Forum Sains Indonesia

Diskusi Umum => Pseudo-science dan Science-Fiction => Topik dimulai oleh: alfauz pada Maret 04, 2008, 06:52:24 PM

Judul: Makhluk Hidup dalam Legenda dan Mitos
Ditulis oleh: alfauz pada Maret 04, 2008, 06:52:24 PM
Dalam kitab suci, ada buah namanya Buah Khuldi, buah Tin, trus makanan Manna n salwa.....klasifikasinya apa yach ?
Lambang negara kita kan burung garuda, ada tidak kejelasan taksonominya........?klo Unicorn n pegassus?
He..he..he.......
klo nggak ada pantas, aja ni negri pada bloon, lambang negaranya gak jelas...bandingkan ama negara laen..
Judul: Re: tanya-coba...
Ditulis oleh: caca pada Maret 04, 2008, 07:00:46 PM
burung garuda ga ada di taksonomi...? ya memang ngga akan ada, burung garuda itu kan nama burung di dalam mitos Hindu... sampai kapan dicaripun ya ngga akan ketemu taksonominya...
Judul: Re: tanya-coba...
Ditulis oleh: alfauz pada Maret 04, 2008, 07:11:41 PM
Kutip dari: caca pada Maret 04, 2008, 07:00:46 PM
burung garuda ga ada di taksonomi...? ya memang ngga akan ada, burung garuda itu kan nama burung di dalam mitos Hindu... sampai kapan dicaripun ya ngga akan ketemu taksonominya...
ada..ada..pasti ada..kisah sjarah hindupun smuanya ada penjelasan ..pasti...kita hnya blum sampe k situ...
Judul: Re: tanya-coba...
Ditulis oleh: caca pada Maret 04, 2008, 07:20:32 PM
coba cari elang rajawali... itu secara fisik mirip ke garuda...
Judul: Re: tanya-coba...
Ditulis oleh: peregrin pada Maret 12, 2008, 12:40:03 AM
Kutip dari: alfauz pada Maret 04, 2008, 06:52:24 PM
klo nggak ada pantas aja ni negri pada bloon, lambang negaranya gak jelas...bandingkan ama negara laen..

kagak ada hubungannya euy  ;D ... itu kan cuma simbol 
Judul: Re: tanya-coba...
Ditulis oleh: Terbaik pada Maret 12, 2008, 10:41:48 PM
Jangan salah dulu, lambang negara kita paling keren. Garuda itu burung legendaris lho? setingkat kayak burung Phoenix lah.
Judul: Re: tanya-coba...
Ditulis oleh: syx pada Juli 05, 2008, 01:34:07 PM
buah tin (ara) itu Ficus carica ato common fig. gw punya tanamannya...
Judul: Re: tanya-coba...
Ditulis oleh: reborn pada Juli 05, 2008, 01:43:33 PM
Kutip dari: syx pada Juli 05, 2008, 01:34:07 PM
buah tin (ara) itu Ficus carica ato common fig. gw punya tanamannya...

masih berlanjut toh koleksi tanamannya? dah berapa bnyk skrg?
Ada member lain yang suka koleksi tanaman juga tuh kemaren, nemu habitatnya lagi nih ;D
Judul: Re: tanya-coba...
Ditulis oleh: syx pada Juli 05, 2008, 02:03:24 PM
masi berlanjut... 95% tanaman karnivora. lainnya adenium, lengkeng pingpong dan pohon ara.
Judul: Re: tanya-coba...
Ditulis oleh: Michelle pada Juli 06, 2008, 11:01:48 AM
Kutip dari: alfauz pada Maret 04, 2008, 06:52:24 PM
Lambang negara kita kan burung garuda, ada tidak kejelasan taksonominya........?
Lambang negara kita "Garuda Pancasila" itu diilhami dari Elang Jawa (Spizaetus bartelsi) yang oleh pemerintah NKRI maupun IUCN telah ditetapkan masuk kategori "endangered species" (terancam punah). Makanya susah dicari referensinya  :)

Ciri khas burung ini adalah adanya "jambul" di belakang kepalanya, dan ciri ini dibawa oleh Si Garuda Pancasila. Ini dia gambarnya. Mirip kan?  ;)

(http://img530.imageshack.us/img530/3166/elangjawaff5.jpg)

(http://lh3.ggpht.com/_qa60DlLs9n8/R3JQhXNL18I/AAAAAAAAAAo/JLiwUEYx5kc/Garuda.JPG)

Oya salam kenal buat semuanya yaa  :-* ;D

Klasifikasinya ketinggalan... ini dia:
Kingdom: Animalia
Phylum: Chordata
Subphylum: Vertebrata
Class: Aves
Order: Falconiformes
Family: Accipitridae
Subfamily: Accipitrinae
Genus: Spizaetus
Species: Spizaetus bartelsi
Judul: Re: tanya-coba...
Ditulis oleh: ozu0 pada Juli 06, 2008, 11:14:35 AM
^^bukannya sama sama garuda ya???  :-\
Judul: Re: tanya-coba...
Ditulis oleh: syx pada Juli 07, 2008, 07:58:32 AM
gambarnya ga terlalu mirip garuda pancasila... ga ada perisainya tuh. jumlah bulunya juga pasti ga sama.
Judul: Re: tanya-coba...
Ditulis oleh: Michelle pada Juli 11, 2008, 04:06:59 PM
Kutip dari: ozu0 pada Juli 06, 2008, 11:14:35 AM
^^bukannya sama sama garuda ya???  :-\
"Garuda" itu tokoh mistis, hewan aslinya tidak ada. Yang paling mendekati ya Elang Jawa itu, dari situlah ide "Garuda Pancasila"  ;) Namanya juga lambang kebesaran negara, kalau lurus-lurus aja "Elang Pancasila" kurang menarik  ;D
Judul: Re: tanya-coba...
Ditulis oleh: Michelle pada Juli 11, 2008, 04:10:12 PM
Kutip dari: syx pada Juli 07, 2008, 07:58:32 AM
gambarnya ga terlalu mirip garuda pancasila... ga ada perisainya tuh. jumlah bulunya juga pasti ga sama.
Kan pertanyaannya "mirip atau engga" bukan "sama atau engga". Kalau punya perisai, jumlah bulu 17-8-45, plus bawa spanduk Bhinneka Tunggal Ika, itu bukan mirip lagi tapi kembar  ;D :P
Judul: Re: tanya-coba...
Ditulis oleh: syx pada Juli 11, 2008, 04:16:14 PM
garuda adalah sosok salah satu hewan mistis yg diagungkan dalam mitologi hindu. sosok raja burung tunggangan wisnu ini juga muncul di lambang salah satu universitas besar di indonesia.

(http://www.fk.unair.ac.id/images/gedung.gif)

baca selengkapnya di artikel [pranala luar disembunyikan, sila masuk atau daftar.].
Judul: Re: tanya-coba...
Ditulis oleh: musik_ajah pada Juli 11, 2008, 04:22:25 PM
Kutip dari: alfauz pada Maret 04, 2008, 06:52:24 PM
klo nggak ada pantas, aja ni negri pada bloon, lambang negaranya gak jelas...bandingkan ama negara laen..
sedihnya baca tulisan kyk gitu, emang ndak sadar yah tinggal di mana -_-"
Judul: Re: tanya-coba...
Ditulis oleh: peregrin pada Juli 11, 2008, 05:58:13 PM
Kutip dari: syx pada Juli 11, 2008, 04:16:14 PM
garuda adalah sosok salah satu hewan mistis yg diagungkan dalam mitologi hindu. sosok raja burung tunggangan wisnu ini juga muncul di lambang salah satu universitas besar di indonesia.

(http://www.fk.unair.ac.id/images/gedung.gif)



sempat2-nya motret FKUA ;D  itu pas lagi lewat mau ke lesehan ayam penyet kertajaya ya syx? ;D
Judul: Re: tanya-coba...
Ditulis oleh: milmi pada Juli 11, 2008, 06:04:49 PM
Mbak michele, nama genus di cetak miring juga ya...

