Selamat datang di ForSa! Forum diskusi seputar sains, teknologi dan pendidikan Indonesia.

Welcome to Forum Sains Indonesia. Please login or sign up.

Oktober 01, 2022, 01:54:53 AM

Login with username, password and session length

Topik Baru

Artikel Sains

Anggota
Stats
  • Total Tulisan: 139,638
  • Total Topik: 10,395
  • Online today: 30
  • Online ever: 441
  • (Desember 17, 2011, 09:48:51 AM)
Pengguna Online
Users: 0
Guests: 55
Total: 55

Aku Cinta ForSa

ForSa on FB ForSa on Twitter

Makhluk Hidup dalam Legenda dan Mitos

Dimulai oleh alfauz, Maret 04, 2008, 06:52:24 PM

« sebelumnya - berikutnya »

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

alfauz

Dalam kitab suci, ada buah namanya Buah Khuldi, buah Tin, trus makanan Manna n salwa.....klasifikasinya apa yach ?
Lambang negara kita kan burung garuda, ada tidak kejelasan taksonominya........?klo Unicorn n pegassus?
He..he..he.......
klo nggak ada pantas, aja ni negri pada bloon, lambang negaranya gak jelas...bandingkan ama negara laen..

caca

burung garuda ga ada di taksonomi...? ya memang ngga akan ada, burung garuda itu kan nama burung di dalam mitos Hindu... sampai kapan dicaripun ya ngga akan ketemu taksonominya...

alfauz

Kutip dari: caca pada Maret 04, 2008, 07:00:46 PM
burung garuda ga ada di taksonomi...? ya memang ngga akan ada, burung garuda itu kan nama burung di dalam mitos Hindu... sampai kapan dicaripun ya ngga akan ketemu taksonominya...
ada..ada..pasti ada..kisah sjarah hindupun smuanya ada penjelasan ..pasti...kita hnya blum sampe k situ...

caca

coba cari elang rajawali... itu secara fisik mirip ke garuda...

peregrin

Kutip dari: alfauz pada Maret 04, 2008, 06:52:24 PM
klo nggak ada pantas aja ni negri pada bloon, lambang negaranya gak jelas...bandingkan ama negara laen..

kagak ada hubungannya euy  ;D ... itu kan cuma simbol 
Free software [knowledge] is a matter of liberty, not price. To understand the concept, you should think of 'free' as in 'free speech', not as in 'free beer'. (fsf)

Terbaik

Jangan salah dulu, lambang negara kita paling keren. Garuda itu burung legendaris lho? setingkat kayak burung Phoenix lah.

syx

buah tin (ara) itu Ficus carica ato common fig. gw punya tanamannya...

reborn

Kutip dari: syx pada Juli 05, 2008, 01:34:07 PM
buah tin (ara) itu Ficus carica ato common fig. gw punya tanamannya...

masih berlanjut toh koleksi tanamannya? dah berapa bnyk skrg?
Ada member lain yang suka koleksi tanaman juga tuh kemaren, nemu habitatnya lagi nih ;D

syx

masi berlanjut... 95% tanaman karnivora. lainnya adenium, lengkeng pingpong dan pohon ara.

Michelle

#9
Kutip dari: alfauz pada Maret 04, 2008, 06:52:24 PM
Lambang negara kita kan burung garuda, ada tidak kejelasan taksonominya........?
Lambang negara kita "Garuda Pancasila" itu diilhami dari Elang Jawa (Spizaetus bartelsi) yang oleh pemerintah NKRI maupun IUCN telah ditetapkan masuk kategori "endangered species" (terancam punah). Makanya susah dicari referensinya  :)

Ciri khas burung ini adalah adanya "jambul" di belakang kepalanya, dan ciri ini dibawa oleh Si Garuda Pancasila. Ini dia gambarnya. Mirip kan?  ;)





Oya salam kenal buat semuanya yaa  :-* ;D

Klasifikasinya ketinggalan... ini dia:
Kingdom: Animalia
Phylum: Chordata
Subphylum: Vertebrata
Class: Aves
Order: Falconiformes
Family: Accipitridae
Subfamily: Accipitrinae
Genus: Spizaetus
Species: Spizaetus bartelsi
omne vivum ex vivo, so viva!

ozu0

^^bukannya sama sama garuda ya???  :-\
xixixi,,,
gimana si biar jadi pinter selain belajar?? >___<

syx

gambarnya ga terlalu mirip garuda pancasila... ga ada perisainya tuh. jumlah bulunya juga pasti ga sama.

Michelle

Kutip dari: ozu0 pada Juli 06, 2008, 11:14:35 AM
^^bukannya sama sama garuda ya???  :-\
"Garuda" itu tokoh mistis, hewan aslinya tidak ada. Yang paling mendekati ya Elang Jawa itu, dari situlah ide "Garuda Pancasila"  ;) Namanya juga lambang kebesaran negara, kalau lurus-lurus aja "Elang Pancasila" kurang menarik  ;D
omne vivum ex vivo, so viva!

Michelle

Kutip dari: syx pada Juli 07, 2008, 07:58:32 AM
gambarnya ga terlalu mirip garuda pancasila... ga ada perisainya tuh. jumlah bulunya juga pasti ga sama.
Kan pertanyaannya "mirip atau engga" bukan "sama atau engga". Kalau punya perisai, jumlah bulu 17-8-45, plus bawa spanduk Bhinneka Tunggal Ika, itu bukan mirip lagi tapi kembar  ;D :P
omne vivum ex vivo, so viva!

syx

garuda adalah sosok salah satu hewan mistis yg diagungkan dalam mitologi hindu. sosok raja burung tunggangan wisnu ini juga muncul di lambang salah satu universitas besar di indonesia.



baca selengkapnya di artikel [pranala luar disembunyikan, sila masuk atau daftar.].