Selamat datang di ForSa! Forum diskusi seputar sains, teknologi dan pendidikan Indonesia.

Selamat datang, Pengunjung. Silahkan masuk atau mendaftar. Apakah anda lupa aktivasi email?

Juni 22, 2021, 02:17:02 AM

Masuk dengan nama pengguna, kata sandi dan lama sesi

Topik Baru

Artikel Sains

Anggota
Stats
  • Total Tulisan: 139653
  • Total Topik: 10396
  • Online Today: 88
  • Online Ever: 441
  • (Desember 18, 2011, 12:48:51 AM)
Pengguna Online
Users: 0
Guests: 76
Total: 76

Ikuti ForSa

ForSa on FB ForSa on Twitter

Penulis Topik: Mungkinkah masih ada dinosaurus yang masih hidup?  (Dibaca 198834 kali)

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

Offline syx

  • Global Moderator
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 4.540
  • IQ: 341
  • Gender: Pria
    • Kliping Koran
Mungkinkah masih ada dinosaurus yang masih hidup?
« pada: Agustus 02, 2010, 10:41:22 PM »
pertanyaan yang menggelitik buat saya... selama ini banyak ditemukan spesies baru. bahkan ada marsupial yang baru ditemukan tahun 90an. ikan purba yang disangka sudah punah juga ditemukan kembali di perairan sulawesi. apakah dinosaurus juga akan ditemukan kembali?

Offline Monox D. I-Fly

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 2.000
  • IQ: 32
  • Gender: Pria
  • 私は理科を大好き
Re: Mungkinkah masih ada dinosaurus yang masih hidup?
« Jawab #1 pada: Agustus 02, 2010, 11:34:57 PM »
^
Sayangnya Plesiosaurus Nessie cuma hoax... T_T
Gambar di avatar saya adalah salah satu contoh dari kartu Mathematicards, Trading Card Game buatan saya waktu skripsi.

Offline Pi-One

  • Next Hikaru Genji
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 6.981
  • IQ: 40
  • Gender: Pria
  • Next Hikaru Genji
    • Membantah Hoax
Re: Mungkinkah masih ada dinosaurus yang masih hidup?
« Jawab #2 pada: Agustus 03, 2010, 12:39:49 AM »
pertanyaan yang menggelitik buat saya... selama ini banyak ditemukan spesies baru. bahkan ada marsupial yang baru ditemukan tahun 90an. ikan purba yang disangka sudah punah juga ditemukan kembali di perairan sulawesi. apakah dinosaurus juga akan ditemukan kembali?
Hm, coelacanch memang ikan purba, tapi perkara ikan purba masih eksis sampai kini bukan hal aneh. Bukankah ikan hiu sendiri adalah ikan purba yang masih eksis hingga kini? terlebih, kita gak tahu apa spesies coelacanth yang ditemukan saat ini sudah eksis sejak dulu, atau hasil evolusi dari masa tertentu (walau ada perhitungan untuk menduga kapan dua spesies yang ditemukan terpisah)

Offline nandaz

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 1.849
  • IQ: 75
  • Gender: Pria
  • ...Mad about Sci_mistery
Re: Mungkinkah masih ada dinosaurus yang masih hidup?
« Jawab #3 pada: Agustus 04, 2010, 01:50:41 AM »
...ada kecoak, nautilus dan platipus  :P
kalo tumbuhannya contohnya pakis ya...
starting by doing what is necessary, then what is possible and suddenly you are doing the impossible...
\dia\cal{ANONYMOUS}\cl

Offline Pi-One

  • Next Hikaru Genji
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 6.981
  • IQ: 40
  • Gender: Pria
  • Next Hikaru Genji
    • Membantah Hoax
Re: Mungkinkah masih ada dinosaurus yang masih hidup?
« Jawab #4 pada: Agustus 04, 2010, 02:45:13 AM »
Di Great Barrier Reef tuh, ditemukan makhluk-makhluk aneh, mungkin dari zaman purba yang masih eksis

Offline syx

  • Global Moderator
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 4.540
  • IQ: 341
  • Gender: Pria
    • Kliping Koran
Re: Mungkinkah masih ada dinosaurus yang masih hidup?
« Jawab #5 pada: Agustus 04, 2010, 07:38:20 AM »
apa aja tuh? di bumi ini di mana sebenernya yang belum dijelajahi oleh manusia? mungkin masih ada lost world?

Offline Pi-One

  • Next Hikaru Genji
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 6.981
  • IQ: 40
  • Gender: Pria
  • Next Hikaru Genji
    • Membantah Hoax
Re: Mungkinkah masih ada dinosaurus yang masih hidup?
« Jawab #6 pada: Agustus 04, 2010, 08:38:35 AM »
Yang belum dijelajahi manusia? Mungkin beberapa palung dasar laut yang belum terjangkau saat ini

Offline Huriah M Putra

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 2.526
  • IQ: 132
  • Gender: Pria
  • Aku siap aku siap...!!!
Re: Mungkinkah masih ada dinosaurus yang masih hidup?
« Jawab #7 pada: Agustus 04, 2010, 11:21:42 AM »
komodo..
OOT OOT OOT..!!!

