Gunakan MimeTex/LaTex untuk menulis simbol dan persamaan matematika.

Selamat datang, Pengunjung. Silahkan masuk atau mendaftar. Apakah anda lupa aktivasi email?

September 20, 2021, 09:06:41 AM

Masuk dengan nama pengguna, kata sandi dan lama sesi

Topik Baru

Artikel Sains

Anggota
Stats
  • Total Tulisan: 139666
  • Total Topik: 10406
  • Online Today: 52
  • Online Ever: 441
  • (Desember 18, 2011, 12:48:51 AM)
Pengguna Online
Users: 0
Guests: 45
Total: 45

Ikuti ForSa

ForSa on FB ForSa on Twitter

Penulis Topik: kata yang artinya tidak berubah walau diberi "tidak"  (Dibaca 20720 kali)

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

Offline ksatriabajuhitam

  • Staff
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 791
  • IQ: 97
  • Gender: Pria
  • keep holding on
    • hsw weblog
kata yang artinya tidak berubah walau diberi "tidak"
« pada: Agustus 16, 2008, 12:19:21 PM »
NOTE: bagi yang ngerti bahasa sunda, mohon penjelasannya

umumnya suatu kata jika diberi awalan "tidak", maka maknanya menjadi sebaliknya, misalnya
nakal
tidak nakal
makna kata nakal ialah kebalikan dari kata/frasa tidak nakal.

nakal = tidak tidak nakal

Tetapi dalam Bahasa Sunda ada suatu kata yang walaupun diberi awalan tidak (Sunda: teu) maknanya tidak berubah, yaitu kata acan (Indo.: belum).

acan, artinya belum
teu acan, juga artinya belum

jadi acan != teu teu acan

Ada yang bisa menjelaskan? Aya nu tiasa ngabenjokeun?
not all the problems could be solved by the sword, but sword holder take control of problems.
ForSa versi mobile: http://www.forumsains.com/forum?wap2

Offline reborn

  • Founder
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 2.256
  • IQ: 322
  • Gender: Pria
  • ForSa
Re: kata yang artinya tidak berubah walau diberi "tidak"
« Jawab #1 pada: Agustus 26, 2008, 06:49:41 PM »
Gw sempet tinggal beberapa tahun di bandung, tapi kemampuan bahasa sunda pas-pasan doang. Yah, buat beli pecel lele n naek angkot bisa lah ;D

penggunaan acan dan teu acan ini beda apa ga sih? Bisa kasih contoh buat masing-masing katanya ga?

Offline izna

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 108
  • IQ: 13
  • Gender: Wanita
  • HaDapi DeNgan SeNyuman,..
Re: kata yang artinya tidak berubah walau diberi "tidak"
« Jawab #2 pada: Agustus 28, 2008, 02:19:32 AM »
nyoba jawab ya, klo salah tolong dikoreksi.. ;)
menurutku :
teu acan = belum (*katanya  halus, klo dlm bhs jawa istilahnya "kromo")
acan = belum (*kasar, merupakan jawaban singkat)

Kutip
Tetapi dalam Bahasa Sunda ada suatu kata yang walaupun diberi awalan tidak (Sunda: teu) maknanya tidak berubah, yaitu kata acan (Indo.: belum)
masih byk kata2 dlm bhs Sunda yg di beeri kata teu yg artinya tidak, misal :
teu terang : tidak tahu
teu ngartos : tidak mengerti,..
de el el...
DeNgan CiNta HiDup jaDi InDah, DeNgan iLmu HiDup jaDi MuDah, DeNgan iMan HiDup jaDi TerArah

Offline insan sains

  • Staff
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 579
  • IQ: 68
  • Gender: Pria
  • Life is Beatiful
    • Insan Sains
Re: kata yang artinya tidak berubah walau diberi "tidak"
« Jawab #3 pada: Agustus 28, 2008, 02:35:02 AM »
Betuuuuull....

sepakat dengan Izna...

"teu acan" itu digunakan untuk berkomunikasi dengan yang lebih tua. Karena lebih terdengar halus. Sedangkan "acan" lebih bersifat bahasa gaul dan terdengar sedikit kasar.

kata "teu" tidak selalu berarti "tidak". Itulah uniknya bahasa Sunda.

Hidup sunda...!! ups...!! kekeke....  ;D
*peace.. peace..!!
Menuju Indonesia sebagai THE COUNTRY MASTER OF TECHNOLOGY, 2030

Offline ninja_sakti

  • Mahasiswa
  • **
  • Tulisan: 31
  • IQ: 2
  • Gender: Pria
  • kalo malem, ngepet
Re: kata yang artinya tidak berubah walau diberi "tidak"
« Jawab #4 pada: September 07, 2008, 12:29:18 PM »
"USAH"... sama "TIDAK USAH"..... artinyapun sama sadja.... ;D

Offline ksatriabajuhitam

  • Staff
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 791
  • IQ: 97
  • Gender: Pria
  • keep holding on
    • hsw weblog
Re: kata yang artinya tidak berubah walau diberi "tidak"
« Jawab #5 pada: September 09, 2008, 11:12:28 AM »
"teu acan acan acan dewek mah" --> nah lo apa artinya ?  >:D

sebagai analogi "teu mandi mandi acan dewek mah" (betawi: mandi aja kaga gua nih)

Ahazveroz

  • Pengunjung
Re: kata yang artinya tidak berubah walau diberi "tidak"
« Jawab #6 pada: November 04, 2008, 01:17:23 AM »
ada-ada aja deh nih threadnya
unik juga yah bahasa sunda

gw orang sunda
tapi ga bisa bahasa sunda
cuma dari lineage orang tua aja haha

Offline ryoma

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 418
  • IQ: 17
  • Gender: Pria
  • i am not lucky, just a hope, calm, and happy..!
    • Jurnal Milzam
Re: kata yang artinya tidak berubah walau diberi "tidak"
« Jawab #7 pada: Januari 28, 2009, 06:28:15 AM »
"teu acan acan acan dewek mah" --> nah lo apa artinya ?  >:D


wah, kata yang kaya gitu belum pernah denger. Tapi lupa juga kalo pernah denger, perasaan pernah. Artinya 'sama sekali belum pernah'.

