Member baru? Bingung? Perlu bantuan? Silakan baca panduan singkat untuk ikut berdiskusi.

Welcome to Forum Sains Indonesia. Please login or sign up.

Juli 07, 2022, 02:11:46 AM

Login with username, password and session length

Topik Baru

Artikel Sains

Anggota
  • Total Anggota: 26,754
  • Latest: sainsftw
Stats
  • Total Tulisan: 139,633
  • Total Topik: 10,390
  • Online today: 38
  • Online ever: 441
  • (Desember 17, 2011, 09:48:51 AM)
Pengguna Online
Users: 0
Guests: 16
Total: 16

Aku Cinta ForSa

ForSa on FB ForSa on Twitter

10 RESEP SUKSES BANGSA JEPANG

Dimulai oleh pams, November 25, 2009, 03:21:50 PM

« sebelumnya - berikutnya »

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

heru.htl

#15
Saya bicara sebagai ilmuan, bukan sebagai pribadi dan bukan sebagai anak bangsa yang pernah dijajah Jepang.

Satu lagi bung, umur saya +33 tahun, pandangan hidup saya beda terhadap jaman dulu ketika saya berusia <= 25 tahun.

Jika kita selalu memandang "cocok sesuai individu", maka "apa gunanya sains, moral, kemanusian, dedikasi/loyalitas, budi pekerti?", maka "apa gunanya guru, teman, sahabat, tetangga, bangsa lain, negara tetangga?", maka "apa gunannya individu lain?"

Mari bung, jangan selalu memandang orang lain/bangsa lain dari sisi buruk mereka; bagaimana jika kita selalu dipandang buruk oleh orang lain/bangsa lain?

semut-ireng

Yah, memang ada karakter mereka yang bisa ditiru.   Dalam pandangan saya karakter mereka yang menonjol adalah Jaga Tradisi,  Loyalitas,  dan Kerja Keras serta Keberaniannya.   Jaga Tradisi,  mereka sangat menghormati dan membanggakan pahlawan-pahlawannya.   Mereka bersemangat ingin meniru karya-karya besar termasuk keberanian yang telah ditunjukkan oleh para pahlawannya di masa lalu.   Ini tidak lepas dari usaha keras para pendahulunya itu dalam membangun dan menanamkan semangat juangnya kepada generasi sesudahnya.   

Soal loyalitas atau kesetiakawanan sosial / semangat kebersamaan juga sangat tinggi.   Mereka setia banget kepada Kaisar dan bersedia mengorbankan jiwa raga mereka demi keselamatan pemimpin tertinggi mereka itu dan keluarganya.

Lalu soal Kerja Keras dan Keberaniannya tak diragukan lagi.  Itu ditunjukkan dalam sejarah di masa lalu,  bangsa Jepang secara mandiri berani melawan Amerika dan Sekutunya,  bahkan Jepang dengan sangat beraninya memulai perang melawan Amerika tanpa didahului dengan pernyataan perang,  melainkan langsung menghujani pangkalan Amerika di Pearl Harbor dengan bom,  justru ketika delegasi mereka sedang berunding di Amerika ...............

ndy_88

copy, modifikasi, lakukan..

gk salah kn kalau kita belajar budaya orang, apalgi itu positif...

semut-ireng

hmm,  ya copy dan modifikasi.  perkembangan iptek sampai masa sekarang ini,  dan apa yang dikatakan sebagai penemuan teori-teori baru dsbnya,  tidak lain adalah hasil dari copy dan modifikasi teori-teori sebelumnya.

ryoma

Kutip dari: gins pada Januari 25, 2010, 09:56:27 AM
Klo d liat2,anime jepang lebih banyak ngasi pelajaran tentang semangat pantang menyerah n kerjasama dari pada punyanya amerika..

bener, komik yang suka saya baca Tokkyu! ... keren dan kagum bacanya juga ;D

dari keseluruhan emang keren negri satu ini :)
When there is a will there is a way..
قل حو الله الحد

Arial

Keren...,,, N kayaknya susah untuk diterapkan di Indonesia..,, Heheheh...,, soalnya orang Indonesia agak malas dikit...,, Jamnya saja Jam Karet... Hehehehh  ;D :angel:
Sorry but you are not allowed to view spoiler contents.

nate river

Tokkyu itu yang Takoku itu bukan ya???
yang tenis meja???
haha...aku juga suka soalnya...

budaya bunuh dirinya jgn ditiru deh....kalau malu ya tinggal instropeksi....jangan bunuh diri.....

yang aku suka dari orang Jepang, mereka itu selalu bersungguh-sungguh, dan tidak pernah menganggap remeh sesuatu.....atau istilahnya menyepelekan....

hidup itu seperti asimtot...
meski mustahil mencapai titik kesempurnaan, tapi kita akan selalu berusaha mendekati kesempurnaan....

