Member baru? Bingung? Perlu bantuan? Silakan baca panduan singkat untuk ikut berdiskusi.

Selamat datang, Pengunjung. Silahkan masuk atau mendaftar. Apakah anda lupa aktivasi email?

Oktober 27, 2021, 10:11:51 AM

Masuk dengan nama pengguna, kata sandi dan lama sesi

Topik Baru

Artikel Sains

Anggota
  • Total Anggota: 26729
  • Latest: Apblack
Stats
  • Total Tulisan: 139668
  • Total Topik: 10408
  • Online Today: 45
  • Online Ever: 441
  • (Desember 18, 2011, 12:48:51 AM)
Pengguna Online
Users: 0
Guests: 25
Total: 25

Ikuti ForSa

ForSa on FB ForSa on Twitter

Penulis Topik: Unesco Kukuhkan Keris Indonesia  (Dibaca 6044 kali)

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

Offline reborn

  • Founder
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 2.256
  • IQ: 322
  • Gender: Pria
  • ForSa
Unesco Kukuhkan Keris Indonesia
« pada: Juli 18, 2008, 02:25:19 AM »
Kabar bagus nih, Keris Indonesia udah diakui dunia. Rupanya untuk yang ini, gagal dicolong maling sia  ;D Kalo menurut berita ini, keris dari negara lain belum diakui, baru Indo. Patut bersyukurlah ya  8)

Unesco Kukuhkan Keris Indonesia Sebagai Warisan Dunia

UNESCO yang merupakan organisasi bidang pendidikan dan kebudayaan Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB) mengukuhkan keris Indonesia sebagai karya agung warisan kemanusiaan milik seluruh bangsa di dunia.

"Dunia telah mengakui keberadaan keris Indonesia, sekaligus mendapat penghargaan dunia sejak 25 Nopember 2005," kata pendiri sekaligus Direktur Museum Neka Ubud, Pande Wayan Suteja Neka, Kamis.

Ia mengatakan, sejumlah negara antara lain Singapura, Brunei Darussalam dan Filipina, hingga kini belum berhasil mengukuhkan kerisnya untuk diakui dunia.

Keris merupakan senjata tradisional yang sangat berperan dalam kehidupan manusia pada jaman dahulu hingga sekarang. Kebiasaan memanfaatkan senjata keris sebagai senjata, benda berwasiat dan kelengkapan upacara keagamaan telah membudaya dalam kehidupan masyarakat Indonesia, khususnya masyarakan Hindu di Bali.

Offline syx

  • Global Moderator
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 4.540
  • IQ: 341
  • Gender: Pria
    • Kliping Koran
Re: Unesco Kukuhkan Keris Indonesia
« Jawab #1 pada: Juli 23, 2008, 09:15:16 AM »
Keris merupakan senjata tradisional yang sangat berperan dalam kehidupan manusia pada jaman dahulu hingga sekarang.
lebih tepatnya berperan dalam kematian manusia... beda ama parang, keris ga pernah dipake di dapur ato di lapangan rumput.

Offline Brilliant

  • Asisten Dosen
  • ***
  • Tulisan: 61
  • IQ: 32
Re: Unesco Kukuhkan Keris Indonesia
« Jawab #2 pada: Juli 27, 2008, 04:22:49 PM »
Keris merupakan senjata tradisional yang sangat berperan dalam kehidupan manusia pada jaman dahulu hingga sekarang.
lebih tepatnya berperan dalam kematian manusia... beda ama parang, keris ga pernah dipake di dapur ato di lapangan rumput.

Apakah semua keris diciptakan oleh sang Empu dengan tujuan untuk membunuh saja??

Setahu saya, banyak kok keris yang diciptakan oleh sang Empu lewat puasa dan doa yang bertujuan untuk dijadikan sebagai benda pusaka yang memiliki makna keselamatan..

"Life is a game, sometimes you win and sometimes you learn"

Offline syx

  • Global Moderator
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 4.540
  • IQ: 341
  • Gender: Pria
    • Kliping Koran
Re: Unesco Kukuhkan Keris Indonesia
« Jawab #3 pada: Juli 28, 2008, 11:50:09 PM »
makna keselamatan diri dengan melukai ato bahkan membunuh orang lain? kenapa ga pake perisai aja? ;D

Offline Brilliant

  • Asisten Dosen
  • ***
  • Tulisan: 61
  • IQ: 32
Re: Unesco Kukuhkan Keris Indonesia
« Jawab #4 pada: Juli 29, 2008, 08:55:44 AM »
makna keselamatan diri dengan melukai ato bahkan membunuh orang lain? kenapa ga pake perisai aja? ;D

Tidak semua kategori keris ditempa oleh sang Empu bertujuan sebagai senjata tikam untuk membunuh, tergantung dari jenis dapur dan pamor dari keris tersebut.
 
Salah satu contoh Keris Sajen, dari zaman dulu keris sajen di tempa bertujuan sebagai sebuah perlambang untuk permohonan kepada Tuhan yang masa esa agar sawah yang dimiliki oleh para petani terbebas dari hama. Keris sajen ini akhirnya akan dibuang ke sawah milik petani tersebut sebagai persembahan atas permohonan para petani tersebut..  ;D  ::)

Offline syx

  • Global Moderator
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 4.540
  • IQ: 341
  • Gender: Pria
    • Kliping Koran
Re: Unesco Kukuhkan Keris Indonesia
« Jawab #5 pada: Juli 29, 2008, 10:32:32 PM »
duh kasian banget petani apes yg nginjek keris di sawah... apa ga tetanus tuh?

Offline Brilliant

  • Asisten Dosen
  • ***
  • Tulisan: 61
  • IQ: 32
Re: Unesco Kukuhkan Keris Indonesia
« Jawab #6 pada: Juli 30, 2008, 02:12:14 PM »
duh kasian banget petani apes yg nginjek keris di sawah... apa ga tetanus tuh?

ntar kalo kena tetanus  baru cari ke syx deh buat disuntik  ;D 

Offline Monox D. I-Fly

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 2.000
  • IQ: 32
  • Gender: Pria
  • 私は理科を大好き
Re:Unesco Kukuhkan Keris Indonesia
« Jawab #7 pada: Juni 15, 2014, 04:37:45 AM »
duh kasian banget petani apes yg nginjek keris di sawah... apa ga tetanus tuh?

Mungkin kerisnya dibuang tanpa dilepaskan dari sarungnya terlebih dahulu?
Gambar di avatar saya adalah salah satu contoh dari kartu Mathematicards, Trading Card Game buatan saya waktu skripsi.

 

Related Topics

  Subyek / Dimulai oleh Jawaban Tulisan terakhir
8 Jawaban
16588 Dilihat
Tulisan terakhir Maret 02, 2016, 01:18:17 AM
oleh Monox D. I-Fly
117 Jawaban
74993 Dilihat
Tulisan terakhir September 10, 2016, 01:23:45 AM
oleh Monox D. I-Fly
40 Jawaban
41090 Dilihat
Tulisan terakhir September 15, 2016, 01:59:49 AM
oleh Monox D. I-Fly
2 Jawaban
6972 Dilihat
Tulisan terakhir Februari 02, 2008, 06:48:20 AM
oleh cheloniamydas
77 Jawaban
73258 Dilihat
Tulisan terakhir September 10, 2016, 01:04:04 AM
oleh Monox D. I-Fly