Forum Sains Indonesia

Ilmu Sosial => Sosial dan Politik => Topik dimulai oleh: h4ry pada Januari 27, 2009, 11:19:10 PM

Judul: HaRAM ngerokok ma gOLpUT ?
Ditulis oleh: h4ry pada Januari 27, 2009, 11:19:10 PM
hmm , , ,baru2 ni MUI kan ngeluarin tuh , , ,hal2 haram yang terbaru , ,



gmna yah klo kalian setuju gag ?


^^
Judul: Re: HaRAM ngerokok ma gOLpUT ?
Ditulis oleh: superstring39 pada Januari 29, 2009, 04:57:45 AM
Wakil Ketua Komisi Fatwa Majelis Ulama Indonesia (MUI) Ali Mustafa Ya’qub menjelaskan, ijtimak ulama memutuskan merokok hukumnya ’’dilarang’’, yakni antara haram dan makruh. Maksudnya, hukumnya “makruh” bagi orang-orang pada umumnya, tetapi haram bagi orang tertentu atau dalam keadaan tertentu. Yang diharamkan merokok adalah “ibu-ibu hamil, anak-anak, di tempat umum, dan pengurus MUI,” katanya di aula Perguruan Dinniyah Putri, Jalan Abdul Hamid Hakim, Padang Panjang, Sumatera Barat (Sumbar), Ahad (25/1). (Sumber: Riau Pos) (Catatan: Makruh itu sendiri terdiri dari dua macam: [1] makruh yang dekat dengan halal dan [2] makruh yang dekat dengan haram. Dalam fatwa MUI ini, hukum rokok adalah makruh yang dekat dengan haram.)

Kalo masalah golput... memang dalam Islam setiap muslim wajib mengikuti pemimpin jika pemimpinnya bener kalo pemimpinnya enggak bener ya enggak mesti diikutin.
Judul: Re: HaRAM ngerokok ma gOLpUT ?
Ditulis oleh: biobio pada Januari 29, 2009, 07:01:04 AM


Kalo masalah golput... memang dalam Islam setiap muslim wajib mengikuti pemimpin jika pemimpinnya bener kalo pemimpinnya enggak bener ya enggak mesti diikutin.
wah, bener ato ga bener kan masalah pendapat kita ya... misalnya kita berpendapat capres tidak ada yang bener, boleh dnk golput?
Judul: Re: HaRAM ngerokok ma gOLpUT ?
Ditulis oleh: utusan langit pada Januari 29, 2009, 11:03:14 AM
yang diharamkan ini golputnya bener-bener apatis dan bukan golput karena tidak suka para calonnya,..
Judul: Re: HaRAM ngerokok ma gOLpUT ?
Ditulis oleh: soni sascori pada Januari 29, 2009, 11:16:48 AM
merokok haram,,,,!

tapi putusannya aneh....
HARAM tapi ada syaratnya,,,
cuma haram untuk anak2 dan ibu hamil
dan merokok di t4 umum.....

yanhg namanya haram harus kepada semua pihak (islam)
Judul: Re: HaRAM ngerokok ma gOLpUT ?
Ditulis oleh: utusan langit pada Januari 29, 2009, 11:19:18 AM
tapi kan bukan haram, tapi dilarang,.. liat tu postingan superstring,..
Judul: Re: HaRAM ngerokok ma gOLpUT ?
Ditulis oleh: soni sascori pada Januari 29, 2009, 11:32:12 AM
yach,,, tapi ujung2nya juga sama haram.
 klo golput itu hal yang wajar,,,, masyarakat sudah kehilangan kepercayaan kepada calon pemimpin
siapa yang mau percaya klo sering di bohongi...?
Judul: Re: HaRAM ngerokok ma gOLpUT ?
Ditulis oleh: utusan langit pada Januari 29, 2009, 11:38:24 AM
jadi bukan Haram,.. memang masih condongnya ke HARAM tapi bukan murni haram,
kalo gitu gini de,.. Haram dengan syarat,...
larangan kan bisa ditujukan untuk orang-orang tertentu saja,..