Kalo ngomongin burung garuda, sampai sekarang saya belum pernah menemukan klasifikasi resminya, namun bukan berarti burung garuda itu hewan legenda. bisa saja burung tersebut telah punah lama sebelum kita sempat kenalan. nah, klo buah tin memang fikus.
Klo buah zaitun itu klasifikasinya:
Kingdom:     Plantae
Subkingdom:     Tracheobionata
Superdivision:     Spermatophyta
Division:                Magnoliophyta
Class:                 Magnoliopsida (Dicotyledons)
SubClass:     Asteridae
Order:                Scrophulariales or Lamiales
Family:                Oleaceae
Genus:                Olea
Species:     Olea europa
klo mw lihat silahkan buka [pranala luar disembunyikan, sila masuk atau daftar.]
Judul: Re: tanya-coba...
Ditulis oleh: Michelle pada Juli 12, 2008, 07:46:24 PM
Kutip dari: milmi pada Juli 11, 2008, 06:04:49 PM
Mbak michele, nama genus di cetak miring juga ya...
Maaf, maaf, soalnya waktu itu copy+paste  :P

Kutip dari: milmi pada Juli 11, 2008, 06:04:49 PMKalo ngomongin burung garuda, sampai sekarang saya belum pernah menemukan klasifikasi resminya, namun bukan berarti burung garuda itu hewan legenda. bisa saja burung tersebut telah punah lama sebelum kita sempat kenalan.
Garuḍa (Sansekerta), Garula (Pāli, India) adalah salah satu dewa dalam agama Hindu dan Buddha. Ia merupakan wahana Dewa Wisnu, salah satu Trimurti atau manifestasi bentuk Tuhan dalam agama Hindu. Garuda digambarkan bertubuh emas, berwajah putih, bersayap merah. Paruh dan sayapnya mirip elang, tetapi tubuhnya seperti manusia. Ukurannya besar sehingga dapat menghalangi matahari.

- Dari kitab sejarah Hindhu
Judul: Re: tanya-coba...
Ditulis oleh: syx pada Juli 14, 2008, 10:56:45 AM
rat, tuh foto bukan gw yg njepret... tapi ambil langsung dari websitenya FKUA.

garuda di mitologi hindu emang kaya gitu. lambang unair kan pake garudamuka dengan bentuk burung setengah manusia. karena airlangga dianggap titisan wisnu makanya sah-sah aja dia dinangkringkan di atas garuda yg emang tunggangan wisnu (narsis ato pengagungan yang berlebihan?).
(http://202.95.151.6/logounair.gif)
Judul: Re: tanya-coba...
Ditulis oleh: reborn pada Juli 14, 2008, 12:38:20 PM
Ini yang nanyanya udah ke mana ya ??? dah terjawab atau belum sih?
Selain garuda dia kan juga nanya yang lain :

Kutip dari: alfauz pada Maret 04, 2008, 06:52:24 PM
Dalam kitab suci, ada buah namanya Buah Khuldi, buah Tin, trus makanan Manna n salwa.....klasifikasinya apa yach ?
Lambang negara kita kan burung garuda, ada tidak kejelasan taksonominya........?klo Unicorn n pegassus?
Judul: Re: tanya-coba...
Ditulis oleh: syx pada Juli 14, 2008, 12:41:53 PM
kalo unicorn, pegasus, dll... mending admin ngundang hagrid ke sini dah. biar dia yg njelasin.
Judul: Re: tanya-coba...
Ditulis oleh: Michelle pada Juli 14, 2008, 07:03:34 PM
Mengenai UNICORN...

Ada berita mengejutkan  8)

(http://msnbcmedia2.msn.com/j/ap/b374481c-5e35-43cf-a80c-045b09fc6414.widec.jpg)

1-year-old Roe 'Unicorn' was born in captivity in research center's park

By Marta Falconi
updated 12:18 p.m. ET June 11, 2008

ROME - A deer with a single horn in the center of its head — much like the fabled, mythical unicorn — has been spotted in a nature preserve in Italy, park officials said Wednesday.

"This is fantasy becoming reality," Gilberto Tozzi, director of the Center of Natural Sciences in Prato, told The Associated Press. "The unicorn has always been a mythological animal."

The 1-year-old Roe Deer — nicknamed "Unicorn" — was born in captivity in the research center's park in the Tuscan town of Prato, near Florence, Tozzi said.

He is believed to have been born with a genetic flaw; his twin has two horns.

Calling it the first time he has seen such a case, Tozzi said such anomalies among deer may have inspired the myth of the unicorn.

The unicorn, a horse-like creature with magical healing powers, has appeared in legends and stories throughout history, from ancient and medieval texts to the adventures of Harry Potter.

"This shows that even in past times, there could have been animals with this anomaly," he said by telephone. "It's not like they dreamed it up."

Single-horned deer are rare but not unheard of — but even more unusual is the central positioning of the horn, experts said.

"Generally, the horn is on one side (of the head) rather than being at the center. This looks like a complex case," said Fulvio Fraticelli, scientific director of Rome's zoo. He said the position of the horn could also be the result of a trauma early in the animal's life.

Other mammals are believed to contribute to the myth of the unicorn, including the narwhal, a whale with a long, spiraling tusk.
Judul: Re: tanya-coba...
Ditulis oleh: syx pada Juli 14, 2008, 07:40:21 PM
UNICORN

The unicorn is a beautiful beast found throughout the forests of northern Europe. It is a pure white, horned horse when fully grown, though the foals are initially golden and turn silver before achieving maturity. The unicorn's horn, blood and hair all have highly magical properties. It generally avoids human contact, is more likely to allow a witch to approach it than a wizard, and is so fleet of foot that it is very difficult to capture.


Sumber: Scamander N (2001) Fantastic Beasts and Where to Find Them. London: Obscurus Books.
Judul: Re: tanya-coba...
Ditulis oleh: milmi pada Juli 15, 2008, 01:07:56 PM
Hayo-hayo, jangan melebar diskusinya...
Yg ditanya:
Khuldi ...... belum terjawab
Tin .......... terjawab
Mana........ belum terjawab (emang ini makhluk hidup ya?)
Salwa .......belum terjawab (ini juga gak jelas makhluk hidup apa bukan)
Garuda.......terjawab
Unicorn...... terjawab
Pegassus.... terjawab

Nah, klo gak ada yg mw nambahin lg, mending di lock aja ya threadnya ("kejam" mode: on) :P
Judul: Re: tanya-coba...
Ditulis oleh: reborn pada Juli 15, 2008, 01:17:07 PM
wah, om mod unjuk gigi, gaswat nih ;D

Tin dah dijawab syx :

Kutip dari: syx pada Juli 05, 2008, 01:34:07 PM
buah tin (ara) itu Ficus carica ato common fig. gw punya tanamannya...

Selebihnya belum. Tapi buat unicorn rasanya memang dongeng aja kan?
Judul: Re: tanya-coba...
Ditulis oleh: milmi pada Juli 15, 2008, 03:23:18 PM
unicorn, pegassus, naga, monsterl lochness (hmm, klo ini msh bingung), etc kyknya memang dongen. klo garuda, mnrt penjelasan michelle, berarti sejenis khimera, yaitu hewan dongeng yang memiliki bagian2x tubuh dari makhluk yg berbeda. Nah klo buah khuldi?
Judul: Re: tanya-coba...
Ditulis oleh: syx pada Juli 15, 2008, 03:27:36 PM
khuldi jelas ga ada yg tau karena udah ga ada yg pernah liat setelah Nabi Adam dan istrinya diusir dari eden.
manna kabarnya berbentuk semacam embun kering berasa madu. jadi bukan hewan ato tumbuhan.
salwa bukannya nama tempat?

sekarang tambahan pertanyaan aja: gimana dengan:
bigfoot - sasquatch - yetti, makhluk besar berbulu tebal dari pegunungan himalaya. pernah muncul sebagai bintang tamu di buku tintin di tibet. di situ digambarkan bentuknya mirip gorila.

jersey devil, makhluk yang pernah terlihat di hutan new jersey, amerika serikat.

loveland frog, monster kodok besar dari ohio.

mongolian death worm, cacing raksasa gendut berukuran panjang 2-4 kaki dan tinggal di bawah tanah gurun gobi. bisa membunuh dengan semprotan racun ato pake sengatan listrik.

mothman dan el chupacabra (kemungkinan binatang yang sama), ditemukan di kepulauan karibia, amerika selatan, puerto rico, florida, texas, mexico, sampe negara bagian washington. chupa berukuran kecil, mata merah menyala, muka mirip monyet, dan punggung berduri. kabarnya doyan nyedot darah ternak hingga jadi musuh petani di area munculnya chupa. beberapa sering disalahartikan dengan gnome.


