Member baru? Bingung? Perlu bantuan? Silakan baca panduan singkat untuk ikut berdiskusi.

Selamat datang, Pengunjung. Silahkan masuk atau mendaftar. Apakah anda lupa aktivasi email?

September 18, 2021, 05:18:02 PM

Masuk dengan nama pengguna, kata sandi dan lama sesi

Topik Baru

Artikel Sains

Anggota
Stats
  • Total Tulisan: 139666
  • Total Topik: 10406
  • Online Today: 255
  • Online Ever: 441
  • (Desember 18, 2011, 12:48:51 AM)
Pengguna Online
Users: 0
Guests: 37
Total: 37

Ikuti ForSa

ForSa on FB ForSa on Twitter

Penulis Topik: Cara Cepat Baca, Tulis dan Menghafal Huruf Katakana Serta Hiragana  (Dibaca 1867 kali)

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

Offline japanesian

  • Siswa Baru
  • *
  • Tulisan: 4
  • IQ: 1
  • ForSa!
Cara Cepat Baca, Tulis dan Menghafal Huruf Katakana Serta Hiragana
« pada: November 20, 2016, 07:37:04 AM »
Sorry but you are not allowed to view spoiler contents.


Huruf Katakana merupakan salah satu dari 3 tipe huruf yang digunakan di Jepang selain Huruf Hiragana dan Huruf Kanji.. Huruf ini digunakan saat menuliskan kata-kata serapan dari bahasa asing yang disebut gairaigo (外来語). Selain itu, digunakan juga untuk menuliskan nama-nama orang asing dan juga menulis onomatope atau kata-kata dalam Bahasa jepang yang artinya berupa penegasan.

JENIS-JENIS HURUF KATAKANA

Dalam penggunaannya, Huruf Katakana ini lebih simpel karena huruf-hurufnya bergaris lurus. Sama seperti Huruf Hiragana, dalam Huruf Katakana juga ada macam huruf yang dibagi menjadi Katakana Seion(片仮名清音), Katakana Dakuon (片仮名濁音), Katakana Handakuon (片仮名半濁音) serta Katakana Youon (片仮名拗音). Langsung saja kita bahas secara lengkap dan ringkas agar mudah dipelajari.

HURUF KATAKANA SEION

Katakana Seion (dibaca : Seiong) yakni huruf-huruf pelafalan dasar yang terbagi menjadi huruf vocal dan huruf konsonan. Jumlah dan susunan hurufnya sama dengan Hiragana Seion, yang membedakan hanya modelpola hurufnya saja. Berikut tabel dari Huruf Katakana Seion :


Contoh kata Bahasa Jepang serapan asing yang memakai Huruf Katakana Seion adalah camera (カメラ, note (ノート) dibaca nooto, dan air conditioner (エアコン) yang dibaca eakon. Orang Jepang memang senang menyingkat sebuah kata misalnya saja personal computer jadi pasokon.


HURUF KATAKANA DAKUON

Katakana Dakuon (dibaca : dakuong) totalnya 20 huruf dan adalah turunan dari sebagian Huruf Katakana Seion yakni huruf konsonan ka-ki-ku-ke-ko, sa-shi-su-se-so, ta-chi-tsu-te-to, dan ha-hi-fu-he-ho. Huruf-huruf itu ditambahan tanda (“) yang disebut “tenten (dibaca : tengteng) maknanya berubah menjadi Huruf Katakana Dakuon.

Contoh kosakata asing yang menggunakan Huruf Katakana Dakuon adalah terebi (テレビ) yang artinya televisi atau juga bideo (ビデオ) yang artinya video dan masih ada lagi.

HURUF KATAKANA HANDAKUON

Ini juga serupa seperti Huruf Hiragana Handakuon yakni berjumlah 5 buah (pa-pi-pu-pe-po). Ada 3 huruf yang serupa bentuknya baik dalam hiragana maupun katakana yaitu huruf “he”, huruf “be” dan huruf “pe”. Contoh kosakata Bahasa Jepang dari Katakana Handakuon adalah pen (pen)= ペン, appuru (apple)=アップル, painappuru (pineapple)=パイナップル dan lain-lain.


HURUF KATAKANA YOUON

Jumlah Katakana Youon lebih banyak dibanding Huruf Hiragana Youon karena nama dalam bahasa asing memang menggunakan semua huruf romawi. Contoh Kosakatanya yaitu Kyarakutaa (キャラクター) = character, adobenchaa (アドベンチャー) = adventure dan ada banyak lagi.

KESIMPULAN

Katakana menggunakan tanda vokal panjang yang disebut chōonpu (超音符) dalam kosakata serapan asing. Chouonpu yaitu garis pendek/strip (ー) yang mengikuti arah kata garis vertikal untuk tategaki (縦書き) dan garis mendatar untuk yokogaki (横書き).

 

Related Topics

  Subyek / Dimulai oleh Jawaban Tulisan terakhir
9 Jawaban
9103 Dilihat
Tulisan terakhir April 18, 2010, 09:26:16 AM
oleh kuin
1 Jawaban
3032 Dilihat
Tulisan terakhir April 24, 2010, 06:44:56 AM
oleh 0y1k
0 Jawaban
7748 Dilihat
Tulisan terakhir Oktober 28, 2010, 03:01:27 PM
oleh Customs
18 Jawaban
7566 Dilihat
Tulisan terakhir Oktober 13, 2011, 10:10:23 AM
oleh sisca, chemistry
3 Jawaban
4216 Dilihat
Tulisan terakhir Juli 11, 2012, 09:10:58 AM
oleh __________