Forum Sains Indonesia

Diskusi Umum => Pseudo-science dan Science-Fiction => Topik dimulai oleh: semut-ireng pada Juni 17, 2010, 12:02:35 PM

Judul: Pengobatan alternatif : terapi air kencing.
Ditulis oleh: semut-ireng pada Juni 17, 2010, 12:02:35 PM
Saya pernah dengar ada pengobatan alternatif dengan cara minum air kencing.   Bagaimana sebenarnya apakah ada manfaatnya - maksud saya apa benar2 bisa menyembuhkan penyakit - dan jenis2 penyakit apa yang bisa disembuhkan ??
Judul: Re: Pengobatan alternatif : terapi air kencing.
Ditulis oleh: Huriah M Putra pada Juni 17, 2010, 12:27:06 PM
Dari buku yang saya baca tentang terapi dengan air seni ini sih katanya bisa..
Tuh katanya lo.
Tapi secara kedokterannya, air seni itu hasil pembuangan tubuh dan banyak zat2 beracun disitu sehingga tidak disarankan untuk diminum (iiieeeuuuwww, ngetik gini aja terasa menjijikkannya)
Judul: Re: Pengobatan alternatif : terapi air kencing.
Ditulis oleh: nandaz pada Juni 17, 2010, 06:56:20 PM
...memangnya zat apa yang bersifat menyembuhkan?
komposisi air seni khan, amoniak, dan garam terlarut..kalo pun ada glukosa pasti tuh orang bermasalah di tubulus proksimalnya yang reabsorbsi ngga sempurna...
...tetapi, zaman dulu kelihatannya emang populer, contohnya

tetapi sekarang...ngga deh
Judul: Re: Pengobatan alternatif : terapi air kencing.
Ditulis oleh: Pi-One pada Juni 17, 2010, 07:06:31 PM
Metode meminum air seni sendiri (kalau gak salah dilakukan di pagi hari) dilakukan sejak dulu, termasuk oleh para pertapa di India. Ini bukan 'obat untuk segala penyakit'. Tapi pada dasarnya air seni adalah air yang berfungsi untuk membersihkan kotoran dan zat beracun dari tubuh, meminum air seni bisa digunakan sebagai terapi untuk membersihkan tubuh dari zat berbahaya bagi tubuh. itu yang bisa membantu kesehatan.

Tapi jika mereka yang menderita diabetes misalnya, itu lain soal :)
Judul: Re: Pengobatan alternatif : terapi air kencing.
Ditulis oleh: riandono pada Juni 17, 2010, 07:20:35 PM
... tak salah bila dimasukkan pseudoscience, konsepnya memang tampak ilmiah, tp tidak dapat diterangkan secara ilmiah
Judul: Re: Pengobatan alternatif : terapi air kencing.
Ditulis oleh: Huriah M Putra pada Juni 17, 2010, 09:25:14 PM
Kutip dari: Pi-One pada Juni 17, 2010, 07:06:31 PM
Metode meminum air seni sendiri (kalau gak salah dilakukan di pagi hari) dilakukan sejak dulu, termasuk oleh para pertapa di India. Ini bukan 'obat untuk segala penyakit'. Tapi pada dasarnya air seni adalah air yang berfungsi untuk membersihkan kotoran dan zat beracun dari tubuh, meminum air seni bisa digunakan sebagai terapi untuk membersihkan tubuh dari zat berbahaya bagi tubuh. itu yang bisa membantu kesehatan.
No no no mas..
Beda.
Air seni itu bukan sejenis air super yang berfungsi membuang kotoran.
Air seni itu adalah larutan yang mengandung kotoran2 dan sisa2 metabolisme dari tubuh.
Lain ceritanya mas...

Pernah baca sih..
Katanya, air seni bisa menyembuhkan karna ada hormon di dalamnya (hormon yang dibuang tentunya).
Judul: Re: Pengobatan alternatif : terapi air kencing.
Ditulis oleh: Takagi Fujimaru pada Juni 17, 2010, 09:35:00 PM
Yang pernah tau sih terapi air putih. Katanya dengan minum air putih 2 liter sehari, bisa membantu 'melarutkan' racun2 dan 'membuang'nya...
Judul: Re: Pengobatan alternatif : terapi air kencing.
Ditulis oleh: Huriah M Putra pada Juni 17, 2010, 09:51:12 PM
Kutip dari: Takagi Fujimaru pada Juni 17, 2010, 09:35:00 PM
Yang pernah tau sih terapi air putih. Katanya dengan minum air putih 2 liter sehari, bisa membantu 'melarutkan' racun2 dan 'membuang'nya...
Masih lebih masuk akal dibanding terapi air seni
Judul: Re: Pengobatan alternatif : terapi air kencing.
Ditulis oleh: Pi-One pada Juni 17, 2010, 11:03:04 PM
Kutip dari: Huriah M Putra pada Juni 17, 2010, 09:25:14 PMNo no no mas..
Beda.
Air seni itu bukan sejenis air super yang berfungsi membuang kotoran.
Air seni itu adalah larutan yang mengandung kotoran2 dan sisa2 metabolisme dari tubuh.
Lain ceritanya mas...

