Member baru? Bingung? Perlu bantuan? Silakan baca panduan singkat untuk ikut berdiskusi.

Selamat datang, Pengunjung. Silahkan masuk atau mendaftar. Apakah anda lupa aktivasi email?

November 30, 2021, 09:30:52 PM

Masuk dengan nama pengguna, kata sandi dan lama sesi

Topik Baru

Artikel Sains

Anggota
Stats
  • Total Tulisan: 139668
  • Total Topik: 10408
  • Online Today: 50
  • Online Ever: 441
  • (Desember 18, 2011, 12:48:51 AM)
Pengguna Online
Users: 0
Guests: 22
Total: 22

Ikuti ForSa

ForSa on FB ForSa on Twitter

Penulis Topik: Pro Kontra Pembangunan Reaktor Nuklir Indonesia  (Dibaca 33053 kali)

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

Offline Pi-One

  • Next Hikaru Genji
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 6.981
  • IQ: 40
  • Gender: Pria
  • Next Hikaru Genji
    • Membantah Hoax
Re: Pro Kontra Pembangunan Reaktor Nuklir Indonesia
« Jawab #45 pada: Maret 24, 2011, 04:33:28 AM »
Perasaan penggunaan thorium sebagai pengganti uranium juga masih dalam penelitian, dan saat ini Chinalah yang penelitiannya paling maju. Jadi, emang bisa sekarnag Indonesia bikinPLTN dengan thorium?

Offline topazo

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 542
  • IQ: 21
  • Gender: Pria
  • Topazo Kenni von Ashraldia Nessia
    • (belum ada isinya)
Re: Pro Kontra Pembangunan Reaktor Nuklir Indonesia
« Jawab #46 pada: Maret 24, 2011, 05:23:37 AM »
Udah ada 20an reaktor kok yang menggunakan thorium di seluruh dunia... Meskipun beberapanya memang eksperimen, tapi udah ada yang memang berfungsi penuh... Makanya saya bilang, jangan tanggung2... hehehehe... Wong proyek PLTN aja udah ambisius kok, apa salahnya jadi pelopor thorium sekalian... Cita2 yang ndableg sekalian...

http://en.wikipedia.org/wiki/Thorium_power
Maka nikmat Tuhan kamu yang manakah yang kamu dustakan?

Offline Pi-One

  • Next Hikaru Genji
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 6.981
  • IQ: 40
  • Gender: Pria
  • Next Hikaru Genji
    • Membantah Hoax
Re: Pro Kontra Pembangunan Reaktor Nuklir Indonesia
« Jawab #47 pada: Maret 24, 2011, 11:57:03 AM »
Udah ada 20an reaktor kok yang menggunakan thorium di seluruh dunia...
Bisa dibilang, baru India yang menggunakan PLTN thorium sebgai penyuplai listriknya...

Offline topazo

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 542
  • IQ: 21
  • Gender: Pria
  • Topazo Kenni von Ashraldia Nessia
    • (belum ada isinya)
Re: Pro Kontra Pembangunan Reaktor Nuklir Indonesia
« Jawab #48 pada: Maret 24, 2011, 02:18:51 PM »
India yang notabene "negara berkembang" aja bisa kan... hehehehe... (Saya sampe sekarang salut sama India, negaranya butut, tapi orang terkaya n teknologi2 mantap udah ada di sana...)

Offline soviet regarda

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 501
  • IQ: 17
Re: Pro Kontra Pembangunan Reaktor Nuklir Indonesia
« Jawab #49 pada: Maret 24, 2011, 02:50:40 PM »
Kutip
aya sampe sekarang salut sama India, negaranya butut, tapi orang terkaya n teknologi2 mantap udah ada di sana...
knp negaranya butut, karena distirbusi kapital, kekuasaan dan ilmu pengetahuan muter di orang2 kaya itu..
sama di Indonesia juga ada segelintir orang kuuaya ruaya bangedddd, mereka2 itulah yg menguasai negara ini..
ga cuma kuasain..gerogotin pula..

Offline topazo

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 542
  • IQ: 21
  • Gender: Pria
  • Topazo Kenni von Ashraldia Nessia
    • (belum ada isinya)
Re: Pro Kontra Pembangunan Reaktor Nuklir Indonesia
« Jawab #50 pada: Maret 24, 2011, 03:03:29 PM »
Mirip banget kan dengan Indonesia, tapi di Indonesia kayanya n menggerogotinya nanggung... Paling tidak, ada kek yang masuk forbes top 10... Masak yang paling kaya cuman nangkring di urutan 208...

Makanya saya berkhayal tentang thorium, paling tidak ada kek yang bisa dibanggakan dari nuklir di Indonesia... Masa mau buat reaktor yang semodel sama Fukushima yang teknologi tahun 1970an...

Offline soviet regarda

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 501
  • IQ: 17
Re: Pro Kontra Pembangunan Reaktor Nuklir Indonesia
« Jawab #51 pada: Maret 24, 2011, 03:39:14 PM »
Kutip
Mirip banget kan dengan Indonesia, tapi di Indonesia kayanya n menggerogotinya nanggung... Paling tidak, ada kek yang masuk forbes top 10... Masak yang paling kaya cuman nangkring di urutan 208...
negara digerogoti malah seneng..bilang nanggung pula..urutan 208 bilang cuman..
dikira di dunia cuma ada 210 orang? milyaran bapak.....
Kutip
Makanya saya berkhayal tentang thorium, paling tidak ada kek yang bisa dibanggakan dari nuklir di Indonesia... Masa mau buat reaktor yang semodel sama Fukushima yang teknologi tahun 1970an...
makanya jgn berhayal mulu..memangnya yg bisa dibanggakan cuma nuklir..