Saya sebagai orang sunda sendiri, kalo ngedenger orang berbicara bahasa sunda mafhum. Tetapi ketika belajar pelajaran Bahasa Sunda, agak gawat. (di Tasikmalaya masih ada)
« Edit Terakhir: Januari 28, 2009, 06:30:06 AM oleh ryoma »
When there is a will there is a way..
قل حو الله الحد

Offline dewa ruci

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 313
  • IQ: 33
  • Gender: Pria
Re: kata yang artinya tidak berubah walau diberi "tidak"
« Jawab #8 pada: Januari 30, 2009, 05:56:07 AM »
wah,,
itu mah uRusaN uRang sunDa.
akiKah mah kgaK teu..

LHa aku wong Jowo..
msok Ngerti?!?!
wes ndang diskUsi..ngko tak deLok maneh pErkembangan InfoRmasiNe..hehehe
read in the name of your Lord who created

Offline sabilbul

  • Siswa Baru
  • *
  • Tulisan: 1
  • IQ: 1
  • Gender: Wanita
Re: kata yang artinya tidak berubah walau diberi "tidak"
« Jawab #9 pada: Maret 10, 2009, 12:20:32 AM »
ga cuma orang sunda, di palembang pun ada kata yg spt itu.
cth:

idak kate' dan kate' artinya sama-sama tidak ada...
 ;D


Offline Sky

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 473
  • IQ: 36
  • Gender: Pria
Re: kata yang artinya tidak berubah walau diberi "tidak"
« Jawab #10 pada: Juni 16, 2009, 01:30:26 PM »
Ye....
walaupun saya bukan orang Sunda, tapi saya tahu sedikit...

"Teu" yang dipakai di kalimat itu beda maknanya:

kalau pada kata "teu acan", itu tidak boleh dipisah. "teu acan" itu suatu frasa yang artinya belum.
Gitu aja.

sebagai analogi "teu mandi mandi acan dewek mah" (betawi: mandi aja kaga gua nih)

Bukannya jadi gini:"teu mandi mandi acan abdi mah"
Kalimatnya dipecah jadi gini: 'teu mandi mandi', 'acan', 'abdi', 'mah'
diterjemahkan : 'tidak mandi-mandi', 'saja', 'saya', 'sih'
Terjemahannya jadi : "Saya sih tidak mandi-mandi saja'

Jadi, "acan" di sini bukan berarti belum.

Kalo digabung "teu acan"/"henteu acan" berarti:
"belum saja"/"masih belum"....

Gitu....

Offline Monox D. I-Fly

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 2.000
  • IQ: 32
  • Gender: Pria
  • 私は理科を大好き
Re: kata yang artinya tidak berubah walau diberi "tidak"
« Jawab #11 pada: Juli 20, 2010, 05:51:38 AM »
IMO, teu acan di Bahasa Sunda tu sama kayak not yet di Bahasa Inggris, mana ada orang Inggris yg ngomong (belum) cuma dg kata "yet"? (kecuali kalo' terburu2/kasar)

& sabilbul juga bilang kl di Palembang ada yg kayak gt:
idak kate' = kate' (tidak ada)

Kalo' di tempatQ (Solo), yg ada ini:
sudi = ora sudi (tidak mau)
Gambar di avatar saya adalah salah satu contoh dari kartu Mathematicards, Trading Card Game buatan saya waktu skripsi.

Offline Huriah M Putra

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 2.526
  • IQ: 132
  • Gender: Pria
  • Aku siap aku siap...!!!
Re: kata yang artinya tidak berubah walau diberi "tidak"
« Jawab #12 pada: Juli 20, 2010, 07:09:41 AM »
Kayak di jawa, pemakaian kata 'tau' sama 'tidak tau' sama aja..
OOT OOT OOT..!!!

Offline Monox D. I-Fly

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 2.000
  • IQ: 32
  • Gender: Pria
  • 私は理科を大好き
Re: kata yang artinya tidak berubah walau diberi "tidak"
« Jawab #13 pada: Juli 20, 2010, 07:24:03 AM »
^
Tu bukannya di Betawi ya?
Aq orang Jawa lho...

 

Related Topics

  Subyek / Dimulai oleh Jawaban Tulisan terakhir
4 Jawaban
10000 Dilihat
Tulisan terakhir Desember 29, 2015, 10:15:14 AM
oleh Farabi
10 Jawaban
16288 Dilihat
Tulisan terakhir Oktober 17, 2014, 11:57:01 AM
oleh Monox D. I-Fly
1 Jawaban
3922 Dilihat
Tulisan terakhir April 14, 2009, 11:51:32 AM
oleh Ginji
1 Jawaban
10907 Dilihat
Tulisan terakhir Desember 17, 2011, 02:23:36 AM
oleh mhyworld
0 Jawaban
2323 Dilihat
Tulisan terakhir September 18, 2014, 10:03:16 AM
oleh mynick