Pernah baca sih..
Katanya, air seni bisa menyembuhkan karna ada hormon di dalamnya (hormon yang dibuang tentunya).
Tidak ada yang bilang air seni itu air super. Tapi kandungan dalam air seni yang bisa melarutkan kotoran tadi. Mungkin itu yang membedakan dengan air putih biasa.
Judul: Re: Pengobatan alternatif : terapi air kencing.
Ditulis oleh: riandono pada Juni 17, 2010, 11:10:03 PM
Kutip dari: Pi-One pada Juni 17, 2010, 11:03:04 PM

Tidak ada yang bilang air seni itu air super. Tapi kandungan dalam air seni yang bisa melarutkan kotoran tadi. Mungkin itu yang membedakan dengan air putih biasa.

kandungan air seni "yang mana" yang melarutkan kotoran "yang mana"?
Judul: Re: Pengobatan alternatif : terapi air kencing.
Ditulis oleh: Astrawinata G pada Juni 17, 2010, 11:15:00 PM
Kutip dari: Huriah M Putra pada Juni 17, 2010, 09:25:14 PM
Pernah baca sih..
Katanya, air seni bisa menyembuhkan karna ada hormon di dalamnya (hormon yang dibuang tentunya).

hormon apa Mas? beta-hCG? :P
Judul: Re: Pengobatan alternatif : terapi air kencing.
Ditulis oleh: nandaz pada Juni 18, 2010, 10:54:10 AM
...salah satu yang materi organik baik dari air seni adalah vitamin, karena menyangkut vitamin bila kelebihan mengkonsumsinya juga akan dibuang dalam air seni(contohnya bila meminum kapsul vitamin komplek kan air seni kita bisa pekat)...meski demikian air seni tetaplah air seni, air itu diekresikan karena ngga diperlukan oleh tubuh kan, jadi buat apa kita sampe meminumnya...kalo kata huriah yang bilang ada hormon dalam air seni sih aku juga pernah baca, kan hormon itu ada didarah sedangkan dalam ginjal darah disaring, wajar ada hormon ya kan...
Judul: Re: Pengobatan alternatif : terapi air kencing.
Ditulis oleh: Pi-One pada Juni 18, 2010, 10:56:32 AM
Beberapa kandungan air seni kalau gak salah adalah
-anti-neoplastin, katanya berfungsi mengobati kanker
-dehydroepiandrosterone (DHEA), katanya berfungsi mengobati kanker, anti penuaan, anti obesitas
-urea, di dalam tubuh bisa diubah menjadi asam amino esensial

Kenapa di sini aku tulis 'katanya'? Karena ini tertulis di artikel, tapi aku belum menemukan artikel ilmiah atau laporan yang membahas soal ini (dan gak terlalu niat nyari juga :) )

Dan juga aku masih belum jelas, kenapa terapi ini hanya dilakukan untuk air seni di pagi hari.
Judul: Re: Pengobatan alternatif : terapi air kencing.
Ditulis oleh: Huriah M Putra pada Juni 18, 2010, 11:50:48 AM
Itu yang wa maksud dengan 'air super'.
Bukan kandungan dalam air seni yang bisa melarutkan kotoran, tapi emank kotoran itu dilarutkan ke dalam pelarut air sehingga bernama air seni.
Jadi gak ada unsur2 'pelarut kotoran' di dalam air seni.
Judul: Re: Pengobatan alternatif : terapi air kencing.
Ditulis oleh: Pi-One pada Juni 19, 2010, 09:36:00 AM
Kutip dari: Huriah M Putra pada Juni 18, 2010, 11:50:48 AM
Itu yang wa maksud dengan 'air super'.
Bukan kandungan dalam air seni yang bisa melarutkan kotoran, tapi emank kotoran itu dilarutkan ke dalam pelarut air sehingga bernama air seni.
Jadi gak ada unsur2 'pelarut kotoran' di dalam air seni.
Bukankah apa yang membedakan air seni dan air biasa adalah juga termasuk kandungan zat di dalamnya? Apakah tanpa kandungan zat lain, air putih biasa bisa melarutkan kotoran sama baiknya dengan air seni? Termasuk kemampuan untuk 'mengikat' kotoran?
Judul: Re: Pengobatan alternatif : terapi air kencing.
Ditulis oleh: semut-ireng pada Juni 19, 2010, 09:59:39 AM
Kalau  ngga salah ada lembaga di Jepang,  lupa namanya,  yang mengkampanyekan terapi air seni.  Menurut lembaga itu,  lebih dari 200.000 orang Jepang berkumur atau meminum air seninya masing2.   Dan katanya pula,  di Jerman lebih dari 5 juta orang Jerman termasuk pengikut terapi itu.
Judul: Re: Pengobatan alternatif : terapi air kencing.
Ditulis oleh: riandono pada Juni 19, 2010, 02:04:15 PM
Kutip dari: semut-ireng pada Juni 19, 2010, 09:59:39 AM
Kalau  ngga salah ada lembaga di Jepang,  lupa namanya,  yang mengkampanyekan terapi air seni.  Menurut lembaga itu,  lebih dari 200.000 orang Jepang berkumur atau meminum air seninya masing2.   Dan katanya pula,  di Jerman lebih dari 5 juta orang Jerman termasuk pengikut terapi itu.

