Member baru? Bingung? Perlu bantuan? Silakan baca panduan singkat untuk ikut berdiskusi.

Welcome to Forum Sains Indonesia. Please login or sign up.

September 27, 2022, 12:04:26 AM

Login with username, password and session length

Topik Baru

Artikel Sains

Anggota
Stats
  • Total Tulisan: 139,638
  • Total Topik: 10,395
  • Online today: 38
  • Online ever: 441
  • (Desember 17, 2011, 09:48:51 AM)
Pengguna Online
Users: 0
Guests: 10
Total: 10

Aku Cinta ForSa

ForSa on FB ForSa on Twitter

memindahkan ingatan dari satu otak ke otak lain

Dimulai oleh si anak gajah, September 17, 2009, 04:57:49 PM

« sebelumnya - berikutnya »

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

si anak gajah

ada yang bisa beri pendapat g, apa mungkin ingatan dan pikiran dari otak kita ke otak yang lain?
misalnya dari otak kita ke otak kloning kita gt...
[move]Keep Moving Forward!!![/move]

Rizki Dwi Rahmadi

bahkan sampai sekarang ingatan, kebiasaan dan kesadaran masih menjadi perdebatan sendiri diantara ilmuan. Bagaiman bisa manusia menampung sekian bnyak informasi dalam suatu sel2 yang terdapat di otak.

Tapi klo kloning-an,, mungkin saja bisa. Karena kloning mengikuti struktur sel induknya jadi ada kemungkinan ingatan yang ter'tanam' di dalamnya bisa ikut terkloning~

Karena pastinya ingatan tersebut berada dalam sel, suatu impuls2 ato mungkin suatu zat dalam otak. Namun ntah mengapa benda sesederhana itu mampu menyimpan informasi. Jadi seh mungkin bisa-bisa aj di masa depan nanti :P

raisuien

kayaknya gag bisa..
lagipula fungsi dr otak kiri dan kanan dah ada fungsinya masing2...
klo fungsinya dicampur aduk, gmn jadinya...

Rizki Dwi Rahmadi

Tar dulu,, ini maksudnya pindah dari otak kiri ke otak kanan, ato sebaliknya ??

ato pindah dari otak individu yang satu ke individu lainnya ??

*dari 2 pernyataan diatas, bakal ngehasilin jawaban yang berbeda pula tentunya~
Dan gw setuju sama jawaban kk Raisuen, untuk yang kasus pindah belahan otak :P


cassle

Kalau dari individu yang berbeda sangat kecil kemungkinannya, hanya saja kalau pun bisa, informasi itu harus yang baru didapat (terekam setelah pemasangan "teknologi" tsb), kalau ingatan yang telah terjadi sebelum "teknologi" itu dipasang rasanya tidak mungkin karena "teknologi" itu harus merekam semua informasi dari otak kita kan? Sedangkan komputer paling canggih saat ini memorinya masih terlalu sedikit bila dibandingkan dengan jumlah informasi bentuk, jumlah, dll tentang masing-masing atom, apalagi kalau kita berbicara tentang ingatan.

Kalau soal pemikiran sangat tergantung ya.. Masalahnya kita bisa berpikir seperti yang kita pikirkan sekarang kan tergantung pengalaman yang sudah kita lalui. Tapi, meskipun dua orang yang berbeda mengalami pengalaman yang sama belum tentu pemikiran mereka tentang pengalaman itu sama.

si anak gajah

maaf ya lama..
maksudnya misalnya, dari otak saya ke kamu
atau misalnya teleportasi juga kan mau ga mau harus mindahin semua isi memori juga kan? selain mindahin semua atom2 tubuh kita
[move]Keep Moving Forward!!![/move]

nash

@raisu dan @rizki

tp kalian pernah ga ngalamin kejadian dimana ingatan/informasi di dalam pikiran kamu seolah2 pindah ke orang lain?

misalnya, kamu lagi pengen nelpon seseorang. eh tiba2 sesaat sbelum kamu nelpon dia, malahan dia duluan yg nelpon kamu.

atau misalnya kamu lg mikirin suatu hal yg spesifik dan kamu terus memikirkannya di dalam pikiranmu.
eh saat kamu ajak ngobrol temanmu, dia justru mbicarakan hal yg lg kamu pikirkan itu.
"Perhaps it is good to have a beautiful mind, but an even greater gift is to discover a beautiful heart"

(John Nash, "A Beautiful Mind")

nash

@raisu dan @rizki

tp kalian pernah ga ngalamin kejadian dimana ingatan/informasi di dalam pikiran kamu seolah2 pindah ke orang lain?

misalnya, kamu lagi pengen nelpon seseorang. eh tiba2 sesaat sbelum kamu nelpon dia, malahan dia duluan yg nelpon kamu.