Judul: Re: tanya-coba...
Ditulis oleh: Michelle pada Agustus 04, 2008, 07:29:47 PM
Tambah satu lagi deh, yang deket-deket aja: Naga. Bentuknya seperti ular kawin sama burung.

Kalau harimau kawin sama merak apa jadinya hayo?  ;D
Judul: Re: tanya-coba...
Ditulis oleh: reborn pada Agustus 05, 2008, 06:27:55 PM
weleh, dilanjut ini threadnya. Naga bukannya cuman mitos, ga ada kan hewan ini?
Kalo harimau sama merak  ::) ga kepikir euy. Btw, ini judul threadnya perlu diganti keknya, misalnya "Hewan dalam mitos"?
Judul: Re: tanya-coba...
Ditulis oleh: syx pada Agustus 06, 2008, 08:25:53 AM
harimau + merak = reog!

Kutip dari: Michelle pada Agustus 04, 2008, 07:29:47 PM
Tambah satu lagi deh, yang deket-deket aja: Naga. Bentuknya seperti ular kawin sama burung.
naga timur dan naga barat beda bentuknya...

(http://china.metcn8.com/album/chinese-dragon.jpg)
kalo di timur naga (lung) itu kesannya campuran berbagai macam binatang. yg lucu jumlah jari naga cina, korea dan jepang berbeda. makin ke timur makin dikit. di cina naga berjari 5, di korea 4, dan abis nyebrang ke jepang tinggal 3. kenapa ya? yg pasti di ketiga negara tersebut naga sangat dipuja.

(http://www.crystalinks.com/dragon.gif)
kalo di barat bentuknya kaya kadal bersayap kelelawar, kadang ditambahi tanduk biar tambah sangar. beda ama di timur yg dipuja, di barat naga seringkali dianggap sebagai lambang kejahatan dan biang kekacauan. sama seperti dalam bible yg menggambarkan naga sebagai lambang iblis.

(http://www.creationism.org/images/DoreBibleIllus/nIsa27010Dore_TheDestructionOfLeviathan.jpg)
satu lagi dalam bible adalah makhluk laut dalam yg disebut leviathan. gambarannya hampir mirip naga (lung) timur.
Judul: Re: tanya-coba...
Ditulis oleh: milmi pada Agustus 06, 2008, 03:02:28 PM
Kutip dari: reborn pada Agustus 05, 2008, 06:27:55 PM
weleh, dilanjut ini threadnya. Naga bukannya cuman mitos, ga ada kan hewan ini?
Kalo harimau sama merak  ::) ga kepikir euy. Btw, ini judul threadnya perlu diganti keknya, misalnya "Hewan dalam mitos"?

Apa kita kunci aja ya thread ini [ngarep mode: on]
Judul: Re: tanya-coba...
Ditulis oleh: reborn pada Agustus 06, 2008, 07:16:56 PM
wekss.... dipindah ke pseudo n sci fi  :o :o
Hihi... gw tau alasannya nih. Si sis begitu liat posting milmi langsung takut bakal beneran dikunci, padahal masih semangat ngumpulin bahan2 hewan mitos lainnya, bener ga sis ;D
Bener nih, taro di sini aja, lebih cocok jadinya hehe...  ^-^
Judul: Monster Legenda
Ditulis oleh: biobio pada Februari 03, 2009, 03:17:25 PM
Percayakah anda dengan legenda monster dunia mulai cylops, raksasa, troll, nessie, naga, dll? Atau mungkin malah ada yang pernah lihat?
Judul: Re: Monster Legenda
Ditulis oleh: Pi-One pada Februari 03, 2009, 07:52:27 PM
Perlu tambahkan hewan seperti kirin? Konon hewan ini pernah muncul di China, ada dalam kisah mengenai konfusius, tapi sepertinya lebih berat ke mitos...

Judul: Re: Monster Legenda
Ditulis oleh: nandaz pada Februari 03, 2009, 08:07:04 PM
Kutip dari: biobio pada Februari 03, 2009, 03:17:25 PM
Percayakah anda dengan legenda monster dunia mulai cylops, raksasa, troll, nessie, naga, dll? Atau mungkin malah ada yang pernah lihat?
biobio sendiri percaya kah...?
Judul: Re: Monster Legenda
Ditulis oleh: YONJK pada Februari 03, 2009, 08:19:23 PM
aku sih ga percaya...
Tapi aku pernah lihat lho..
Judul: Re: Monster Legenda
Ditulis oleh: Tikoqué pada Maret 14, 2009, 07:41:53 PM
Kutip dari: YONJK pada Februari 03, 2009, 08:19:23 PM
aku sih ga percaya...
Tapi aku pernah lihat lho..

wow~ pernah liad dengan mata kepala sendiri? emangnya liad apa?
Judul: Re: Makhluk Hidup dalam Legenda dan Mitos
Ditulis oleh: syx pada Maret 16, 2009, 08:36:48 AM
kalo raksasa gw percaya ada... goliath adalah keturunan raksasa.
Judul: Re: Makhluk Hidup dalam Legenda dan Mitos
Ditulis oleh: nachan pada April 18, 2009, 10:07:40 PM
 :o
weleh..
ternyata garuda bukan burung asli yaaa?
saya kira beneran ada..
hohoho ;D
Judul: Re: Makhluk Hidup dalam Legenda dan Mitos
Ditulis oleh: syx pada Juni 30, 2009, 04:00:58 PM
mermaid itu ada beneran ato kagak?

Judul: Re: Makhluk Hidup dalam Legenda dan Mitos
Ditulis oleh: luth pada Juni 30, 2009, 04:39:33 PM
Kutip dari: syx pada Juli 05, 2008, 01:34:07 PM
buah tin (ara) itu Ficus carica ato common fig. gw punya tanamannya...
wah beneran syx? enak ga buahnya?eh klo dijakarta tuh ga ada yg jual ya buahnya,?...saya ada rencana nanti mo nanem bibitnya,,,syx punya ga?brp hargany?
*hehe sori jadi ke bisnis nih nyambungnya ;D ;D
Judul: Re: Makhluk Hidup dalam Legenda dan Mitos
Ditulis oleh: syx pada Juni 30, 2009, 04:47:31 PM
asem sedikit manis... punya saya udah mati, kemungkinan besar karena salah media tanam. mo nanam lagi masi males, lahan terbatas. di jakarta pastinya ada yang jual karena pohon ini udah mulai banyak yang budidaya.
Judul: Naga
Ditulis oleh: raisuien pada September 09, 2009, 09:33:06 PM
Naga menurut kalian pernah ada atau tidak di dunia ini? Menurut mitos di China, Naga berbentuk seperti ular yang sangat panjang sedangkan di Eropa seperti reptil raksasa yang dapat terbang.
Judul: Re: Naga
Ditulis oleh: nandaz pada September 09, 2009, 09:51:18 PM
...ada yang pernah dikasih infonya oleh Monsieur syx mengenai naga di room sebelah....legenda dan mitos
Judul: Re: Naga
Ditulis oleh: raisuien pada September 09, 2009, 09:55:05 PM
jd menurut kamu naga ada apa gak?
Judul: Re: Naga
Ditulis oleh: nandaz pada September 09, 2009, 09:57:17 PM
...ada...cuman di khayalan, dan banyak yang menyadari hewan itu sama dengan reptil...kayak komodo dragon...
Judul: Re: Naga
Ditulis oleh: raisuien pada September 09, 2009, 10:02:42 PM
td baru2 nyari ketemu link nya..

