Gunakan MimeTex/LaTex untuk menulis simbol dan persamaan matematika.

Welcome to Forum Sains Indonesia. Please login or sign up.

Juni 26, 2022, 06:56:41 PM

Login with username, password and session length

Topik Baru

Artikel Sains

Anggota
  • Total Anggota: 26,754
  • Latest: sainsftw
Stats
  • Total Tulisan: 139,633
  • Total Topik: 10,390
  • Online today: 62
  • Online ever: 441
  • (Desember 17, 2011, 09:48:51 AM)
Pengguna Online
Users: 0
Guests: 53
Total: 53

Aku Cinta ForSa

ForSa on FB ForSa on Twitter

Time Machine

Dimulai oleh suntzu, Agustus 27, 2008, 10:36:27 AM

« sebelumnya - berikutnya »

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

Sky

Kutip dari: wonderfull wind pada Agustus 27, 2008, 09:39:12 PM
Eiya duLu ada film ttg time machine judulna Back to the future,  ceritanya dia balik ke masa lalu. Disana dia liat calon ibu n ayahnya. Adanya dia di masa lalu ternyata merusak keadaan disana karena calon ibunya malah jadi suka sama dia. Gara2 itu waktu dia liat foto keluarganya, wajah adiknya mulai menghilang. Ternyata klo dia terlalu lama ada disana, bisa2 calon ibunya ga jadi nikah sama calon ayahnya yg mengakibatkan dia n adiknya juga bakal menghilang. Akhirnya dia berusaha ngejodohin calon ibu n bapaknya deh..
Seru tuh film.
Udah ada 3 seri kan.

Hmm, ada yang udah tau rumor tentang John Titor sang Pengelana Waktu?

The Houw Liong

Beberapa orang sudah menjawab benar, bahwa dengan "Time Mechine" hanya bisa ke masa depan, tidak bisa ke masa lalu, karena akan bertentangan dengan hukum alam yang fundamental yaitu hukum kausalitas (hukum sebab-akibat).
HouwLiong

loser1942

gua setuju sama @kacoa
walaupun kita kembali 1 detik yg lalu, lalu kita bunuh A, kemudia kita balik lagi dan A masih hidup, karena dibedakan oleh dimensi.
menurut gua nih yaa, jadi setiap detik yg kita lewati atau bahkan milidetik, itu masing2 mempunyai dimensi yg berbeda.
walaupun gua percaya yg diatas, tapi itu blom tentu pasti.

tentang relativitas einstein itu, sebenarnya bukan berpindah waktu, tetapi waktu berjalan lebih lama karena benda yg dinaikin bergerak mendekati kecepatan cahaya, coba lihat di fisika, udah dibahas kok.

Nabih

Wah, kira2 ongkos naiknya berapa yaa??? soalnya naik pesawat ke eropa aja mahal

loser1942

Kutip dari: Nabih pada Mei 27, 2009, 06:50:58 PM
Wah, kira2 ongkos naiknya berapa yaa??? soalnya naik pesawat ke eropa aja mahal

busyet barang blom ada udah nanya ongkos naik, wkwkwk

Mars

Kutip dari: The Houw Liong pada Mei 04, 2009, 02:07:13 PM
Beberapa orang sudah menjawab benar, bahwa dengan "Time Mechine" hanya bisa ke masa depan, tidak bisa ke masa lalu, karena akan bertentangan dengan hukum alam yang fundamental yaitu hukum kausalitas (hukum sebab-akibat).
dari fil, india yang judlnya "krish" t time machine bisa dibuat. tpi, menurut q hal itu mungkin akan terbukti, tapi akan terjadi kegagalan terus.

kacoa

Mengungkap Misteri Perjalanan Waktu / Time Travel dengan dengan teori relativitas

Jika kita menaiki kendaraan dengan kecepatan tinggi dan kendaraan yang kita tumpangi membalap kendaraan didepan, maka kita menghitung kecepatan mobil yang dibalap mendekati Nol. Kira-kira seperti itulah teori relativitas yang diajarkan disekolah saat ini.

Ide relativitas seperti ini biasanya dikemas oleh guru fisika dalam rumus-rumus yang sulit dan kebanyakan tidak disukai oleh murid-murid.

Untuk mengungkap misteri perjalanan waktu atau time travel, butuh lebih dari teori relativitas, mungkin istilahnya super teori relatifivitas, butuh banyak, maksud saya butuh banyak sekali imajinasi bahkan harus sedikit gila, untuk mengungkap misteri ini. Jenius itu selalu diidentikan dengan gila, jadi jika netter adalah orang yg disebut gila oleh teman-teman, jangan khawatir :), karena batas jenius dan gila itu tipis.
Untuk mengungkap rahasia time travel, saya akan ajak anda untuk membayangkan, bahwa anda memiliki kemampuan bergerak dengan cepat, mirip superman atau the flash.

