Gunakan MimeTex/LaTex untuk menulis simbol dan persamaan matematika.

Welcome to Forum Sains Indonesia. Please login or sign up.

Agustus 09, 2022, 06:11:19 PM

Login with username, password and session length

Topik Baru

Artikel Sains

Anggota
  • Total Anggota: 26,760
  • Latest: Hormide
Stats
  • Total Tulisan: 139,633
  • Total Topik: 10,390
  • Online today: 88
  • Online ever: 441
  • (Desember 17, 2011, 09:48:51 AM)
Pengguna Online
Users: 0
Guests: 37
Total: 37

Aku Cinta ForSa

ForSa on FB ForSa on Twitter

Dari mana asal batik?

Dimulai oleh peregrin, Juli 18, 2008, 05:01:28 AM

« sebelumnya - berikutnya »

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

peregrin

Ada yang bilang seni membatik berasal dari Cina, ada yang bilang dari Afrika. Yang mana yang benar?

Dulu pernah ada teman2 dari Kamerun, ternyata mereka suka pakai kain berwarna-warni ceria dengan bahan dan motif mirip batik bali. Kok bisa ya?

Trus tentang motifnya, kenapa batik asli daerah2 tertentu ada yg warnanya serba coklat / gelap? Ada makna tersendiri kah dari motif dan warna batik?
Free software [knowledge] is a matter of liberty, not price. To understand the concept, you should think of 'free' as in 'free speech', not as in 'free beer'. (fsf)

novie marselina

:oWah yang bener? tapi kasus Kamerun ga sama kaya si Malingsia eh Malaysia khann? klo kata gW sih seni corak-mencorak tuh ada dimana-mana, soalnya setiap manusia di belahan bumi bagian manapun punya keinginan untuk mengubah sesuatu yang tadinya kosong menjadi indah, tapi bukan berarti setiap kain yang dtulis itu disebut batik, soalnya untuk menentukan itu batik atau bukan tuh Qta musti lihat dengan jelas motif atau gambarnya
Kain itu baru bisa disebut batik kalo motifnya menggambarkan tentang apa yang khas di daerah asalnya yaitu Indonesia ( Pekalongan, Garut, Bali, dll)
Jadi Qta ga boleh ujug" nyebut itu batik sebelum tau apa sih makna dari motifnya?
atau ciri Indonesia yang mana yang ingin disampaikan dari motif batik tsb?
ya gtu deh pandangan gW menurut Batik Asli alias batik tradisional ;)

jam

bknnya batik
berasal dari tanah air kita
Sorry but you are not allowed to view spoiler contents.


Nabih

Kutip dari: peregrin pada Juli 18, 2008, 05:01:28 AM
Dulu pernah ada teman2 dari Kamerun, ternyata mereka suka pakai kain berwarna-warni ceria dengan bahan dan motif mirip batik bali. Kok bisa ya?
batik bukanya proses, bukan masalah motif
jadi yang namanya batik itu pake plastisin, diwarna, dilorot dll

raisuien

Sejarah Batik Indonesia

Batik secara historis berasal dari zaman nenek moyang yang dikenal sejak abad XVII yang ditulis dan dilukis pada daun lontar. Saat itu motif atau pola batik masih didominasi dengan bentuk binatang dan tanaman. Namun dalam sejarah perkembangannya batik mengalami perkembangan, yaitu dari corak-corak lukisan binatang dan tanaman lambat laun beralih pada motif abstrak yang menyerupai awan, relief candi, wayang beber dan sebagainya. Selanjutnya melalui penggabungan corak lukisan dengan seni dekorasi pakaian, muncul seni batik tulis seperti yang kita kenal sekarang ini.

Jenis dan corak batik tradisional tergolong amat banyak, namun corak dan variasinya sesuai dengan filosofi dan budaya masing-masing daerah yang amat beragam. Khasanah budaya Bangsa Indonesia yang demikian kaya telah mendorong lahirnya berbagai corak dan jenis batik tradisioanal dengan ciri kekhususannya sendiri.


Perkembangan Batik di Indonesia


Sejarah pembatikan di Indonesia berkaitan dengan perkembangan kerajaan Majapahit dan kerajaan sesudahnya. Dalam beberapa catatan, pengembangan batik banyak dilakukan pada masa-masa kerajaan Mataram, kemudian pada masa kerajaan Solo dan Yogyakarta.

Kesenian batik merupakan kesenian gambar di atas kain untuk pakaian yang menjadi salah satu kebudayaan keluarga raja-raja Indonesia zaman dulu. Awalnya batik dikerjakan hanya terbatas dalam kraton saja dan hasilnya untuk pakaian raja dan keluarga serta para pengikutnya. Oleh karena banyak dari pengikut raja yang tinggal diluar kraton, maka kesenian batik ini dibawa oleh mereka keluar kraton dan dikerjakan ditempatnya masing-masing.

Dalam perkembangannya lambat laun kesenian batik ini ditiru oleh rakyat terdekat dan selanjutnya meluas menjadi pekerjaan kaum wanita dalam rumah tangganya untuk mengisi waktu senggang. Selanjutnya, batik yang tadinya hanya pakaian keluarga istana, kemudian menjadi pakaian rakyat yang digemari, baik wanita maupun pria.

Bahan kain putih yang dipergunakan waktu itu adalah hasil tenunan sendiri. Sedang bahan-bahan pewarna yang dipakai terdiri dari tumbuh-tumbuhan asli Indonesia yang dibuat sendiri antara lain dari : pohon mengkudu, tinggi, soga, nila, dan bahan sodanya dibuat dari soda abu, serta garamnya dibuat dari tanah lumpur.