[pranala luar disembunyikan, sila masuk atau daftar.]

[pranala luar disembunyikan, sila masuk atau daftar.]
klo yg ini bagaimana?
apakah hanya rekayasa atau beneran?
Judul: Re: Naga
Ditulis oleh: Pi-One pada September 10, 2009, 08:39:38 AM
Naga adalah makhluk yang dipercaya banyak kebudayaan. Bisa jadi naga sendiri bukan penghuni dunia ini.
Judul: Re: Naga
Ditulis oleh: Notonektid pada September 10, 2009, 04:30:25 PM
Kutip dari: Pi-One pada September 10, 2009, 08:39:38 AM
Naga adalah makhluk yang dipercaya banyak kebudayaan. Bisa jadi naga sendiri bukan penghuni dunia ini.

nah, itu yg saya pikirkan....
jika ada begitu banyak bangsa di dunia ini yg percaya dgn naga, mungkinkah sebenarnya naga itu benar2 pernah eksis di dunia ini, atau naga itu tidak lebih dari sisa2 dinosaurus yg kebetulan masih eksis di dunia ini & kebetulan ada manusia yg sempat melihat penampakan mereka?

sebab rasanya cukup aneh bangsa2 dengan latar belakang & budaya berbeda-beda mengkultuskan makhluk yg memiliki wujud serupa...
Judul: Re: Naga
Ditulis oleh: nandaz pada September 10, 2009, 04:37:05 PM
Kutip dari: raisuien pada September 09, 2009, 10:02:42 PM
td baru2 nyari ketemu link nya..

[pranala luar disembunyikan, sila masuk atau daftar.]

[pranala luar disembunyikan, sila masuk atau daftar.]
klo yg ini bagaimana?
apakah hanya rekayasa atau beneran?
KutipThe fossil provides important scientific information for people to trace the origin of the Chinese legendary dragon.
belum dapat dipastikan dan masih dalam penelitian...belum tahu kebenarannya apa mirip dengan naga dalam mitos china...salah satunya tipe dalam web ini amphibi bukannya reptil yang nyembur api...
Judul: Re: Naga
Ditulis oleh: Pi-One pada September 10, 2009, 08:02:55 PM
Mungkin saja orang zaman dulu melihat ular raksasa (seperti anaconda) misalnya, dan seiring waktu, kisah berkembang sehingga sosok ular raksasa berangsur berkembang jadi sosok naga dengant anduk, surai, cakar dan bisa terbang.
Judul: Re: Naga
Ditulis oleh: nandaz pada September 10, 2009, 08:19:09 PM
...banyak daerah banyak jenis namanya; kalo boleh tahu naga2 biasanya dijadikan aktor dalam dongeng2, kaya' yang dibilang M.syx tapi nama2 ini mereka dapat dari mana sih? seperti; wyrn, bahamuth, salamander, tyrant dragon, leviathan, sea serpent..hmm, apa lagi ya?
Judul: Re: Naga
Ditulis oleh: raisuien pada September 11, 2009, 01:31:55 AM
In European folklore, a dragon is a serpentine legendary creature. The Latin word draco, as in constellation Draco, comes directly from Greek δράκων, (drákōn, gazer). The word for dragon in Germanic mythology and its descendants is worm (Old English: wyrm, Old High German: wurm, Old Norse: ormr), meaning snake or serpent. In Old English wyrm means "serpent", draca means "dragon". Finnish lohikäärme means directly "salmon-snake", but the word lohi- was originally louhi- meaning crags or rocks, a "mountain snake".

Bahamut (Arabic: بهموت‎ Bahamūt) is a vast fish that supports the earth in Arabian mythology. In some sources, Bahamut is described as having a head resembling a hippopotamus or elephant. In Arabic myth, Bahamut is a giant fish, described as so immense that a human cannot bear its sight; "[a]ll the seas of the world, placed in one of the fish's nostrils, would be like a mustard seed laid in the desert."

Judul: Re: Naga
Ditulis oleh: raisuien pada September 11, 2009, 07:24:46 PM
oh y.. bagaimana dgn sebutan naga yg ada pada Alkitab? yg di kitab Wahyu..
Judul: Re: Naga
Ditulis oleh: Ginji pada September 11, 2009, 10:16:25 PM
hmm bisa aja naga itu beneran
kan segala yang ada selalu ada sumbernya
"dimana ada sebab ada akibat"
hmm tapi sih kalo misalkan ada naga pun sekarang bisa muncul pertannyaan lagi
napa bisa punah ?
dan kalo naga di kitab wahyu? hmm ?mungkin yang lebih kental agamanya ? ;D :P
Judul: Re: Makhluk Hidup dalam Legenda dan Mitos
Ditulis oleh: syx pada September 17, 2009, 04:51:31 PM
gw gabungin topicnya karena senada... tentang naga sepertinya ada di halaman-halaman awal.
Judul: Re: Makhluk Hidup dalam Legenda dan Mitos
Ditulis oleh: raisuien pada September 17, 2009, 07:52:42 PM
mungkin gag punah pd saat bencana air bah...
ato bencana2 yg lain..
ato karna lingkungan hidup yg tidak bisa sesuai dgn naganya...
Judul: Re: Makhluk Hidup dalam Legenda dan Mitos
Ditulis oleh: genjer-genjer pada Oktober 14, 2009, 05:10:54 PM
kalo kirin itu apa?
Judul: Re: Makhluk Hidup dalam Legenda dan Mitos
Ditulis oleh: syx pada Oktober 14, 2009, 05:32:07 PM
bahasa aslinya qilin... mungkin kirin itu ucapan penyesuaian dalam bahasa jepang. maklum mereka ga kenal huruf l dan biasa diganti menjadi r. dari bentuknya sepertinya hewan ini kombinasi dari naga pada bagian kepala, rusa pada bagian tubuh dan tungkai, dan ular (ato ikan) pada sisiknya.

(http://www.monstropedia.org/images/thumb/5/57/QingQilin.jpg/180px-QingQilin.jpg)

(http://www.monstropedia.org/images/thumb/9/90/MingQilinDragonFish.jpg/275px-MingQilinDragonFish.jpg)

kalo di india ada yang disebut yali, bentuknya kombinasi gajah, singa, dan ular. kabarnya hewan ini jauh lebih kuat dari gajah.

(http://www.art-and-archaeology.com/india/madurai/d20736.jpg)
Judul: Re: Makhluk Hidup dalam Legenda dan Mitos
Ditulis oleh: Pi-One pada Oktober 14, 2009, 08:36:24 PM
Kirin mungkin bisa dikatakan sebagai 'kuda naga', konon hewan ini pernah muncul pada masa Konfusius. Tapi kisah lengkapnya udah lupa...
Judul: Re: Makhluk Hidup dalam Legenda dan Mitos
Ditulis oleh: genjer-genjer pada Oktober 15, 2009, 02:32:15 PM
Kutip dari: syx pada Oktober 14, 2009, 05:32:07 PM
bahasa aslinya qilin... mungkin kirin itu ucapan penyesuaian dalam bahasa jepang. maklum mereka ga kenal huruf l dan biasa diganti menjadi r. dari bentuknya sepertinya hewan ini kombinasi dari naga pada bagian kepala, rusa pada bagian tubuh dan tungkai, dan ular (ato ikan) pada sisiknya.

kalo di india ada yang disebut yali, bentuknya kombinasi gajah, singa, dan ular. kabarnya hewan ini jauh lebih kuat dari gajah.

Hoo kombinasi yah??
Judul: Legenda "Pengisap Darah"
Ditulis oleh: raisuien pada Desember 07, 2009, 10:56:11 AM
Suatu kali sebuah jaringan televisi mengangkat laporan tentang pelintas batas gelap Meksiko-Amerika Serikat. Betapa para imigran gelap diancam bukan saja oleh polisi AS, melainkan juga oleh makhluk "mitos" chupacabra.