seperti belut, kan kalo jijik jadi haram,..
Judul: Re: HaRAM ngerokok ma gOLpUT ?
Ditulis oleh: soni sascori pada Januari 29, 2009, 11:41:34 AM
haram kok pake syarat,,,,?
belut.....? sama juga sama babi,anjing, tikus, monyet, haram untuk pemeluk agama kita..
Judul: Re: HaRAM ngerokok ma gOLpUT ?
Ditulis oleh: utusan langit pada Januari 29, 2009, 11:43:53 AM
lha karo untuk agama lain kan Wallahu'alam,..
Judul: Re: HaRAM ngerokok ma gOLpUT ?
Ditulis oleh: soni sascori pada Januari 29, 2009, 11:45:39 AM
 :D ya klo menutur kmu haram ya tidak apa2....

saya belum berniat untuk berhenti merokok.... :D
Judul: Re: HaRAM ngerokok ma gOLpUT ?
Ditulis oleh: dewa ruci pada Januari 30, 2009, 05:48:35 AM
iy beTuL ituw kta kAng uTusan LangiT...

kan daLam mnenTukan hkUm atas sesuatu daPat diLihat dari bBerapa sDut pNdang..
misaLnya bElut tadiy..sebENarnya kan hewan air murni (pisces) tidak hRam untuk dimaKan.Namun,,jiKa yG mau mKan itu merasa jijik,,kan hukumnya jadi haRam...

niKah aja Lho bisa Hram hukumnya kLo niaTnya jeLek..

jadiy untuk msaLah mRokok ini,,hRam hkumnya daLam aspek tertentu..
kLo kita menganaLogikan dengan masaLah2 yang2 bRusan sya post..
Judul: Re: HaRAM ngerokok ma gOLpUT ?
Ditulis oleh: superstring39 pada Januari 30, 2009, 10:08:10 PM
wah, bener ato ga bener kan masalah pendapat kita ya... misalnya kita berpendapat capres tidak ada yang bener, boleh dnk golput?
ini bukan masalah pendapat saja melainkan aturan yang baku tentang syarat-syarat sebagai pemimpin sudah diatur dalam undang-undang. misalnya calon yang menggunakan politik uang ya gak boleh dipilih.

merokok haram,,,,!

tapi putusannya aneh....
HARAM tapi ada syaratnya,,,
cuma haram untuk anak2 dan ibu hamil
dan merokok di t4 umum.....

yanhg namanya haram harus kepada semua pihak (islam)

memang dalam Islam beberapa hukum bersifat kondisional. contoh paling umum adalah sholat, semua umat Islam wajib melakukan sholat 5 waktu, tapi bagi yang sudah baligh(dewasa) batasannya sudah diatur sedangkan untuk anak-anak hukumnya tidak wajib, bahkan untuk wanita yang sedang haid hukumnya menjadi haram.

:D ya klo menutur kmu haram ya tidak apa2....

saya belum berniat untuk berhenti merokok.... :D
ya MUI kan mengeluarkan fatwa hanya untuk umat muslim saja, untuk yang lain sih enggak ada urusa.
Judul: Re: HaRAM ngerokok ma gOLpUT ?
Ditulis oleh: h4ry pada Januari 31, 2009, 07:03:18 AM
sbb , ,,aduh2 sibuk bnyak kerjaan , , hhehehehe




^^a




yah2 waktu saiia nonton di tv-one jga begitu , , ,haram knp ada batasannya , , ,




sama ja itu tanggung2 dan tidak tegas , ,masih diberi kelonggaran , , tul gag ?




sam ja kyk mkan babi , ,itu haram total gag setengah2 , , ,kesannya jadi kurang tegas klo setengah2 , , mnrut saiia sih , ,



pi gawat jga tuh bagi indo klo sampe diharamin bisa2 investasi terbesar negara bisa luput , , hohohoho



^^



klo golput , , ,bner tuh klo masyrkt golput karena sudah bosan diberikan janji2 manis , ,wkwkwk




begitu yang saiia liat di tv ?


gmna ?
Judul: Karyawati Pabrik Rokok Sering Periksa Paru-Paru
Ditulis oleh: penulispemula pada Januari 31, 2009, 08:23:26 PM
SURABAYA  - Karyawati pabrik rokok di Surabaya ternyata sering periksa ke Poli Penyakit Paru Instalasi Rawat Jalan (IRJ) Rumah Sakit Umum (RSU) dr Soetomo. Kebanyakan dari mereka mengeluhkan gangguan pernapasan, asma, bronkitis, hingga penyakit tuberculosis.