mouza

Kutip dari: pams pada November 25, 2009, 03:21:50 PM

5. INOVASI
Jepang bukan bangsa penemu, tapi orang Jepang mempunyai kelebihan dalam meracik temuan orang dan kemudian memasarkannya dalam bentuk yang diminati oleh masyarakat. Menarik membaca kisah Akio Morita yang mengembangkan Sony Walkman yang melegenda itu. Cassete Tape tidak ditemukan oleh Sony,patennya dimiliki oleh perusahaan Phillip Electronics. Tapi yang berhasil mengembangkan dan membundling model portable sebagai sebuah produk yang booming selama puluhan tahun adalah Akio Morita, founder dan CEO Sony pada masa itu. Sampai tahun 1995, tercatat lebih dari 300 model walkman lahir dan jumlah total produksi mencapai 150 juta produk. Teknik perakitan kendaraan roda empat juga bukan diciptakan orang Jepang, patennya dimiliki orang Amerika. Tapi ternyata Jepang dengan inovasinya bisa mengembangkan industri perakitan kendaraan yang lebih cepat dan murah.


Jangan salah loh... org2 Indonesia jg banyak yg inovatif....
OS wind*ws yg harganya jutaan bisa disulap jd cm 50rban...
dvd game yg harganya ratusan ribu, bisa jd 25rb...

satu lagi tabung gas 3kg, bisa jadi bom loh... hehe

semut-ireng

Kutip dari: ndy_88 pada Oktober 05, 2010, 08:17:07 PM
copy, modifikasi, lakukan..

gk salah kn kalau kita belajar budaya orang, apalgi itu positif...

ngga semua yang positif itu baik lho mbak, HIV positif.

Anak_Yang_Ingin_taHu

Kutip dari: pams pada November 25, 2009, 03:21:50 PM





1. KERJA KERAS
Sudah menjadi rahasia umum bahwa bangsa Jepang adalah pekerja keras. Rata-rata jam kerja pegawai di Jepang adalah 2450 jam/tahun, sangat tinggi dibandingkan dengan Amerika (1957 jam/tahun), Inggris (1911 jam/tahun), Jerman (1870 jam/tahun), dan Perancis (1680 jam/tahun). Seorang pegawai di Jepang bisa menghasilkan sebuah mobil dalam 9 hari, sedangkan pegawai di negara lain memerlukan 47 hari untuk membuat mobil yang bernilai sama. Seorang pekerja Jepang boleh dikatakan bisa melakukan pekerjaan yang biasanya dikerjakan oleh 5-6 orang. Pulang cepat adalah sesuatu yang boleh dikatakan "agak memalukan" di Jepang, dan menandakan bahwa pegawai tersebut termasuk "yang tidak dibutuhkan" oleh perusahaan.

]
Gak diragukan lagi Jepang adalah salah satu negeri pekerja keras . . Tapi justru itu jadi salah satu penyebab kematian para warganya, yaitu ''Karoshi'' (Death from Overwork) . . [pranala luar disembunyikan, sila masuk atau daftar.]

Memang sesuatu yang menakjubkan . .

Keingintahuan bisa membunuhmu , Ketidaktahuan bisa menghancurkanmu.

aurinakamil

tapi saya rasa itu cock kok....cuma yang kurang pas budaya membaca..setau saya orag indonesia kurang suka membaca ..........

edwin45

kalau kita semua seperti orang jepang, mantap !!!

nate river

kalau qta smua sperti org jepang,,repot....
nanti matanya sipit-sipit semua....hahaha  ;D
hidup itu seperti asimtot...
meski mustahil mencapai titik kesempurnaan, tapi kita akan selalu berusaha mendekati kesempurnaan....

Icha

wah keren tuh,sampai komik buatan jepang pun mencakup unsur-unsur diatas lho,dan film kartun sejenis doraemon pun ada mengandung unsur yg mendidik.
sedikit ketidaktahuan akan mengakibatkan kesalahan yang fatal

nandaz

Kutip dari: Anak_Yang_Ingin_taHu pada April 27, 2011, 06:48:23 PM
]
Gak diragukan lagi Jepang adalah salah satu negeri pekerja keras . . Tapi justru itu jadi salah satu penyebab kematian para warganya, yaitu ''Karoshi'' (Death from Overwork) . . [pranala luar disembunyikan, sila masuk atau daftar.]

Memang sesuatu yang menakjubkan . .
bener, karena itu tak heran orang jepang sangat menghargai hasil kerja keras orang lain...sering terdengar diawal perkenalan "Kyōryoku o shite kudasai" (mohon kerjasamanya). Kemudian setelah pekerjaan berakhir mereka mengucapkan terimakasih atas kerja kerasnya
starting by doing what is necessary, then what is possible and suddenly you are doing the impossible...
\dia\cal{ANONYMOUS}\cl