Forum > Sastra dan Budaya

Hari ini dalam sejarah....

(1/6) > >>

lem:
04 September 1971 - L.A. Day

Hari ini merupakan ulang tahun dari salah satu kota yang paling banyak ditulis dan dibicarakan di dunia; Los Angeles, California.

Bermula ketika Gubernur Provinsi Mexico, Felipe de Neve, mendirikan sebuah desa bernama El Pueblo de Nuestra Senora la Reina de Los Angeles, aslinya dinamakan dengan Nuestra Senora la Reina de Los Angeles de Porciuncula, bersama dengan Gaspar de Portola, seorang tentara Spanyol berpangkat kapten dan Juan Crespi, seorang Pendeta Prancis; yang menemukan sebuah area yang indah ketika bepergian ke utara San Diego pada 1769.

El Pueblo de Nuestra Senora la Reina de Los Angeles ini kemudian diartikan menjadi Village of our Lady, The Queen of Angels... lebih singkatnya disebut L.A.

Ketika Mexico menyerahkan California ke Amerika Serikat pada 1848; dan Los Angeles, ibukota dari Alta California, salah satu provinsi di Mexico, termasuk di dalamnya. Ketika ditemukan minyak di desa yang masih kecil dan tenang ini pada 1890-an maka dimulailah ekspansi besar - besaran yang melibatkan perpindahan lebih dari 8,5 juta orang (sekitar 3,5 juta merupakan penduduk asli).

Hollywood, selebritis, Disneyland, jalan tol, Baverly Hills, gempa bumi, kebakaran, banjir dan kejar-kejaran bersenjata.... semuanya menjadi bagian dalam perkembangan City of Angels yang menjadikannya sebagai bahan pembicaraan bagi banyak orang

Dengan lebih dari satu juta pengunjung setiap tahunnya... mereka datang untuk berkunjung dan selalu kembali lagi untuk tinggal.. di L.A.

lem:
05 September 1997 - Bunda Teresa wafat

Terberkati Bunda Teresa dari Kolkata (27 Agustus 1910 – 5 September 1997) adalah seorang biarawati Katolik terkenal dan kontroversial di dunia Internasional yang pekerjaannya di antara orang miskin Kolkata diberitakan secara luas.

Dia diberikan Penghargaan Templeton pada 1973, Penghargaan Perdamaian Nobel pada 1979 dan penghargaan tertinggi warga sipil India, Bharat Ratna pada 1980. Dia dijadikan Warga Negara Kehormatan Amerika Serikat pada 1996 (satu di antara enam). Dia diberkati oleh Paus Yohanes Paulus II pada Oktober 2003, dan oleh karena itu dia dapat dipanggil Teresa Terberkati.

lem:
06 September 1939 - Hari Lahir Susumu Tonegawa

Susumu Tonegawa ialah seorang ilmuwan Jepang yang memenangkan Penghargaan Nobel dalam Fisiologi atau Kedokteran pada tahun 1987 untuk "penemuannya atas asas genetika untuk pembangkitan ragam antibodi." Meski memenangkan Hadiah Nobel untuk karyanya dalam imunologi, Tonegawa ialah seorang biolog molekuler yang dilatih. Di tahun-tahun terakhir, ia banting minat ke basis molekuler dan selular atas pembentukan memori.

Tonegawa terkenal karena menjelaskan mekanisme genetika dalam sistem kekebalan adaptif. Untuk mencapai keragaman antibodi yang diperlukan untuk melindungi terhadap tiap jenis antigen, sistem kekebalan akan memerlukan jutaan pengkodean gen untuk antibodi-antibodi yang berbeda, jika setiap antibodi dikodekan oleh 1 gen. Sebagai gantinya, seperti yang ditunjukkan Tonegawa dalam serangkaian penelitian yang berawal pada tahun 1976, materi genetik dapat menyusun diri untuk membentuk kesatuan luas antibodi yang tersedia. Membandungkan DNA sel B (sejenis sel darah putih) pada anak tikus dan tikus dewasa, ia mengamati bahwa gen dalam sel B dewasa pada tikus dewasa dipindahkan ke sekeliling, direkombinasi, dan dihilangkan untuk membentuk keragaman kawasan antibodi yang tersedia.

Tonegawa lahir di Nagoya, Jepang dan masuk ke Sekolah Tinggi Hibiya, Tokyo. Ia menerima gelar sarjana dari Universitas Kyoto pada tahun 1963. Ia menerima gelar doktor dari Universitas California, San Diego. Ia mengerjakan karya pascadoktoral di Salk Institute, San Diego, di laboratorium Renato Dulbecco, lalu bekerja di Lembaga Imunologi Basel, Basel, Swiss, di mana ia mengerjakan eksperimen imunologi. Pada tahun 1981, ia menjadi profesor di Institut Teknologi Massachusetts, mendirikan dan memimpin Picower Institute for Learning and Memory, MIT.

Pada 2006, Tonegawa dituntut karena pembatasan perekrutan kandidat staf pengajar muda wanita di McGovern Institute for Brain Research, satuan neurosains MIT lainnya, dengan menginformasikannya bahwa mereka mungkin akan menjadi pesaing di MIT. Dalam sebuah surat kepada Presiden MIT Susan Hockfield, 11 profesor wanita di MIT yang masih menjabat meminta investigasi atas perlakuan yang mungkin tak beretika.Sebuah investigasi oleh komite internal MIT menyampaikan laporan kepada pembantu rektor, yang bersama pimpinan menulis surat kepada komunitas MIT.Komite itu tak menemukan bukti atas prasangka jender. Pada tanggal 17 November 2006, Tonegawa mengumumkan pengunduran dirinya sebagai direktur Picower Institute for Learning and Memory, efektif sejak 31 Desember 2006

lem:
07 September 2008 - Pemakaian perdana tabung incubator untuk bayi

Tabung incubator pertama kali digunakan di Amerika Serikat untuk merawat bayi di State Emigrant Hospital di Ward's Island, New York. Bayi pertama yang menggunakannya adalah 'Edith Eleanor McLean' yang lahir dengan berat 2-lb 7-oz. Aslinya peralatan ini dinamakan 'hatching cradle'; dengan ukuran 3-ft square, tinggi 4-ft. Dirancang untuk meningkatkan daya tahan buat bayi prematur oleh dokter kandungan di ward, Drs.Alan M.Thomas dan William C.Deming.
Pada pameran World's Fair tahun 1904, E.M.Bayliss menyumbangkan incubator 14 metal frame glass dengan ventilasi dan temperatur konstan di 90 F; didedikasikan oleh para perawat untuk membantu bayi bayi yatim piatu dan dari keluarga miskin. Pendanaan untuk penggunaannya diperoleh dari komisi hasil pameran tersebut.

reborn:
wahhh..... keren nih idenya. Lanjut Lem!
Oya, kemaren si peregrin ngingetin kalo 7 September 2004 itu hari terbunuhnya Munir lho.
Turut berduka cita. Semoga Muchdi (:P) dan siapa pun otak di balik pembunuhan ini bisa secepatnya dihukum.

Navigasi

[0] Indeks Pesan

[#] Halaman berikutnya

Ke versi lengkap