Forum Sains Indonesia

Ilmu Sosial => Sosial dan Politik => Topik dimulai oleh: rawWARus pada Agustus 07, 2008, 12:56:29 AM

Judul: ARTI DEMO MAHASISWA DIMATA MAHASISWA
Ditulis oleh: rawWARus pada Agustus 07, 2008, 12:56:29 AM
salah satu Curahan dari pemikiran mahasiswa adalah dengan melakukan demo, selama tidak anarkis demo itu sangat didukung, karena sebagai  reaksi balasan dari aksi sesuatu, tapi kadang kesabaran manusia ada batasnya maka terjadilah hal2 yg tak diinginkan, dimata para penguasa mahasiswa dilarang melakukan kekerasan saat demonstrasi tapi mereka sendiri (oknum) melakukan kekerasan secara tidak langsung pada masyarakat :o
Judul: Re: ARTI DEMO MAHASISWA DIMATA MAHASISWA
Ditulis oleh: rea pada Agustus 07, 2008, 04:53:25 AM
menurut saya mahasa ber demo hanya mencari pengalam dan kebangggan diri sendiri.
padahal banyak para demonstan tidak tahu apa yang dia aspirasikan.
Judul: Re: ARTI DEMO MAHASISWA DIMATA MAHASISWA
Ditulis oleh: reborn pada Agustus 07, 2008, 10:19:15 AM
@rea
tapi bnyk lho aktivis yang sukses dan "sukses". Contohnya ada dari beberapa generasi : angkatan 28, angkatan 45, angkatan 78, angkatan 98. Coba aja cek, siapa aja mereka dan kenapa gw bikin dua kategori sukses dan "sukses" ;D
Judul: Re: ARTI DEMO MAHASISWA DIMATA MAHASISWA
Ditulis oleh: eky pada Agustus 07, 2008, 01:20:10 PM
sukses dan "sukses" itu maksudnya apa?
Judul: Re: ARTI DEMO MAHASISWA DIMATA MAHASISWA
Ditulis oleh: rawWARus pada Agustus 07, 2008, 01:50:46 PM
yg pasti arti k2 sukses itu msh universal
tapi  banyak jg mahasiswa yg ga mau ikut berpartisipasi dalam demonstrasi tersebut dengan alasan beragam, salah satu contoh alasan yg sering terdengar dari mahasiswa itu sendiri adalah kata "MALES AH"
padahal dirinya jg ikut merasakan akibat dari suatu kebijkan pemerintah yg kurang membela rakyat kecil, contohnya lagi banyak orang mengeluh apa2 serba mahal karena kenaikan BBM namun mereka cuma bs mengeluh...sayang yach...
semoga segala cobaan ini bs membuat kita lebih semangat dan lebih berfikir kreatif dalam mencari jalan keluar... ::)
Judul: Re: ARTI DEMO MAHASISWA DIMATA MAHASISWA
Ditulis oleh: reborn pada Agustus 07, 2008, 07:46:22 PM
Hehe itu memang pengertian gw aja sih. Yang pertama orang yang berjuang dan memang punya sesuatu yang bisa diperjuangkan dan yang satu lagi berubah total begitu ada kesempatan, lupa dulu teriak2 skrg malah diteriakin :P
Judul: Re: ARTI DEMO MAHASISWA DIMATA MAHASISWA
Ditulis oleh: eky pada Agustus 07, 2008, 11:01:34 PM
oh gitu toh .. haha
Judul: Re: ARTI DEMO MAHASISWA DIMATA MAHASISWA
Ditulis oleh: rawWARus pada Agustus 08, 2008, 08:37:04 AM
@reborn  ;D Q setuju jg tuh
mmg ada istilah atau apalah namanya "Dulu sh waktu jd aktivis teriak2 keadilan tapi waktu dikasih kedudukan eh malah diam seribu bahasa tak berkutik" ;D
Judul: Re: ARTI DEMO MAHASISWA DIMATA MAHASISWA
Ditulis oleh: uzik-sama pada Agustus 13, 2008, 02:54:01 PM
beberapa tahun terakhir demonstrasi menjadi smart solution untuk mengemukakan pendapat dan menyelesaikan konflik, ngga cuma mahasiswa sih, anak sd aja udah demo.
aku bener2 respect sama demo mahasiswa nagkatan soe hoek gie dan arif rahman hakim, bener2 bisa merubah wajah negeri ini. pas 98 sih udah ngeri demonya, kebanyakan preman.