ternyata di jepang dan jerman msh banyak org yang ga ilmiah ya
Judul: Re: Pengobatan alternatif : terapi air kencing.
Ditulis oleh: Takagi Fujimaru pada Juni 19, 2010, 05:08:33 PM
Kutip dari: riandono pada Juni 19, 2010, 02:04:15 PM
ternyata di jepang dan jerman msh banyak org yang ga ilmiah ya
kok bisa ga ilmiah? katanya itu melalui penelitian?
Judul: Re: Pengobatan alternatif : terapi air kencing.
Ditulis oleh: Pi-One pada Juni 19, 2010, 05:27:32 PM
Auto Urine Therapy adalah terapi yang sudah berusia ribuan tahun.

Manfaat klinisnya perlu pengujian lebih lanjut, tapi pada dasarnya, gak ada catatan/kasus buruk berkaitan dengan terapi ini.
Judul: Re: Pengobatan alternatif : terapi air kencing.
Ditulis oleh: riandono pada Juni 19, 2010, 06:33:43 PM
Kutip dari: Takagi Fujimaru pada Juni 19, 2010, 05:08:33 PM
Kutip dari: riandono pada Juni 19, 2010, 02:04:15 PM
ternyata di jepang dan jerman msh banyak org yang ga ilmiah ya
kok bisa ga ilmiah? katanya itu melalui penelitian?

tidak semua penelitian itu ilmiah
Judul: Re: Pengobatan alternatif : terapi air kencing.
Ditulis oleh: riandono pada Juni 19, 2010, 09:27:07 PM
Kutip dari: Pi-One pada Juni 19, 2010, 05:27:32 PM
Auto Urine Therapy adalah terapi yang sudah berusia ribuan tahun.

Manfaat klinisnya perlu pengujian lebih lanjut, tapi pada dasarnya, gak ada catatan/kasus buruk berkaitan dengan terapi ini.

ngga semua yang berusia ribuan tahun itu bener kan
dan, ga ada catatan buruk bukan berarti tidak berbahaya
Judul: Re: Pengobatan alternatif : terapi air kencing.
Ditulis oleh: semut-ireng pada Juni 20, 2010, 06:23:06 AM
Kutip dari: riandono pada Juni 19, 2010, 06:33:43 PM
tidak semua penelitian itu ilmiah

Setuju 100 %,  lihat2 dulu siapa penyandang dana / sponsor penelitian itu.
Judul: Re: Pengobatan alternatif : terapi air kencing.
Ditulis oleh: Pi-One pada Juni 20, 2010, 11:19:08 AM
Kutip dari: riandono pada Juni 19, 2010, 09:27:07 PM
ngga semua yang berusia ribuan tahun itu bener kan
dan, ga ada catatan buruk bukan berarti tidak berbahaya
Seperti kubilang, perlu penelitian lebih lanjut. Saat ini, kita hanya bisa bilang mereka yang menjalani terapi ini umumnya hidup sehat tanpa masalah dan tidak ditemukan kasus buruk akibat terapi ini.
Judul: Re: Pengobatan alternatif : terapi air kencing.
Ditulis oleh: semut-ireng pada Juni 22, 2010, 02:05:40 AM
Pernah ada yang meneliti,  Dr. Ming Chen Liao dari Hefei Barat,  Cina,    menyatakan bahwa protein antineoplaston yang terkandung dalam air seni terbukti menghalangi pertumbuhan penyebaran sel kanker.   Dr. Shigeyuri Arai  dari Okayama,  Jepang,  meneliti 1752 orang yang mempraktekkan terapi air seni,  dan berhasil melawan penyakit mulai dari diabetes sampai kanker.