atau misalnya kamu lg mikirin suatu hal yg spesifik dan kamu terus memikirkannya di dalam pikiranmu.
eh saat kamu ajak ngobrol temanmu, dia justru mbicarakan hal yg lg kamu pikirkan itu.
"Perhaps it is good to have a beautiful mind, but an even greater gift is to discover a beautiful heart"

(John Nash, "A Beautiful Mind")

nash

@raisu dan @rizki

tp kalian pernah ga ngalamin kejadian dimana ingatan/informasi di dalam pikiran kamu seolah2 pindah ke orang lain?

misalnya, kamu lagi pengen nelpon seseorang. eh tiba2 sesaat sbelum kamu nelpon dia, malahan dia duluan yg nelpon kamu.

atau misalnya kamu lg mikirin suatu hal yg spesifik dan kamu terus memikirkannya di dalam pikiranmu.
eh saat kamu ajak ngobrol temanmu, dia justru mbicarakan hal yg lg kamu pikirkan itu.
"Perhaps it is good to have a beautiful mind, but an even greater gift is to discover a beautiful heart"

(John Nash, "A Beautiful Mind")

nash

@raisu dan @rizki

tp kalian pernah ga ngalamin kejadian dimana ingatan/informasi di dalam pikiran kamu seolah2 pindah ke orang lain?

misalnya, kamu lagi pengen nelpon seseorang. eh tiba2 sesaat sbelum kamu nelpon dia, malahan dia duluan yg nelpon kamu.

atau misalnya kamu lg mikirin suatu hal yg spesifik dan kamu terus memikirkannya di dalam pikiranmu.
eh saat kamu ajak ngobrol temanmu, dia justru mbicarakan hal yg lg kamu pikirkan itu.
"Perhaps it is good to have a beautiful mind, but an even greater gift is to discover a beautiful heart"

(John Nash, "A Beautiful Mind")

loser1942

Kutip dari: nash pada September 24, 2009, 08:57:22 PM
@raisu dan @rizki

tp kalian pernah ga ngalamin kejadian dimana ingatan/informasi di dalam pikiran kamu seolah2 pindah ke orang lain?

misalnya, kamu lagi pengen nelpon seseorang. eh tiba2 sesaat sbelum kamu nelpon dia, malahan dia duluan yg nelpon kamu.

atau misalnya kamu lg mikirin suatu hal yg spesifik dan kamu terus memikirkannya di dalam pikiranmu.
eh saat kamu ajak ngobrol temanmu, dia justru mbicarakan hal yg lg kamu pikirkan itu.

itu seh kebetulan cuk.

raisuien

Kutip dari: nash pada September 24, 2009, 08:57:22 PM
@raisu dan @rizki

tp kalian pernah ga ngalamin kejadian dimana ingatan/informasi di dalam pikiran kamu seolah2 pindah ke orang lain?

misalnya, kamu lagi pengen nelpon seseorang. eh tiba2 sesaat sbelum kamu nelpon dia, malahan dia duluan yg nelpon kamu.

atau misalnya kamu lg mikirin suatu hal yg spesifik dan kamu terus memikirkannya di dalam pikiranmu.
eh saat kamu ajak ngobrol temanmu, dia justru mbicarakan hal yg lg kamu pikirkan itu.

semacam telepatikah?
???

aku pas itu ketiduran padahal hr itu ada janji bljr kelompok, trus aku tiba2 bangun karna liat temenku hampir datang ke rumahku...
apakah yg ini jg sama? ???

nash

@all
aduh mav ya, aku baru sadar udah 4x post. mav ya, aduh jadi malu.

@raisu
hmm mungkin yg aku maksudkan lebih kayak ada koneksi pikiran orang pertama dan orang lain
"Perhaps it is good to have a beautiful mind, but an even greater gift is to discover a beautiful heart"

(John Nash, "A Beautiful Mind")

cignus

emang telepati itu ada kok ini dipelajari dalam ilmu parapsikologi. kayaknya orang indonesia sangat awam masalah ginian ya maklumlah jurusan parapsikologi belum ada di indonesia.

pemindahan pikiran kepikiran orang lainsih ilmu yg tingkatannya tk dalam metafisik.

MonDay

*dr The Secret*
otak mengeluarkan gelombang dari sebuah pikiran
dan alam akan memberikan respon yang sejalan

jd kalo kita berpikir buruk thd orang
orang lain juga ngerasa
itu yang disebut "feeling" atau telepati ya?!

ada lagi kekuatan ESP *dr komik 20th Century Boy*
yang dapat mempengaruhi banyak orang hanya dengan ucapan
memecahkan gelas hanya dengan memandang
semacam hipnotiskah?