bener banget, pas masih mahasiswa aja idealisnya lebih tinggi dari langit eh seteleh ada kekusasaan, idealis itu dibenamkan dalam-dalam di lumpur politik.
Judul: Re: ARTI DEMO MAHASISWA DIMATA MAHASISWA
Ditulis oleh: ninja_sakti pada September 07, 2008, 02:35:54 PM
kalo pengin ngeredamin aksi mahasiswa, gampang caranya.....
tinggal cariin bini buat demonstran, maka redalah masalah.
aktivis mahasiswa jaman sekarang banyak yg gak tahu apa tujuannya..
yang penting "aktivis", keren kayak Soe Hok Gie.
Judul: Re: ARTI DEMO MAHASISWA DIMATA MAHASISWA
Ditulis oleh: novie marselina pada September 13, 2008, 03:12:01 AM
gW sebagai Mahasiswa salut sama tapi prihatin jga sama Mahasiswa yang bedemo..
Alasan gW saLut soalnya mereka tuh demo biasanya bukan bWt mereka sendiri, tapi bWt ngebela kepentingan rakyat kecil yang di"dzolimi" sama para penguasa, mereka punya rasa memiliki dengan orang" yang ada di sekitar mereka, demo tuh cuma sebagai bentuk rasa care mereka sama masyarakat sekaligus juga sbg cara buat bikin pemerintah lebih melihat lagi kesulitan rakyat" kecil..

Tapi gW jg prihatin soalnya banyak juga mahasiswa yang anarkis waktu demo, menurut gW itu sih bukannya bikin masyarakat simpati tapi malah bikin pandangan masyarakat jadi sinis sama kinerja mahasiswa yang nantinya bakalan jadi pemimpin baru yang sangat diharapkan
Judul: Re: ARTI DEMO MAHASISWA DIMATA MAHASISWA
Ditulis oleh: eky pada September 14, 2008, 12:26:56 AM
selalu banyak cerita di balik sebuah demo mahasiswa ..
Judul: Re: ARTI DEMO MAHASISWA DIMATA MAHASISWA
Ditulis oleh: suntzu pada Oktober 16, 2008, 01:01:48 AM
kl gw krg stuju soalnya kbanyakan yang demo cuma bisa "teriak" ga bisa ngasi solusi
Judul: Re: ARTI DEMO MAHASISWA DIMATA MAHASISWA
Ditulis oleh: rrow10 pada Oktober 16, 2008, 01:21:19 PM
Menurut aku sih demo sih boleh aja
tapi,
Jangan anarkhis.
Kalo yang ada demo anarkhis itu pasti bukan Mahasiswa yang mau ngebela rakyat
tapi,
cuma bikin rakyat makin merana.
Judul: Re: ARTI DEMO MAHASISWA DIMATA MAHASISWA
Ditulis oleh: great_sage pada November 19, 2008, 07:30:02 AM
gw rasa mahasiswa juga gak mau anarkis tapi banyak yang melebih-lebihkan
klo demo mahasiswa dikatakan anarkis trus gimana dengan pemerintah yang menaikkan harga BBM
klo efek demo brutal dari mahasiswa cuma maksimal sekota.
gimana dengan efek kebijakan pemerintah yang membuat bencana se indonesia ???
trus sapa yang lebih anarkis coba ?????
Judul: Re: ARTI DEMO MAHASISWA DIMATA MAHASISWA
Ditulis oleh: rawWARus pada November 23, 2008, 10:01:39 AM
@great sage
setuju tuh...anarkis teriak anarkis...
cuma beda bentuk kekerasannya...
tapi baiknya sh keburukan dilawan kebaikkan...tapi yg repot perlu bukti dan kecerdikan...
Judul: Re: ARTI DEMO MAHASISWA DIMATA MAHASISWA
Ditulis oleh: Shinichi pada November 24, 2008, 11:53:55 PM
menurut saya mahasa ber demo hanya mencari pengalam dan kebangggan diri sendiri.
padahal banyak para demonstan tidak tahu apa yang dia aspirasikan.
idealisme dalam arti sempit gitu kan?
hmmm...