 Sejumlah peneliti lain menyatakan bahwa air seni bisa menyembuhkan jerawat.
Judul: Re: Pengobatan alternatif : terapi air kencing.
Ditulis oleh: riandono pada Juni 22, 2010, 05:04:50 PM
@ semut ireng
maaf, saya udah googling kedua nama diatas kok ga dapat laporan penelitiannya ttg terapi urine ya. kalo bung semut-ireng punya, boleh saya minta?
Judul: Re: Pengobatan alternatif : terapi air kencing.
Ditulis oleh: semut-ireng pada Juni 22, 2010, 10:26:41 PM
Ngga punya kalau laporan penelitian.   Buka-buka file lama ketemu catatan,  Dr. Ming Chen Liau  ( maaf,  bukan Liao ) menyampaikan makalah hasil penelitiannya dalam konferensi pertama di dunia mengenai terapi air kencing,  di India pada tahun 1996.  Dr. Ming adalah wakil general manajer  Long Life Biomedical Co. Ltd,  Hefei Barat,   Cina.    Sedangkan Dr. Shigeyuri Arai  adalah manajer Fujisaki Institute,  dan juga sebagai peneliti di Hayashibara Biochemical Laboratories,  Okayama,  Jepang.

Saya coba googling, ketemu ini  :

[pranala luar disembunyikan, sila masuk atau daftar.]
Judul: Re: Pengobatan alternatif : terapi air kencing.
Ditulis oleh: riandono pada Juni 23, 2010, 11:55:49 AM
ou gt, oke deh coba kita cari sama2, kalo ada yang dapat laporane bisa kita share..
Judul: Re: Pengobatan alternatif : terapi air kencing.
Ditulis oleh: Huriah M Putra pada Juni 24, 2010, 01:19:05 AM
Satu2nya efek samping yang diketahui dari terapi urin adalah mulut bau..
Sisanya, gak ada masalah tuh.
Judul: Re: Pengobatan alternatif : terapi air kencing.
Ditulis oleh: riandono pada Juni 24, 2010, 01:54:47 AM
dan tentunya berusaha menghindari adanya metabolit toksik atau mikroorganisme patogen dalam urinenya.
Judul: Re: Pengobatan alternatif : terapi air kencing.
Ditulis oleh: semut-ireng pada Juni 24, 2010, 05:37:21 AM
efek samping mulut bau itu pasti,  bisa dipake tip buat yang lagi pacaran -  bayangin aja si dia itu tiap pagi minumnya  " air susu " itu ...........
Judul: Re: Pengobatan alternatif : terapi air kencing.
Ditulis oleh: syx pada Juni 25, 2010, 08:29:38 AM
bahasan topik ini kok bikin mual ya...
Judul: Re: Pengobatan alternatif : terapi air kencing.
Ditulis oleh: Takagi Fujimaru pada Juni 27, 2010, 02:00:52 PM
Tapi keren kan? hahaha... Sisi lain dunia sains? :)
Judul: Re: Pengobatan alternatif : terapi air kencing.
Ditulis oleh: semut-ireng pada Juni 27, 2010, 04:49:33 PM
bagi yang merasa sulit menelannya,  bisa mencampurnya  dengan jus buah :

KUTIPAN :

