Selamat datang di ForSa! Forum diskusi seputar sains, teknologi dan pendidikan Indonesia.

Selamat datang, Pengunjung. Silahkan masuk atau mendaftar. Apakah anda lupa aktivasi email?

November 28, 2021, 11:49:28 AM

Masuk dengan nama pengguna, kata sandi dan lama sesi

Topik Baru

Artikel Sains

Anggota
Stats
  • Total Tulisan: 139668
  • Total Topik: 10408
  • Online Today: 38
  • Online Ever: 441
  • (Desember 18, 2011, 12:48:51 AM)
Pengguna Online
Users: 0
Guests: 21
Total: 21

Ikuti ForSa

ForSa on FB ForSa on Twitter

Penulis Topik: mengapa sekarang memakai EYD???  (Dibaca 45707 kali)

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

Offline indra IP

  • Siswa Baru
  • *
  • Tulisan: 9
  • IQ: 6
mengapa sekarang memakai EYD???
« pada: Mei 18, 2009, 03:06:29 AM »
mengapa

Offline ryoma

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 418
  • IQ: 17
  • Gender: Pria
  • i am not lucky, just a hope, calm, and happy..!
    • Jurnal Milzam
Re: mengapa sekarang memakai EYD???
« Jawab #1 pada: Mei 18, 2009, 05:09:03 AM »
karena, 'Ejaan Yang Disempurnakan'... (alasan aneh  :D tapi rasanya benar)

apa yah.. untuk sementara itu dulu deh..  ::)
When there is a will there is a way..
قل حو الله الحد

Offline nash

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 728
  • IQ: 52
  • Gender: Pria
  • i-will-always-love-math-!
Re: mengapa sekarang memakai EYD???
« Jawab #2 pada: Mei 18, 2009, 09:51:55 AM »
@TS

apa sih aku ga ngerti maksudnya apa?
kayaknya ga hanya skarang, tp dari dulu juga EYD dah dgunakan!
"Perhaps it is good to have a beautiful mind, but an even greater gift is to discover a beautiful heart"

(John Nash, "A Beautiful Mind")

Offline Nabih

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 934
  • IQ: 141
  • Gender: Pria
  • Bosen avatar kosong mulu
    • Pecinta Olimpiade Matematika Mahasiswa
Re: mengapa sekarang memakai EYD???
« Jawab #3 pada: Mei 27, 2009, 12:20:44 PM »
@TS

apa sih aku ga ngerti maksudnya apa?
kayaknya ga hanya skarang, tp dari dulu juga EYD dah dgunakan!
Hal itu dibuat agar bahasa indonesia semakin stabil dari waktu ke waktu
(sumber, Nur Hidayah, S.Pd)
Website Matematika Terapan => http://nabihbawazir.com

Offline marshall

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 162
  • IQ: 11
  • Gender: Pria
Re: mengapa sekarang memakai EYD???
« Jawab #4 pada: Juni 01, 2009, 07:44:15 PM »
setuju ma atas.
apa lagi sekarang, seolah-olah ada kesan bahasa pasar lebih populer dari EYD.
lihat saja penulisan berita di koran-koran..

eh, tulisan wa udah sesuai EYD ga yah..:D
".............

Offline ryoma

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 418
  • IQ: 17
  • Gender: Pria
  • i am not lucky, just a hope, calm, and happy..!
    • Jurnal Milzam
Re: mengapa sekarang memakai EYD???
« Jawab #5 pada: Juni 06, 2009, 03:53:46 AM »
bahasa SMS juga lama-lama bisa merusak EYD kita..  ;D

banyak di tulisan-tulisan tugas siswa (termasuk saya kadang) yang disingkat-singkat, seperti 'yg', dan lain-lain.  ;D

Offline Idad

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 823
  • IQ: 66
  • Gender: Pria
  • ZyuProject
    • Math is Fun, Math is Games, Math is Logic, and Math is Easy!!!
Re: mengapa sekarang memakai EYD???
« Jawab #6 pada: Juni 06, 2009, 04:38:31 AM »
setuju ma atas.
apa lagi sekarang, seolah-olah ada kesan bahasa pasar lebih populer dari EYD.
lihat saja penulisan berita di koran-koran..

