Gunakan MimeTex/LaTex untuk menulis simbol dan persamaan matematika.

Selamat datang, Pengunjung. Silahkan masuk atau mendaftar. Apakah anda lupa aktivasi email?

Desember 02, 2021, 05:10:31 AM

Masuk dengan nama pengguna, kata sandi dan lama sesi

Topik Baru

Artikel Sains

Anggota
Stats
  • Total Tulisan: 139668
  • Total Topik: 10408
  • Online Today: 26
  • Online Ever: 441
  • (Desember 18, 2011, 12:48:51 AM)
Pengguna Online
Users: 0
Guests: 25
Total: 25

Ikuti ForSa

ForSa on FB ForSa on Twitter

Penulis Topik: Penularan Zombie, Vampire, dan Werewolf  (Dibaca 19237 kali)

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

Offline syx

  • Global Moderator
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 4.540
  • IQ: 341
  • Gender: Pria
    • Kliping Koran
Penularan Zombie, Vampire, dan Werewolf
« pada: November 06, 2009, 07:01:24 AM »
sebenernya gimana kok zombie, vampire dan werewolf bisa nularin penyakitnya... kalo zombie kabarnya karena virus yang menguasai otak sehingga gerak dan perilaku diatur oleh mereka. bener-bener makhluk mungil yang cerdas. ato mungkin ada penelitian lain? bagaimana juga dengan vampire dan werewolves? apa sama dengan kasus rabies?

Offline nandaz

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 1.849
  • IQ: 75
  • Gender: Pria
  • ...Mad about Sci_mistery
Re: Penularan Zombie, Vampire, dan Werewolf
« Jawab #1 pada: November 06, 2009, 07:13:08 AM »
...zombie kan mayat hidup...tetapi aneh deh, sebetulnya dia mati ato hidup? ::)...sel2 tubuhnya seharusnya membutuhkan sistem hidup untuk bergerak dan berjalan...tetapi, rohnya sudah dicuri lewat cara supranatural atau perdukunan, atau udah jadi sarang virus...kebanyakan nonton resident evil, atau house of death kali...

...tetapi di wiki ada kutipan kaya' gini nih...
Kutip
Menurut ajaran Voodoo, dukun ilmu hitam atau pendeta voodoo yang disebut Bokor bisa menghidupkan kembali manusia yang sudah mati. Zombie tidak memiliki kemauan sendiri sehingga selalu berada di bawah kendali sang majikan. "Zombi" juga merupakan nama untuk dewa ular voodoo yang bernama Damballah Wedo asal Nigeria-Kongo yang dekat dengan kata nzambi yang dalam bahasa Kongo berarti "dewa".

Di tahun 1937, peneliti Zora Neale Hurston yang melakukan riset folklor di Haiti menemukan kasus Felicia Felix-Mentor yang meninggal di usia 29 tahun dan sudah dikubur di tahun 1907. Penduduk desa percaya bahwa mereka sering melihat Felicia yang sudah meninggal 30 tahun yang lalu masih suka berkeliaran di jalan-jalan. Kasus yang sama juga dijumpai pada beberapa orang yang lain. Zora Hurston berusaha mencari kebenaran kabar burung yang mengatakan zombie adalah manusia yang telah diberi ramuan obat-obatan, namun tidak berhasil menemukan orang yang mau membuka mulut tentang rahasia zombie.[1]

Beberapa puluh tahun kemudian, seorang ahli Etnobotani Kanada bernama Wade Davis mengangkat kasus zombie dari sudut pandang farmakologi, dalam dua buku berjudul The Serpent and the Rainbow (1985) dan Passage of Darkness: The Ethnobiology of the Haitian Zombie (1988). Menurut hasil penelitian Wade Davis sewaktu berada di Haiti tahun 1982, ramuan dua jenis bubuk obat yang dimasukan ke dalam aliran darah (biasanya lewat luka terbuka) dapat mengubah orang hidup menjadi zombie.

Bubuk obat pertama disebut coup de poudre (bahasa Perancis untuk "obat penyerang") yang membuat manusia dalam keadaan "seperti mati" akibat dosis tetrodotoksin. Tetrodoksin merupakan racun mematikan yang juga dikandung ikan buntal dan ikan fugu yang merupakan makanan lumrah di Jepang. Manusia yang diberi tetrodoksi dalam dosis nyaris mematikan (LD50 sebesar 1 mg), bisa berada dalam keadaan hampir mati untuk beberapa hari, tapi terus dalam keadaan sadar. Ramuan bubuk obat kedua dari tanaman genus Datura bersifat halusinogen dan membuat orang menjadi tidak memiliki kemauan sendiri. Wade Davis juga mengetengahkan kisah orang Haiti bernama Clairvius Narcisse yang mengaku pernah menjadi dijadikan zombie. Teori Wade Davis sering ditanggapi orang secara skeptis dan kebenaran ceritanya sering menjadi sumber perdebatan. Kepercayaan voodoo masih penuh kerahasiaan yang sulit ditembus peneliti asing, walaupun sebagian orang Haiti mengakui tentang keberadaan "obat zombie"