Judul: Re: ARTI DEMO MAHASISWA DIMATA MAHASISWA
Ditulis oleh: x-CoE-x pada Desember 13, 2008, 12:42:31 AM
yg penting sbelum demo dikonsep dulu yg bener:
1. Latar Belakang Demonya
2. Rumusan Masalahnya
3. Tujuan Demonya
4. Kesimpulan
5. saran

jadi klau demo jangan cuma tereak2 doang... tp ga pernah ksh solusi  >:D

ngomong2 gmana klau kita bikin "Suckses Story" para mahasiswa pendemo (yg sdh jd mantan pendemo atau yg masih menggeluti aksi demonya)  >:D >:D >:D

catatan: kadang klau ga pake anarkhis dikit ga didengar sih sama pemerintah  ;)
Judul: Re: ARTI DEMO MAHASISWA DIMATA MAHASISWA
Ditulis oleh: hardono subroto pada Desember 13, 2008, 08:24:48 PM
demo itu sampah... cuma bisa ngelakuin hal yang abstrak... bagus klo yang ikut ngerti apa masalahnya,tapi klo cuma mau nampang...?????

sekarang dah gak jaman demo... bagi u semua mahasiswa atau mahasiswi Indonesia... Tunjukin rasa cinta and peduli u sama negeri ini dengan sesuatu yang KONKRIT.......

Kita udah ketingggalan jauh sama negara lain... kalau kita masih begini terus, kapan mau maju....
dulu pemimpin2 kita mahasiswa juga, mungkin mereka ikut demo juga... mungkin mereka menyerukan stop korupsi...,,, tapi???????

ALLAH SWT tidak akan merubah nasib suatu kaum, apabila kaum tersebut tidak mau berusaha merubahnya...

Judul: Re: ARTI DEMO MAHASISWA DIMATA MAHASISWA
Ditulis oleh: rawWARus pada Desember 31, 2008, 03:09:51 PM

ALLAH SWT tidak akan merubah nasib suatu kaum, apabila kaum tersebut tidak mau berusaha merubahnya...


nah itu th knp ga bertindak, demo adl slh satu wujud kepedulian, klo kita diam mana mungkin org2 atas th apa kemauan kita, asal tidak anarkis kyknya ga pa2 dh...tapi lbh baik ada tindak lanjutnya sesuai dgn kemampuan masing2 individu
Judul: Re: ARTI DEMO MAHASISWA DIMATA MAHASISWA
Ditulis oleh: great_sage pada Januari 01, 2009, 03:09:46 AM
demo itu sampah... cuma bisa ngelakuin hal yang abstrak... bagus klo yang ikut ngerti apa masalahnya,tapi klo cuma mau nampang...?????

sekarang dah gak jaman demo... bagi u semua mahasiswa atau mahasiswi Indonesia... Tunjukin rasa cinta and peduli u sama negeri ini dengan sesuatu yang KONKRIT.......

Kita udah ketingggalan jauh sama negara lain... kalau kita masih begini terus, kapan mau maju....
dulu pemimpin2 kita mahasiswa juga, mungkin mereka ikut demo juga... mungkin mereka menyerukan stop korupsi...,,, tapi???????

ALLAH SWT tidak akan merubah  nasib suatu kaum, apabila kaum tersebut tidak mau berusaha merubahnya...


GW rasa Demo juga salah satu bentuk penyaluran aspirasi dimana DPR gak terlalu bisa diharapkan dalam menampung aspirasi tau sendiri khan di saat anggota DPR terlibat skandal sex, suap ,dll apakah mereka masih pantas dipercaya ???
Judul: Re: ARTI DEMO MAHASISWA DIMATA MAHASISWA
Ditulis oleh: MilkShake pada Januari 13, 2009, 11:24:51 AM
sebagai seorang mahasiswa, saya melihat demo mahasiswa dalam 2 sisi pandangan yang berbeda
sisi pertama: saya salut dengan mahasiswa yang berani turun ke jalan meneriakkan aspirasi masyarakat tanpa melakukan hal2 yg anarkis.
yang ini patut kita dukung
sisi kedua: saya sangat muak melihat demo mahasiswa yang anarkis.. ktnya mahasiswa tapi melakukan hal2 yang anarkis. sangat tidak terpelajar
Judul: Re: ARTI DEMO MAHASISWA DIMATA MAHASISWA
Ditulis oleh: rawWARus pada Januari 16, 2009, 03:51:00 PM
yg jd masalah, adalah adanya budaya bahwa klo api blm menyala asappun malu bicara...
bahwa klo belum ada tindakan yg memojokkan suatu kelompok penguasa maka penguasa itu masih santai2 "ah santai aja, masih blm ribut kok" atau "selama blm ada aksi pasti blm ada rekasi"
tapi sayangnya yg biasanya dirusak pendemo yg anarkis adalah milik mereka jg atau fasilitas umum klo gt ya timbul kata2 dari penguasa "silakan aja bakar dan hancurkan, peduli amat orang bukan milik saya kok" hehehe...

