Forum Sains Indonesia

Diskusi Umum => Pseudo-science dan Science-Fiction => Topik dimulai oleh: syx pada Agustus 02, 2010, 10:41:22 PM

Judul: Mungkinkah masih ada dinosaurus yang masih hidup?
Ditulis oleh: syx pada Agustus 02, 2010, 10:41:22 PM
pertanyaan yang menggelitik buat saya... selama ini banyak ditemukan spesies baru. bahkan ada marsupial yang baru ditemukan tahun 90an. ikan purba yang disangka sudah punah juga ditemukan kembali di perairan sulawesi. apakah dinosaurus juga akan ditemukan kembali?
Judul: Re: Mungkinkah masih ada dinosaurus yang masih hidup?
Ditulis oleh: Monox D. I-Fly pada Agustus 02, 2010, 11:34:57 PM
^
Sayangnya Plesiosaurus Nessie cuma hoax... T_T
Judul: Re: Mungkinkah masih ada dinosaurus yang masih hidup?
Ditulis oleh: Pi-One pada Agustus 03, 2010, 12:39:49 AM
pertanyaan yang menggelitik buat saya... selama ini banyak ditemukan spesies baru. bahkan ada marsupial yang baru ditemukan tahun 90an. ikan purba yang disangka sudah punah juga ditemukan kembali di perairan sulawesi. apakah dinosaurus juga akan ditemukan kembali?
Hm, coelacanch memang ikan purba, tapi perkara ikan purba masih eksis sampai kini bukan hal aneh. Bukankah ikan hiu sendiri adalah ikan purba yang masih eksis hingga kini? terlebih, kita gak tahu apa spesies coelacanth yang ditemukan saat ini sudah eksis sejak dulu, atau hasil evolusi dari masa tertentu (walau ada perhitungan untuk menduga kapan dua spesies yang ditemukan terpisah)
Judul: Re: Mungkinkah masih ada dinosaurus yang masih hidup?
Ditulis oleh: nandaz pada Agustus 04, 2010, 01:50:41 AM
...ada kecoak, nautilus dan platipus  :P
kalo tumbuhannya contohnya pakis ya...
Judul: Re: Mungkinkah masih ada dinosaurus yang masih hidup?
Ditulis oleh: Pi-One pada Agustus 04, 2010, 02:45:13 AM
Di Great Barrier Reef tuh, ditemukan makhluk-makhluk aneh, mungkin dari zaman purba yang masih eksis
Judul: Re: Mungkinkah masih ada dinosaurus yang masih hidup?
Ditulis oleh: syx pada Agustus 04, 2010, 07:38:20 AM
apa aja tuh? di bumi ini di mana sebenernya yang belum dijelajahi oleh manusia? mungkin masih ada lost world?
Judul: Re: Mungkinkah masih ada dinosaurus yang masih hidup?
Ditulis oleh: Pi-One pada Agustus 04, 2010, 08:38:35 AM
Yang belum dijelajahi manusia? Mungkin beberapa palung dasar laut yang belum terjangkau saat ini
Judul: Re: Mungkinkah masih ada dinosaurus yang masih hidup?
Ditulis oleh: Huriah M Putra pada Agustus 04, 2010, 11:21:42 AM
komodo..
Judul: Re: Mungkinkah masih ada dinosaurus yang masih hidup?
Ditulis oleh: heru.htl pada Agustus 31, 2010, 02:58:45 AM
Kalau cicak dan tokek (bukan toket) itu bangsa makhluk purba bukan  :P ???
Judul: Re: Mungkinkah masih ada dinosaurus yang masih hidup?
Ditulis oleh: Pi-One pada Agustus 31, 2010, 11:19:57 PM
Kalau cicak dan tokek (bukan toket) itu bangsa makhluk purba bukan  :P ???
Bukan. Cicak dan tokek rasanya termasuk reptil 'modern'. Lha, capung yang sudah ada sejak zaman purba, tapi capung sekarang termasuk hewan 'modern' juga.

Hiu dan Buaya, bukannya termasuk hewan purba yang masih survive sampai sekarang?
Judul: Re: Mungkinkah masih ada dinosaurus yang masih hidup?
Ditulis oleh: Huriah M Putra pada September 01, 2010, 05:11:21 AM
Hiu dan Buaya, bukannya termasuk hewan purba yang masih survive sampai sekarang?
Lebih tepatnya tidak banyak berevolusi sampai sekarang mungkin?
Judul: Re:Mungkinkah masih ada dinosaurus yang masih hidup?
Ditulis oleh: Monox D. I-Fly pada September 20, 2016, 02:22:58 AM
Lebih tepatnya tidak banyak berevolusi sampai sekarang mungkin?

Masa'? Emang Megalodon itu bentuknya sama persis dengan hiu sekarang ya? Terus meskipun banyak hiu yang bentuknya aneh-aneh macam hiu gergaji, hiu martil, dan hiu goblin, ada nggak hiu modern yang bentuknya kayak Heliocopris?
Judul: Re:Mungkinkah masih ada dinosaurus yang masih hidup?
Ditulis oleh: ytridyrevsielixetuls pada September 20, 2016, 06:11:32 AM
dunosaurus mulai ada sejak zaman Trias kan?
berarti amfibi dan ikan purba sebenarnya lebih tua dari dinosaurus. CMIIW
Judul: Re:Mungkinkah masih ada dinosaurus yang masih hidup?
Ditulis oleh: Pi-One pada Maret 19, 2017, 11:46:46 PM
dunosaurus mulai ada sejak zaman Trias kan?
berarti amfibi dan ikan purba sebenarnya lebih tua dari dinosaurus. CMIIW
Perhatikan klasifikasinya juga.
Misal, coelacanth adalah level ordo. Kelasnya adalah pisces/ikan.
Dinosaurus adalah clade di bawah kelas. Kelasnya adalah reptilia.
Amfibi adalah kelas.
Ikan adalah kelas.

Dari tiga kelas tadi, jelas ikan yang ada lebih dulu.
Amfibi berevolusi dari ikan.
Reptil berevolusi dari amfibi.
(Sementara aves/burung dan mamalia berevolusi dari reptil).

*Hanya karena amfibi berevolusi dari ikan, gak berarti semua ikan akan berevolusi jadi amfibi. Evolusi gak linar seperti itu.