Member baru? Bingung? Perlu bantuan? Silakan baca panduan singkat untuk ikut berdiskusi.

Welcome to Forum Sains Indonesia. Please login or sign up.

Juli 07, 2022, 02:25:28 AM

Login with username, password and session length

Topik Baru

Artikel Sains

Anggota
  • Total Anggota: 26,754
  • Latest: sainsftw
Stats
  • Total Tulisan: 139,633
  • Total Topik: 10,390
  • Online today: 38
  • Online ever: 441
  • (Desember 17, 2011, 09:48:51 AM)
Pengguna Online
Users: 0
Guests: 17
Total: 17

Aku Cinta ForSa

ForSa on FB ForSa on Twitter

Apakah RAS itu ?

Dimulai oleh reborn, Januari 03, 2007, 10:14:04 AM

« sebelumnya - berikutnya »

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

reborn

Saya rasa kita semua tahu atau setidaknya pernah mendengar tentang ras, apalagi di Indonesia, SARA sering jadi bahan perbincangan yang hangat  :P

Kalo kita jalan2 misalnya di jalan, lihat ada orang rambutnya pirang, tinggi besar, kita bilang "wah, ada bule". Trus liat yang putih, matanya agak sipit2 "pasti orang cina nehh". Trus denger orang ngomong pake akhiran "teh" trus... orang sunda nehh  ;D... Nah dari karakteristik fisik seperti ini (mulai dari warna kulit, struktur rambut, tinggi badan) dan juga dari segi geografis inilah manusia mengelompokkan dirinya menjadi berbagai RAS.

Sejauh manakah konsep ras ini dari sudut pandang biologis dapat dikatakan valid? Apakah karakteristik fisik ini cukup untuk dapat memberi kita informasi secara genetis ttg ras tertentu lebih dari sekedar ras A biasanya memiliki rambut keriting atau berhidung pesek?

Masalah ini juga menjadi agak rumit, karena definisi dari ras-ras tertentu berbeda dari satu daerah dengan daerah lainnya. Seseorang dikatakan "berkulit hitam" di USA misalnya, dapat dikatakan "berkulit putih" di Brazil dan "coloured" (kategori di mana seseorang bukan kulit hitam atau putih) di Afrika Selatan...

Di sisi lain, ilmuwan kadang dapat melihat relevansi medis dari pengelompokan ras manusia ini (pengelompokan informasi genetik). Sickle cell disease, misalnya, biasanya ditemukan pada ras Africa atau Mediterranean. Sementara cystic fibrosis lebih sering mengenai orang Eropa. Satu contoh lainnya, walau masih kontroversial, banyak studi yang menunjukkan bahwa rasa African-American tampaknya memberi respon yang buruk terhadap bbrp obat-obatan jantung dibanding dari ras-ras lainnya.

Menurut anda, apa itu ras?

pinokio

ras = etnis bukan yahh? Jadi definisi ras itu dari karakteristik fisik/genetis atau budaya?

Hmm.... belum tau definisi formal ras itu apa ???

Monox D. I-Fly

Gambar di avatar saya adalah salah satu contoh dari kartu Mathematicards, Trading Card Game buatan saya waktu skripsi.