Gunakan MimeTex/LaTex untuk menulis simbol dan persamaan matematika.

Welcome to Forum Sains Indonesia. Please login or sign up.

Agustus 13, 2022, 08:07:43 AM

Login with username, password and session length

Topik Baru

Artikel Sains

Anggota
Stats
  • Total Tulisan: 139,633
  • Total Topik: 10,390
  • Online today: 49
  • Online ever: 441
  • (Desember 17, 2011, 09:48:51 AM)
Pengguna Online
Users: 0
Guests: 16
Total: 16

Aku Cinta ForSa

ForSa on FB ForSa on Twitter

Penemu Benua Amerika

Dimulai oleh mozzpunkz, September 03, 2008, 03:18:43 PM

« sebelumnya - berikutnya »

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

mozzpunkz

Peta Kuno China Dukung Teori Cheng Ho Temukan Amerika

BEIJING--MIOL: Seorang kolektor peta China telah menemukan kopi peta kuno yang menurutnya membuktikan teori kontroversial bahwa laksamana China, Cheng Ho, merupakan orang pertama yang menemukan Benua Amerika dan mengelilingi dunia.

Liu Gang mengemukakan peta itu mendukung teori baru-baru ini bahwa orang China menemukan Amerika sebelum Christopher Columbus dan memetakan bagian-bagian dunia seperti Antartika dan Kanada utara jauh sebelum tibanya para penjelajah Barat.

"Peta itu memperlihatkan kepada kami bahwa orang China menemukan kawasan itu 70 tahun sebelum Columbus," kata Liu dalam pengumumannya di depan publik mengenai peta itu. "Peta itu mengatakan kepada kita bahwa Cheng Ho menemukan Amerika."

Peta tersebut berasal dari tahun 1763, namun juga menandai dengan jelas bahwa itu merupakan kopian yang dibuat pada 1418. Masa itu bertepatan dengan pelayaran Cheng Ho, yang berlangsung antara 1405 hingga 1432.

Liu membeli peta itu seharga 500 dolar dari seorang kolektor di Shanghai pada 2001, namun baru menyadari arti pentingnya setelah dirinya membaca buku laris Gavin Menzies: 1421: Tahun China Menemukan Dunia.

Teori Menzies

Dalam buku itu Menzies mengemukakan teori bahwa peta dunia yang belum ditemukan sebelumnya yang disusun para laksamana Cheng Ho disalin oleh para pembuat peta Eropa dan digunakan secara ekstensif dalam pelayaran para penjelajah besar Barat, termasuk Columbus, Ferdinan Magellan, Vasco Da Gama dan James Cook.

Sebagian teori Menzies didukung oleh pengetahuannya tentang lautan dewasa ini, angin perdagangan kontinental dan bintang navigasi yang dipelajarinya selama hidupnya sebagai seorang komandan angkatan laut Inggris.

Banyak sejarawan mengecam teori Menzies karena kurangnya bukti yang mengiringinya.

Dinasti Ming di China melarang penjelajahan dan perdagangan melalui samudera setelah pelayaran terakhir Cheng Ho, terutama akibat kematian Kaisar Zhu Di, yang menjadi sponsor pelayaran itu.

Biaya yang besar atas armada Cheng Ho, yang sering mencapai jumlah ratusan kapal merupakan faktor lainnya.

Catatan China mengenai pelayaran Cheng Ho sebagian besar hilang. Sebagian besar sengaja dihancurkan sebagai bagian larangan pelayaran lewat samudera atau akibat kebakaran yang menghancurkan istana kerajaan Beijing pada dasawarsa 1420-an.

Liu menyatakan keyakinannya banyak dari catatan itu masih utuh, namun para sarjana China umumnya tak memepercayainya.

Ternyata Cheng Ho lah penemu benua AMerika sesungguhnya , bukanlah Columbus dr Italia. Bgm tanggapan Anda pd artikel di atas
Belajarlah dari kesalahan orang lain. Anda tak dapat hidup cukup lama untuk melakukan semua kesalahan itu sendiri.

lem

ini laksamana cheng ho yg ada pilemnya itu yak...  ???
Dengan lem kita rekatkan persatuan dan kesatuan.....

mozzpunkz

Kutip dari: lem pada September 03, 2008, 05:39:07 PM
ini laksamana cheng ho yg ada pilemnya itu yak...  ???

Bisa jadi, tapi saya belum lihat film nya tuh....hehehehhee...
Belajarlah dari kesalahan orang lain. Anda tak dapat hidup cukup lama untuk melakukan semua kesalahan itu sendiri.

syx

emang sebenarnya bukan colombus yg nemu benua amerika. kabarnya orang viking udah sering mondar-mandir ke sana sebelum jaman colombus.

mozzpunkz

Kutip dari: syx pada September 04, 2008, 12:20:42 PM
emang sebenarnya bukan colombus yg nemu benua amerika. kabarnya orang viking udah sering mondar-mandir ke sana sebelum jaman colombus.

