Member baru? Bingung? Perlu bantuan? Silakan baca panduan singkat untuk ikut berdiskusi.

Selamat datang, Pengunjung. Silahkan masuk atau mendaftar. Apakah anda lupa aktivasi email?

Januari 16, 2021, 06:20:44 PM

Masuk dengan nama pengguna, kata sandi dan lama sesi

Topik Baru

Artikel Sains

Anggota
Stats
  • Total Tulisan: 139618
  • Total Topik: 10381
  • Online Today: 51
  • Online Ever: 441
  • (Desember 18, 2011, 12:48:51 AM)
Pengguna Online
Users: 0
Guests: 42
Total: 42

Ikuti ForSa

ForSa on FB ForSa on Twitter

Penulis Topik: Asal Usul Nama Indonesia  (Dibaca 34630 kali)

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

Offline belajarseo

  • Siswa Baru
  • *
  • Tulisan: 7
  • IQ: 0
Re: Asal Usul Nama Indonesia
« Jawab #15 pada: Maret 19, 2009, 02:31:42 PM »
kok di pelajaran sejarah gw ngga dijelasin sedetail itu yak :(

Offline clarasy

  • Asisten Dosen
  • ***
  • Tulisan: 85
  • IQ: 7
Re: Asal Usul Nama Indonesia
« Jawab #16 pada: Maret 26, 2009, 02:41:04 AM »
Indunesia, Nederlandsch Indie, Indonesia, India Portugis, semua ciptaan bule, kalo nama tanah air kita sejak defactonya ini negara apa ya? Ato malah kita semua ini dipersatukan menjadi 1 buah negara karena datangnya para imperialis itu ?  ???

saya pikhirr begithuuu :)

Offline Alqiyam

  • Siswa Baru
  • *
  • Tulisan: 2
  • IQ: 0
Re: Asal Usul Nama Indonesia
« Jawab #17 pada: Juni 09, 2009, 02:00:10 PM »
Waw hebat....
selama ku sekolah belum pernah denger "ASAL-USUL NAMA INDONESIA' secara terperinci kayak gini,,,
makasih banget ya atas kirimannya!!!
yooooo semangat para pemuda Indonesia!!!
MERDEKA!!!!

Offline herlambang

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 157
  • IQ: 2
  • Gender: Pria
  • uh".. kimochi^^"
    • Discovering The Art and Technology
Re: Asal Usul Nama Indonesia
« Jawab #18 pada: Juni 30, 2009, 08:45:27 AM »
Kutip
..  tanah air kita dari Sabang sampai Merauke. Tetapi nama resmi bangsa dan negara  ...

kenapa koq dari sabang sampai merauke ya? bukannya dari merauke sampai sabang?
faktanya saat di jakarta atau sabang masih lelap, di merauke matahari sudah bersinar.

merauke lah pertamakali matahari menampakkan di Indonesia, sudah selayaknya sebutan dari sabang sampai merauke diubah menjadi DARI MERAUKE SAMPAI KE SABANG

wow.. kata-kata juga ada unsur seni, politis dll.. coba lagu dari sabang sampai merauke dibalik??

daaari meeerauke kee sabaaang... ga pantes.. ;D
« Edit Terakhir: Januari 21, 2011, 02:34:30 PM oleh reborn »
built-in double watchdog! ^^"   *Problem Solved*

Offline soviet regarda

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 501
  • IQ: 17
Re: Asal Usul Nama Indonesia
« Jawab #19 pada: Juni 30, 2009, 10:57:25 AM »
yg pertamakali memakai kata indonesia secara organisasional dan kemudian mempopulerkannya adalah Partai Komunis Indonesia..namun karena penguasa Indonesia + dunia terlanjur alergi sama PKI + apapun yg berbau komunis maka jasa2 PKI disamarkan dalam sejarah Indonesia..kasihan

Offline jam

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 303
  • IQ: 15
Re: Asal Usul Nama Indonesia
« Jawab #20 pada: Juli 21, 2009, 03:47:25 AM »
waduh.... :(

Offline wuriant

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 249
  • IQ: 32
  • Gender: Pria
Re: Asal Usul Nama Indonesia
« Jawab #21 pada: Juli 28, 2009, 03:03:58 AM »
tapi nama indonesia juga masih belum populer di luar negeri.
orang barat sana lebih kenal nama bali daripada indonesia,
trus tuk pulau kalimantan masih dijulukin pulau borneo.