 
Judul: Re: ARTI DEMO MAHASISWA DIMATA MAHASISWA
Ditulis oleh: ewhynk pada Januari 17, 2009, 04:28:08 PM
dalam bernegosiasi dibutuhkan kesetaraan legitimasi. jika pemerintah jelas legitimasi dan kekuatannya oleh negara maka pertanyaannya apakan sejajar dengan suara seorang mahasiswa tanpa legitimasi dan kekuatan yang jelas? jawabannya pasti tidak untuk kondisi negara yang cenderung tuli dengan suara-suara halus. oleh karena itu terpaksa untuk mensejajarkan legitimasi, mahasiswa terpaksa menambah kekuatan dengan menambah jumlah, itulah yang disebut dengan aksi demonstrasi. analogi sederhananya, seorang anak meminta dibelikan mainan oleh orang tuanya terkadang harus menangis merengek mengunjjukkan rasanya pada orang tuanya baru permintaannya di kabulkan.

jadi teruslah berjuang teman2 mahasiswa
Judul: Re: ARTI DEMO MAHASISWA DIMATA MAHASISWA
Ditulis oleh: rawWARus pada Januari 18, 2009, 12:46:09 AM
Y setuju dh,tp trs bjuang stlh jd alumnus,tp ttp jaga diri kalian jgn sampe kna peluru nyasar,hehehe
Judul: Re: ARTI DEMO MAHASISWA DIMATA MAHASISWA
Ditulis oleh: ewhynk pada Januari 19, 2009, 12:38:20 PM
@reborn  ;D Q setuju jg tuh
mmg ada istilah atau apalah namanya "Dulu sh waktu jd aktivis teriak2 keadilan tapi waktu dikasih kedudukan eh malah diam seribu bahasa tak berkutik" ;D
jangan over generalisasi gitu donk, berapa sich mantan aktivis yang anda tau seperti itu. bukan berarti semua harus di samakan. lagipula yang salah kan bukan mahasiswanya tapi mantan mahasiswanya.
Judul: Re: ARTI DEMO MAHASISWA DIMATA MAHASISWA
Ditulis oleh: rawWARus pada Februari 07, 2009, 11:25:38 PM
Ya mgkn maksud hati mau brbuat ssuatu tp apa daya tgn tak mampu,klo 1lawan byk gmn bs?y paling2 dicopot at diresufle klo mcm2,he5
Judul: Re: ARTI DEMO MAHASISWA DIMATA MAHASISWA
Ditulis oleh: ray pada Februari 17, 2009, 11:52:26 PM
sebenar'a mahasiswa merupakan perpanjangn tangan dari masyarakat kepada pemerintah pi bnyk yg salah mengartikan arti demo itu sendiri, bnyak sekarang yg ikut demo hnya ingin mendapatkan uang pdhl dia tdk tau yg sebenar'a yd ia demokan itu apa?
mahasiswa sekarang hnya mengandalkn otot'a doank tdk menggunakan kapasitas dia sebagai seorang mahasisswa.