TERAPI AUTO URINE  efektif juga buat mengecilkan perut yg buncit...  Air Ampuh yang Cuma-cuma >  Dr. Iwan T. Budiarso, pakar patologi dan parasitologi tamatan  Universitas Purdue, Indiana, Amerika Serikat, sungguh tak luput dari  penyakit. Tahun 1979, ketika sedang mengikuti seminar patologi di Bali,  untuk pertama kalinya ia mengalami serangan jantung. Sejak itu  jantungnya kerap ngadat.  Tahun 1984, ia menjalani operasi bypass di Australia. Menurut dokter  setempat, operasi ini bisa membuat jantungnya tahan hingga 10-15 tahun.   "Nyatanya, baru dua tahun sudah kumat lagi," ujarnya dengan nada kocak.  Begitulah dengan berbagai upaya, ia bisa mengatasi beberapa kali  serangan jantung. Namun jantungnya kian membengkak. "Jalan sedikit saja  napas sudah sesak," ungkapnya. Mau dioperasi lagi, selain biaya yang > aduhai, resikonya juga terlalu tinggi. Maka, sesuai saran tim medis yang  menanganinya, Iwan terpaksa menghentikan segala kegiatannya.   Dosen patologi Fakultas Kedokteran Universitas Tarumanegara, Jakarta,  ini merasa sangat prihatin. "Kalau dulu saya bisa menolong orang, maka  giliran saya yang harus ditolong orang," ungkapnya.   April 1999, salah seorang sejawatnya menyarankan agar meminum air  seninya sendiri. Sebagai peneliti, Iwanpun mencari literatur-2 tentang  terapi auto urin (meminum air seni sendiri) sebagai dasar ilmiahnya.   Setelah membaca buku 'Water of Life, Treatise of Urine Therapy' karya > John W. Armstrong bab 9 tentang pembengkakan jantung, Iwanpun langsung  menenggak urinnya sendiri. Keinginannya untuk sembuh membuat ia begitu  bersemangat melakukannya. "Saya meminumnya sampai lebih dari 1 liter  sehari."    Keesokan harinya ia mendapati tekanan darahnya langsung normal. Iapun   kian bersemangat mendalami ihwal terapi auto urin. Ia mengkontak pakar   terapi urin di Yamanashi, Jepang, Dr. K. Sano, dan ilmuwan Belanda, C  der Kroon, yang menulis buku 'The Golden Fountain: The Complete Guide to  Urine Therapy'.  Iwan juga menghubungi panitia penyelenggara The Second World Conference  on Urine Therapy di Jerman, Mei 1999, untuk memesan makalah para pakar  terapi urin dari berbagai negara. Sesuai disiplin ilmu yang digelutinya,  Iwan melakukan pengkajian terhadap bahan-2 tersebut. Seiring waktu, Iwan ; sangat bersyukur karena kondisi jantungnya normal kembali - setelah  tekun meminum air seninya sendiri selama setahun.  Khasiat air seni juga dialami Eleanor Lanny. Pertengahan Agustus 1997,   dokter menemukan semacam balon yang berisi cairan di ovariumnya.   Ternyata, ada sel kanker stadium 2C. Selama 3 bulan, pemandu wisata pada   sebuah biro perjalanan ini menjalani chemotherapy. Ternyata, sel-2 kanker tetap berkembang merajalela di rongga perutnya.  Lanny mengalami konstipasi, sulit buang air besar karena ususnya  terdesak. Dokter akan membuat lubang sementara di bagian perutnya untuk  mengatasi hal itu.   April 1999, atas saran seorang kenalannya ia mulai meminum urinnya > sendiri. Lalu ia membatalkan rencana operasinya yang ketiga. Selain  meminum urin, ia juga mengkonsumsi kunyit putih dan daun tapak dara.   Hasilnya, perutnya yang semula buncit sudah kempes dan perasaan nyeri   hilang sama sekali. Sesudah menjalani terapi air seni, ia gembira mendapati hasil tes darahnya. "Sel kanker dalam tubuh saya sudah menurun  banyak."  Apa yang dilakukan Iwan dan Lanny menunjukkan bahwa air seni ternyata  mujarab. Memang belum banyak orang Indonesia yang mau mencobanya kecuali  bila kepepet karena sakit. Padahal bagi orang sehat, air seni bisa  mencegah datangnya penyakit dan memberi efek kesegaran bagi tubuh.   