Mereka yang diturunkan di Gurun Sonora, di perbatasan Meksiko-Amerika Serikat—yang luasnya sekitar 300.000 kilometer persegi serta dikenal tandus dan sangat panas itu—akhirnya meninggal dengan dua lubang di leher mereka. Sang anak tetap hidup karena bersembunyi di sebuah lubang pohon.

Korban diduga dibunuh hewan chupacabra. Hewan itu telah melegenda di sejumlah negara. Dari Puerto Riko di Amerika Selatan hingga Texas, dan Amerika Serikat. Sejumlah pemberitaan menyebut, chupacabra juga ada di Filipina.

Sosok chupacabra identik dengan kasus-kasus kematian ternak atau imigran gelap, dengan luka gigitan pada leher; darah korban habis diisap.

Istilah "chupacabra" berasal dari bahasa Spanyol, "chupar" berarti mengisap dan "cabra" berarti kambing, karena sebagian besar ternak korban adalah kambing. Dalam bahasa inggris, artinya goat sucker.

Pertama kali istilah chupacabra atau El Chupacabra (bahasa Spanyol) dipakai pada dua harian di Puerto Riko, tahun 1992. Keduanya melaporkan kasus kematian massal ternak, mulai dari burung, kuda, dan yang terbanyak: kambing.

Setelah itu kasus sejenis banyak dilaporkan terjadi di Republik Dominika, Argentina, Bolivia, Cile, Kolombia, Peru, Brasil, dan AS. Sejak itu chupacabra tetap misterius: dibicarakan banyak komunitas, tetapi tak ada satu kesimpulan pun.

Bukan menjadi jelas, sosok misterius itu justru menjadi sasaran mode kalangan urban. Kaus dan topi bisbol bergambar rekaan chupacabra laris manis di kalangan komunitas hispanik dan Amerika.

Sosoknya disebut mirip coyote, rubah berambut lebat, tetapi ada juga yang menyebutnya seperti kanguru karena, katanya, bisa melompat tinggi.

Sejumlah seniman menggambarkan sosok chupacabra mirip gargoyle, makhluk bersayap dengan wajah menyeringai dengan gigi tajam siap menerkam.

Faktanya, setidaknya ada tiga "sosok" gambaran chupacabra. Pertama dan yang umum: sosoknya berkulit keras hijau keabu-abuan dengan kaki belakang lebih panjang dari sepasang kaki depan. Bertaring besar dengan moncong seperti anjing. Bisa berdiri dan melompat seperti kanguru dan berbau belerang. Yang kedua, mirip dengan gambaran pertama, tetapi rambut kepalanya sedikit. Ketiga, sosoknya bak anjing liar, kepala sedikit berambut, soal rambut, tanpa gigi taring besar atau cakar.

Perjumpaan di Texas

Pada September 2009 CNN menurunkan laporan temuan bangkai binatang menyerupai coyote, milik seorang pemilik sekolah pembuat binatang awetan Blanco, di Texas. Si pemilik yang bernama Jerry Ayer mengaku mendapat hewan seberat 60 kilogram itu dari bekas muridnya, Lynn Butler. Hewan itu mati setelah memakan racun tikus di gudang.

Hewan itu bermoncong seperti anjing, berkulit keras tanpa bulu dengan kurap parah pada tubuhnya. Menurut Lynn, seperti dikutip Telegraph.co.uk, sejumlah ahli yang meneliti menduga itu adalah chupacabra.

Telepon Jerry terus berbunyi menanyakan hewan itu. Sebagian besar menduga itu chupacabra. "Saya tidak tahu apa ini... saya tak tahu kalau saya punya binatang aneh," kata Jerry yang kewalahan dengan berbagai permintaan wawancara.

Segera saja media lokal, nasional, bahkan internasional, mengutip apa yang ia sebut sebagai "coyote cacat genetik" itu. Jerry sendiri tidak percaya akan adanya chupacabra.

Universitas Texas A&M telah mengambil contoh jaringan dari tubuh hewan itu untuk mengidentifikasi. Begitu pula sejumlah universitas lain.

Sebelumnya, CNN menayangkan video berdurasi 1 menit 36 detik yang direkam dari perangkat video mobil Deputi Sherif Dewitt County, Texas, yang dikemudikan Brandon Riedel, 8 Agustus 2008.

Pada rekaman itu tampak sosok menyerupai anjing berwarna hitam, bermoncong, dengan kuping berdiri, lari di jalanan berkerikil. Dua kaki belakangnya sedikit lebih panjang dari sepasang kaki depan.

Sejumlah pihak menduga binatang itu sama spesiesnya dengan coyote—termasuk atasan Brandon, Sherif Jode Zavesky.

Perjumpaan itu bukanlah yang pertama di Cureo, Texas. Pada tahun 2007 seorang pengusaha peternakan menemukan hewan mati yang ia duga chupacabra. Hasil tes DNA-nya menunjukkan, DNA-nya mirip coyote, tetapi tidak identik.

Pekerjaan rumah

Di tengah keyakinan keberadaan chupacabra, banyak yang menganggapnya sebagai mitos. Chupacabra disejajarkan dengan legenda manusia tinggi besar Yeti, "Big Foot", atau Nessie—monster Danau Loch Ness, Skotlandia.

Sejumlah kesaksian perjumpaan langsung atau rekaman video dinilai belum cukup. Nada minor menyebut chupacabra khayalan atau imajinasi, atau bentuk dari "histeria massa".

Seorang ahli patologi di Universitas UNAN, Leon, di Nikaragua menyimpulkan, hewan itu hanya seekor anjing dengan wujud "tak biasa". Penampilannya mencolok dengan morfologi (bentuk) amat berbeda dengan keturunan anjing liar biasa. Disebutkan, chupacabra memiliki karakteristik yang amat aneh.

Sebagian laporan mengklaim bahwa mata merah chupacabra mampu menghipnotis dan melumpuhkan korbannya—binatang yang menjadi mangsanya tersihir—sehingga diam saja ketika diisap darahnya. Agak berbeda dengan para pemangsa lainnya, chupacabra mengisap habis darah korbannya atau organ dalam mereka.

Di kalangan penduduk asli hutan hujan tropis Amerika Selatan berkembang kisah mistis "manusia nyamuk". "Manusia nyamuk" ini mengisap darah hewan-hewan dengan hidung panjangnya.

Sejumlah orang yakin, chupacabra sebenarnya sama dengan "manusia nyamuk". Yang pasti, chupacabra masih menjadi "pekerjaan rumah" bagi para ilmuwan.
Judul: Re: Makhluk Hidup dalam Legenda dan Mitos
Ditulis oleh: syx pada Desember 07, 2009, 04:59:26 PM
ini artikel lama... udah pernah baca di kompas beberapa minggu yang lalu. sepertinya lebih ke arah untuk menakut-nakuti imigran gelap.
Judul: Re: Makhluk Hidup dalam Legenda dan Mitos
Ditulis oleh: syx pada Desember 22, 2009, 09:44:17 AM
kabarnya ent itu udah punah ya? apa bener? gimana cara reproduksi mereka? apa sama dengan pohon biasa?
Judul: Re: Makhluk Hidup dalam Legenda dan Mitos
Ditulis oleh: syx pada Januari 22, 2010, 06:44:38 PM
(http://media.star-telegram.com/smedia/2010/01/20/12/chupacabra.standalone.prod_affiliate.58.jpg)
ini foto bangkai rakun gundul yang seringkali disebut chupacabra...
lebih lanjut di: [pranala luar disembunyikan, sila masuk atau daftar.]
Judul: Re: Makhluk Hidup dalam Legenda dan Mitos
Ditulis oleh: Hendy wijaya, MD pada Maret 03, 2010, 02:22:48 PM
Oya bung, kalaupun binatang2 mitos itu sebenarnya pernah ada dan sekarang punah akibat berbagai macam sebab, kok kita tidak pernah melihat bangkai/fosilnya?sedangkan dinosaurus yang umurnya jauh lebih tua aja ada fosilnya..kemana semua binatang mitos itu?oh ya ada ulasan ttg monster danau lochness ga?tertarik nih..
Judul: Re: Makhluk Hidup dalam Legenda dan Mitos
Ditulis oleh: syx pada Maret 03, 2010, 03:56:53 PM
infonya simpang siur antara pro dan kontra... yang bilang bo'ong menyatakan itu cuma batang kayu terapung, niat menyebarkan berita gitu untuk mendongkrak wisata ke sana. pernah dicoba sonografi juga kalo ga salah.