eh, tulisan wa udah sesuai EYD ga yah..:D
setuju ma atas.
apa lagi sekarang, seolah-olah ada kesan bahasa pasar lebih populer dari EYD.
lihat saja penulisan berita di koran-koran..

eh, tulisan wa udah sesuai EYD ga yah..:D

Hal itu dibuat agar bahasa indonesia semakin stabil dari waktu ke waktu
(sumber, Nur Hidayah, S.Pd)

stuju....

itu salah satu alasannya, beberapa alasannya mungkin begini:
1. Agar penggunaan bahasa lebih efisien
    Misal: Dulu ditulis : Iboe Kota Djakarta        Banjoe Biroe
                                  Soerabaja                      Tjoekoep
              Sekarang   : Ibu Kota Jakarta            Banyu Biru
                                   Surabaya                      Cukup
    Coba lihat berapa huruf yang dipangkas. Mungkin memang kelihatannya sedikit, tapi baru terasa
    kalau kita mengetik banyak kalimat. Selain itu juga penempatan bunyi hurufnya sama dengan yang
    kita baca, kalau dulu kan "j" dibaca "y" dan "tj" dibaca "c".

2. Agar tidak ada kesalahpahaman dalam mengartikan kalimat/kata,
    apalagi kalau yang baca orang asing.
    Misal:   " di tempat " dengan "ditempat" akan mempunyai sense/nilai makna kata
                "tempat" yang berbeda. Di frase "di tempat' tempat berfungsi sebagai objek,
                 pada "ditempat" tempat berfungsi sebagai kata kerja. Nah, kalo kita mungkin
                 faham dengan kedua kata itu.., tapi coba orang inggris yang baru belajar
                 bahasa Indonesia, pasti bingung nyari verb "tempat"
    misal:    tanda tangan akan memiliki makna yang berbeda dengan "tandatangan"
                 Makna ini akan lebih jelas kalau kita terjemahkan kedalam bahasa Inggris. "tanda tangan"
                 dalam bahasa inggris "Hand Mark" tapi kalau "tandatangan" bahasa Inggris nya "Sign"

3. Juga supaya generasi mendatang mengerti bahasa yang baku dan sopan pula.
    Misal: Jidad --> Dahi                         Kuping --> Telinga
              November --> Nopember       apotik --> apotek
              (yang sopan dan yang baku yaitu yang di-block)


ya gitu . . . . . . . 
post-an ku juga banyak ga ada EYD nya si . . . , ke ke ke ke....


   
Visit My Site ! ! !
Download Soal Matematika SMA ZyuProject



Offline biobio

  • Staff
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 2.476
  • IQ: 221
  • Gender: Pria
  • Tjiasmanto, Wewin
Re: mengapa sekarang memakai EYD???
« Jawab #7 pada: Juni 06, 2009, 07:00:32 AM »
bahasa SMS juga lama-lama bisa merusak EYD kita..  ;D

banyak di tulisan-tulisan tugas siswa (termasuk saya kadang) yang disingkat-singkat, seperti 'yg', dan lain-lain.  ;D
tapi singkatan rasanya perlu banget, kalo g terlalu bertele2 kan.
"The pen is mightier than the sword"

Offline Ariatami

  • Mahasiswa
  • **
  • Tulisan: 44
  • IQ: 2
  • Gender: Wanita
Re: mengapa sekarang memakai EYD???
« Jawab #8 pada: Juni 06, 2009, 10:53:28 AM »
Kutip
Ditulis oleh: biobio 
Sisipkan Kutipan
Kutip dari: ryoma pada Hari ini at 12:53:46
bahasa SMS juga lama-lama bisa merusak EYD kita.. 

banyak di tulisan-tulisan tugas siswa (termasuk saya kadang) yang disingkat-singkat, seperti 'yg', dan lain-lain. 

tapi singkatan rasanya perlu banget, kalo g terlalu bertele2 kan.

bener om bio"! nnti tangan jg pegel" klo kebanyakan nulis ( pake EYD )
Wish my bestfriends always good there