Dalam seminar Urine Therapy yang berlangsung di Hotel Santika, Jakarta,  Jumat (14/4/00), Iwan menyimpulkan, jangan memandang urin sebagai musuh.  Tetapi, jadikanlah sebagai teman penyembuh. "Hanya dengan modal keberanian, kita bisa merasakan khasiatnya," tegasnya.   Masih Sedikit > Iwan memaparkan, sejarah terapi auto urin sebenarnya sudah ribuan tahun.  Hal ini nampak dari Kitab Darma Tantra dari India yang terdiri dari 107  ayat - yang mengungkapkan khasiat air seni. "Kita akan dibersihkan dari  segala racun dalam tubuh dan setelah lama kita juga dibersihkan secara  rohani," begitu salah satu penggalan ayatnya.   Di India, kebiasaan meminum urin (shivambu) sudah dilakukan sebagian  penduduknya. Bahkan klinik-2 terapi urin bermunculan di berbagai tempat,  khususnya di Mumbay (Bombay). Salah seorang peminum setia urin adalah  mantan Perdana Menteri India (1977-1979), Morarji Desai. Selama 36 tahun  ia terus meminumnya.   Seperti di India, di Jepang juga terdapat beberapa klinik terapi urin.  Dan Dr. S. Arai, peneliti terapi urin dan manajer Fujisaki Institute di  Hayashibara Biochemical Laboratories telah membuktikan bahwa urin dapat menyembuhkan penyakit kronis seperti kanker dan hepatitis.  "Dewasa ini diperkirakan terdapat sekitar dua juta peminum auto urin di  Jepang," ujar Iwan. Begitu pula di Cina, Taiwan dan Amerika Serikat,  kebiasaan meminum air seni sudah memasyarakat. Bahkan di Jerman sekitar  5 juta orang sudah mempraktekkannya," tambah Iwan.    Di Indonesia terapi ini terbilang baru. Artikel-2 mengenai hal ini  relatif masih sedikit. Salah seorang yang mendalami soal urin untuk  desertasinya adalah Prof. Dr. Kurnia Kusnawijaya, di Universitas  Padjadjaran tahun 1980.    Sepuluh Hipotesa  Iwan mengungkapkan, urin mengandung mineral, vitamin, enzim, hormon, > asam amino, antibodi, antigen, allergen, garam dan nutrien lainnya.  Sejauh ini, lanjut Iwan, ada sepuluh hipotesa cara kerja terapi auto > urin. > > Pertama, penyerapan dan penggunaan kembali nutrien. > > Kedua, penyerapan kembali hormon. Misalnya, kortikosteroid yang dapat > mencegah infeksi, rematik dan asma. Atau, melationin sebagai obat > penenang dan anti kanker. > > Ketiga, penyerapan kembali enzim. > > Keempat, penyerapan kembali urea. Urin mengandung 25-30 gram urea per > hari. > > Kelima, memberi efek kekebalan. > > Keenam, memberi efek bakterisida dan virusida. > > Ketujuh, sebagai terapi garam yang berguna untuk memperlancar > metabolisme, menyingkirkan kelebihan gula darah, dan mengeluarkan zat-2 > toksik dari cairan dan jaringan tubuh. > > Kedelapan, memberi efek diuretika, yakni untuk menstimuler ginjal, > meningkatkan produksi air seni, membersihkan ginjal serta 'mencuci' gula > darah dan zat-2 toksik. > > Kesembilan, sebagai gambar hologram. Biofeedback-nya memberikan gambaran > keadaan tubuh. Meminum urin akan mengoreksi dan memulihkan keseimbangan > fisiologi tubuh yang terganggu penyakit. > > Dan, kesepuluh, memberi efek psikologis. Terapi ini dianggap sebagai > penyembuhan dari dalam tubuh secara mekanistik dan holistik pada tingkat > energi. > > Tidak Mudah > Pada awalnya memang tidak mudah bagi siapapun meminum air seninya > sendiri. Apalagi selama ini orang terlanjur menduga, air seni itu kotor > dan merupakan buangan tubuh. > > "Hanya dengan modal keberanian, kita bisa mencoba manfaat dan khasiat > terapi urin," tegas Iwan. > > Karena rasanya yang cenderung tidak enak dan berbau, sebaiknya orang > mencobanya satu-dua sendok per hari. Baru setelah terlatih, > perlahan-lahan meningkatkan jumlah konsumsinya. Menurut Iwan, bagi yang > merasa sulit menelannya, bisa mencampurnya dengan jus buah.