(http://www.infoaddict.com/wp-content/uploads/HLIC/z.about.com/d/paranormal/1/0/3/B/loch_ness_1_lg.jpg)

(http://kellebelle.files.wordpress.com/2009/08/loch-ness-monster2.jpg)
Judul: Re: Makhluk Hidup dalam Legenda dan Mitos
Ditulis oleh: raisuien pada Maret 03, 2010, 05:15:05 PM
Misteri Foto Monster "NESSIE" Akhirnya Terungkap

Seorang ahli bedah dari Inggris, Robert Kenneth Wilson, mengklaim telah memfoto "Monster Loch Ness" seperti tampak pada foto di atas yang dikenal juga sebagai "Nessie" yaitu konon mahluk yang hidup bersembunyi di kedalaman air danau "Loch Ness". Lokasi danau "Loch Ness" ini berada di wilayah Utara Skotlandia, Inggris.

Menurut penuturan Wilson, pada tanggal 19 April 1934 ketika ia sedang mengendarai mobil mengelilingi danau, ia menyaksikan sesuatu obyek yang bergerak di permukaan air danau. Ia menghentikan mobilnya dan segera memfotonya. Hasil fotonya menampakkan gambar leher panjang mirip leher seekor ular naga yang muncul di permukaan air danau

Foto yang dikenal dengan julukan "The Surgeon's Foto" (surgeon = ahli bedah) ini, selama 60 tahun telah membuat penasaran masyarakat dunia sampai akhirnya pada tahun 1994 terungkap bahwa foto "Monster Loch Ness" yang telah melegenda ini adalah palsu ! Ternyata foto itu adalah foto mainan kapal selam yang di atasnya ditempel mainan ular naga laut (bentuk leher memanjang).

Dan ternyata pula, bukan Wilson yang membuat dan memfoto mainan tersebut. Adalah seorang yang bernama Christian Spurling yang membuat mainan itu. Pengakuan ini dungkapkan oleh Spurling (berumur 90 tahun) menjelang kematiannya.

Spurling menjelaskan lebih lanjut, bahwa ia telah dilibatkan oleh seorang kolektor mainan bernama Marmaduke Wetherell (ayah tirinya), dan kemudian melibatkan Wilson, Asal mulanya, Wetherell, ayah tirinya itu, ingin membalas dendam terhadap orang-orang yang telah mengejeknya atas klaimnya telah menemukan jejak "Nessie" di samping danau (jejak ini ternyata adalah jejak buatan dari kaki kuda nil yang dikeringkan).

Kemudian Wetherell menghubungi Spurling dan memintanya untuk membuatkan mainan kapal selam yang di atasnya ditempel mainan ular naga. Model mainan ini kemudian difoto di permukaan air danau "Loch Ness" dan hasil fotonya diserahkan kepada Wilson yang bertugas sebagai penyebar foto bohongan ini agar bisa dipercaya oleh masyarakat luas.

Kisah tentang Nessie diawali oleh sebuah deskripsi dalam naskah kuno dari abad ke-7. Dalam sebuah catatan tentang rohaniawan Kristen berjudul "Life of St Columba" tulisan Adamnan, ada satu penjelasan mengenai sesosok monster di Danau Loch Ness.

Disebutkan pada tahun 565, rohaniawan St Columba menolong orang-orang Suku Pict (penduduk Skotlandia Kuno) yang tiba-tiba diserang makhluk air raksasa saat berlayar di danau "Loch Ness". Dengan merapal doa dari daratan, St Columba berhasil mengusir monster tersebut.

Sejak itu, tak ada penjelasan lagi soal Nessie, tetapi ia tetap dibicarakan hingga penghujung tahun 1800-an. Lalu di tahun 1930-an, isu kemunculan Nessie kembali ramai diberitakan. Hal ini sehubungan dibukanya jalan raya di sekitar danau yang memudahkan turis dan petualang melintasi area danau yang memiliki panorama indah itu.

Sejak itu beberapa orang mengklaim telah melihat penampakan "Monster Loch Ness".
Judul: Re: Makhluk Hidup dalam Legenda dan Mitos
Ditulis oleh: Hendy wijaya, MD pada Maret 03, 2010, 08:02:34 PM
yaaahh..sayang cuma hasil karangan dan dongeng..bukan lagi misteri donk..
Judul: Re: Makhluk Hidup dalam Legenda dan Mitos
Ditulis oleh: syx pada Maret 04, 2010, 07:04:26 AM
kalo nessie itu semacam plesiosaurus emang ga bakal ada orang yang jadi korban? plesiosaurus kan termasuk karnivora ganas di laut...
Judul: Re: Makhluk Hidup dalam Legenda dan Mitos
Ditulis oleh: MonDay pada April 01, 2010, 09:46:21 PM
burung phoenix terbungkus api, hanya satu dan abadi *dilihat dr harry potter*
konon cendrawasih dan merak itu turunannya
Judul: Re: Makhluk Hidup dalam Legenda dan Mitos
Ditulis oleh: nandaz pada April 02, 2010, 10:53:30 AM
...itu bukannya burung asal Mesir, orang mesir yang memberi nama Phoenix sebagai dewa matahari(Dewa Ra) yang paling agung. dia hidup sampai ribuan tahun lalu membakar diri dan terlahir kembali.  kalo garuda masuk turunannya ngga sih?
Judul: Re: Makhluk Hidup dalam Legenda dan Mitos
Ditulis oleh: Monox D. I-Fly pada Juli 01, 2010, 01:08:31 PM
^
Kayaknya enggak deh...

O iya, aq pernah denger kl Phoenix sama Suzaku itu beda, padahal sama2 burung api. Emg bedanya dimana?
Judul: NESSIE-MONSTER DANAU MISTERIUS YANG TETAP MISTERI
Ditulis oleh: Fhydha_099 pada Juli 04, 2010, 04:51:14 PM
(http://4.bp.blogspot.com/_NtF7P1Aaff0/S9oyJcf2GSI/AAAAAAAABAE/ZydzAdP1AFw/s320/loch-ness-monster2.jpg)
KEBERADAAN monster Loch Ness atau Nessie masih misterius. Sesuai artinya, Nessie atau Niseag dalam bahasa Skotlandia adalah monster danau misterius dan belum teridentifikasi. Polisi senior Kepala Polisi Kota Administratif Inverness-Skotlandia, Williaw Fraser mengklaim tidak meragukan keberadaan monster itu. Klaim itu pernah disampaikan melalui surat kepada Wakil Menteri Luar Negeri Skotlandia 70 tahun lalu.

Pada surat yang ditemukan baru-baru ini di Arsip Nasional Skotlandia, menyebutkan sejumlah penampakan besar-besaran dari monster berleher panjang seperti Plesiosaurus, dinosaurus reptil berleher panjang ini sekitar tahun 1930. Dalam suratnya itu, Fraser mengatakan,"Ada makhluk aneh di Loch Ness, keberadaannya tidak diragukan lagi. Tetapi, kekuatan polisi yang ada tidak memungkinkan untuk melindungi makhluk itu." Sehingga petugas berwenang Skotlandia saat itu menerjunkan tim untuk menelusuri kebenaran keberadaan monster berleher panjang di sebuah danau yang juga bernama Loch Ness.