Kasih  penjelasan dong  bro..biar pengetahuan kita2 di forum ini juga update jadinya, gimana jalan ceritanya orang viking ini bro??
Belajarlah dari kesalahan orang lain. Anda tak dapat hidup cukup lama untuk melakukan semua kesalahan itu sendiri.

syx


peregrin

#6
Bangsa Viking apa juga terbiasa melakukan dokumentasi ya? Kalau Cina kan memang dari dulu lumayan dokumentasinya.

Kutip dari: mozzpunkz pada September 03, 2008, 03:18:43 PM
Catatan China mengenai pelayaran Cheng Ho sebagian besar hilang. Sebagian besar sengaja dihancurkan sebagai bagian larangan pelayaran lewat samudera atau akibat kebakaran yang menghancurkan istana kerajaan Beijing pada dasawarsa 1420-an.

yang kaya gini nih selalu bikin sedih  >:( ... dokumen2 dihancurkan krn tidak sejalan dg propaganda / kebijakan politis satu masa pemerintahan ... akhirnya jadi susah utk menelusuri dan meluruskan sejarah


Btw, film Laksamana Cheng Ho yg pemainnya 2 mantan mentri itu yak  :D ... itu ceritanya gimana, ada yg sudah lihat? tentang seluruh pelayaran Cheng Ho atau cuma waktu dia ke pulau2 di Indonesia saja?

Trus, kabarnya Cheng Ho juga sempat membawa dan menyebarkan agama Islam di Indonesia (krn dia muslim, dari suku minoritas Hui). Berarti dia sempat transit relatif lama dong di pulau2 kita. Apa dia atau anak buahnya juga salah satu cikal bakal etnis tionghoa di Indonesia juga ya? Ada yg tahu catatan / buku tentang ini ngga?
Free software [knowledge] is a matter of liberty, not price. To understand the concept, you should think of 'free' as in 'free speech', not as in 'free beer'. (fsf)

rawWARus

filmnya bagus tuh kmrn sempet diputer di tv swasta, ya jgn kaget klo ternyata orang yg pertama nemuin benua amerika itu bkn kolombus, kan udh th mereka suka mengklaim apa yg mereka suka  ;D ;D ;D ternyata Tuhan "tidak tidur"  ;D ;D ;D
dan kemungkinan banyak hal dan penemuan lainnya yg mereka klaim sbg temuan mereka dan akhirnya dapat nobel deh  ;D ;D ;D ;D


SeSuATu KarYa MaNusIa SerIng BeRaWaL dAri MimPI, MaKA eKSpresIkan MImpimU DenGAN Sains...
DaLAm HaL KeDUniAwiAn TAk AdA hAl yG tAk mUNgkin...

syx

OOT, yusril kurang cocok jadi cheng ho. kurang tinggi dan kurang besar. cheng ho kan dikabarkan memiliki tinggi di atas rata-rata orang cina saat itu.

rawWARus

ikt oot y, y menurutku yg penting bukan pemerannya tapi kisah/sejarahnya to...oya sabtu besok bagi yg belum nonton tgl 28 sept 08  ;D ;D ;D
SeSuATu KarYa MaNusIa SerIng BeRaWaL dAri MimPI, MaKA eKSpresIkan MImpimU DenGAN Sains...
DaLAm HaL KeDUniAwiAn TAk AdA hAl yG tAk mUNgkin...

lem

jam berapa diputer bro... biar om mozzpunk bisa men set jam nonton tv nya..
Dengan lem kita rekatkan persatuan dan kesatuan.....

mozzpunkz

Kutip dari: lem pada September 20, 2008, 05:49:40 PM
jam berapa diputer bro... biar om mozzpunk bisa men set jam nonton tv nya..

Tahu saja bro lem..hehehehe...
Belajarlah dari kesalahan orang lain. Anda tak dapat hidup cukup lama untuk melakukan semua kesalahan itu sendiri.

rawWARus

waduh maaf lupa tar dh klo ada iklannya lagi atau tunggu aja iklannya hehehe
SeSuATu KarYa MaNusIa SerIng BeRaWaL dAri MimPI, MaKA eKSpresIkan MImpimU DenGAN Sains...
DaLAm HaL KeDUniAwiAn TAk AdA hAl yG tAk mUNgkin...

skuler

Kutip dari: rawWARus pada September 20, 2008, 04:43:42 PM
ikt oot y, y menurutku yg penting bukan pemerannya tapi kisah/sejarahnya to...

oot jg: klo mnurut gw, dlm ilmu pelem, masalah aktor cukup penting...
klo yg maen so hok gi di pelem [pranala luar disembunyikan, sila masuk atau daftar.] itu si tukul arwana, kan gabakal cocok...

buat yg nonton dokumeter si cengho, jangan lupa di capture ya....trus di save as..trus di bagi2...hihi
"Who controls the present now controls the past. Who controls the past now controls the future."-- RATM, 1999.

rawWARus

filmnya di metro tv besok sabtu
SeSuATu KarYa MaNusIa SerIng BeRaWaL dAri MimPI, MaKA eKSpresIkan MImpimU DenGAN Sains...
DaLAm HaL KeDUniAwiAn TAk AdA hAl yG tAk mUNgkin...