...komen tentang zombie
starting by doing what is necessary, then what is possible and suddenly you are doing the impossible...
\dia\cal{ANONYMOUS}\cl

Offline Pi-One

  • Next Hikaru Genji
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 6.981
  • IQ: 40
  • Gender: Pria
  • Next Hikaru Genji
    • Membantah Hoax
Re: Penularan Zombie, Vampire, dan Werewolf
« Jawab #2 pada: November 06, 2009, 01:23:59 PM »
Soal vampire dan werewolf, ini penyakit sebenarnya, atau mitosnya?

Kalau yang sebenarnya, penyakit ala vampire (juga werewolf) itu adalah kelainan akibat banyaknya pernikahan sedarah atau dalam kerabat dekat selama jangka waktu panjang. Penderitanya memiliki gejala seperti kulit pucat, juga sukamakan daging mentah, dan kelainan mental yang kadang mendorong mereka menggigt dan mengoyak orang lain dengan gigi, meminum darah mereka. Juga tidak tahan pada sinar matahari dan juga lemah pada bawang.

Untuk kasus werewolf, penderitanya memiliki kelainan berupa tumbuhnya bulu di sekujur tubuh, termasuk tangan dan wajah.

Keduanya bukan penyakit menular, melainkan kelainan turunan.

Notonektid

  • Pengunjung
Re: Penularan Zombie, Vampire, dan Werewolf
« Jawab #3 pada: November 07, 2009, 01:48:21 AM »
Soal vampire dan werewolf, ini penyakit sebenarnya, atau mitosnya?

Kalau yang sebenarnya, penyakit ala vampire (juga werewolf) itu adalah kelainan akibat banyaknya pernikahan sedarah atau dalam kerabat dekat selama jangka waktu panjang. Penderitanya memiliki gejala seperti kulit pucat, juga sukamakan daging mentah, dan kelainan mental yang kadang mendorong mereka menggigt dan mengoyak orang lain dengan gigi, meminum darah mereka. Juga tidak tahan pada sinar matahari dan juga lemah pada bawang.

Untuk kasus werewolf, penderitanya memiliki kelainan berupa tumbuhnya bulu di sekujur tubuh, termasuk tangan dan wajah.

Keduanya bukan penyakit menular, melainkan kelainan turunan.

hmm, sindrom porphyria itu bukan?

Offline biobio

  • Staff
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 2.476
  • IQ: 221
  • Gender: Pria
  • Tjiasmanto, Wewin
Re: Penularan Zombie, Vampire, dan Werewolf
« Jawab #4 pada: November 07, 2009, 02:25:57 AM »
Wah, berarti memiliki dasar sains juga ya? Baru pertama kali denger nih. Ceritain lebih lanjut dong, om Pi-One!
"The pen is mightier than the sword"

Offline syx

  • Global Moderator
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 4.540
  • IQ: 341
  • Gender: Pria
    • Kliping Koran
Re: Penularan Zombie, Vampire, dan Werewolf
« Jawab #5 pada: November 07, 2009, 07:27:58 AM »
ga tahan cahaya itu istilah klinisnya fotosensitisasi. obat-obat tertentu bisa menyebabkan hal ini. bagaimana kalo vampir menggunakan cream sunblok? apakah mereka tetap mengalami sensitisasi?

tentang zombie, apakah pengendalian otot oleh 'sesuatu' ini juga melibatkan jantung? apakah jantung zombie aktif memompa darah?

Offline nandaz

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 1.849
  • IQ: 75
  • Gender: Pria
  • ...Mad about Sci_mistery
Re: Penularan Zombie, Vampire, dan Werewolf
« Jawab #6 pada: November 07, 2009, 09:03:45 AM »
@zombie
...gak tau juga sich...tetapi mereka dapat mengetahui mangsa makhluk yang masih hidup lewat apa ya? apa dia masih bisa melihat atau hidungnya masih berfungsi mencium bau tubuh manusia...

Offline Pi-One

  • Next Hikaru Genji
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 6.981
  • IQ: 40
  • Gender: Pria
  • Next Hikaru Genji
    • Membantah Hoax
Re: Penularan Zombie, Vampire, dan Werewolf
« Jawab #7 pada: November 07, 2009, 09:48:04 AM »
Wah, berarti memiliki dasar sains juga ya? Baru pertama kali denger nih. Ceritain lebih lanjut dong, om Pi-One!
hahaha, sejatinya aku cuma tahu garis besarnya kok. Ketemunya waktu mempelajari tentang Vlad Tepes aka Dracula. Karena satu sisi sumber cenderung hanya menyorot sisi gelap Vlad, aku mencari-cari sumber lain juga buat perbandingan, dan nemu sedikit artikel tentang vampirisme dan porphiria. Kulit pucat, tekanan darah tinggi (yang mungkin menyebabkan mata nampak memerah), tidak tahan sinar matahari, kelainan mental dan tumbuhnya bulu secara berlebih adalah antara lain cirinya.