Sejak itu, artikel-artikel di media, foto-foto, dan tulisan lain bermunculan yang menceritakan tentang keberadaan Nessie. Banyak pula pemburu yang berduyun-duyun menuju danau untuk melihat, menangkap, hingga membunuhnya, seperti sepasang warga London, Peter Kent dan Marion Stirling. Kent telah mengaku kepada polisi bahwa dia menyiapkan senjata tombak khusus untuk memburu Nessie. Dia juga sudah menyiapkan 20 orang berpengalaman untuk memburu hingga ke dasar danau.Spekulasi keberadaan Nessie yang diangkat ke Parlemen tahun 1933, saat itu menginginkan agar diadakan penelitian ilmiah untuk mencari tahu keberadaan monster misterius itu.

Foto yang dibuat oleh Dr. Robert Kenneth Wilson pada 19 April 1934 menampakkan sosok nessie secara jelas sedang menyembul dari permukaan air dengan menampakkan kepala dan lehernya yang panjang. Dari foto itu, berkembanglah berbagai dugaan tentang apa sebenarnya Nessie ini. Namun, ada juga yang meragukan apakah Nessie benar-benar ada, antara lain, Alastair Boyd dan temannya David Martin. Setelah diselidiki, foto itu ternyata dibuat oleh Duke Wetherell dan putranya Ian. Monster itu pun palsu, dibuat oleh putra tiri Duke yang bernama Spurling. Foto nessie palsu itu diserahkan Duke pada temannya, Chambers. Duke meminta Chambers membujuk Dr. Wilson agar menjualnya ke koran Daily Mail atas nama Dr. Wilson. Duke Wetherell sengaja memasukkan foto nessie itu untuk membalas dendam pada perusahaan koran Daily Mail. Koran Daily Mail telah menulis berita yang membuat Duke Wetherell malu. Pada tahun 1994, Martin berhasil menemui Spurling. Martin mengorek keterangan dan mendengar pengakuan Spurling tentang foto itu. Saat ditemui Martin, Spurling sudah berumur 93 tahun dan dia merasa bersalah telah membohongi banyak orang.

Meskipun Petugas dari Arsip Nasional yang membacakan surat ini mengatakan, pada akhirnya kisah Loch Ness ini hanya menjadi bunga-bunga dongeng hiburan saja. Namun, pada 31 Mei 2007, Gordon Holmes mengaku berhasil merekam monster Loch Ness.***


http://b0cah.org/index.php?option=com_content&task=view&id=1065&Itemid=1
[/sup]

Judul: Re: NESSIE-MONSTER DANAU MISTERIUS YANG TETAP MISTERI
Ditulis oleh: Takagi Fujimaru pada Juli 04, 2010, 07:58:41 PM
Klo ga salah, di doraemon juga ada nih...persis.... :)
Judul: Re: Makhluk Hidup dalam Legenda dan Mitos
Ditulis oleh: syx pada Juli 14, 2010, 01:33:55 PM
Kutip dari: MonDay pada April 01, 2010, 09:46:21 PM
burung phoenix terbungkus api, hanya satu dan abadi *dilihat dr harry potter*
konon cendrawasih dan merak itu turunannya
kalo cendrawasih dan merak dibungkus api pasti enak banget, asal bumbunya juga pas dan meresap.
Judul: Re: Makhluk Hidup dalam Legenda dan Mitos
Ditulis oleh: Logan pada Agustus 05, 2010, 11:54:53 AM
Lebih enak ayam dibungkus api... :D
Judul: Re: Makhluk Hidup dalam Legenda dan Mitos
Ditulis oleh: Hendy wijaya, MD pada Agustus 08, 2010, 11:27:35 PM
jadi paket nasi donk..? ;D
Judul: Re: Makhluk Hidup dalam Legenda dan Mitos
Ditulis oleh: Takagi Fujimaru pada Agustus 09, 2010, 04:52:22 PM
ehem...
Judul: Re: Makhluk Hidup dalam Legenda dan Mitos
Ditulis oleh: syx pada Agustus 09, 2010, 05:04:53 PM
woii... OOT kok diterusin.
Judul: Re: Makhluk Hidup dalam Legenda dan Mitos
Ditulis oleh: Logan pada Agustus 10, 2010, 11:24:37 AM
memang siapa yang mulai? :D
Judul: Re: Makhluk Hidup dalam Legenda dan Mitos
Ditulis oleh: Takagi Fujimaru pada Agustus 11, 2010, 07:47:30 AM
ini bukan? ;D ;D
Kutip dari: syx pada Juli 14, 2010, 01:33:55 PM
kalo cendrawasih dan merak dibungkus api pasti enak banget, asal bumbunya juga pas dan meresap.
Judul: Re: Makhluk Hidup dalam Legenda dan Mitos
Ditulis oleh: Logan pada Agustus 13, 2010, 09:48:58 PM
OK.. deh!! back to the topic

Dalam mitologi bangsa Nordik dikatakan bahwa Odin punya peliharaan seekor kuda bernama Sleipnir yang berkaki 8 yang memiliki kemampuan khusus untuk membawa penunggangnya ke dunia arwah, di mana Odin dapat mengontrol arwah-arwah yang ada.

Apakah ada yang pernah liat kuda berkaki 8? ???
Judul: Re: Makhluk Hidup dalam Legenda dan Mitos
Ditulis oleh: syx pada Agustus 14, 2010, 02:10:13 PM
ada... gw liat di gambar ini:

(http://www.wilsonsalmanac.com/images1/odin_sleipnir2_op.jpg)

pasti larinya kenceng banget. 4 kaki aja udah cepet, apalagi pake delapan.
Judul: Re: Makhluk Hidup dalam Legenda dan Mitos
Ditulis oleh: Hendy wijaya, MD pada Agustus 16, 2010, 11:22:40 AM
emang gigi persneling di mobil, makin banyak makin kenceng?hahaha..kok jadi terpancing OOT terus ya..
Btw, bukannya senjata odin itu palu ya kalo ga salah?kok di gambar ia pegang tombak?emang fumgsi utama kaki 8 itu apa ya bung?
Judul: Re: Makhluk Hidup dalam Legenda dan Mitos
Ditulis oleh: syx pada Agustus 16, 2010, 11:36:07 AM
... yang pake palu bukannya thor?
Judul: Re: Makhluk Hidup dalam Legenda dan Mitos
Ditulis oleh: Hendy wijaya, MD pada Agustus 16, 2010, 11:56:53 AM
oh iya ya..hehe salah..  :-[
Judul: Re: Makhluk Hidup dalam Legenda dan Mitos
Ditulis oleh: Pi-One pada Agustus 17, 2010, 12:23:10 PM
Kutip dari: Hendy wijaya, MD pada Agustus 16, 2010, 11:22:40 AMBtw, bukannya senjata odin itu palu ya kalo ga salah?kok di gambar ia pegang tombak?emang fumgsi utama kaki 8 itu apa ya bung?
Palu mjolnir itu punya Thor, anaknya Udin. Senjata Udin itu tombak Gungnir. Kalau gak salah, baik tombak Gungnir maupun kuda Slepnir sama-sama hadiah dari Loki.

*Kuda Slepnir dikisahkan sebagai kuda yang dilahirkan Loki. Ya, gak salah, Loki adalah ibu Slepnir. Loki itu bisa berubah gender.
Judul: Re: Makhluk Hidup dalam Legenda dan Mitos
Ditulis oleh: syx pada Agustus 18, 2010, 07:21:47 AM
Kutip dari: Pi-One pada Agustus 17, 2010, 12:23:10 PM
Loki itu bisa berubah gender.
... dan spesies?
Judul: Re: Makhluk Hidup dalam Legenda dan Mitos
Ditulis oleh: Pi-One pada Agustus 18, 2010, 09:42:25 AM
Kutip dari: syx pada Agustus 18, 2010, 07:21:47 AM
... dan spesies?
Bisalah. Loki itu raksasa, tapi dianggap saudara oleh Udin (yang setengah raksasa). Dia melahirkan Slepnir setelah berubah jadi kuda betina buat merayu kuda...lupa kuda apa. Dia juga pernah berubah jadi manusia (wanita tua) waktu ada satu dewa yang mati dan para dewa ingin menghidupkannya kembali.

