Selamat datang di ForSa! Forum diskusi seputar sains, teknologi dan pendidikan Indonesia.

Welcome to Forum Sains Indonesia. Please login or sign up.

Desember 04, 2022, 09:28:30 AM

Login with username, password and session length

Topik Baru

Artikel Sains

Anggota
Stats
  • Total Tulisan: 139,639
  • Total Topik: 10,395
  • Online today: 46
  • Online ever: 441
  • (Desember 17, 2011, 09:48:51 AM)
Pengguna Online
Users: 0
Guests: 48
Total: 48

Aku Cinta ForSa

ForSa on FB ForSa on Twitter

Pengobatan alternatif : terapi air kencing.

Dimulai oleh semut-ireng, Juni 17, 2010, 12:02:35 PM

« sebelumnya - berikutnya »

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

semut-ireng

Saya pernah dengar ada pengobatan alternatif dengan cara minum air kencing.   Bagaimana sebenarnya apakah ada manfaatnya - maksud saya apa benar2 bisa menyembuhkan penyakit - dan jenis2 penyakit apa yang bisa disembuhkan ??

Huriah M Putra

Dari buku yang saya baca tentang terapi dengan air seni ini sih katanya bisa..
Tuh katanya lo.
Tapi secara kedokterannya, air seni itu hasil pembuangan tubuh dan banyak zat2 beracun disitu sehingga tidak disarankan untuk diminum (iiieeeuuuwww, ngetik gini aja terasa menjijikkannya)
[move]OOT OOT OOT..!!![/move]

nandaz

...memangnya zat apa yang bersifat menyembuhkan?
komposisi air seni khan, amoniak, dan garam terlarut..kalo pun ada glukosa pasti tuh orang bermasalah di tubulus proksimalnya yang reabsorbsi ngga sempurna...
...tetapi, zaman dulu kelihatannya emang populer, contohnya

  • Dukun Aztec menggunakan urin untuk membasuh luka luar sebagai pencegah infeksi dan diminum untuk meredakan sakit lambung dan usus.
  • Bangsa Romawi  kuno menggunakan urin sebagai pemutih pakaian.

  • Di Siberia, orang Kroyak meminum urin orang yang telah mengkonsumsi fly agaric (sejenis jamur beracun yang menyebabkan halusinasi bahkan kematian) atau sejenisnya untuk berkomunikasi dengan roh halus.

  • Dahulu di Jepang, urin dijual untuk dibuat menjadi pupuk.

  • Penggunaan urin sebagai obat telah dilakukan oleh banyak orang, diantara mereka adalah Mohandas Gandhi, Jim Morrison, dan Steve McQueen.
tetapi sekarang...ngga deh
starting by doing what is necessary, then what is possible and suddenly you are doing the impossible...
\dia\cal{ANONYMOUS}\cl

Pi-One

Metode meminum air seni sendiri (kalau gak salah dilakukan di pagi hari) dilakukan sejak dulu, termasuk oleh para pertapa di India. Ini bukan 'obat untuk segala penyakit'. Tapi pada dasarnya air seni adalah air yang berfungsi untuk membersihkan kotoran dan zat beracun dari tubuh, meminum air seni bisa digunakan sebagai terapi untuk membersihkan tubuh dari zat berbahaya bagi tubuh. itu yang bisa membantu kesehatan.

Tapi jika mereka yang menderita diabetes misalnya, itu lain soal :)

riandono

... tak salah bila dimasukkan pseudoscience, konsepnya memang tampak ilmiah, tp tidak dapat diterangkan secara ilmiah

Huriah M Putra

Kutip dari: Pi-One pada Juni 17, 2010, 07:06:31 PM
Metode meminum air seni sendiri (kalau gak salah dilakukan di pagi hari) dilakukan sejak dulu, termasuk oleh para pertapa di India. Ini bukan 'obat untuk segala penyakit'. Tapi pada dasarnya air seni adalah air yang berfungsi untuk membersihkan kotoran dan zat beracun dari tubuh, meminum air seni bisa digunakan sebagai terapi untuk membersihkan tubuh dari zat berbahaya bagi tubuh. itu yang bisa membantu kesehatan.
No no no mas..
Beda.
Air seni itu bukan sejenis air super yang berfungsi membuang kotoran.
Air seni itu adalah larutan yang mengandung kotoran2 dan sisa2 metabolisme dari tubuh.
Lain ceritanya mas...