Rata rata jumlah pasien setiap hari yang periksa di Poli Penyakit Paru IRJ RSU dr Soetomo ini mencapai 80-100 pasien. Dari jumlah itu, sekitar 30% adalah karyawati pabrik rokok ternama di Surabaya yang setiap hari bekerja di dalam pabrik. Sedangkan, selebihnya adalah pasien yang mengalami gangguan akibat rokok dan polusi udara. 

"Setiap hari selalu ada saja karyawati pabrik rokok yang periksa karena gangguan asma, bronkitis, sesak napas, hingga tuberculosis di Poli Penyakit Paru IRJ RSU dr Soetomo ini. Namun, karyawati yang periksa ini seluruh biaya periksa, pengobatan, hingga perawatan ditanggung sepenuhnya oleh pihak perusahaan," ujar petugas administrasi di Poli Penyakit Paru IRJ RSU dr Soetomo, Nuri (43), Jumat (30/1/2009).

Dia mengatakan, karyawati pabrik rokok yang menderita gangguan pernapasan ini sebagian besar menjalani rawat jalan. Namun, kata dia, mereka yang sudah parah langsung menjalani rawat inap di lantai dua Staf Medik Fungsional (SMF) Paru.

Menurut Kepala SMF Paru RSU dr Soetomo, dr Slamet Hariadi SpP (K) menyatakan, dari jumlah pasien yang periksa ke Poli Penyakit Paru IRJ sehari rata rata 100 orang, 15-20% di antaranya terkena kanker paru. (Muhammad Roqib/Sindo/fit)
sumber:okezone.com
<hr>
jadi, wajarlah rokok haram.... efeksnya aja bukan saja bagi si peroko juga peroko pasif bakhan si pemuah rokok juga kena getahnya.... kasihan
saya, kebetulan tidak seorang perokok, tapi melihat dengan kondisi ekonomi rakyat. kebijkan ini salah tidak salah melainkan. waktu dan kondisinya aja yang salah.. kita mw bilang apa lagi. di beberapa daerah banyak petani,rakyat bergantung pada roko. bahkan sebagai sumber penghasilannya.
permasalahannya ialah. pemerintah belum mampu menyedia pemecahan solusi kebijakan ini sendiri.
sederhanya, jika petani dilarang menanam tembakau, alternatifnya apa bidang usaha tani yang dimajukan. karena, banyak petani bergantung dari hitungan yang tidak sedikit dari hasil tembakau.
kemudian, beras dan pokok lainnya sulit di andalkann yang mampu menopang petani sendiri saat ini.
kalu kita mau berfikit efektif, sekarang perokok lebih baik di lokalisasi saja.... dengan sendirinya nanti pasti sadar bahwa merokok memang berdapat pada positif dan negatif. tinggal pilih mana? terserah anda...

tapi jangan meroko di depan saya,,, hem.... bisa perang mulut dah..heheheee
Judul: Re: HaRAM ngerokok ma gOLpUT ?
Ditulis oleh: h4ry pada Januari 31, 2009, 10:38:43 PM
hahahah , , , ,ya harusnya gitu diharamkan tapi harus da solusinya jngn maen haram ndiri ja , , kan dampak dari peng-haraman ada  , , ,



gmna klo indo berusaha jadi pengekspor rokok dunia , , ,wkkwkw



hebat jga tuh pi bgsanya ndiri gag ngerokok , , ,wah2 indo bkal ditunjuk ma PBB jadi dewan lingkungan hijau , , , ,



^^



setuju gag ?
Judul: Re: HaRAM ngerokok ma gOLpUT ?
Ditulis oleh: ryoma pada Februari 01, 2009, 12:58:28 AM
Kalo haram ngerokok berarti juga memproduksinya haram, soalnya ngebuat orang lain ngelakuin merokok yang katanya haram. Kalo memproduksinya haram berarti pabrik bersama keuntungannya juga haram, karena sudah membuat produksi yang nantinya untuk merokok yang haram itu. Kalo keuntungannya haram berarti pendapatan negara yang didapat juga haram. Kalo pendapatan negara (yang rokok) haram berarti, kita gak boleh ngegunainnya dong?