Offline MASNO

  • Siswa Baru
  • *
  • Tulisan: 1
  • IQ: 0
Re: Asal Usul Nama Indonesia
« Jawab #22 pada: Juli 30, 2009, 04:02:35 AM »
Kata orang tua (mbah saya), nama Indonesia berasal dari kata Hindu dan Hindia. dikatakan dari kata Hindu karena agama pertama yang ada di Indonesia adalah Hindu. Dikatakan berasal dari kata Hindia karena sebelumnya Indonesia dikenal sebagai Hindia (Hindia Belanda). Sedangkan Sia karena Indonesia berada di Benua Asia.  :o

Ahazveroz

  • Pengunjung
Re: Asal Usul Nama Indonesia
« Jawab #23 pada: Agustus 05, 2009, 12:12:10 AM »
Ganti jadi Galbadia aja :D

Offline soviet regarda

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 501
  • IQ: 17
Re: Asal Usul Nama Indonesia
« Jawab #24 pada: Agustus 07, 2009, 10:59:45 AM »
apapun asal muasal nya kata INDONESIA itu dipakai pertama kali oleh PARTAI KOMUNIS INDONESIA..jadi PKI lah yang pertamakali memakai dan mempopulerkan kata INDONESIA, benar benar satu kata INDONESIA bukan Hindia, bukan Indunesia, Nederlandsch Indie, atau kata apapun yang sengaja di pas pas kan dengan INDONESIA agar mengaburkan sejarah yang sebenarnya bahwa faktanya kata INDONESIA dipakai dan dipopulerkan oleh PKI..jadi untuk perubahan dari kata INDONESIA sejenis yang mirip (misal Indunesia, Nederlandsch Indie) disesuaikan dengan dialek bangsa kita oleh tokoh2 komunis

Offline jam

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 303
  • IQ: 15
Re: Asal Usul Nama Indonesia
« Jawab #25 pada: Agustus 11, 2009, 07:42:37 AM »
huahaha
indonesia mantep
tpi tentang teroris itu gmna
Sorry but you are not allowed to view spoiler contents.

Offline biobio

  • Staff
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 2.476
  • IQ: 221
  • Gender: Pria
  • Tjiasmanto, Wewin
Re: Asal Usul Nama Indonesia
« Jawab #26 pada: Agustus 13, 2009, 07:12:31 AM »
yang jelas terorisnya bukan orang PKI ya...
"The pen is mightier than the sword"

Offline Ginji

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 978
  • IQ: 73
  • Gender: Pria
Re: Asal Usul Nama Indonesia
« Jawab #27 pada: Agustus 14, 2009, 02:02:04 PM »
apapun asal muasal nya kata INDONESIA itu dipakai pertama kali oleh PARTAI KOMUNIS INDONESIA..jadi PKI lah yang pertamakali memakai dan mempopulerkan kata INDONESIA, benar benar satu kata INDONESIA bukan Hindia, bukan Indunesia, Nederlandsch Indie, atau kata apapun yang sengaja di pas pas kan dengan INDONESIA agar mengaburkan sejarah yang sebenarnya bahwa faktanya kata INDONESIA dipakai dan dipopulerkan oleh PKI..jadi untuk perubahan dari kata INDONESIA sejenis yang mirip (misal Indunesia, Nederlandsch Indie) disesuaikan dengan dialek bangsa kita oleh tokoh2 komunis
huehue semangat bener soal PKI
hidup indonesia

Offline hampir.tampan

  • Siswa Baru
  • *
  • Tulisan: 4
  • IQ: 0
Re: Asal Usul Nama Indonesia
« Jawab #28 pada: Desember 17, 2010, 06:18:06 AM »
Aslinya kita ini apa ya? Apakah kerajaan-kerajaan tanpa asal usul negara? -_-

Offline topazo

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 542
  • IQ: 21
  • Gender: Pria
  • Topazo Kenni von Ashraldia Nessia
    • (belum ada isinya)
Re: Asal Usul Nama Indonesia
« Jawab #29 pada: Desember 18, 2010, 04:18:11 PM »
^
^ Aslinya, kita ini adalah gabungan negeri2 yang berkerabat erat, yang dipersatukan oleh Sumpah Pemuda...
(Coba deh ditelusuri, Kerajaan2 di Nusantara itu saling berkerabat loh, kakak-adik, sepupuan, besanan, dll...)

Sebetulnya Indonesia ini mirip banget sama Amerika Serikat sana, di mana etnisnya nyampur2 membentuk sebuah kesatuan negara utuh... Beda kita yang paling mencolok dengan AS, adalah... Kesemua etnis di Indonesia adalah asli, sedangkan AS etnis aslinya cuman Indian doank, yang lainnya penjajah hehehehe....
Maka nikmat Tuhan kamu yang manakah yang kamu dustakan?

 

Related Topics

  Subyek / Dimulai oleh Jawaban Tulisan terakhir
7 Jawaban
17406 Dilihat
Tulisan terakhir Oktober 15, 2014, 01:51:27 PM
oleh Monox D. I-Fly
1 Jawaban
163668 Dilihat
Tulisan terakhir September 17, 2015, 05:02:08 AM
oleh ariqa02
19 Jawaban
16843 Dilihat
Tulisan terakhir Juni 24, 2011, 11:04:57 AM
oleh Pi-One
13 Jawaban
24802 Dilihat
Tulisan terakhir Mei 29, 2016, 01:11:13 AM
oleh Monox D. I-Fly
70 Jawaban
37751 Dilihat
Tulisan terakhir April 12, 2015, 10:48:10 PM
oleh abdillahibnunasrullah