Member baru? Bingung? Perlu bantuan? Silakan baca panduan singkat untuk ikut berdiskusi.

Selamat datang, Pengunjung. Silahkan masuk atau mendaftar. Apakah anda lupa aktivasi email?

November 29, 2021, 05:57:14 PM

Masuk dengan nama pengguna, kata sandi dan lama sesi

Topik Baru

Artikel Sains

Anggota
Stats
  • Total Tulisan: 139668
  • Total Topik: 10408
  • Online Today: 33
  • Online Ever: 441
  • (Desember 18, 2011, 12:48:51 AM)
Pengguna Online
Users: 0
Guests: 20
Total: 20

Ikuti ForSa

ForSa on FB ForSa on Twitter

Penulis Topik: HaRAM ngerokok ma gOLpUT ?  (Dibaca 27070 kali)

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

Offline h4ry

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 541
  • IQ: 22
  • Gender: Pria
  • Sweet
Re: HaRAM ngerokok ma gOLpUT ?
« Jawab #15 pada: Januari 31, 2009, 10:38:43 PM »
hahahah , , , ,ya harusnya gitu diharamkan tapi harus da solusinya jngn maen haram ndiri ja , , kan dampak dari peng-haraman ada  , , ,



gmna klo indo berusaha jadi pengekspor rokok dunia , , ,wkkwkw



hebat jga tuh pi bgsanya ndiri gag ngerokok , , ,wah2 indo bkal ditunjuk ma PBB jadi dewan lingkungan hijau , , , ,



^^



setuju gag ?
_Don't Be Affraid_

Offline ryoma

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 418
  • IQ: 17
  • Gender: Pria
  • i am not lucky, just a hope, calm, and happy..!
    • Jurnal Milzam
Re: HaRAM ngerokok ma gOLpUT ?
« Jawab #16 pada: Februari 01, 2009, 12:58:28 AM »
Kalo haram ngerokok berarti juga memproduksinya haram, soalnya ngebuat orang lain ngelakuin merokok yang katanya haram. Kalo memproduksinya haram berarti pabrik bersama keuntungannya juga haram, karena sudah membuat produksi yang nantinya untuk merokok yang haram itu. Kalo keuntungannya haram berarti pendapatan negara yang didapat juga haram. Kalo pendapatan negara (yang rokok) haram berarti, kita gak boleh ngegunainnya dong?

Akhirnya kalo kita ikut memproduksi atau ngegunain pendapatan yang asalnya dari rokok, kita sama aja orang yang ngerokok, bukan begitu? Pada akhirnya kan saling kait-mengait juga haramnya. :D
When there is a will there is a way..
قل حو الله الحد

Offline h4ry

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 541
  • IQ: 22
  • Gender: Pria
  • Sweet
Re: HaRAM ngerokok ma gOLpUT ?
« Jawab #17 pada: Februari 01, 2009, 04:48:19 AM »
wah berarti kita makan uang haram donkz ,  ,coz plg bnak investasi kan pabrik rokok , , ,

Offline ryoma

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 418
  • IQ: 17
  • Gender: Pria
  • i am not lucky, just a hope, calm, and happy..!
    • Jurnal Milzam
Re: HaRAM ngerokok ma gOLpUT ?
« Jawab #18 pada: Februari 01, 2009, 06:06:33 AM »
ya, kalo rokok memang haram.  :D  :)

Offline biobio

  • Staff
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 2.476
  • IQ: 221
  • Gender: Pria
  • Tjiasmanto, Wewin
Re: HaRAM ngerokok ma gOLpUT ?
« Jawab #19 pada: Februari 03, 2009, 04:53:19 AM »
liat aja afghanistan, penghasilan utama negaranya dari ganja...
biarlah kita menanam ganja, rokok, dll...buat ekspoert...kita dapat uang, negara lain yang mampus...hehehe
"The pen is mightier than the sword"

Offline ryoma

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 418
  • IQ: 17
  • Gender: Pria
  • i am not lucky, just a hope, calm, and happy..!
    • Jurnal Milzam
Re: HaRAM ngerokok ma gOLpUT ?
« Jawab #20 pada: Februari 03, 2009, 05:27:52 AM »
liat aja afghanistan, penghasilan utama negaranya dari ganja...
biarlah kita menanam ganja, rokok, dll...buat ekspoert...kita dapat uang, negara lain yang mampus...hehehe

hahahah , , , ,ya harusnya gitu diharamkan tapi harus da solusinya jngn maen haram ndiri ja , , kan dampak dari peng-haraman ada  , , ,



gmna klo indo berusaha jadi pengekspor rokok dunia , , ,wkkwkw



hebat jga tuh pi bgsanya ndiri gag ngerokok , , ,wah2 indo bkal ditunjuk ma PBB jadi dewan lingkungan hijau , , , ,



^^



setuju gag ?

Ekspor sih mungkin bakal gak dapet, negara orang lain banyak yang keburu sadar kalo rokok emang bahaya, terutama negara maju.

Kalo ekspor rokok ya sama aja ngotorin lingkungan hijau, ya kan?  :-\

Offline biobio

  • Staff
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 2.476
  • IQ: 221
  • Gender: Pria
  • Tjiasmanto, Wewin
Re: HaRAM ngerokok ma gOLpUT ?
« Jawab #21 pada: Februari 03, 2009, 05:33:43 AM »
Ekspor sih mungkin bakal gak dapet, negara orang lain banyak yang keburu sadar kalo rokok emang bahaya, terutama negara maju.
tuh si afghanistan bisa..