Akhirnya kalo kita ikut memproduksi atau ngegunain pendapatan yang asalnya dari rokok, kita sama aja orang yang ngerokok, bukan begitu? Pada akhirnya kan saling kait-mengait juga haramnya. :D
Judul: Re: HaRAM ngerokok ma gOLpUT ?
Ditulis oleh: h4ry pada Februari 01, 2009, 04:48:19 AM
wah berarti kita makan uang haram donkz ,  ,coz plg bnak investasi kan pabrik rokok , , ,
Judul: Re: HaRAM ngerokok ma gOLpUT ?
Ditulis oleh: ryoma pada Februari 01, 2009, 06:06:33 AM
ya, kalo rokok memang haram.  :D  :)
Judul: Re: HaRAM ngerokok ma gOLpUT ?
Ditulis oleh: biobio pada Februari 03, 2009, 04:53:19 AM
liat aja afghanistan, penghasilan utama negaranya dari ganja...
biarlah kita menanam ganja, rokok, dll...buat ekspoert...kita dapat uang, negara lain yang mampus...hehehe
Judul: Re: HaRAM ngerokok ma gOLpUT ?
Ditulis oleh: ryoma pada Februari 03, 2009, 05:27:52 AM
liat aja afghanistan, penghasilan utama negaranya dari ganja...
biarlah kita menanam ganja, rokok, dll...buat ekspoert...kita dapat uang, negara lain yang mampus...hehehe

hahahah , , , ,ya harusnya gitu diharamkan tapi harus da solusinya jngn maen haram ndiri ja , , kan dampak dari peng-haraman ada  , , ,



gmna klo indo berusaha jadi pengekspor rokok dunia , , ,wkkwkw



hebat jga tuh pi bgsanya ndiri gag ngerokok , , ,wah2 indo bkal ditunjuk ma PBB jadi dewan lingkungan hijau , , , ,



^^



setuju gag ?

Ekspor sih mungkin bakal gak dapet, negara orang lain banyak yang keburu sadar kalo rokok emang bahaya, terutama negara maju.

Kalo ekspor rokok ya sama aja ngotorin lingkungan hijau, ya kan?  :-\
Judul: Re: HaRAM ngerokok ma gOLpUT ?
Ditulis oleh: biobio pada Februari 03, 2009, 05:33:43 AM
Ekspor sih mungkin bakal gak dapet, negara orang lain banyak yang keburu sadar kalo rokok emang bahaya, terutama negara maju.
tuh si afghanistan bisa..
Judul: Re: HaRAM ngerokok ma gOLpUT ?
Ditulis oleh: ryoma pada Februari 03, 2009, 06:22:08 AM

iya, mungkin kan 99% aja enggak, ehehe. Cuma prediksi doank. (faktanya 'masih' males nyari, hihi  ;D)
Judul: Re: HaRAM ngerokok ma gOLpUT ?
Ditulis oleh: h4ry pada Februari 03, 2009, 07:50:40 AM
kan bagi negara sendiri , ,hohoho


klo perlu pabrik rokoknya jga jga dipindah , , so ind gag bkal masuk 10 besar neg yang melakukan pencemaran , ,hohoho  ;D ;D ;D
Judul: Re: HaRAM ngerokok ma gOLpUT ?
Ditulis oleh: YONJK pada Februari 03, 2009, 08:08:31 AM
Boleh juga tuh merokok diharamkan ,soalnya merokok kan dampak buruknya jauh lebih berbahaya daripada keuntungannya.emang sih rokok salah satu penyuplai besar keuangan indonesia tapi gangguan kesehatan yang disebabkan rokok jauh lebih merugikan.
jadi oke juga kalau rokok diharamkan.