he...he...peace para mahasiswa  ;D ;D ;D
Judul: Re: ARTI DEMO MAHASISWA DIMATA MAHASISWA
Ditulis oleh: joe4545 pada Desember 01, 2009, 02:19:25 AM
mau minta pendapat dari teman-teman, apakah tidak lebih baik jika kita sebagai mahasiswa tidak berdemo tapi lebih baik menghasilkan sebuah solusi, melakukan diskusi dengan pihak terkait, atau menghasilkan sebuah karya yang dapat menjawab masalah yang ada....
Judul: Re: ARTI DEMO MAHASISWA DIMATA MAHASISWA
Ditulis oleh: ghostdoors pada Desember 02, 2009, 04:56:48 PM
Sebelum dilanjut,ada sdikit revisi yg slama ini slh mengartikan kata anarkis, anarki, dan anarkisme.
Di Indonesia istilah anarki, anarkis, dan anarkisme digunakan oleh media bahkan pemerintah dan aparatur negara untuk menerjemahkan atau menyatakan suatu tindakan pengrusakan (vandal), perkelahian (chaos), atau kekerasan masal (vandalisme). Padahal menurut pencetusnya yaitu William Godwin, Pierre-Joseph Proudhon, dan Mikhail A Bakunin, anarkisme adalah sebuah ideologi yang menghendaki terbentuknya masyarakat tanpa negara dg asumsi bahwa negara adl sebuah bentuk Kediktatoran legal yg hrs diakhiri.
Negara menetapkan pemberlakuan hukum dan peraturan yg sering kali bersifat pemaksaan, shg membatasi warga negara utk memilih dan bertanggung jawab atas pilihanya sndiri. maka kaum anarkis berkeyakinan bila dominasi negara atas rakyat terhapuskan, hak utk memanfaatkan kekayaan alam dan SDM akan berkembang dg sndrinya.
Tapi hal ini dimentahkan oleh Lenin. menrut Lenin ideologi anarkisme adl paham yg naif milik para pemimpi dan orang2 putus asa.

Demo atau demonstrasi sndri bukanlah tujuan utama, melainkan jalan terakhir setelah melalui beberapa tahapan seperti dialog umum, negosiasi menemukan jalan buntu.
bukan hanya mahasiswa, tetapi juga LSM2 dan organisasi2 terkait yg isinya "orang2 srigala berbulu domba".
Teriak sini, teriak sana namun setelah ada uang dan jabatan merekapun bungkam...!!!
Tdk dipungkiri, memang susah membedakan mana aktivis yg menyuarakan keadilan rakyat dg aktivis yg berkepentingan politis....!!
Judul: Re: ARTI DEMO MAHASISWA DIMATA MAHASISWA
Ditulis oleh: r.a.n pada Desember 04, 2009, 11:50:42 AM
Waduh...sebagai mantan aktivis...Kayaknya mesti turun tangan nih.... ;D ;D

Kalo berbicara yang satu ini, agak sedikit..mengurai air mata...

Demo sendiri merupakan perwujudan dari ketidakpuasan atas sebuah kebijakan..Demo  sendiri sebenarnya sebuah instrumen..yang wajib ada dalam setiap negara demokrasi..Karena hal tersebut merupakan sebuah ekspresi..atas kebebasan berpendapat..sehingga demo, secara konstitusional, harus ada...di setiap negara demokrasi...

Tujuan Demonstrasi
Demonstrasi adalah sebuah sarana yang menyatakan...ketidakpuasan mengenai sebuah keadaan. Dalam konteks kenegaraan bisa diartikan sebagai ketidakpuasan terhadap pemerintah alias negara..Nah tujuannya pun bermacam-macam..Dari mulai "memaksakan kehendak" sehingga terjadi perubahan besar-besaran pada demo  1998 sampai memberikan sebuah opini publik bahwa mahasiswa tidak tinggal diam atas kesewenang-wenangan walapun mereka tau hal tersebut pasti tidak membuahkan hasil (misal: demo akbar tandjung di depan gedung MA tahun 2004, sebenarnya kita tau kalo akbar paasti bebas...). Tergantung...misi demonya

Tidak sesederhana itu.....
Demo itu sendiri...tidak sseperti kita mau main futsal...yang kalau mau main telfon temen-temen..trus kalo cocok hari jam dan tempat maen kalo tidak...cari nggak cocok cari lagi...waktu dan tempatnya...Bukan..Demo itu berawal dari sebuah isu..isu tersebut biasanya terkait dengan kepentingan rakyat...Lalu isu tersebut dikonsolidasikan...dalam tingkat regional...atau bahakn nasional...biasanya dalam jaringan BEM se Indonesia...Makanya kalo temen-temen lihat orang demo, biasanya itu kejadiannya simultan..Di Jakarta ada..di Malang ada di Surabaya ada..dst. Hal itu bukan terjadi..karena rekatifitas..dari masing-masing universitas...Melainkan sebuah perencanaan kolektif..yang sudah matang....