...................................................................



Silakan baca selengkapnya :

[pranala luar disembunyikan, sila masuk atau daftar.]
Judul: Re: Pengobatan alternatif : terapi air kencing.
Ditulis oleh: Huriah M Putra pada Juni 27, 2010, 06:06:41 PM
Atau mungkin memasak nasi pake urin?
Bikin teh pake urin?
Judul: Re: Pengobatan alternatif : terapi air kencing.
Ditulis oleh: semut-ireng pada Juni 27, 2010, 09:33:17 PM
Bener2 saya baru tahu bahwa ternyata MPS  ( mik pipis sendiri  ) sudah masuk Indonesia.   Ini ada lagi link yang lebih meyakinkan karena dikelola oleh orang2 sains yang ahli di bidangnya :

[pranala luar disembunyikan, sila masuk atau daftar.]
Judul: Re: Pengobatan alternatif : terapi air kencing.
Ditulis oleh: Pi-One pada Juni 27, 2010, 09:37:43 PM
Jadi inat kenangan waktu kecil. Aku bikin teh es, terus nonton film. Filmnya tentang parapengungsi (manusia perahu) yang terdampar di satu pulau, belakangan karena kekurangan air bersih mereka harus minum air seni. Kebayang, lagi minum teh es, disodori adegan orang minum air seni (yang kekuning-kuningan)? ::)
Judul: Re: Pengobatan alternatif : terapi air kencing.
Ditulis oleh: Takagi Fujimaru pada Juni 28, 2010, 06:06:32 AM
Hahaha... Agak2 gimana gitu liat filmnya... Kalo di film "Sea World", air kencingnya diolah sampe jadi air murni, trus baru diminum karena udah ga ada air murni di dunia yg dipenuhi laut tanpa daratan. :D
Judul: Re: Pengobatan alternatif : terapi air kencing.
Ditulis oleh: semut-ireng pada Juni 28, 2010, 06:14:49 AM
bung @Pi-One dan bung @Takagi kalau  MPS jangan sampai keliru MPI  ( mik pipis istri ).  Hahahaha ...........
Judul: Re: Pengobatan alternatif : terapi air kencing.
Ditulis oleh: Takagi Fujimaru pada Juni 28, 2010, 06:48:47 AM
Belum nikah saya om...masi lama...hahaha... :D
pertanyaannya, kalau masih bermanfaat, kenapa 'dibuang' oleh tubuh kita ya?
Judul: Re: Pengobatan alternatif : terapi air kencing.
Ditulis oleh: semut-ireng pada Juni 28, 2010, 08:21:58 AM
Loh,  nunggu apa lagi  ......kalo sudah tahu enaknya entar nyesel,  kok ngga dari dulu-dulu ........hahaha .... :D :D

bukan  " dibuang  ',  itu cuma persepsi ............
Judul: Re: Pengobatan alternatif : terapi air kencing.
Ditulis oleh: Astrawinata G pada Juni 28, 2010, 11:27:41 AM
memang dibuang kok :) cuma kita ambil dan minum lagi....

kalo menurut hipotesa dr.Iwan, urin mengandung antibodi. antibodi itu protein, berarti kalo ada rotein di urin, ginjal dalam masalah dunk? ???
Judul: Re: Pengobatan alternatif : terapi air kencing.
Ditulis oleh: Takagi Fujimaru pada Juni 28, 2010, 11:37:04 AM
@S-I: eee? Baru lulus SMA mau nikah? o_O
@Astra: bentar2, "antibodi itu protein" itu statemen om astra ndiri? bukankah tubuh kita juga tersusun dari protein2? Dari DNA kan nanti membentuk gugus protein? CMIIW
Judul: Re: Pengobatan alternatif : terapi air kencing.
Ditulis oleh: Huriah M Putra pada Juni 28, 2010, 12:48:29 PM
Urin kita memang punya 'sedikit' protein dalam keadaan normal. (kalo gak salah)
Judul: Re: Pengobatan alternatif : terapi air kencing.
Ditulis oleh: riandono pada Juni 28, 2010, 01:14:32 PM
Protein (albumin) bisa terdapat dalam urin, tp dalam jumlah yang kecil (< 8mg/dL).
Kalo terdapat banyak di urine, berarti pertanda gagal ginjal kronis.

antibodi juga emang bisa terdapat dalam urine, terutama kalo ada infeksi di saluran kencing

Kutip dari: Takagi Fujimaru pada Juni 28, 2010, 11:37:04 AM

@Astra: bentar2, "antibodi itu protein" itu statemen om astra ndiri? bukankah tubuh kita juga tersusun dari protein2? Dari DNA kan nanti membentuk gugus protein? CMIIW