Kalau golput sih aku bingung nih kok sampai bisa diharamkan
Judul: Re: HaRAM ngerokok ma gOLpUT ?
Ditulis oleh: rawWARus pada Februari 08, 2009, 04:23:34 PM
yg jelas dalam hukum fikih islam nya ga ada rokok haram, cuma makruh...apa lagi golput...
mendingan dari pada fatwa lebih baik peraturan pemerintah yg resmi aja sekalian....
Judul: Re: HaRAM ngerokok ma gOLpUT ?
Ditulis oleh: ray pada Februari 12, 2009, 03:09:32 PM
ma2f saya anggota baru................
saya ingin menanyakan salah satu kutipan MUI yg menfatwakan bahwasannya roko di haram dan terjadi kesifatan makruh dan menurut MUI makruh di sini terbagi menjadi 2 tingkatan:
1. makruh yang mendekati haram
2. makruh yang tidak mendekati haram
maksud dari kedua makruh tersebut pa??????????????
 
Judul: Re: HaRAM ngerokok ma gOLpUT ?
Ditulis oleh: soni sascori pada Februari 13, 2009, 01:43:31 PM
Ini lagi buka masalah bahaya merokok,, GW dah bosen....!

yang jelas gw belum niat untuk berhenti merokok.
Judul: Re: HaRAM ngerokok ma gOLpUT ?
Ditulis oleh: ryoma pada Februari 14, 2009, 04:53:43 AM
Ini lagi buka masalah bahaya merokok,, GW dah bosen....!

ehehe, kalo udah bosen ya udah, gak usah ngambek kk.  ;D
Judul: Re: HaRAM ngerokok ma gOLpUT ?
Ditulis oleh: eternal_aeon pada Februari 14, 2009, 02:24:54 PM
Klo rokok membuat seorang bapak kecanduan dan mengorbankan keuangan keluarga buat beli rokoknya gw setuju klo rokok diharamkan 
Judul: Re: HaRAM ngerokok ma gOLpUT ?
Ditulis oleh: eternal_aeon pada Februari 14, 2009, 02:28:29 PM
klo golput seh gw berpendapat setiap orang berhak memilih sesuai dengan hati nuraninya termasuk memilih untuk tidak memilih jika hati nuraninya memilih hal tersebut.
Judul: Re: HaRAM ngerokok ma gOLpUT ?
Ditulis oleh: ryoma pada Februari 14, 2009, 10:13:43 PM
kalo soal golput, saya lebih mending berusaha untuk memilih. Melatih ketegasan dalam bertindak, apalagi kalo pemilihan itu darurat. Kalo berusaha gak ada hasil yang diinginkan, Ya, dengan sangat terpaksa, golput jadi pilihan.  :)
Judul: Re: HaRAM ngerokok ma gOLpUT ?
Ditulis oleh: biobio pada Februari 17, 2009, 06:12:40 AM
kalo soal golput, saya lebih mending berusaha untuk memilih. Melatih ketegasan dalam bertindak, apalagi kalo pemilihan itu darurat.
Kalau saya, melatih ketegasan bertindak langsung saja pastikan golput! Presiden siapa pun terbukti tidak ada perbaikan. Jangan bicara bahasa ilmiah, saya orang awam nih...yang jelas ga suka aja jalan di depan rumah saya banjir terus dari saya lahir dulu sampai sekarng.
Judul: Re: HaRAM ngerokok ma gOLpUT ?
Ditulis oleh: ghostdoors pada Februari 17, 2009, 07:33:29 AM
Itulah Indonesia................
segalanya telah dipolitisasi.........
asal bau duit dan menguntungkan pihak tertentu, segalanya dihalalkan.............
ga malu apa dg predikat negara yg berTuhan...???
inikah demokrasi Bung....????
bukankah kita py hak.....????
F#CK GOVERMENT....!!!!
Judul: Re: HaRAM ngerokok ma gOLpUT ?
Ditulis oleh: utusan langit pada Februari 17, 2009, 09:38:04 AM
ya, kita lihat saja nantinya,...
banyak kok Fatwa MUI yang jadi angin lalu,
tapi banyak juga yang dituruti sampai saat ini.
Judul: Re: HaRAM ngerokok ma gOLpUT ?
Ditulis oleh: ray pada Februari 18, 2009, 12:16:40 AM
sebener'a GOLPUT merupakan tindakan yg tdk bertanggung jawab dari rakyat,pemilihan umum mrupakn kewajiban qta sebagai warga indonesia.se2orang yg GOLPUT brarti ia tdk mendukung jalan'a roda pemerintahan,kata'a kekuasan tertnggi ada d tangn rakyat. pi mana bukti'a...................
Judul: Re: HaRAM ngerokok ma gOLpUT ?
Ditulis oleh: pai99 pada Februari 18, 2009, 04:42:35 AM
biar ga golput,,

