gambaran sosok menakutkan kedalam pikiran seseorang dan menyebabkan halusinasi histeris pada pikiran seseorang.
Mengenai sosok-sosok menakutkan yang ditampilkan Jin, ia akan meniru sosok menakutkan berdasar apa yang ada dilingkungan target penampakannya, contoh, di Indonesia adalah wujud pocong (orang mati yang dibungkus kain kafan) yang sering ditiru oleh Jin.

Mtk Kerajaan Mataram

  • Pengunjung
Re: Jin, Iblis dan Setan
« Jawab #40 pada: Juni 21, 2009, 03:39:16 PM »
Ngomong2 masalah Jin, saya pernah disurupi walaupun tidak sempurna alias putus2 pengaruhnya, dalam bayangan tidur saya adalah seorang gondoruwo wanita dan terlihat seksi, suka joged2, kalau saya pas lengah saya dalam tiduran jadi ikutan joged2, sehingga orang2 yang nungguin saya waktu ikut menyaksikan. Tapi kalau pas kesadaran lebih kuat saya mampu menahan untuk tidak joged2. Secara wadag tidak dalam tidur saya tetap tidak bisa melihatnya, tapi hanya merasakan kehadiran.

Seperti yang ditulis monokorobo, berdasarkan Al-Quran setan bisa berupa jin dan manusia, dengan kata lain setan itu bukan suatu makhluk tertentu (subyek), melainkan predikat. Ada beberapa dalam Al-Quran yang membicarakan tentang Jin, diantaranya adalah surah Al-Jin sendiri yang diantaranya menyatakan bahwa :
- Ada segolongan manusia yang minta bantuan pada segolongan jin sehingga membuat sombong (jin).
- Jin ada yang saleh dan dzolim seperti halnya manusia.
Dalam Al-Ahqof diceritakan bahwa ada segolongan jin yang mendengarkan Al-Quran waktu dibacakan Nabi Muhammad lalu mengabarkan pada teman-temannya.

Sedangkan malaikat menurut saya juga predikat atau jabatan karena dalam surah Al-Kahfi disebutkan : Semua malaikat sujud kepada Adam kecuali Iblis, yang mengindikasikan sebelumnya Iblis berpredikat malaikat tapi lalu membangkang, perlu diingat bahwa dalam Al-Quran tidak ada yang menyebutkan malaikat diciptakan dari apa sebagaimana juga tidak ada yang menyebutkan setan diciptakan dari apa.

Diluar jin dan manusia tentu saja kita belum tahu siapa lagi yang diberi kecerdasan lebih.
 

Offline marshall

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 162
  • IQ: 11
  • Gender: Pria
Re: Jin, Iblis dan Setan
« Jawab #41 pada: Juni 22, 2009, 02:09:02 AM »
Ngomong2 masalah Jin, saya pernah disurupi walaupun tidak sempurna alias putus2 pengaruhnya, dalam bayangan tidur saya adalah seorang gondoruwo wanita dan terlihat seksi, suka joged2, kalau saya pas lengah saya dalam tiduran jadi ikutan joged2, sehingga orang2 yang nungguin saya waktu ikut menyaksikan. Tapi kalau pas kesadaran lebih kuat saya mampu menahan untuk tidak joged2. Secara wadag tidak dalam tidur saya tetap tidak bisa melihatnya, tapi hanya merasakan kehadiran.

sebenarnya hal yang seperti itu yang ingin saya bahas di thread ini om. tentang fenomena2 yang memang banyak terjadi di sekitar kita. yg terkait dengan mereka.
saya sekarang sudah menikah, dan malah mengalami sendiri. sampai sekarang istri saya pun masih sering kesurupan (meski saya belum pernah mengalami), semenjak tinggal di kontrakan baru yg sekarang.
ada juga sih yg sering saya perhatikan, setiap istri saya keurupan pasti sebelumnya selalu di awali dengan masalah2. artinya memang sedang dalam keadaan tertekan.

kalo seperti yang dialami om mtk, saya juga pernah waktu kecil, tetapi waktu itu saya sedang sakit.

memang kalo iblis ada juga yang berpendapat bahwa dia adalah malaikat(sebagai subject) juga sebagai predikat yang seperti om mtk bilang, dan ada juga yg mengatakan iblis itu memang lain, tetapi terkadang memang terlibat dengan grombolan "malaikat".

ini ada sedikit tulisan mengenai itu
Sorry but you are not allowed to view spoiler contents.

Offline heru.htl

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 991
  • IQ: 14
  • Gender: Pria
    • Free GNU/Linux Distributions
Re: Jin, Iblis dan Setan
« Jawab #42 pada: Juni 27, 2009, 12:41:09 PM »
Iblis memang malaikat pada awalnya, tetapi ia dibentuk dengan api dan diberi hawa nafsu.

Roh Iblis diciptakan dari "NUR" tetapi virtualisasi Iblis diciptakan dari "NAR" (api).

Sebagai mana dua malaikat kembar, Harut & Ma'rut yang dijadikan manusia, maka ketika keduanya berujud manusia, mereka juga disebut manusia.

Sedangkan Iblis adalah malaikat yang "dikonversi" menjadi bangsa jin.

Offline biobio

  • Staff
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 2.476
  • IQ: 221
  • Gender: Pria
  • Tjiasmanto, Wewin
Re: Jin, Iblis dan Setan
« Jawab #43 pada: Juni 28, 2009, 06:36:16 AM »
wew..serius om..??
seperti apakah yang om lihat?
1. Waktu SMP saya kemah dan melihat putih2 di sebelah pohon sengon
2. Waktu SMA kelas 1 saya melihat putih2 tinggi di sekolah waktu malam (bangunan sekolah saya dibangun 1923 dan merupakan cagar budaya, jadinya kuno banget)
3. Di tempat yang sama dengan no.2

Offline MuhammadBz

  • Asisten Dosen
  • ***
  • Tulisan: 96
  • IQ: 13
Re: Jin, Iblis dan Setan
« Jawab #44 pada: Juni 28, 2009, 08:49:10 AM »
di sekolah saya pernah heboh ada anak foto2 di depannkelas, waktu fotonya dicetak ada gambar tangan (tang ga jelas tangannya siapa, ukuran tanganya besar banget, atngan cowo, padahal yang foto cewe semua)

 

Related Topics

  Subyek / Dimulai oleh Jawaban Tulisan terakhir
1 Jawaban
4965 Dilihat
Tulisan terakhir Desember 23, 2008, 09:20:23 AM
oleh reborn
25 Jawaban
194942 Dilihat
Tulisan terakhir September 20, 2016, 02:29:53 AM
oleh Monox D. I-Fly
Setan

Dimulai oleh Farabi « 1 2 » Agama dan Filosofi

19 Jawaban
6552 Dilihat
Tulisan terakhir September 24, 2011, 01:25:08 AM
oleh Farabi
60 Jawaban
22987 Dilihat
Tulisan terakhir November 25, 2014, 10:38:15 AM
oleh Farabi
1 Jawaban
14775 Dilihat
Tulisan terakhir Januari 30, 2016, 09:15:30 PM
oleh The Houw Liong