itu bukan statement om astra sendiri, itu statement seluruh dunia... hehe
antibodi (Ig) adalah protein gamma globulin
Judul: Re: Pengobatan alternatif : terapi air kencing.
Ditulis oleh: Huriah M Putra pada Juni 28, 2010, 02:25:45 PM
Kutip dari: riandono pada Juni 28, 2010, 01:14:32 PM
Protein (albumin) bisa terdapat dalam urin, tp dalam jumlah yang kecil (< 8mg/dL).
Kalo terdapat banyak di urine, berarti pertanda gagal ginjal kronis.
Gak mesti gagal ginjal, glomerulonefritis juga ditandai dengan proteinuria.
Hematuria masif juga ada proteinuria.
Judul: Re: Pengobatan alternatif : terapi air kencing.
Ditulis oleh: riandono pada Juni 28, 2010, 02:31:09 PM
@ Hur
yup, maksudnya mjd pertanda adanya penyakit lain, salah satunya gagal ginjal, gt bang...
Judul: Re: Pengobatan alternatif : terapi air kencing.
Ditulis oleh: Takagi Fujimaru pada Juni 28, 2010, 03:16:09 PM
@riandono: Thx koreksinya... ^^
Hm, penyakitnya bernama Diabetes Insipidus bukan?
Judul: Re: Pengobatan alternatif : terapi air kencing.
Ditulis oleh: Astrawinata G pada Juni 28, 2010, 03:36:06 PM
kalo DI mah lain lagi Mas :)
Judul: Re: Pengobatan alternatif : terapi air kencing.
Ditulis oleh: Takagi Fujimaru pada Juni 28, 2010, 03:41:37 PM
Oh iya... sumimasen! Kalo gitu albuminuria bukan?
Judul: Re: Pengobatan alternatif : terapi air kencing.
Ditulis oleh: Huriah M Putra pada Juni 28, 2010, 04:25:51 PM
Bukan..
Sorry but you are not allowed to view spoiler contents.
Judul: Re: Pengobatan alternatif : terapi air kencing.
Ditulis oleh: Takagi Fujimaru pada Juni 28, 2010, 04:36:54 PM
Argh! kalo gitu, penyakitnya punya nama apa?
Sorry but you are not allowed to view spoiler contents.
Judul: Re: Pengobatan alternatif : terapi air kencing.
Ditulis oleh: Huriah M Putra pada Juni 28, 2010, 04:46:39 PM
Albuminuria, proteinuria, hematuria itu nama gejala.
Semua itu ada penyakit mendasarnya.
Glomerulonefritis misalnya..
Judul: Re: Pengobatan alternatif : terapi air kencing.
Ditulis oleh: Takagi Fujimaru pada Juni 28, 2010, 04:49:26 PM
Ternyata FK itu keren ya? T.T
Judul: Re: Pengobatan alternatif : terapi air kencing.
Ditulis oleh: Huriah M Putra pada Juni 28, 2010, 05:29:25 PM
Kan uda wa kasih tau masuk FK aja..
Judul: Re: Pengobatan alternatif : terapi air kencing.
Ditulis oleh: Takagi Fujimaru pada Juni 28, 2010, 07:38:47 PM
tapi tapi... T.T
egois namanya klo aq mentingkan keinginanq... T.T
Judul: Re: Pengobatan alternatif : terapi air kencing.
Ditulis oleh: Huriah M Putra pada Juni 28, 2010, 07:42:40 PM
Bijaksana namanya..
Toh untuk dirimu sendiri.
Masa depanmu sendiri..
Judul: Re: Pengobatan alternatif : terapi air kencing.
Ditulis oleh: Takagi Fujimaru pada Juni 28, 2010, 07:58:11 PM
dan membiarkan keluargaku? ckckck
eee? malah OOT...ckckck
Judul: Re: Pengobatan alternatif : terapi air kencing.
Ditulis oleh: Huriah M Putra pada Juni 28, 2010, 09:35:16 PM
Brapa anak mas?

OOT is my signature..
Judul: Re: Pengobatan alternatif : terapi air kencing.
Ditulis oleh: Takagi Fujimaru pada Juni 29, 2010, 03:46:32 AM
3 aja...aq yg pertama... klo jadi dokter kan kerjanya lama. jadi, daftar yg kedinasan aja biar cepet kerja n mbiayai sekolah adek2...lebih bermanfaat kan?
Judul: Re: Pengobatan alternatif : terapi air kencing.
Ditulis oleh: semut-ireng pada Juni 29, 2010, 08:49:04 AM
It is sometimes called 'Your Own Doctor '

Procedure

'Urine passed at any time of the day may be drunk but the best urine is the mid-stream urine passed just after getting up in the morning. Collect the Urine you pass after rising each morning, rejecting a little at the beginning and the end. The amount, colour and taste will vary according to your diet and lifestyle. Immediately drink it. You may then take a little water to follow. Do not eat for at least half an hour after drinking. This is the main practice. You may start by taking a small amount, as little as a few drops in some warm water then increasing the amount gradually. When you see the excellent effects of the practice then you will eagerly drink it all. Constitution determines the effects that Amaroli has on you. Vata types get great benefit from the practice, Pitta types can get excellent results, but Kapha types may not notice much change and only need to do it occasionally. Those in the change-over periods of teenage and menopause years will benefit greatly. Those older than 40 years will also benefit greatly.

[pranala luar disembunyikan, sila masuk atau daftar.]
Judul: Re: Pengobatan alternatif : terapi air kencing.
Ditulis oleh: Huriah M Putra pada Juni 29, 2010, 12:26:02 PM
Kutip dari: Takagi Fujimaru pada Juni 29, 2010, 03:46:32 AM
3 aja...aq yg pertama... klo jadi dokter kan kerjanya lama. jadi, daftar yg kedinasan aja biar cepet kerja n mbiayai sekolah adek2...lebih bermanfaat kan?
Naah..
Beberapa orang punya perhitungannya masing2.
Can't interrupt that.
Judul: Re: Pengobatan alternatif : terapi air kencing.
Ditulis oleh: semut-ireng pada Juni 29, 2010, 03:39:17 PM
OK,  OK .........mau bicara soal rumah tangga,    monggo ............  :D