Pada percobaan ini, kita akan coba menggunakan imajinasi, yaitu melakukan perjalanan waktu / time travel kembali ke masa lalu dengan kemampuan tubuh super kita, yang dapat bergerak melebihi kecepatan cahaya.

Bayangkan saat ini anda berjalan di trotoar, anda dapat menyaksikan orang-orang berlalu lalang dan kendaraan yang melaju, anda dapat perhatikan bahwa anda bergerak dengan kecepatan yang tidak jauh berbeda dengan yang disekitar kita. Sekarang anda akan melakukan gerakan yang sangat cepat, gerakan cepat ini tidak tidak hanya meliputi 5 indera saja, namun kecepatan meliputi seluruh organ tubuh kita, termasuk otak kita.
Anda tidak akan berlari tapi anda akan bergerak dengan sangat cepat sekali untuk berpindah 1 meter dari tempat anda.

Saat organ tubuh anda melakukan adaptasi untuk melakukan kecepatan tinggi, anda buka mata anda lebar-lebar, anda dapat perhatikan bahwa orang-orang mulai berjalan menjadi sangat lambat.

Kita akan gunakan hitungan kecepatan melebihi hourse power yaitu Warp, Warp adalah satuan hitungan kecepatan cahaya, pada kapal Enterprise Star Trek. 1 Warp adalah kecepatan perjalanan cahaya yang terjadi dalam 1 detik.

Kita lanjutkan lagi, perjalanan kita menuju 1 meter dengan kecepatan 100 Warp. Saat ini anda sudah mencapai 0.4 meter dari tempat berdiri anda.
Anda akan coba, menambah kecepatan hingga 100 Warp untuk menuju 1 meter. Pandangan Mata anda dapat memperhatikan tahapan-tahapan seperti dibawah ini:



1. Semua benda disekitar anda mulai melambat, mereka bergerak dengan sangat lambat. Air menetes dalam gerak sangat lambat, suara manusia seperti auman yang tidak jelas. Saat anda melesat 1 meter dari tempat anda dengan kecepatan 1/2 warp. Saat ini dapat menyadari bahwa waktu berjalan melambat untuk diri anda
2. Ketika anda mulai menambah kecepatan hingga 50 Warp, anda medapatkan satu kondisi dimana semua benda di sekitar anda, total berhenti bergerak. Anda merasa bahwa ini adalah keadaan transisi, seperti bilangan Nol diantara bilangan bulat positif dan negatif. Ini adalah kondisi dimana tidak putih dan tidak hitam.
3. Dalam benak anda, anda berfikir, kira-kira apa yang terjadi jika anda menambah kecepatan hingga 100 Warp.

Maka anda mulai menambah kecepatan hingga 100 Warp, pada kecepatan 70 Warp anda mulai memperhatikan bahwa orang-orang tidak lagi berjalan ke arah depan, namun mereka berjalan mundur ke belakang, air yang menetes tidak jatuh ke bawah, namun naik ke atas. Anda sudah menyadari bahwa anda tengah melakukan perjalanan waktu /time travel. Tinggal 1/Milyar detik lagi anda menuju 1 meter.

Selamat anda sudah mendarat sejauh 1 meter dengan kecepatan 100 kali kecepatan cahaya (Warp). Anda dapat perhatikan jam anda bahwa anda telah mundur 1 jam dari waktu anda bergerak.

Anda tidak akan medapatkan diri anda menjadi 2. Anda juga tidak akan terbakar, karena ketika anda bergerak dengan kecepatan seperti itu, sebenarnya anda telah emendarkan molekul-molekul anda sendiri, dan anda sudah tidak lagi berbentuk materi, tetapi tubuh anda telah berubah menjadi energi.

Jika anda mengikuti tahapan-tahapan yang saya tulis, anda sudah satu langkah, menuju rahasai melakukan perjalanan waktu / time travel.

So kesimpulannya, jika kita ingin melakukan perjalanan waktu / time travel, butuh kendaraan yang dapat melaju lebih dari kecepatan cahaya, mungkin sekitar 10.000 tahun lagi, atau kita mampu merubah tubuh kita menjadi energi. Mana kira-kira yang memungkinkan.


*Sory ini kopas dari seorang pengunjung blog mengenai mesin waktu.!

Semoga dapat dimengerti n bermanfaat.

