Member baru? Bingung? Perlu bantuan? Silakan baca panduan singkat untuk ikut berdiskusi.

Selamat datang, Pengunjung. Silahkan masuk atau mendaftar. Apakah anda lupa aktivasi email?

Juni 18, 2021, 12:27:36 AM

Masuk dengan nama pengguna, kata sandi dan lama sesi

Topik Baru

Artikel Sains

Anggota
Stats
  • Total Tulisan: 139653
  • Total Topik: 10396
  • Online Today: 34
  • Online Ever: 441
  • (Desember 18, 2011, 12:48:51 AM)
Pengguna Online
Users: 0
Guests: 34
Total: 34

Ikuti ForSa

ForSa on FB ForSa on Twitter

Penulis Topik: Keanekaragaman Pulau Kalimantan  (Dibaca 4822 kali)

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

Offline paksisung

  • Siswa Baru
  • *
  • Tulisan: 1
  • IQ: 0
  • ForSa!
Keanekaragaman Pulau Kalimantan
« pada: November 03, 2016, 12:46:30 PM »
Pulau Kalimantan nan Kaya



Wilayah Ini adalah salah satu pulau di Indonesia yang masih jarang banyak ditelusuri oleh pelancong namun memiliki banyak keunikan dan daya tarik dantermasuk juga kaya dengan warisan kebudayaanbudaya. Wilayah pulau Kalimantan terkenal dengan hutan tropis serta memiliki sumber daya alam yang terbanyak di Indonesia, terdapat pula Flora dan fauna eksotis di bumi Khatulistiwa.

Awal Mulanya, pulau ini dihuni oleh orang-orang Dayak sebagai penghuni asli Kalimantan. Biasanya mereka tinggal di dalam hutan dan hidup secara Nomaden. Namun saat ini perubahan dan arus modernisasi telah membuat beberapa masyarakat asli suku Dayak untuk bergaul dengan hidup menjadi satu dengan masyarakat dari berbagai suku di kota besar.




Di daerah pedalaman kalimantan, masyarakat Dayak tinggal di rumah panjang yang disebut Lamin atau Umat Daarul. Uniknya sebuah rumah dihuni oleh 50 orang atau lebih. Terdapat Ada banyak suku Dayak serta sub suku yang terdata tercatat di pulau KalimantanKalimantan ini. Sungai memainkan fungsi peranan yang sangat penting dalam komunikasi dan kelangsungan hidup warganya.  Mayoritas masyarakat hidup dan berpusat di sekitar aliran sungai termasuk juga kegiatan mereka dan rumah. Wilayah Kalimantan terbagi menjadi 5 provinsi yaitu Kalimantan Barat , Kalimantan Selatan, Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan, Kalimantan Utara. Masing masing provinsi memiliki ciri khas, bahasa, potensi alam, budaya, dan keunikannya sendiri-sendiri.

Cagar Alam Dan Cagar Alam

Pulau Kalimantan tersimpan beberapa cagar alam yang digunakan untuk melestarikan flora serta fauna unik dan langkah di wilayah ini. Beberapa diantaranya adalah :
Kersik luway berlokasi di Sungai Mahakam,
Taman Nasional Kutai yang berlokasi di Bontang,
Taman Nasional Tanjung Puting di Kalimantan Tengah, dan lain lain.

Trekking Dan Petualangan

Berjalan di sepanjang sungai dan melakukan tracking ke aneka tempat termasuk juga ke pedalaman merupakan kegiatan menarikmenarik yang sering di lakukan oleh para pelancong yang berkunjung ke Kalimantan. Terdapat banyak desa tradisional yang masih mencegah serta melestarikan adat istiadat mereka di Kalimantan.

Kota Kota Utama Di Kalimantan

Kalimantan diketahui sebagai salah satu pulau terluas di Indonesia. Kalimantan memiliki beberapa kota terkenal yang menjadi kota kota utama yaitu : Kota Balikpapan, Samarinda, Pontianak, Palangkaraya, Banjarmasin dan Tarakan.