dateng ke tempat pencoblosan, coblos semuanyaa...
hohoho

ga golput kan tuw.. (^c^)v
Judul: Re: HaRAM ngerokok ma gOLpUT ?
Ditulis oleh: ryoma pada Februari 18, 2009, 05:07:23 AM
Presiden siapa pun terbukti tidak ada perbaikan.

itulah yang disayangkan.  :(

biar ga golput,,

dateng ke tempat pencoblosan, coblos semuanyaa...
hohoho

ga golput kan tuw.. (^c^)v

mungkin bukan golput, tapi menyerupai golput.  ;D
Judul: Re: HaRAM ngerokok ma gOLpUT ?
Ditulis oleh: ray pada Februari 19, 2009, 06:07:55 AM
biar ga golput,,

dateng ke tempat pencoblosan, coblos semuanyaa...
hohoho

ga golput kan tuw.. (^c^)v
pemikiran seperti inilah yg harus kita sama2 luruskan y klo gthu c sama ja dengn GOLPUT malah lebih parah
menurut UU KPU,seorang warga indo hnya boleh memilih tdk boleh dari satu (cma lupa pasal brapa y  :D :D :D :D :D)
Judul: Re: HaRAM ngerokok ma gOLpUT ?
Ditulis oleh: MilkShake pada Februari 19, 2009, 08:15:34 PM
kalo mo gulput sih terserah saja
itu khan hak pribadi
cuma harus tahu dan sadar akan konsekwensinya yaitu kehilangan hak untuk turut serta dalam pemerintahan
jadi, jika pemerintahan yang baru sudah terpilih
orang yang golput tersebut tidak boleh protes apalagi mencaci maki pemerintahan tersebut
harus konsekwen donk
gak milih kok protes

kita ambil contoh yang paling sederhana saja
yaitu: dalam pemilihan calon ketua kelas
ketika yang laen ikut pemilihan tersebut sedangkan ada beberapa orang yang memilih untuk keluar ruangan dan tidak ikut dalam kegiatan pemilihan ketua kelas lalu ketika ketua kelas telah terpilih dia mencaci maki dan mengatur apa yang harus dilakukan seakan2 dia lebih jago dan berpengalaman
bagaimana perasaan orang2 yang ikut melakukan pemilihan ketua kelas tersebut?
pasti jengkel khan?

nah... itulah yang terjadi saat ini
orang2 yang menyerukan golput itu waktu memerintah juga sama saja
gak becus
itu khan propaganda agar dia bisa kembali berkuasa
karena sebenarnya dia ingin berkuasa tetapi tidak mampu
Judul: Re: HaRAM ngerokok ma gOLpUT ?
Ditulis oleh: ray pada Februari 20, 2009, 12:12:52 AM
kalo mo gulput sih terserah saja
itu khan hak pribadi
cuma harus tahu dan sadar akan konsekwensinya yaitu kehilangan hak untuk turut serta dalam pemerintahan

klo boleh nambahin ni y dari MilkSHAKE, memang bener klo da yg mao golput silahkan ja pi permasalahannya pemilihan itu menjadi tanggungjawab kita lho, bahkan pemilu itu kewajiban kita untuk mengikuti aturan yg berlaku dan hak kita ntuk memilh lho
Judul: Re: HaRAM ngerokok ma gOLpUT ?
Ditulis oleh: paladin-x pada Mei 11, 2009, 05:42:42 AM
Secara pribadi menurut saya, HARAM, karena banyak menimbulkan negatifnya dibanding positif. (tidak kondisional)

Kalo Golput mah terserah masing-masing pribadi.
Judul: Re: HaRAM ngerokok ma gOLpUT ?
Ditulis oleh: skuler pada Mei 13, 2009, 09:17:43 AM
temen2 yg baiiiiikkk... ada yg nanya tuuu.... gw jg penasaran ama jawabannya......