Mars

owh....
trus, om kacoa udah pernah ngelakuinnya lum ??? hasilnya gmana ???
kalo, bsa nant q jga coba ah........
;D ;D :D

kacoa

Coba aja, itu memang benar kok klo menurut saya salah satu langkah mencoba teleportasi, yang merupakan kekuatan pikiran kita.

tapi klo bahas saya pernah mencobanya? jawabnya malas. hehehe

Idad

Kutip dari: kacoa pada Juli 22, 2009, 01:35:49 PM
2. Ketika anda mulai menambah kecepatan hingga 50 Warp, anda medapatkan satu kondisi dimana semua benda di sekitar anda, total berhenti bergerak. Anda merasa bahwa ini adalah keadaan transisi, seperti bilangan Nol diantara bilangan bulat positif dan negatif. Ini adalah kondisi dimana tidak putih dan tidak hitam.
3. Dalam benak anda, anda berfikir, kira-kira apa yang terjadi jika anda menambah kecepatan hingga 100 Warp.

Nah.., disinilah twistnya menurutku..,
Saya pakai istilah Warp diatas aja yah..,

Apakah kita yakin dan tahu pasti bahwa saat kita menambah kecepatan menjadi lebih dari 50 Warp maka benda di sekitar akan bergerak mundur? Padahal seharusnya, meurut teori relativitas kecepatan, semakin cepat ktia bergerak, benda-benda di sekitar kita akan (seolah-olah) bergerak lambat dan semakin melambat karena cepatnya kita. Bahkan mendekati Nol. Jadi bukan mundur.

Lantas mengapa kok tidka bisa mundur? Karena, jika dikatakan mundur, maka ktia pun akhirnya bergerak mundur. Lhoh kok ktia bergerak mundur juga? Yup, karena kita berada satu dimensi dengan benda2 di sekitar kita. Kita masih menggunakan dimensi waktu yang sama dengan benda-benda di sekitar kita. Jadi, menurut saya, tidak akan bisa waktu berjalan mundur, sedangkan kita menggunakan dimensi waktu yang berjalan maju. Dan begitu pula dengan melihat masa depan.

Dengan demikian, jika kita ingin menyaksikan waktu berjalan mundur/maju, maka seharusnya kita tidak berada di dimensi yang sama dengan dimensi waktu tersebut. Sekarang, apakah mungkin kita menciptakan dimensi (waktu) yang lain? Tentu tidak mungkin. Mengingat kodrat kita adalah makhluk (yang diciptakan) bukan Yang Maha Menciptakan (Khaliq).

raisuien

masa sesuatu yg diciptakan gak ada yg berguna?
pasti berguna tp mank ada sisi negatif jg
tp kan lumayan kita bisa taw ttg punahnya dinosaurus
ato hal2 lainnya yg masih menjadi misteri
lumayan buat taw Apollo pernah mendarat d Bulan pa gak  ;D
tp jgn bikin time machine ke masa dpn deh
pasti gak bakal seru, soalnya dah taw kita jd apa d masa dpn
:D ;D :D ;D :D ;D :D ;D

ASC

Kalau menurut gw sih, time machine pasti ada. saat ini kita berbicara mesin ini ga mungkin ada sama dengan kira-kira 300 tahun yang lalu orang berbicara kalau tidak mungkin ada mesin yang bisa terbang melawan gravitasi. manusia selalu berkembang, dan gw yakin cepat atau lambat mesin itu pasti ditemukan. Dan mungkin dengan ditemukannya mesin itu, ada beberapa hal yang dikembangkan, misalnya terdapat polisi waktu untuk mencegah perubahan sejarah atau untuk mencegah orang2 yang ingin kembali ke masa lalu dengan maksud jahat.

Pi-One

Kutip dari: ASC pada Juli 26, 2009, 11:25:09 AM
Kalau menurut gw sih, time machine pasti ada. saat ini kita berbicara mesin ini ga mungkin ada sama dengan kira-kira 300 tahun yang lalu orang berbicara kalau tidak mungkin ada mesin yang bisa terbang melawan gravitasi. manusia selalu berkembang, dan gw yakin cepat atau lambat mesin itu pasti ditemukan. Dan mungkin dengan ditemukannya mesin itu, ada beberapa hal yang dikembangkan, misalnya terdapat polisi waktu untuk mencegah perubahan sejarah atau untuk mencegah orang2 yang ingin kembali ke masa lalu dengan maksud jahat.
Pasti ada? Selain secara teoritis nyaris mustahil (mengingat energi yang diperlukan dalam prosesnya), juga dampak butterfly effect yang tak terhindarkan saat ada eksistensi dari masa depan muncul di masa lalu...

ASC

200 tahun yang lalu juga orang yang berpikir klo pesawat terbang bisa dibuat dianggap orang gila. mereka dihina-hina dan dianggap memimpikan hal yang mustahil. disaat itu juga secara teoritis mustahil untuk melawan gaya gravitasi bumi (mengingat gaya tarik bumi yang sgt besar).

"banyak hal dianggap mustahil sebelum hal itu benar-benar dikerjakan"

loser1942

wew.......
cool thread.....
hmm...
menurut ku seh utk berjala mundur gk mungkin, tapi memperlambat mungkin aja.
kalo mau pindah waktu mundur itu harus pindah dimensi.