Akomodasi

Tersedia banyak kota menarik yang memiliki banyak penginapan yang bisa kalian gunakan. Mulai dari hotel hingga losmen serta restoran tersedia di Kalimantan. Selain itu, Kalimantan juga memilikimemiliki kehidupan malam yang menarik dengan berbagai keunikannya.

Transportasi

Adapun TransportasiPulau Kalimantan yang sangat luas memang tidak sebaik pulau Jawa. Jalan -jalanJalan-jalan terlihat baikhanya di pusat kota dan rute yang merupakan arteri antar provinsi dan kota. Sedangkan, kondisi jalan yang berada di desa atau berada di luar kota seringkali terlihat rusak dan masih berbatu.

Namun, Transportasi di Kalimantan dapat dikatakan lengkap mulai dari bus antar kota, angkot untuk di kota, dan Angkutan umum lainnya.

Objek Wisata

Wilayah Kalimantan mempunyai banyak tempat wisata menarik diantaranya yakni Sungai Kuin yang merupakan pusat pasar terapung di Sungai Barito. Selain itu, terdapat juga tugu khatulistiwa di ibukota provinsi Kalimantan barat, Pontianak. Adapun beberapa tempat yang sering dikunjungioleh traveller adalah Bukit kelam, Labuan Cermin, Berau, Parakan, Balikpapan, Samarinda, Pontianak, dll. Ditambah lagi berbagai macam makanan dan kuliner tradisional khas kalimantan utara, dan lainnya.

Budaya

Ada 5 budaya dasar masyarakat asli rumpun Austronesia di Kalimantan atau suku Kalimantan yaitu Banjar, Kutai, Banjar, Dayak dan Paser . Pada, sensus BPS tahun 2010, suku bangsa yang Terdapat di Kalimantan Indonesia dikelompokan menjadi tiga yaitu suku Banjar, suku Dayak Indonesia terdiri dari 268 suku bangsa dan etnis asal Kalimantan yang lain. Suku Melayu menempati wilayah pulau Karimata dan pesisir Kalimantan Barat, Sarawak, Brunei sampai pesisir Sabah. Selain itu, etnis Banjar menempati wilayah Kalsel serta sebagian Kalteng dan Kaltim. Selain itu, etnis Kutai dan Paser menempati wilayah Kaltim. Sedangkan, suku Dayak menempati wilayah pedalaman Kalimantan.

Bahasa

Adapun Bahasa yang digunakan di Kalimantan umumnya adalah bahasa Indonesia. Walaupun demikian, pada beberapa daerah seperti di Banjarmasin atau Kalimantan Selatan masyarakat di sana menggunakan bahasa banjar sebagai bahasa umum. Adapun jika anda berkunjung ke Kalimantan Barat, masyarakat di sana lebih banyak menggunakanmenggunakan bahasa melayu. Hal yang sama dengan Kalimantan Tengah. Mereka mempunyai bahasa sendiri yang tidak sama dengan Kalimantan Timur dan Kalimantan Barat. Selain itu, banyak penduduk yang datang dari luar daerah turut serta membawa bahasa mereka seperti bahasa bugis, bahasa jawa, dan lainnya.

 

Related Topics

  Subyek / Dimulai oleh Jawaban Tulisan terakhir
108 Jawaban
44749 Dilihat
Tulisan terakhir Oktober 06, 2011, 04:25:14 AM
oleh Monox D. I-Fly
40 Jawaban
34965 Dilihat
Tulisan terakhir Juni 29, 2009, 12:23:49 PM
oleh Siapa_saya
4 Jawaban
6026 Dilihat
Tulisan terakhir September 08, 2016, 12:41:30 PM
oleh Monox D. I-Fly
12 Jawaban
13139 Dilihat
Tulisan terakhir September 25, 2009, 03:21:34 PM
oleh biobio