Struktur Demo..
Ibarat sebuah pasukan...demo pun harus diorganisir dengan baik...Demo itu harus ada koordinator lapangannya..alias korlap..Lalu biasanya ada tim elitnya biasa dibilang bunker tim ini memang posisinya paling depan...dan biasanya terdiri dari orang-orang yang emang sudah sangat "terlatih"..Nah bunker sendiri biasanya punya leader juga...dia yang mengatur aktivitas bunker. Lalu ada peserta demo...biasanya..tidak terlalu terlibat dalam kekerasan...nah lalu dikelilingi oleh tim border...tim ini menjaga agar tidak ada orang di luar kampus yang ikut tiba-tiba masuk begitu aja..Dan satu biasanya kita bilang sebagai tim intel...tim inilah yang berusaha melihat..."oknum-oknum" yang diutus oleh orang tak bertanggung jawab untuk memanaskan situasi...serta meliaht "oknum" mahasiswa yang memang niatnya mau bikin rusuh...Dan tim ini juga yang akan mengambil kendali jika terjadi kerusuhan...atau chaos saat demo...

Skenario...Demo...
Ibarat seorang sutradara..yang ingin menarik perhatian para penonton..Maka demonstrasai juga "dibuat" supaya memiliki dinamika..Biasanya sekali lagi terkait dengan pencitraan...Misal penghentian bus..tiba-tiba. Hal itu sebenarnya sudah dikonsolidasikan...Lalu, rute atau jalan yang ditempuh..itupun sudah dikoordinasikan..dengan pihak kepolisian..Dan hal tersebut bisa berubah..dari jam-ke jam dari menit ke-menit, tinggal Jendral kita (baca: korlap) berkoordinasi dengan petugas kepolisian yang bertanggung jawab terhadap keamanan demo tersebut...Untuk rusuh (baca: dinamika), hal itu sudah dikoordinasikan...Ketika korlap sudah sepakat dengan kepolisian..bahwa sekarang tensi naik..maka korlap, dengan kode-kode tertentu, memerintahkan..kepada leader dari bunker..untuk bertindak..Nah disitu biasanya sang leader dari bunker memerintahaan teman-teman bunker untuk bergerak... Biasanya leadernnya akan berteriak..."kepada mahasiswa..saya minta maju dua langkah.." Nah tim bunker mulai bergerak...untuk mendorong piahk kepolisian...Nah..disitu biasanya polisi-polisi muda..masih belum ngerti..Makanya kalo dirasa polisi sudah cukup memanas..biasanya leader bunker kepolisian..mulai turun...dan mendorong anak buahnya...Pasti pernah liat khan..di TV yang polisi senior masuk ditengah-tengah trus dorong-doronga anak buahnya....Nah sementara bunker bekerja..tim border..dan tim intel bekerja ekstra keras..agar tidak disusupi..atau mereka melakukan pengawasan ekstra ketat terhadap mahasiswa di dalam dan "orang-orang" yang mencurigakan...Sebagai tambahan..yang teman-teman sangka sebagai korlap itu, biasanya khan diatas mobil sound. Padahal bukan...korlap itu statusnya rahasia...biasanya yang tau itu para ketua BEM dan ketua divisi kasrat (kajian strategis) dari masing-masing BEM, dan Ketua BEM biasanya jarang jadi Korlap..dan di mobil sound itu biasanya adalah sebagai corong..dari korlap, divisi intel..dan divisi bunker..Misal ketika divisi intel menangkap..adanya kecurigaan..oknum-oknum..Mobil sound menterjemahkan dengan berteriak.."Hati-hati..hati-hati..hati-hati provokasi,,". Trus jika dinamika akan dimulai...mobil sound akan mengkondisikan..para mahasiswa peserta demo di dalam border..untuk merapat dan waspada...Dan hal tersebut diawali dengan orasi yang besifat membakar semangat...Jadi demo itu penuh dengan strategi..dan perhitungan...Dan satu hal yang penting...Jika demo itu berubah menjadi kerusuhan..maka bisa dikatakan demo itu gagal...karena isunya jadi tidak sampai dan kurang mengena...Dari seharusnya...mengangkat isu terkait kemasyarakatan..akhirnya menimbulkan isu baru..yaitu demo mahasiswa rusuh...Dan isu awal akhirnya jadi.kabur...Tapi dinamika dalam demo itu wajib hukumnya....