Jadi kerajinan batik ini di Indonesia telah dikenal sejak zaman kerajaan Majapahit dan terus berkembang hingga kerajaan berikutnya. Adapun mulai meluasnya kesenian batik ini menjadi milik rakyat Indonesia dan khususnya suku Jawa ialah setelah akhir abad ke-XVIII atau awal abad ke-XIX. Batik yang dihasilkan ialah semuanya batik tulis sampai awal abad ke-XX dan batik cap dikenal baru setelah usai perang dunia kesatu atau sekitar tahun 1920. Kini batik sudah menjadi bagian pakaian tradisional Indonesia.



jam


Ginji

Kutip dari: raisuien pada Agustus 11, 2009, 11:28:12 PM
Sejarah Batik Indonesia

Batik secara historis berasal dari zaman nenek moyang yang dikenal sejak abad XVII yang ditulis dan dilukis pada daun lontar. Saat itu motif atau pola batik masih didominasi dengan bentuk binatang dan tanaman. Namun dalam sejarah perkembangannya batik mengalami perkembangan, yaitu dari corak-corak lukisan binatang dan tanaman lambat laun beralih pada motif abstrak yang menyerupai awan, relief candi, wayang beber dan sebagainya. Selanjutnya melalui penggabungan corak lukisan dengan seni dekorasi pakaian, muncul seni batik tulis seperti yang kita kenal sekarang ini.

Jenis dan corak batik tradisional tergolong amat banyak, namun corak dan variasinya sesuai dengan filosofi dan budaya masing-masing daerah yang amat beragam. Khasanah budaya Bangsa Indonesia yang demikian kaya telah mendorong lahirnya berbagai corak dan jenis batik tradisioanal dengan ciri kekhususannya sendiri.


Perkembangan Batik di Indonesia


Sejarah pembatikan di Indonesia berkaitan dengan perkembangan kerajaan Majapahit dan kerajaan sesudahnya. Dalam beberapa catatan, pengembangan batik banyak dilakukan pada masa-masa kerajaan Mataram, kemudian pada masa kerajaan Solo dan Yogyakarta.

Kesenian batik merupakan kesenian gambar di atas kain untuk pakaian yang menjadi salah satu kebudayaan keluarga raja-raja Indonesia zaman dulu. Awalnya batik dikerjakan hanya terbatas dalam kraton saja dan hasilnya untuk pakaian raja dan keluarga serta para pengikutnya. Oleh karena banyak dari pengikut raja yang tinggal diluar kraton, maka kesenian batik ini dibawa oleh mereka keluar kraton dan dikerjakan ditempatnya masing-masing.

Dalam perkembangannya lambat laun kesenian batik ini ditiru oleh rakyat terdekat dan selanjutnya meluas menjadi pekerjaan kaum wanita dalam rumah tangganya untuk mengisi waktu senggang. Selanjutnya, batik yang tadinya hanya pakaian keluarga istana, kemudian menjadi pakaian rakyat yang digemari, baik wanita maupun pria.

Bahan kain putih yang dipergunakan waktu itu adalah hasil tenunan sendiri. Sedang bahan-bahan pewarna yang dipakai terdiri dari tumbuh-tumbuhan asli Indonesia yang dibuat sendiri antara lain dari : pohon mengkudu, tinggi, soga, nila, dan bahan sodanya dibuat dari soda abu, serta garamnya dibuat dari tanah lumpur.

Jadi kerajinan batik ini di Indonesia telah dikenal sejak zaman kerajaan Majapahit dan terus berkembang hingga kerajaan berikutnya. Adapun mulai meluasnya kesenian batik ini menjadi milik rakyat Indonesia dan khususnya suku Jawa ialah setelah akhir abad ke-XVIII atau awal abad ke-XIX. Batik yang dihasilkan ialah semuanya batik tulis sampai awal abad ke-XX dan batik cap dikenal baru setelah usai perang dunia kesatu atau sekitar tahun 1920. Kini batik sudah menjadi bagian pakaian tradisional Indonesia.



whehehe mantep bro
dan menjawab soal awal kayaknya batik dari Indo deh
Sorry but you are not allowed to view spoiler contents.

raisuien

kata Batik lebih tepatnya dari bahasa Jawa "amba" yg artinya menulis dan nitik

Ginji

Kutip dari: raisuien pada Agustus 13, 2009, 11:07:56 PM
kata Batik lebih tepatnya dari bahasa Jawa "amba" yg artinya menulis dan nitik
ho ternyata, kurang ngefans sama batik sih

M101A

Kutip dari: raisuien pada Agustus 13, 2009, 11:07:56 PM
kata Batik lebih tepatnya dari bahasa Jawa "amba" yg artinya menulis dan nitik
kalo nitik apa artinya..

raisuien

@M101A
nitik artinya membuat titik

M101A

Ooohh.. kirain bahasa mana.
ok thanks's

wuriant

kalo gak salah sich dunia internasional dah mengakui kalo batik itu berasal dari malaysia.

M101A

barusan ku cari beritanya, dan yang q dapet
[pranala luar disembunyikan, sila masuk atau daftar.]

dapat disimpulkan kalo batik belum ada yang mengakui, dan Indonesia sudah berusaha untuk menjadikan batik adalah hak paten milik negara. seperti keris dan  wayang kulit.

wuriant

mudah2an aja gak  kalah cepet sama malaysia.
bisa2 kita cuma kaya dalam teori, tapi pada kenyataannya yang mendapat pengakuan dari dunia tetep malaysia.