Pernah baca sih..
Katanya, air seni bisa menyembuhkan karna ada hormon di dalamnya (hormon yang dibuang tentunya).
[move]OOT OOT OOT..!!![/move]

Takagi Fujimaru

Yang pernah tau sih terapi air putih. Katanya dengan minum air putih 2 liter sehari, bisa membantu 'melarutkan' racun2 dan 'membuang'nya...
Belajar itu buat cari ilmu, bukan cari nilai.

Huriah M Putra

Kutip dari: Takagi Fujimaru pada Juni 17, 2010, 09:35:00 PM
Yang pernah tau sih terapi air putih. Katanya dengan minum air putih 2 liter sehari, bisa membantu 'melarutkan' racun2 dan 'membuang'nya...
Masih lebih masuk akal dibanding terapi air seni
[move]OOT OOT OOT..!!![/move]

Pi-One

#8
Kutip dari: Huriah M Putra pada Juni 17, 2010, 09:25:14 PMNo no no mas..
Beda.
Air seni itu bukan sejenis air super yang berfungsi membuang kotoran.
Air seni itu adalah larutan yang mengandung kotoran2 dan sisa2 metabolisme dari tubuh.
Lain ceritanya mas...

Pernah baca sih..
Katanya, air seni bisa menyembuhkan karna ada hormon di dalamnya (hormon yang dibuang tentunya).
Tidak ada yang bilang air seni itu air super. Tapi kandungan dalam air seni yang bisa melarutkan kotoran tadi. Mungkin itu yang membedakan dengan air putih biasa.

riandono

Kutip dari: Pi-One pada Juni 17, 2010, 11:03:04 PM

Tidak ada yang bilang air seni itu air super. Tapi kandungan dalam air seni yang bisa melarutkan kotoran tadi. Mungkin itu yang membedakan dengan air putih biasa.

kandungan air seni "yang mana" yang melarutkan kotoran "yang mana"?

Astrawinata G

Kutip dari: Huriah M Putra pada Juni 17, 2010, 09:25:14 PM
Pernah baca sih..
Katanya, air seni bisa menyembuhkan karna ada hormon di dalamnya (hormon yang dibuang tentunya).

hormon apa Mas? beta-hCG? :P
Best Regards,


Astrawinata G

nandaz

...salah satu yang materi organik baik dari air seni adalah vitamin, karena menyangkut vitamin bila kelebihan mengkonsumsinya juga akan dibuang dalam air seni(contohnya bila meminum kapsul vitamin komplek kan air seni kita bisa pekat)...meski demikian air seni tetaplah air seni, air itu diekresikan karena ngga diperlukan oleh tubuh kan, jadi buat apa kita sampe meminumnya...kalo kata huriah yang bilang ada hormon dalam air seni sih aku juga pernah baca, kan hormon itu ada didarah sedangkan dalam ginjal darah disaring, wajar ada hormon ya kan...
starting by doing what is necessary, then what is possible and suddenly you are doing the impossible...
\dia\cal{ANONYMOUS}\cl

Pi-One

Beberapa kandungan air seni kalau gak salah adalah
-anti-neoplastin, katanya berfungsi mengobati kanker
-dehydroepiandrosterone (DHEA), katanya berfungsi mengobati kanker, anti penuaan, anti obesitas
-urea, di dalam tubuh bisa diubah menjadi asam amino esensial

Kenapa di sini aku tulis 'katanya'? Karena ini tertulis di artikel, tapi aku belum menemukan artikel ilmiah atau laporan yang membahas soal ini (dan gak terlalu niat nyari juga :) )

Dan juga aku masih belum jelas, kenapa terapi ini hanya dilakukan untuk air seni di pagi hari.

Huriah M Putra

Itu yang wa maksud dengan 'air super'.
Bukan kandungan dalam air seni yang bisa melarutkan kotoran, tapi emank kotoran itu dilarutkan ke dalam pelarut air sehingga bernama air seni.
Jadi gak ada unsur2 'pelarut kotoran' di dalam air seni.
[move]OOT OOT OOT..!!![/move]

Pi-One

Kutip dari: Huriah M Putra pada Juni 18, 2010, 11:50:48 AM
Itu yang wa maksud dengan 'air super'.
Bukan kandungan dalam air seni yang bisa melarutkan kotoran, tapi emank kotoran itu dilarutkan ke dalam pelarut air sehingga bernama air seni.
Jadi gak ada unsur2 'pelarut kotoran' di dalam air seni.
Bukankah apa yang membedakan air seni dan air biasa adalah juga termasuk kandungan zat di dalamnya? Apakah tanpa kandungan zat lain, air putih biasa bisa melarutkan kotoran sama baiknya dengan air seni? Termasuk kemampuan untuk 'mengikat' kotoran?