Offline topazo

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 542
  • IQ: 21
  • Gender: Pria
  • Topazo Kenni von Ashraldia Nessia
    • (belum ada isinya)
Re: Pro Kontra Pembangunan Reaktor Nuklir Indonesia
« Jawab #52 pada: Maret 24, 2011, 03:54:25 PM »
hehehe... Ini satir boss...

Saya bicara tentang nuklir karena topiknya nuklir... Maksud saya, sepertinya pemerintah sangat berambisi ke nuklir, kalau berambisi jangan tanggung2... Saya juga bilang tentang reaktor nuklir baru, karena Indonesia bisa kerja sama dengan Institusi luar negeri, kontraktor internasional, dan BATAN n pemerintah bisa belajar... Jadi untuk perdana nuklir di Indonesia, kita cukup jadi co-founder, tapi sekalian yang canggih... Nah, setelah kita sanggup untuk "menuklirkan" diri, baru silakan kalo mau kerja sendiri...

Offline semut-ireng

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 2.809
  • IQ: 11
Re: Pro Kontra Pembangunan Reaktor Nuklir Indonesia
« Jawab #53 pada: Maret 24, 2011, 10:28:46 PM »
Nah, setelah kita sanggup untuk "menuklirkan" diri, baru silakan kalo mau kerja sendiri...

Lha iya itu yang saya inginkan,  menuklirkan diri ............siapa yang gak bangga,  hayo .........??

Dan berpikirnya jangan Jawa sentris-lah,  mosok kok mbangun apa-apa di Jawa saja,  soal distribusi yang jauh teknologinya kita punya,   bisa diatur.
« Edit Terakhir: Maret 24, 2011, 10:37:39 PM oleh semut-ireng »

Offline MonDay

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 664
  • IQ: 27
  • Gender: Pria
  • pengembara, mencari sesuap ilmu
Re: Pro Kontra Pembangunan Reaktor Nuklir Indonesia
« Jawab #54 pada: Maret 24, 2011, 11:44:54 PM »
Lha iya itu yang saya inginkan,  menuklirkan diri ............siapa yang gak bangga,  hayo .........??

Dan berpikirnya jangan Jawa sentris-lah,  mosok kok mbangun apa-apa di Jawa saja,  soal distribusi yang jauh teknologinya kita punya,   bisa diatur.
bisa diatur? sehrusnya hal sampe pendistribusian sdh dipikirkan dan dirancang sblm pembangunan

Offline Pi-One

  • Next Hikaru Genji
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 6.981
  • IQ: 40
  • Gender: Pria
  • Next Hikaru Genji
    • Membantah Hoax
Re: Pro Kontra Pembangunan Reaktor Nuklir Indonesia
« Jawab #55 pada: Maret 25, 2011, 02:31:40 AM »
India yang notabene "negara berkembang" aja bisa kan... hehehehe... (Saya sampe sekarang salut sama India, negaranya butut, tapi orang terkaya n teknologi2 mantap udah ada di sana...)
Mau disamakan? India adalah salah satu negara dimana banyak ahli IT sekalipun (sebagian bekerja di amrik dengan gaji gila-gilaan). Dan emangnya penelitian thorium itu bsia didapat dengan mudah? Jika semudah itu, mestinya negara selain India juga apda bikin PLTN dengan thorium. Lalu kenapa saat ini cuma India?

Offline syx

  • Global Moderator
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 4.540
  • IQ: 341
  • Gender: Pria
    • Kliping Koran
Re: Pro Kontra Pembangunan Reaktor Nuklir Indonesia
« Jawab #56 pada: Maret 25, 2011, 02:40:05 AM »
di indonesia ada bahan sumber radioaktif apa aja yang bisa ditambang?

Offline topazo

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 542
  • IQ: 21
  • Gender: Pria
  • Topazo Kenni von Ashraldia Nessia
    • (belum ada isinya)
Re: Pro Kontra Pembangunan Reaktor Nuklir Indonesia
« Jawab #57 pada: Maret 25, 2011, 02:55:18 AM »
Ya udah... Non thorium juga gak apa2 kalo gak memungkinkan, tapi reaktornya harus dari generasi yang paling baru... Jangan kayak fukushima yang teknologi zaman Pak Harto...

Tapi saya harus cross check ulang nih, apa betul teknologi thorium sesusah itu... Dan juga, percuma saya koar2 di forum, kalau ternyata pemerintah udah membuat rencana blueprint dan tinggal dilaksanakan... Sampai sekarang saya belum tau pemerintah konsepnya udah sampai tahap mana (lagi2 masalah transparansi...)

@syx, kita punya lumayan banyak uranium, thorium lumayan banyak di Babel...
Tapi sama aja, meskipun kita punya bahan bakarnya, karena politis dll, bahan bakar nuklir harus di impor dari amrik sono... Gak tau deh masa depan, mudah2an bisa dibuat dan dimanfaatkan sendiri...

 

Related Topics

  Subyek / Dimulai oleh Jawaban Tulisan terakhir
18 Jawaban
30692 Dilihat
Tulisan terakhir Februari 06, 2010, 03:55:32 AM
oleh Bernando
12 Jawaban
6029 Dilihat
Tulisan terakhir Desember 25, 2009, 02:57:14 PM
oleh onyon_gila
99 Jawaban
50097 Dilihat
Tulisan terakhir Maret 07, 2011, 12:54:01 AM
oleh Farabi
2 Jawaban
4101 Dilihat
Tulisan terakhir Maret 22, 2011, 08:08:18 AM
oleh Monox D. I-Fly
5 Jawaban
5995 Dilihat
Tulisan terakhir Februari 16, 2012, 07:10:35 AM
oleh exile_rstd