Member baru? Bingung? Perlu bantuan? Silakan baca panduan singkat untuk ikut berdiskusi.

Welcome to Forum Sains Indonesia. Please login or sign up.

September 26, 2022, 10:50:54 PM

Login with username, password and session length

Topik Baru

Artikel Sains

Anggota
Stats
  • Total Tulisan: 139,638
  • Total Topik: 10,395
  • Online today: 38
  • Online ever: 441
  • (Desember 17, 2011, 09:48:51 AM)
Pengguna Online
Users: 0
Guests: 16
Total: 16

Aku Cinta ForSa

ForSa on FB ForSa on Twitter

kata yang artinya tidak berubah walau diberi "tidak"

Dimulai oleh ksatriabajuhitam, Agustus 15, 2008, 09:19:21 PM

« sebelumnya - berikutnya »

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

ksatriabajuhitam

NOTE: bagi yang ngerti bahasa sunda, mohon penjelasannya

umumnya suatu kata jika diberi awalan "tidak", maka maknanya menjadi sebaliknya, misalnya
nakal
tidak nakal
makna kata nakal ialah kebalikan dari kata/frasa tidak nakal.

nakal = tidak tidak nakal

Tetapi dalam Bahasa Sunda ada suatu kata yang walaupun diberi awalan tidak (Sunda: teu) maknanya tidak berubah, yaitu kata acan (Indo.: belum).

acan, artinya belum
teu acan, juga artinya belum

jadi acan != teu teu acan

Ada yang bisa menjelaskan? Aya nu tiasa ngabenjokeun?
not all the problems could be solved by the sword, but sword holder take control of problems.
ForSa versi mobile: http://www.forumsains.com/forum?wap2

reborn

Gw sempet tinggal beberapa tahun di bandung, tapi kemampuan bahasa sunda pas-pasan doang. Yah, buat beli pecel lele n naek angkot bisa lah ;D

penggunaan acan dan teu acan ini beda apa ga sih? Bisa kasih contoh buat masing-masing katanya ga?

izna

nyoba jawab ya, klo salah tolong dikoreksi.. ;)
menurutku :
teu acan = belum (*katanya  halus, klo dlm bhs jawa istilahnya "kromo")
acan = belum (*kasar, merupakan jawaban singkat)

KutipTetapi dalam Bahasa Sunda ada suatu kata yang walaupun diberi awalan tidak (Sunda: teu) maknanya tidak berubah, yaitu kata acan (Indo.: belum)
masih byk kata2 dlm bhs Sunda yg di beeri kata teu yg artinya tidak, misal :
teu terang : tidak tahu
teu ngartos : tidak mengerti,..
de el el...
DeNgan CiNta HiDup jaDi InDah, DeNgan iLmu HiDup jaDi MuDah, DeNgan iMan HiDup jaDi TerArah

insan sains

Betuuuuull....

sepakat dengan Izna...

"teu acan" itu digunakan untuk berkomunikasi dengan yang lebih tua. Karena lebih terdengar halus. Sedangkan "acan" lebih bersifat bahasa gaul dan terdengar sedikit kasar.

kata "teu" tidak selalu berarti "tidak". Itulah uniknya bahasa Sunda.

Hidup sunda...!! ups...!! kekeke....  ;D
*peace.. peace..!!
Menuju Indonesia sebagai THE COUNTRY MASTER OF TECHNOLOGY, 2030

ninja_sakti

"USAH"... sama "TIDAK USAH"..... artinyapun sama sadja.... ;D

ksatriabajuhitam

"teu acan acan acan dewek mah" --> nah lo apa artinya ?  >:D

sebagai analogi "teu mandi mandi acan dewek mah" (betawi: mandi aja kaga gua nih)
not all the problems could be solved by the sword, but sword holder take control of problems.
ForSa versi mobile: http://www.forumsains.com/forum?wap2

Ahazveroz

ada-ada aja deh nih threadnya
unik juga yah bahasa sunda

gw orang sunda
tapi ga bisa bahasa sunda
cuma dari lineage orang tua aja haha

ryoma

Kutip dari: ksatriabajuhitam pada September 08, 2008, 08:12:28 PM
"teu acan acan acan dewek mah" --> nah lo apa artinya ?  >:D


wah, kata yang kaya gitu belum pernah denger. Tapi lupa juga kalo pernah denger, perasaan pernah. Artinya 'sama sekali belum pernah'.

Saya sebagai orang sunda sendiri, kalo ngedenger orang berbicara bahasa sunda mafhum. Tetapi ketika belajar pelajaran Bahasa Sunda, agak gawat. (di Tasikmalaya masih ada)
When there is a will there is a way..
قل حو الله الحد

dewa ruci

wah,,
itu mah uRusaN uRang sunDa.
akiKah mah kgaK teu..

LHa aku wong Jowo..
msok Ngerti?!?!
wes ndang diskUsi..ngko tak deLok maneh pErkembangan InfoRmasiNe..hehehe
read in the name of your Lord who created

sabilbul

ga cuma orang sunda, di palembang pun ada kata yg spt itu.
cth:

idak kate' dan kate' artinya sama-sama tidak ada...
;D


Sky

Ye....
walaupun saya bukan orang Sunda, tapi saya tahu sedikit...

"Teu" yang dipakai di kalimat itu beda maknanya:

kalau pada kata "teu acan", itu tidak boleh dipisah. "teu acan" itu suatu frasa yang artinya belum.
Gitu aja.

Kutip dari: ksatriabajuhitam pada September 08, 2008, 08:12:28 PM
sebagai analogi "teu mandi mandi acan dewek mah" (betawi: mandi aja kaga gua nih)

Bukannya jadi gini:"teu mandi mandi acan abdi mah"
Kalimatnya dipecah jadi gini: 'teu mandi mandi', 'acan', 'abdi', 'mah'
diterjemahkan : 'tidak mandi-mandi', 'saja', 'saya', 'sih'
Terjemahannya jadi : "Saya sih tidak mandi-mandi saja'

Jadi, "acan" di sini bukan berarti belum.

Kalo digabung "teu acan"/"henteu acan" berarti:
"belum saja"/"masih belum"....

Gitu....

Monox D. I-Fly

IMO, teu acan di Bahasa Sunda tu sama kayak not yet di Bahasa Inggris, mana ada orang Inggris yg ngomong (belum) cuma dg kata "yet"? (kecuali kalo' terburu2/kasar)

& sabilbul juga bilang kl di Palembang ada yg kayak gt:
idak kate' = kate' (tidak ada)

Kalo' di tempatQ (Solo), yg ada ini:
sudi = ora sudi (tidak mau)
Gambar di avatar saya adalah salah satu contoh dari kartu Mathematicards, Trading Card Game buatan saya waktu skripsi.

Huriah M Putra

Kayak di jawa, pemakaian kata 'tau' sama 'tidak tau' sama aja..
[move]OOT OOT OOT..!!![/move]

Monox D. I-Fly

Gambar di avatar saya adalah salah satu contoh dari kartu Mathematicards, Trading Card Game buatan saya waktu skripsi.