Offline ryoma

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 418
  • IQ: 17
  • Gender: Pria
  • i am not lucky, just a hope, calm, and happy..!
    • Jurnal Milzam
Re: HaRAM ngerokok ma gOLpUT ?
« Jawab #22 pada: Februari 03, 2009, 06:22:08 AM »

iya, mungkin kan 99% aja enggak, ehehe. Cuma prediksi doank. (faktanya 'masih' males nyari, hihi  ;D)

Offline h4ry

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 541
  • IQ: 22
  • Gender: Pria
  • Sweet
Re: HaRAM ngerokok ma gOLpUT ?
« Jawab #23 pada: Februari 03, 2009, 07:50:40 AM »
kan bagi negara sendiri , ,hohoho


klo perlu pabrik rokoknya jga jga dipindah , , so ind gag bkal masuk 10 besar neg yang melakukan pencemaran , ,hohoho  ;D ;D ;D

Offline YONJK

  • Asisten Dosen
  • ***
  • Tulisan: 96
  • IQ: 20
  • Gender: Pria
  • How A U ?
Re: HaRAM ngerokok ma gOLpUT ?
« Jawab #24 pada: Februari 03, 2009, 08:08:31 AM »
Boleh juga tuh merokok diharamkan ,soalnya merokok kan dampak buruknya jauh lebih berbahaya daripada keuntungannya.emang sih rokok salah satu penyuplai besar keuangan indonesia tapi gangguan kesehatan yang disebabkan rokok jauh lebih merugikan.
jadi oke juga kalau rokok diharamkan.

Kalau golput sih aku bingung nih kok sampai bisa diharamkan
I say How A U to U...

Offline rawWARus

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 639
  • IQ: 108
  • Gender: Pria
Re: HaRAM ngerokok ma gOLpUT ?
« Jawab #25 pada: Februari 08, 2009, 04:23:34 PM »
yg jelas dalam hukum fikih islam nya ga ada rokok haram, cuma makruh...apa lagi golput...
mendingan dari pada fatwa lebih baik peraturan pemerintah yg resmi aja sekalian....
SeSuATu KarYa MaNusIa SerIng BeRaWaL dAri MimPI, MaKA eKSpresIkan MImpimU DenGAN Sains...
DaLAm HaL KeDUniAwiAn TAk AdA hAl yG tAk mUNgkin...

Offline ray

  • Mahasiswa
  • **
  • Tulisan: 40
  • IQ: 4
Re: HaRAM ngerokok ma gOLpUT ?
« Jawab #26 pada: Februari 12, 2009, 03:09:32 PM »
ma2f saya anggota baru................
saya ingin menanyakan salah satu kutipan MUI yg menfatwakan bahwasannya roko di haram dan terjadi kesifatan makruh dan menurut MUI makruh di sini terbagi menjadi 2 tingkatan:
1. makruh yang mendekati haram
2. makruh yang tidak mendekati haram
maksud dari kedua makruh tersebut pa??????????????
 

Offline soni sascori

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 115
  • IQ: 20
  • Gender: Pria
Re: HaRAM ngerokok ma gOLpUT ?
« Jawab #27 pada: Februari 13, 2009, 01:43:31 PM »
Ini lagi buka masalah bahaya merokok,, GW dah bosen....!

yang jelas gw belum niat untuk berhenti merokok.
n_COn

Offline ryoma

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 418
  • IQ: 17
  • Gender: Pria
  • i am not lucky, just a hope, calm, and happy..!
    • Jurnal Milzam
Re: HaRAM ngerokok ma gOLpUT ?
« Jawab #28 pada: Februari 14, 2009, 04:53:43 AM »
Ini lagi buka masalah bahaya merokok,, GW dah bosen....!

ehehe, kalo udah bosen ya udah, gak usah ngambek kk.  ;D

Offline eternal_aeon

  • Mahasiswa
  • **
  • Tulisan: 48
  • IQ: 0
Re: HaRAM ngerokok ma gOLpUT ?
« Jawab #29 pada: Februari 14, 2009, 02:24:54 PM »
Klo rokok membuat seorang bapak kecanduan dan mengorbankan keuangan keluarga buat beli rokoknya gw setuju klo rokok diharamkan 

 

Related Topics

  Subyek / Dimulai oleh Jawaban Tulisan terakhir
7 Jawaban
7761 Dilihat
Tulisan terakhir September 30, 2009, 01:59:48 PM
oleh Ginji
31 Jawaban
23190 Dilihat
Tulisan terakhir Mei 06, 2009, 04:59:32 PM
oleh Mtk Kerajaan Mataram
Facebook Haram?

Dimulai oleh biobio « 1 2 ... 5 6 » Sosial dan Politik

75 Jawaban
39587 Dilihat
Tulisan terakhir Agustus 16, 2009, 10:23:08 PM
oleh L
118 Jawaban
49494 Dilihat
Tulisan terakhir Desember 01, 2014, 02:04:18 AM
oleh mhyworld
19 Jawaban
8989 Dilihat
Tulisan terakhir Juli 26, 2011, 07:09:51 AM
oleh ?