saya ingin menanyakan salah satu kutipan MUI yg menfatwakan bahwasannya roko di haram dan terjadi kesifatan makruh dan menurut MUI makruh di sini terbagi menjadi 2 tingkatan:
1. makruh yang mendekati haram
2. makruh yang tidak mendekati haram
maksud dari kedua makruh tersebut pa??????????????
Judul: Re: HaRAM ngerokok ma gOLpUT ?
Ditulis oleh: biobio pada Mei 14, 2009, 09:22:23 AM
makruh itu kalau gak salah adalah hal yang dalam islam tidak dianjurkan dan tidak juga dilarang...tul g?
Judul: Re: HaRAM ngerokok ma gOLpUT ?
Ditulis oleh: utusan langit pada Mei 14, 2009, 09:23:26 AM
betul,
saat meninggalkannya dapat pahala!
Judul: Re: HaRAM ngerokok ma gOLpUT ?
Ditulis oleh: h4ry pada Mei 19, 2009, 04:49:19 AM
sory baru bales , ,jadi bukn mksd haram donkz ?wah berarti bnyk warga negara RI yang ga dapet pahala dari berhenti ngerokok donkz ? , ,ehehhehe , ,

mank MUI berhak yah buat nentuin itu dosa ini dosa ,dll  ;D ;D ;D
Judul: Re: HaRAM ngerokok ma gOLpUT ?
Ditulis oleh: alvin pratama pada Mei 19, 2009, 06:23:15 AM
sory baru bales , ,jadi bukn mksd haram donkz ?wah berarti bnyk warga negara RI yang ga dapet pahala dari berhenti ngerokok donkz ? , ,ehehhehe , ,

mank MUI berhak yah buat nentuin itu dosa ini dosa ,dll  ;D ;D ;D
@hary
maksudnya gini,
kalu haram sih gak,tapi MAKRUH aja.
pahala itu kan diberikan Allah kepada umatnya yang telah mengerjakan perintah2Nya.
soal nanngung dosa,bukan MUI yang nentuin,tapi telah ditulis jelas dlm Al-quran.
jadi barangsiapa melakukan (merokok) itu tidak dosa,dan meninggalkan(merokok)mendapatkan pahala.
klu aq sih ya,tetep aja mau ngerokok......
soalnya rokok itu nyawa kedua aq. ;D
kan yang penting ngerokok tu gak dosa.. ;D
klu haram beneran....
baru aq nanti protes ke MUI...
Judul: Re: HaRAM ngerokok ma gOLpUT ?
Ditulis oleh: h4ry pada Mei 19, 2009, 07:20:33 AM
oh , , ,hohohoho , ,emang kebiasaan ga bisa dilepaskan gitu aj
Judul: Re: HaRAM ngerokok ma gOLpUT ?
Ditulis oleh: alvin pratama pada Mei 19, 2009, 07:33:13 AM
begitulah om ;D ;D ;D ;D ;D
memang perokok berat.. ::) ::)
Judul: Re: HaRAM ngerokok ma gOLpUT ?
Ditulis oleh: h4ry pada Mei 21, 2009, 04:24:39 AM
begitulah om ;D ;D ;D ;D ;D
memang perokok berat.. ::) ::)
dosanya berat ga ya  ::) ::) ::) ::) ::)

^^V pizz
Judul: Re: HaRAM ngerokok ma gOLpUT ?
Ditulis oleh: biobio pada Mei 21, 2009, 10:16:52 AM
dosanya berat ga ya
ngrokok mah ga dosa...
Judul: Re: HaRAM ngerokok ma gOLpUT ?
Ditulis oleh: alvin pratama pada Mei 21, 2009, 10:19:09 AM
ngrokok mah ga dosa...
mantap nihhhhhhh
aq setuju ama om biobio   ::) ::) ::) ::) ::) ::)
Judul: Re: HaRAM ngerokok ma gOLpUT ?
Ditulis oleh: h4ry pada Mei 23, 2009, 03:47:40 AM
bukannya sam ja ngerusak tuubuh yah > ?  ;D ;D ;D
Judul: Re: HaRAM ngerokok ma gOLpUT ?
Ditulis oleh: paladin-x pada Mei 23, 2009, 12:59:33 PM
dosa mah urusan Tuhan, kayaknya gak perlu menilai sesuatu dosa apa gak sih
Judul: Re: HaRAM ngerokok ma gOLpUT ?
Ditulis oleh: ryoma pada Mei 24, 2009, 03:25:08 AM
kayaknya gak perlu menilai sesuatu dosa apa gak sih