Sebuah..Otokritik
Jadi dari uraian diatas...apakah teman-taman yang masih mahasiswa menganggap kami yang berdemo adalah..begundal jalanan yang ingin mencari perhatian...Atau mahasiswa yang putus asa karena banyak mata kuliah yang tidak lulus...atau hanya sekedar memenuhi..kewajiban status sebagai mahasiswa. Sekali lagi kami adalah kaum terpelajar..yang menyadari bahwa isu-isu tertentu..perlu diperjuangkan....tidak hanya dalam tataran diskusi dan ide melainkan diperlukan bukti konkrit berupa turun ke jalan..untuk menunjukkan kepada penguasa bahwa kita sebagai mahasiswa sangat muak..dengan kesewenang-wenangan yang terjadi. Dan dari uraian saya diatas bisa dilihat betapa demonstrasi itu, disusun dengan sedemikian rapih..dan teratur..dan menunjukkan tingkat intelektual kami... Maka apakah layak orang yang tidak mengerti mengenai demo, tidak mengerti esensi demo..berkomentar...yang miring tentang..demo...Apakah layak mereka yang membiarkan jaket almamaternya...tergantung dilemari tanpa ada niatan untuk menunaikan...hak atas Jaket almamaternya...mengatakan bahwa demo cuma bikin macet jalan...Sekali lagi saya katakan. Jika anda tidak berkontribusi...tolong..diam...Sungguh dengan diamnya anda anda telah berkontribusi...sehingga suasana tidak menjadi semakin ramai...

Untuk itu saya cantumkan..sebuah puisi karya Adhie Massardi

Puisi Negeri Para Bedebah
Karya:Adhie Massardi

Ada satu negeri yang dihuni para bedebah
Lautnya pernah dibelah tongkat Musa
Nuh meninggalkan daratannya karena direndam bah
Dari langit burung-burung kondor jatuhkan bebatuan menyala-nyala

Tahukah kamu ciri-ciri negeri para bedebah?
Itulah negeri yang para pemimpinnya hidup mewah
Tapi rakyatnya makan dari mengais sampah
Atau jadi kuli di negeri orang yang upahnya serapah dan bogem mentah

Di negeri para bedebah
Orang baik dan bersih dianggap salah
Dipenjarakan hanya karena sering ketemu wartawan
Menipu rakyat dengan pemilu menjadi lumrah
Karena hanya penguasa yang boleh marah
Sedang rakyatnya hanya bisa pasrah

Maka bila negerimu dikuasai para bedebah
Jangan tergesa-gesa mengadu kepada Allah
Karena Tuhan tak akan mengubah suatu kaum
Kecuali kaum itu sendiri mengubahnya

Maka bila negerimu dikuasai para bedebah
Usirlah mereka dengan revolusi
Bila tak mampu dengan revolusi,
Dengan demonstrasi
Bila tak mampu dengan demonstrasi, dengan diskusi
Tapi itulah selemah-lemahnya iman perjuangan
Judul: Re: ARTI DEMO MAHASISWA DIMATA MAHASISWA
Ditulis oleh: r.a.n pada Desember 05, 2009, 10:06:25 AM
Setelah saya membaca tulisan saya....dan menilai..lebih jauh..kayaknya
Kutip
Maka apakah layak orang yang tidak mengerti mengenai demo, tidak mengerti esensi demo..berkomentar...yang miring tentang..demo...Apakah layak mereka yang membiarkan jaket almamaternya...tergantung dilemari tanpa ada niatan untuk menunaikan...hak atas Jaket almamaternya...mengatakan bahwa demo cuma bikin macet jalan...Sekali lagi saya katakan. Jika anda tidak berkontribusi...tolong..diam...Sungguh dengan diamnya anda anda telah berkontribusi...sehingga suasana tidak menjadi semakin ramai...

agak sedikit kasar...Mohon maaf kepada seluruh teman-teman..ForSa...kalau ada yanag tersinggung...Maaf...banget...Maklum masih kebawa suasana tempo doeloe... :) :)