Selamat datang di ForSa! Forum diskusi seputar sains, teknologi dan pendidikan Indonesia.

Welcome to Forum Sains Indonesia. Please login or sign up.

Agustus 09, 2022, 05:50:04 PM

Login with username, password and session length

Topik Baru

Artikel Sains

Anggota
  • Total Anggota: 26,760
  • Latest: Hormide
Stats
  • Total Tulisan: 139,633
  • Total Topik: 10,390
  • Online today: 88
  • Online ever: 441
  • (Desember 17, 2011, 09:48:51 AM)
Pengguna Online
Users: 0
Guests: 50
Total: 50

Aku Cinta ForSa

ForSa on FB ForSa on Twitter

Stonehenge Yang Misterius

Dimulai oleh biobio, Desember 18, 2008, 11:18:57 AM

« sebelumnya - berikutnya »

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

Rizki Dwi Rahmadi

patung kepala apaan ?? Moai ??

Neh yang gw tw,, mereka jaman dahulu bikin stonehenge bwat meramalkan perubahan musim. Maka dari itu susunan tiang2nya gak sembarangan naruh,, tapi katanya juga disesuaikan dengan ilmu Astronomi saat itu.

Emang sangat mengagumkan mahluk pra-sejarah seperti itu bisa membuat bangunan dengan tingkat keilmuan setinggi itu. Ohh yaa,, katanya dari suatu titik di dalamnya kita bisa melihat matahari terbit dari arah bukit apa gitu saya lupaa :P

Dan untuk proses pembangunannya,, menurut perkiraan sejauh ini. Pertama2 mereka bikin lobang tuh, trus tiang yang mw dipancangin, di tarik pake tali ato apalah biar tegak dan masuk kedalam lobang.

Dan untuk masalah atap,, pertama2 setelah 2 tiang ketancap,, katany mereka menguruk tanah sehingga membentuk semacam 'bukit' stinggi tiang bwat membawa dan menaruh batu di bagian atap/atas.

Klo dilihat dari ukuran batu,, bisa terlihat berapa bnyaknya orang yang diperlukan untuk membentuk ini semua. Tapi hal itu sangat mengagumkan karena betapa ter-organisirnya mereka padahal mereka berada pada zaman pra sejarah.

Misteri duniaa ^^

raisuien

Stonehenge di dasar danau Michigan

Dalam sebuah laporan yang mengejutkan pada tahun 2007, Mark Holley, seorang profesor arkelogi bawah laut di Northwestern Michigan University College, menemukan sebuah susunan batu yang beberapa diantaranya disusun membentuk lingkaran dan salah satu diantara batu itu memiliki ukiran seekor mastodon. Susunan batu itu terletak 40 kaki dibawah permukaan danau Michigan. Ukiran itu diperkirakan telah berumur 10.000 tahun - sesuai dengan perkiraan keberadaan mastodon dan manusia di bumi.

[pranala luar disembunyikan, sila masuk atau daftar.]

Pada mulanya, Prof. Holley dan seorang rekannya bernama Brian Abbott menyewa sebuah kapal dengan peralatan sonar untuk meneliti beberapa bangkai kapal di danau Michigan. Kemudian mereka menemukan formasi batu-batu aneh tersebut termasuk batu dengan ukiran yang berbentuk seperti mastodon. Namun mereka belum bisa memastikan apakah itu benar-benar ukiran mastodon atau bukan. Michigan sebelumnya juga telah memiliki situs petroglyph dan bahkan batu berdiri seperti Stonehenge.

[pranala luar disembunyikan, sila masuk atau daftar.]

Seorang perwakilan dari Museum paleontologi Universitas Michigan berkomentar bahwa walapun dia merasa skeptis, ia tertarik untuk mempelajarinya lebih lanjut dan berharap bisa melihat hasil foto yang lebih baik dari susunan batu-batu tersebut.

Jadi, apakah ada benar-benar ada Stonehenge di Amerika yang hanya diam di dalam danau Michigan dan menunggu untuk ditemukan? Ketika arkeolog, bangkai kapal dan sisa-sisa purbakala bergabung, maka terbentuklah sebuah misteri baru. Misteri Stonehenge danau Michigan. Kita menunggu penyingkapannya.

syx

situsnya tenggelam ato emang sengaja dibangun di bawah air?

The Houw Liong

#18
Stonehenge merupakan pengamatan bayangan metahari yang membawa pada model konseptual sistem tatasurya.

The north eastern entrance was also widened at this time, with the result that it precisely matched the direction of the midsummer sunrise and midwinter sunset of the period. This phase of the monument was abandoned unfinished, however, the small standing stones were apparently removed and the Q and R holes purposefully backfilled. Even so, the monument appears to have eclipsed the site at Avebury in importance towards the end of this phase.

[pranala luar disembunyikan, sila masuk atau daftar.]

[pranala luar disembunyikan, sila masuk atau daftar.]

\alpha \Omega
HouwLiong

raisuien

Kutip dari: syx pada September 18, 2009, 04:57:31 PM
situsnya tenggelam ato emang sengaja dibangun di bawah air?

kayaknya tenggelam..
klo dibangun d bawah air...
siapa yg membangun d bawah air?
???

biobio

@raisuien=yang membangun ya profesornya yang bilang nemuin.... sama halnya seusai makan gurami saus asam manis, kita kubur di belakang rumah, besoknya digali lagi dan teriak2, "aku nemu fosil icthyosaurus!"
"The pen is mightier than the sword"

syx

... lengkap dengan fosil tusuk giginya? ;D

kalo emang berkait dengan model konseptual yang disebutkan di atas apakah di era modern ini ada yang bisa menggunakan stonehedge? ato musti cari buku manual operasionalnya dulu?

Monox D. I-Fly

Kutip dari: biobio pada September 19, 2009, 08:51:49 PM
@raisuien=yang membangun ya profesornya yang bilang nemuin.... sama halnya seusai makan gurami saus asam manis, kita kubur di belakang rumah, besoknya digali lagi dan teriak2, "aku nemu fosil icthyosaurus!"

Ni kebanyakan baca teori konspirasi nih kayaknya... ;D
Gambar di avatar saya adalah salah satu contoh dari kartu Mathematicards, Trading Card Game buatan saya waktu skripsi.