Salah satu sosok yang mengalami penyakit ini adalah George III alias Mad King George, penguasa Inggris raya dan irlandia.
« Edit Terakhir: November 07, 2009, 09:52:34 AM oleh Pi-One »

Offline syx

  • Global Moderator
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 4.540
  • IQ: 341
  • Gender: Pria
    • Kliping Koran
Re: Penularan Zombie, Vampire, dan Werewolf
« Jawab #8 pada: November 17, 2009, 07:34:30 AM »
kulit pucat dan mata tampak memerah bukan berkaitan dengan hilangnya melanosit?

Offline nandaz

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 1.849
  • IQ: 75
  • Gender: Pria
  • ...Mad about Sci_mistery
Re: Penularan Zombie, Vampire, dan Werewolf
« Jawab #9 pada: November 19, 2009, 11:07:29 AM »
iya, dan akhirnya disebut albino...

Offline Pi-One

  • Next Hikaru Genji
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 6.981
  • IQ: 40
  • Gender: Pria
  • Next Hikaru Genji
    • Membantah Hoax
Re: Penularan Zombie, Vampire, dan Werewolf
« Jawab #10 pada: November 20, 2009, 12:37:38 AM »
Sejatinya mata biru sendiri adalah bentuk albinoisme...

Offline syx

  • Global Moderator
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 4.540
  • IQ: 341
  • Gender: Pria
    • Kliping Koran
Re: Penularan Zombie, Vampire, dan Werewolf
« Jawab #11 pada: November 20, 2009, 04:10:08 AM »
biru di mananya? albino kan kalo irisnya berwarna merah karena warna pembuluh darah yang ga tertutup oleh pigmen.

apakah zombie bisa diobati? misalnya pake bulu phoenix?

Offline nandaz

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 1.849
  • IQ: 75
  • Gender: Pria
  • ...Mad about Sci_mistery
Re: Penularan Zombie, Vampire, dan Werewolf
« Jawab #12 pada: November 20, 2009, 04:31:47 AM »
biru di mananya? albino kan kalo irisnya berwarna merah karena warna pembuluh darah yang ga tertutup oleh pigmen.

apakah zombie bisa diobati? misalnya pake bulu phoenix?
...ya, engga deh...dalam final fantasy justru membunuh zombie, phoenix feather justru memberi kehidupan, kok larinya kemari ::)

Offline syx

  • Global Moderator
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 4.540
  • IQ: 341
  • Gender: Pria
    • Kliping Koran
Re: Penularan Zombie, Vampire, dan Werewolf
« Jawab #13 pada: November 20, 2009, 06:40:04 AM »
jadi bagaimana cara menyembuhkan zombie?

kabarnya vampir ga bisa tua ya? tergantung kapan dia digigitnya... kenapa bisa gitu?

Offline Pi-One

  • Next Hikaru Genji
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 6.981
  • IQ: 40
  • Gender: Pria
  • Next Hikaru Genji
    • Membantah Hoax
Re: Penularan Zombie, Vampire, dan Werewolf
« Jawab #14 pada: November 20, 2009, 11:34:57 PM »
biru di mananya? albino kan kalo irisnya berwarna merah karena warna pembuluh darah yang ga tertutup oleh pigmen.
udah rada lupa nih soal ini. Kasus mata biru itu ada gen warna yang gak diproduksi. Entar aku cari lagi deh. Tapi orang albino biasa matanya biru kan?

 

Related Topics

  Subyek / Dimulai oleh Jawaban Tulisan terakhir
Zombie?

Dimulai oleh advisor « 1 2 » Agama dan Filosofi

25 Jawaban
17211 Dilihat
Tulisan terakhir Juli 29, 2009, 01:00:43 PM
oleh raisuien
(ask)penularan HIV AIDS

Dimulai oleh bzbee « 1 2 » Kesehatan

22 Jawaban
46402 Dilihat
Tulisan terakhir Januari 29, 2010, 06:14:49 AM
oleh Astrawinata G
14 Jawaban
41519 Dilihat
Tulisan terakhir Desember 29, 2015, 11:23:40 AM
oleh Monox D. I-Fly
3 Jawaban
15646 Dilihat
Tulisan terakhir Mei 29, 2009, 05:12:27 AM
oleh insan sains
13 Jawaban
12269 Dilihat
Tulisan terakhir Juni 20, 2009, 09:44:54 AM
oleh Nabih