Anak-anak Loki juga pada gak beres. Yang paling mendekati manusia cuma Hel, sang dewi penguasa dunia kematian Helheim. Itu juga cuma sisi atas tubuhnya yang berwujud wanita tua
Judul: Re: Makhluk Hidup dalam Legenda dan Mitos
Ditulis oleh: nandaz pada Agustus 22, 2010, 02:03:49 PM
kalo ifrit dan shiva? dalam game2 mereka mewakili elemen api dan es...ada yang tau asal usulnya?
Judul: Re: Makhluk Hidup dalam Legenda dan Mitos
Ditulis oleh: Logan pada Agustus 22, 2010, 02:50:06 PM
Setahuku nama Ifrit itu diambil dari mitologi timur tengah. Ifrit adalah raja atau komandan besar bala tentara jin. >:D

Dalam agamaku (Islam), Ifrit adalah salah satu abdi nabi Sulaiman dari kalangan jin (panglima besar) yang konon ditugaskan memindahkan singgasana ratu bilqis dari kerajaannya menuju istana Sulaiman sebelum Nabi Sulaiman bangkit dari singgasananya, namun seorang dari kalangan ahli kitab menyanggupi dapat melaksanakan tugas tersebut (memindahkan singgasana ratu Bilqis) hanya dalam kedipan mata (ketika Nabi Sulaiman mengedipkan mata, singgasana Bilqis sudah ada di samping beliau).
Setelah nabi Sulaiman wafat, Ifrit tak lagi memiliki raja dan dia menjadi kafir (keluar dari agama tauhid). cmiiw... :)
Judul: Re: Makhluk Hidup dalam Legenda dan Mitos
Ditulis oleh: Logan pada Agustus 22, 2010, 02:54:23 PM
Klo Ifrit dikaitkan dengan elemen api, ya mungkin karena Ifrit dari kalangan jin yang diciptakan dari api.  ;)
Judul: Re: Makhluk Hidup dalam Legenda dan Mitos
Ditulis oleh: Pi-One pada Agustus 22, 2010, 05:09:57 PM
Shiva adalah nama dewa penghancur dalam kepercayaan Hindu. Namun sosoknya dalam Final Fantasy (game dimana ia sering muncul sebagai summon) diambil dari mitos tentang wanita salju. Bisa dibilang, sosok summon Shiva adalah gabungan dari 2 mitos.

Judul: Re: Makhluk Hidup dalam Legenda dan Mitos
Ditulis oleh: MonDay pada Agustus 22, 2010, 06:31:11 PM
Iya Shiva merupakan salah satu Dewa Tri Murthi dalam Hindu bertugas sebagai penghancur (meniadakan)
Dewa Siwa dipercaya tinggal di Pegunungan Himalaya yang diselimuti salju, mungkin ini yang menyebabkan summon FF salah satunya Shiva berelemen es tp kenapa jd wanita sy juga krg mengerti
Judul: Re: Makhluk Hidup dalam Legenda dan Mitos
Ditulis oleh: Logan pada Agustus 23, 2010, 12:58:41 PM
Bagaimana dengan Gargoyle?

Dalam game, makhluk yang satu ini merupakan patung batu yang dapat menjelma menjadi makhluk mengerikan bersayap kelelawar.
Judul: Re: Makhluk Hidup dalam Legenda dan Mitos
Ditulis oleh: Pi-One pada Agustus 24, 2010, 10:00:42 AM
Kutip dari: MonDay pada Agustus 22, 2010, 06:31:11 PM
Iya Shiva merupakan salah satu Dewa Tri Murthi dalam Hindu bertugas sebagai penghancur (meniadakan)
Dewa Siwa dipercaya tinggal di Pegunungan Himalaya yang diselimuti salju, mungkin ini yang menyebabkan summon FF salah satunya Shiva berelemen es tp kenapa jd wanita sy juga krg mengerti
Konon Shiva juga bisa brubah gender.
Judul: Re: Makhluk Hidup dalam Legenda dan Mitos
Ditulis oleh: deathspeel omega pada September 16, 2010, 02:01:40 AM
garuda itu satu
Judul: Re: Makhluk Hidup dalam Legenda dan Mitos
Ditulis oleh: Logan pada September 18, 2010, 07:48:15 PM
Gak da yang mau jawab pertanyaanku ya?   :(  :'(
Judul: Re: Makhluk Hidup dalam Legenda dan Mitos
Ditulis oleh: nandaz pada September 18, 2010, 08:38:54 PM
thanks atas jawaban sebelumnya... ;D
masalah gargoyle aku cuma nemuinnya di beberapa game kyk warcraft dan pocketkingdom(maklum maniak game and science :P)
aku sempet search, namanya berasal dari prancis gargullie dengan bentuk naga dan sayap seperti kelelawar panjangnya saya rewrite lagi disini
KutipLegend of La Gargouille
A French legend that sprang up around the name of St. Romanus ("Romain") (AD 631–641), the former chancellor of the Merovingian king Clotaire II who was made bishop of Rouen, relates how he delivered the country around Rouen from a monster called Gargouille  or Goji. La Gargouille is said to have been the typical dragon with batlike wings, a long neck, and the ability to breathe fire from its mouth. There are multiple versions of the story, either that St. Romanus subdued the creature with a crucifix, or he captured the creature with the help of the only volunteer, a condemned man. In each, the monster is lead back to Rouen and burned, but its head and neck would not, due to being tempered by its own fire breath. The head was then mounted on the walls of the newly built church to scare off evil spirits, and used for protection.[4]  In commemoration of St. Romain the Archbishops of Rouen were granted the right to set a prisoner free on the day that the reliquary  of the saint was carried in procession (see details at Rouen).
tetapi kenapa patung gargoyle mesti di panjang digereja ya? patungnya agak seram...
[pranala luar disembunyikan, sila masuk atau daftar.]
Judul: Re: Makhluk Hidup dalam Legenda dan Mitos
Ditulis oleh: syx pada September 20, 2010, 05:34:34 PM
... buat nakuti setan kali. emang ditemukannya di gereja ya?
Judul: Re: Makhluk Hidup dalam Legenda dan Mitos
Ditulis oleh: MonDay pada September 20, 2010, 11:15:56 PM
kan sering muncul tuh di harry potter
Judul: Re: Makhluk Hidup dalam Legenda dan Mitos
Ditulis oleh: Hendy wijaya, MD pada September 20, 2010, 11:42:58 PM
ada ga sih konvergensi antara makhluk-makhluk mitos dalam berbagai peradaban lintas generasi..misalkan naga yang banyak sekali dijumpai dalam berbagai peradaban dan kebudayaan, seolah mereka memang benar2 ada dan banyak yang melihatnya sampai2 muncul dalam banyak kebudayaan yang berbeda. Jadi seperti mengungkap fakta sejarah dalam game tomb raider..hehe
Judul: Re: Makhluk Hidup dalam Legenda dan Mitos
Ditulis oleh: nandaz pada September 22, 2010, 10:17:27 AM
Kutip dari: syx pada September 20, 2010, 05:34:34 PM
... buat nakuti setan kali. emang ditemukannya di gereja ya?
iya, umumnya dipajang di cathedral...
Kutip dari: Hendy wijaya, MD pada September 20, 2010, 11:42:58 PM
ada ga sih konvergensi antara makhluk-makhluk mitos dalam berbagai peradaban lintas generasi..misalkan naga yang banyak sekali dijumpai dalam berbagai peradaban dan kebudayaan, seolah mereka memang benar2 ada dan banyak yang melihatnya sampai2 muncul dalam banyak kebudayaan yang berbeda. Jadi seperti mengungkap fakta sejarah dalam game tomb raider..hehe
menurutku ada, untuk mengimajinasikan hewan mitos tentu butuh inspirasi... bisa saja diperoleh lewat hewan yang nyata(kayk ular) lalu bermimpi seram, tentang ular raksasa yang menyulutkan api