Offline Nabih

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 934
  • IQ: 141
  • Gender: Pria
  • Bosen avatar kosong mulu
    • Pecinta Olimpiade Matematika Mahasiswa
Re: mengapa sekarang memakai EYD???
« Jawab #9 pada: Juni 06, 2009, 01:49:20 PM »
EYD ada kan untuk menekan perbedaan dalam bahasa Indonesia

kata dosen bahas indonesia saya, sangat dimungkinkn natinya bahasqa indonesia muncul singkatan yang diizinkan

kalo dalam b ingris

do not= don't
I am=I'm
etc

rencananya dalam bahasa indonesia
yang=yg
adalah=adl
ini akan disosialisikan sedikit demi sedikit, toh mesti akan direspon baik

Offline marshall

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 162
  • IQ: 11
  • Gender: Pria
Re: mengapa sekarang memakai EYD???
« Jawab #10 pada: Juni 06, 2009, 02:10:15 PM »
oh iya..seperti dst. dsb. dll. kan udah umum yah..? apakah udah masuk EYD?

Offline Nabih

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 934
  • IQ: 141
  • Gender: Pria
  • Bosen avatar kosong mulu
    • Pecinta Olimpiade Matematika Mahasiswa
Re: mengapa sekarang memakai EYD???
« Jawab #11 pada: Juni 06, 2009, 02:17:50 PM »
oh iya..seperti dst. dsb. dll. kan udah umum yah..? apakah udah masuk EYD?
setahu saya sudah

bahasa Indonesia bisa saja berkembang pesat

sebenarnya ada banyak kata yang mau diganti

memfoticopy jadi mempla... (lupa gua)

tapi sangat ga populer, jadi kongres b.ido ntar mengeluarkan aturan baru, kalo bisa populer dipakai kalo ga ya pake yang lama

"bahasa yang baik adalah bahasa yang mudah dipelajari dan sama oleh setiap penggunanya"

bahasa indonesia sedang berjuang untuk itu, ejaan lama kan ga efektif, jadinya da EYD

Offline marshall

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 162
  • IQ: 11
  • Gender: Pria
Re: mengapa sekarang memakai EYD???
« Jawab #12 pada: Juni 06, 2009, 02:51:00 PM »
untuk kosa-kata yang ada di KBBI juga banyak yang ga tau ;D

seperti kata "suai", dari 20 orang yang saya tanya..
satupun nggak ada yang tau..;D

Offline biobio

  • Staff
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 2.476
  • IQ: 221
  • Gender: Pria
  • Tjiasmanto, Wewin
Re: mengapa sekarang memakai EYD???
« Jawab #13 pada: Juni 07, 2009, 06:59:45 AM »
untuk kosa-kata yang ada di KBBI juga banyak yang ga tau ;D

seperti kata "suai", dari 20 orang yang saya tanya..
satupun nggak ada yang tau..;D
aku juga ga tau. ;D
kalo kata "ajuhat" dijamin kamu juga ga tau.,......

Offline Nabih

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 934
  • IQ: 141
  • Gender: Pria
  • Bosen avatar kosong mulu
    • Pecinta Olimpiade Matematika Mahasiswa
Re: mengapa sekarang memakai EYD???
« Jawab #14 pada: Juni 07, 2009, 09:28:19 AM »
memang banyak kata yang dibuat untuk mengilangkan efek adaptasi berlebih

sayangnya itu gagal populer, orang tidak mengenal kata2 tersebut

kalau saya boleh menyarankan, kata2 yang ga ada (atau tidak pouler) bahasa indonesianya lebih baik tetap dengan bahasa asli,

seperti
- resuffle
- fotocopy
- dll

ya ga??

 

Related Topics

  Subyek / Dimulai oleh Jawaban Tulisan terakhir
16 Jawaban
22214 Dilihat
Tulisan terakhir Januari 28, 2011, 11:37:57 AM
oleh utusan langit
11 Jawaban
7308 Dilihat
Tulisan terakhir Juni 12, 2014, 01:38:14 AM
oleh Monox D. I-Fly
1 Jawaban
8483 Dilihat
Tulisan terakhir April 12, 2011, 02:38:26 PM
oleh N.A.T.O
29 Jawaban
15560 Dilihat
Tulisan terakhir Maret 25, 2011, 02:13:48 PM
oleh MonDay
1 Jawaban
3018 Dilihat
Tulisan terakhir Mei 14, 2014, 12:29:11 PM
oleh zecklawdark