Offline heru.htl

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 991
  • IQ: 14
  • Gender: Pria
    • Free GNU/Linux Distributions
Re: Mungkinkah masih ada dinosaurus yang masih hidup?
« Jawab #8 pada: Agustus 31, 2010, 02:58:45 AM »
Kalau cicak dan tokek (bukan toket) itu bangsa makhluk purba bukan  :P ???

Offline Pi-One

  • Next Hikaru Genji
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 6.981
  • IQ: 40
  • Gender: Pria
  • Next Hikaru Genji
    • Membantah Hoax
Re: Mungkinkah masih ada dinosaurus yang masih hidup?
« Jawab #9 pada: Agustus 31, 2010, 11:19:57 PM »
Kalau cicak dan tokek (bukan toket) itu bangsa makhluk purba bukan  :P ???
Bukan. Cicak dan tokek rasanya termasuk reptil 'modern'. Lha, capung yang sudah ada sejak zaman purba, tapi capung sekarang termasuk hewan 'modern' juga.

Hiu dan Buaya, bukannya termasuk hewan purba yang masih survive sampai sekarang?

Offline Huriah M Putra

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 2.526
  • IQ: 132
  • Gender: Pria
  • Aku siap aku siap...!!!
Re: Mungkinkah masih ada dinosaurus yang masih hidup?
« Jawab #10 pada: September 01, 2010, 05:11:21 AM »
Hiu dan Buaya, bukannya termasuk hewan purba yang masih survive sampai sekarang?
Lebih tepatnya tidak banyak berevolusi sampai sekarang mungkin?

Offline Monox D. I-Fly

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 2.000
  • IQ: 32
  • Gender: Pria
  • 私は理科を大好き
Re:Mungkinkah masih ada dinosaurus yang masih hidup?
« Jawab #11 pada: September 20, 2016, 02:22:58 AM »
Lebih tepatnya tidak banyak berevolusi sampai sekarang mungkin?

Masa'? Emang Megalodon itu bentuknya sama persis dengan hiu sekarang ya? Terus meskipun banyak hiu yang bentuknya aneh-aneh macam hiu gergaji, hiu martil, dan hiu goblin, ada nggak hiu modern yang bentuknya kayak Heliocopris?

Offline ytridyrevsielixetuls

  • To Kick Out Fake Critical Thinkers!
  • Global Moderator
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 687
  • IQ: 219
  • Gender: Pria
  • ▄▄█▀▀█▄▄█▀▀█▄▄█▀▀█▄▄
Re:Mungkinkah masih ada dinosaurus yang masih hidup?
« Jawab #12 pada: September 20, 2016, 06:11:32 AM »
dunosaurus mulai ada sejak zaman Trias kan?
berarti amfibi dan ikan purba sebenarnya lebih tua dari dinosaurus. CMIIW
     -/"|           -/"|           -/"|
<(O)}D     <(O)}D     <(O)}D
     -\_|          -\_|           -\_|

Offline Pi-One

  • Next Hikaru Genji
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 6.981
  • IQ: 40
  • Gender: Pria
  • Next Hikaru Genji
    • Membantah Hoax
Re:Mungkinkah masih ada dinosaurus yang masih hidup?
« Jawab #13 pada: Maret 19, 2017, 11:46:46 PM »
dunosaurus mulai ada sejak zaman Trias kan?
berarti amfibi dan ikan purba sebenarnya lebih tua dari dinosaurus. CMIIW
Perhatikan klasifikasinya juga.
Misal, coelacanth adalah level ordo. Kelasnya adalah pisces/ikan.
Dinosaurus adalah clade di bawah kelas. Kelasnya adalah reptilia.
Amfibi adalah kelas.
Ikan adalah kelas.

Dari tiga kelas tadi, jelas ikan yang ada lebih dulu.
Amfibi berevolusi dari ikan.
Reptil berevolusi dari amfibi.
(Sementara aves/burung dan mamalia berevolusi dari reptil).

*Hanya karena amfibi berevolusi dari ikan, gak berarti semua ikan akan berevolusi jadi amfibi. Evolusi gak linar seperti itu.

 

Related Topics

  Subyek / Dimulai oleh Jawaban Tulisan terakhir
Cloning! Masih minat ngebahas ga?

Dimulai oleh advisor « 1 2 » Biologi

28 Jawaban
20568 Dilihat
Tulisan terakhir Juli 10, 2014, 02:31:42 AM
oleh Monox D. I-Fly
2 Jawaban
23637 Dilihat
Tulisan terakhir Juli 31, 2008, 01:42:32 PM
oleh rawWARus
23 Jawaban
8841 Dilihat
Tulisan terakhir Agustus 14, 2009, 12:17:21 PM
oleh heru.htl
14 Jawaban
6503 Dilihat
Tulisan terakhir Maret 23, 2011, 11:03:20 AM
oleh Huriah M Putra
4 Jawaban
175941 Dilihat
Tulisan terakhir Maret 16, 2017, 03:00:45 AM
oleh Emerald_Eyes