tapi kan kita diberikan akal utk berpikir.. mana yang sebaiknya dilakukan dan tidak..  ;D

jangan takut dosanya aja, akibatnya juga dong..  ;D

piss ah..  ;) ;D
Judul: Re: HaRAM ngerokok ma gOLpUT ?
Ditulis oleh: biobio pada Mei 24, 2009, 07:53:27 AM
bukannya sam ja ngerusak tuubuh yah > ?  ;D ;D ;D
makan permen banyak2 juga ngrusak tubuh, soalnya bisa kencing manis...makan enak2 banyak2 juga ngrusak tubuh soalnya bisa kolesterol....gak ngrokok juga ngrusak tubuh, soalnya stress... ya ga om alpin?
Judul: Re: HaRAM ngerokok ma gOLpUT ?
Ditulis oleh: alvin pratama pada Mei 24, 2009, 09:24:42 AM
makan permen banyak2 juga ngrusak tubuh, soalnya bisa kencing manis...makan enak2 banyak2 juga ngrusak tubuh soalnya bisa kolesterol....gak ngrokok juga ngrusak tubuh, soalnya stress... ya ga om alpin?
setujuuuuuuuu
om biobio.
aq tambah sayang deh ama biobio yang imut2.. ::) ::) ::) ::) ::)
Judul: Re: HaRAM ngerokok ma gOLpUT ?
Ditulis oleh: h4ry pada Mei 26, 2009, 12:22:56 AM
wkwkwk , , payah jga yah ?  :o :o :o :o :o ,ya sudah ngerokok ga dosa ,huehuehue , , boleh jga tuh ntar gw tanyain ah ke gereja ^^
Judul: Re: HaRAM ngerokok ma gOLpUT ?
Ditulis oleh: alvin pratama pada Mei 26, 2009, 02:12:21 AM
wkwkwk , , payah jga yah ?  :o :o :o :o :o ,ya sudah ngerokok ga dosa ,huehuehue , , boleh jga tuh ntar gw tanyain ah ke gereja ^^
palingan klu om hary tanya ke greja pasti dpt jawaban kalu ngerokok itu gak boleh...
ada ayatnya tuh.. " Atau tidak tahukah kamu, bahwa tubuhmu adalah bait Roh Kudus yang diam di dalam kamu, Roh Kudus yang kamu peroleh dari Allah, --dan bahwa kamu bukan milik kamu sendiri?" 1 korintus 6:19)
Judul: Re: HaRAM ngerokok ma gOLpUT ?
Ditulis oleh: biobio pada Mei 26, 2009, 03:53:23 AM
tapi ayat itu kalau kita perhatikan lebih lanjut tidak cocok untuk larangan merokok... mengapa? seperti yang saya bilang tadi: permen kalau kebanyakan bisa diabetes, babi kalau kebanyakan bisa kolesterol, dan tidak ngerokok bisa buat orang stress... bukankah juga ngrusak tubuh?
Judul: Re: HaRAM ngerokok ma gOLpUT ?
Ditulis oleh: ryoma pada Mei 26, 2009, 05:44:21 AM
tidak ngerokok bisa buat orang stress...

secara sosial, ngerokok di sana bermanfaat ya..  :)

seperti halnya maniak internet seperti saya dilarang berinternetan? (saya tidak mau!  ;D )
Judul: Re: HaRAM ngerokok ma gOLpUT ?
Ditulis oleh: anni3 pada Mei 26, 2009, 05:54:31 AM
mungkin bagi mereka yang telah kecanduan rokok menganggap rokok sangat berguna baik untuk sosial dll. Tapi aku sangat kesal dengan para perokok yang tidak memperdulikan orang2 disekitarnya dengan merokok di tempat umum. Bukankah itu artinya merugikan orang lain?

Sekarang katanya F*cebook diharamkan... tidak!!!!