Member baru? Bingung? Perlu bantuan? Silakan baca panduan singkat untuk ikut berdiskusi.

Selamat datang, Pengunjung. Silahkan masuk atau mendaftar. Apakah anda lupa aktivasi email?

Desember 02, 2021, 08:25:14 AM

Masuk dengan nama pengguna, kata sandi dan lama sesi

Topik Baru

Artikel Sains

Anggota
Stats
  • Total Tulisan: 139668
  • Total Topik: 10408
  • Online Today: 26
  • Online Ever: 441
  • (Desember 18, 2011, 12:48:51 AM)
Pengguna Online
Users: 0
Guests: 28
Total: 28

Ikuti ForSa

ForSa on FB ForSa on Twitter

Penulis Topik: Benarkah Persib itu budaya Sunda?  (Dibaca 7988 kali)

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

Offline novie marselina

  • Mahasiswa
  • **
  • Tulisan: 21
  • IQ: 3
  • Gender: Wanita
Benarkah Persib itu budaya Sunda?
« pada: September 13, 2008, 02:56:54 AM »
Kemaren" aku nonton acara Persib di TV lokal di Bandung, disana ada beberapa budayawan Sunda yang udah diwawancara, katanya Persib itu adalah Budaya Sunda yang terkuat saat ini, hal ini bisa dilihat dari tidak bisa lepasnya masyarakat Jawa Barat, bobotoh khususnya dengan sesuatu berbau Persib, mulai dari pikiran mereka, aktivitas sehari-hari, sampai masalah" pribadi...

Sebenernya seberapa jauh sih arti Persib di mata orang JaBar?
Apa olahraga (sepakbola yang berasal dari Inggris) layak menjadi salah satu budaya Sunda?

Offline reborn

  • Founder
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 2.256
  • IQ: 322
  • Gender: Pria
  • ForSa
Re: Benarkah Persib itu budaya Sunda?
« Jawab #1 pada: September 14, 2008, 12:43:35 PM »
Wah... bobotoh emang gila2an lah. Pokoknya kalo Persib lagi main di Siliwangi, jangan coba2 mendekat, apalagi naik mobil plat B... cari mampus itu namanya :P Gw pernah pas awal tinggal di bandung, jalan-jalan sama temen. Dia bawa mobil plat B. Eh, pas lewat jalan Riau macet total. Trus mobil temen gw itu ditendang2, dipukul, rada penyoklah. Mo ngamuk ga mungkin, mo dihajar babak belur? Akhirnya ngalah aja, cari parkir di kantor pos deh, tunggu sepi. Jam 9 malem baru berani jalan lagi :P

Eh, bobotoh sama bonek kalo diadu gimana ya? Seru kali ya ;D

Offline eky

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 441
  • IQ: 20
  • Gender: Pria
  • growing up
Re: Benarkah Persib itu budaya Sunda?
« Jawab #2 pada: September 14, 2008, 02:12:13 PM »
ga ikutan akh ..
gw masih berdomisili di bandung .. :D

Offline ksatriabajuhitam

  • Staff
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 791
  • IQ: 97
  • Gender: Pria
  • keep holding on
    • hsw weblog
Re: Benarkah Persib itu budaya Sunda?
« Jawab #3 pada: September 14, 2008, 03:15:03 PM »
nampaknya bukan cuma penyakit bobotoh, viking, atau PSM,,, pendukung tim inggris juga sama gila-nya... >:D
not all the problems could be solved by the sword, but sword holder take control of problems.
ForSa versi mobile: http://www.forumsains.com/forum?wap2

Offline novie marselina

  • Mahasiswa
  • **
  • Tulisan: 21
  • IQ: 3
  • Gender: Wanita
Re: Benarkah Persib itu budaya Sunda?
« Jawab #4 pada: September 18, 2008, 12:36:37 AM »
yah, jangan ngomongin boboDoh (bobotoh bodoh) tapi yang gW maksud tuh bobotoh sejatinya, soalnya selama 18 taun gW tinggal d bandung gW liat mereka tuh bener" baek Qo, kadang klo sodara dr jkt maen pake mobil plat B jg aman" aja, soal plat nomor mah personelnya urban jg dtg ke jkt pke plat D dikeroyok sama oknum The jak se metromini

mending bahas dari sisi budaya sundanya ajalah...

Offline YONJK

  • Asisten Dosen
  • ***
  • Tulisan: 96
  • IQ: 20
  • Gender: Pria
  • How A U ?
Re: Benarkah Persib itu budaya Sunda?
« Jawab #5 pada: Februari 06, 2009, 10:59:25 AM »
Itu hanyalah suatu ungkapan rasa suka ,senang,fanatik terhadap suatu yang mereka dambakan.Kalau menurut aku sih ga bisa disebut budaya.Mungkin saja orang -orang Bandung banyak yang gandrung sama sepakbola makanya mereka begitu fanatik terhadap tim sepakbola yang berasal dikota mereka.Hal semacam itu ga hanya terjadi di Bandung aja. Ditempat tempat lain juga seperti itu, cuma intensitasnya saja yang berbeda.
I say How A U to U...

Offline biobio

  • Staff
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 2.476
  • IQ: 221
  • Gender: Pria
  • Tjiasmanto, Wewin
Re: Benarkah Persib itu budaya Sunda?
« Jawab #6 pada: Februari 08, 2009, 07:13:41 AM »
Wah... bobotoh emang gila2an lah. Pokoknya kalo Persib lagi main di Siliwangi, jangan coba2 mendekat, apalagi naik mobil plat B... cari mampus itu namanya :P Gw pernah pas awal tinggal di bandung, jalan-jalan sama temen. Dia bawa mobil plat B. Eh, pas lewat jalan Riau macet total. Trus mobil temen gw itu ditendang2, dipukul, rada penyoklah. Mo ngamuk ga mungkin, mo dihajar babak belur? Akhirnya ngalah aja, cari parkir di kantor pos deh, tunggu sepi. Jam 9 malem baru berani jalan lagi :P

Eh, bobotoh sama bonek kalo diadu gimana ya? Seru kali ya ;D
pegang bonek gue... sebagai fans persebaya...hahaha
"The pen is mightier than the sword"

 

Related Topics

  Subyek / Dimulai oleh Jawaban Tulisan terakhir
7 Jawaban
9484 Dilihat
Tulisan terakhir Oktober 07, 2015, 11:41:46 PM
oleh The Houw Liong
10 Jawaban
8458 Dilihat
Tulisan terakhir Desember 21, 2009, 06:55:30 AM
oleh HyawehHoshikawa
5 Jawaban
5549 Dilihat
Tulisan terakhir Januari 07, 2010, 04:09:34 AM
oleh Hendy wijaya, MD
35 Jawaban
20123 Dilihat
Tulisan terakhir September 09, 2016, 02:11:21 AM
oleh Monox D. I-Fly
0 Jawaban
1663 Dilihat
Tulisan terakhir November 08, 2011, 04:26:11 AM
oleh Monox D. I-Fly