Gunakan MimeTex/LaTex untuk menulis simbol dan persamaan matematika.

Selamat datang, Pengunjung. Silahkan masuk atau mendaftar. Apakah anda lupa aktivasi email?

Januari 24, 2022, 12:57:32 PM

Masuk dengan nama pengguna, kata sandi dan lama sesi

Topik Baru

Artikel Sains

Anggota
Stats
  • Total Tulisan: 139668
  • Total Topik: 10408
  • Online Today: 69
  • Online Ever: 441
  • (Desember 18, 2011, 12:48:51 AM)
Pengguna Online
Users: 0
Guests: 18
Total: 18

Ikuti ForSa

ForSa on FB ForSa on Twitter

Penulis Topik: Jakarta (dan sebagian besar Indonesia) banjir...  (Dibaca 26459 kali)

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

alinc

  • Pengunjung
Re: Jakarta banjir lagi
« Jawab #15 pada: Februari 07, 2007, 12:47:55 PM »
Wah... banjir besar2an yahh. Kantor2 tutup, speedy dan telkom bermasalah, bank2 bnyk yg tutup, 20 orang meninggal!! parah...

Yang di jakarta siapa aja nih? Yang saya tau alinc kena banjir, ngungsi sekarang  :(... ada yang rumahnya kena juga gak?

Duh, masa tiap tahun yahh musibah yang sama  >:(
lapor .. banjir sudah surut didaerah saya  :P ..
untuk yang diatas kalau dibilang ini siklus 5 tahunan, memang benar . tapi untuk yang separah ini bisa dibilang siklus 30 tahunan .
laporan sementara setelah 4 hari kebanjiran

DeJoko

  • Pengunjung
Re: Jakarta banjir lagi
« Jawab #16 pada: Februari 07, 2007, 10:09:13 PM »
Kutip
wawwwww om djoko orangnya yg punya pandangan luas, full experience..nice

Orang bisa berpandangan luas juga dengan banyak-banyak aktif di forum ini, misalnya.
Lainnya juga dengan perbanyak jam terbang surfing di Internet. ::)
Ada juga orang dengan caranya mencari sumber dari buku.  8)
Ehhh, tau nggak ada perpustakaan gratis terbesar di dunia Internet, disini:
http://books.google.com/
Ini punya google, buku-bukunya yang sudah habis loyaltinya, jadi bisa kita dapatkan disitu. Kabarnya Yahoo juga mau buat dengan koneksi ke Universitas-universitas didunia.  Ini akan membuat kita semakin mudah mendapatkan sumber-sumber ilmu.

Saya mungkin karena sudah sepuh dan perjalanan hidupnya sudah panjang, jadi sampai dibilang begitu. Padahal relatif 'kan  ???

Kutip
Yah tahun ini kan kena SiklusLimaTahun. jadi tahun ini ya kita dapetnya cukup parah ..
Sampah katanya udah ketimbun kira2 100m.. pertamanya ngga percaya. tp setelah liat gambar yang dipajang, kayaknya rakyat kita udah ngga perduli yg namanya sampah.

Bagi yang tinggal di Jabodetabek, tolong diperhatikan wabah penyakit pasca banjir yang akan timbul seperti yang sudah pernah terjadi, yakni wabah kencing tikus. Nggak tahu wabah penyakit yang lainnya. Mohon sekali lagi diperhatikan. :(
Semoga tabah menghadapi cobaan (ahhh, tiap tahun begitu)

 :-*
DeJoko

Offline reborn

  • Founder
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 2.256
  • IQ: 322
  • Gender: Pria
  • ForSa
Re: Jakarta banjir lagi
« Jawab #17 pada: Februari 08, 2007, 01:36:06 AM »
Orang bisa berpandangan luas juga dengan banyak-banyak aktif di forum ini, misalnya.
Lainnya juga dengan perbanyak jam terbang surfing di Internet. ::)
Ada juga orang dengan caranya mencari sumber dari buku.  8)
Ehhh, tau nggak ada perpustakaan gratis terbesar di dunia Internet, disini:
http://books.google.com/
Ini punya google, buku-bukunya yang sudah habis loyaltinya, jadi bisa kita dapatkan disitu. Kabarnya Yahoo juga mau buat dengan koneksi ke Universitas-universitas didunia.  Ini akan membuat kita semakin mudah mendapatkan sumber-sumber ilmu.

Yup, bener. Kabar terakhir om gugel berhasil menggaet Princeton library... asik yahh era digital, serba dipermudah dapet informasi, tinggal orangnya aja mau cari apa ga ;D


Offline reborn

  • Founder
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 2.256
  • IQ: 322
  • Gender: Pria
  • ForSa
Re: Jakarta (dan sebagian besar Indonesia) banjir...
« Jawab #18 pada: Februari 08, 2007, 02:14:05 AM »
jadi ingat ibu kota malaysia yg lagi pindah ke sidoarjo ... kalo yg ini gimana solusinya nih?

Btw, ttg swadaya ya memang lebih utk ke solusi 3 sih. Seberapa besar ya dampak pembuatan sumur2 resapan ke penurunan banjir? (maksudnya, perlu berapa sumur serapan spy pengurangan banjirnya significant --> nggak mencegah sepenuhnya mungkin, tapi kalo bisa mengurangi tingginya air biar nggak 4 meter khan udah lumayan). Kalau yg ini, bisa dikampanyekan di tv oleh LSM lingkungan hidup misalnya, atau dikoordinasikan per RT/kelurahan. Nggak harus nunggu SBY atau sutiyoso bicara toh. Malah kalo representative pemerintah yg bicara, kitanya ngomel2 krn mereka cuma bicara doang.

Emang pernah ibukota malaysia di sidoarjo ??? kok baru denger yahh

Soal sumur resapan, makan aja susah boro-boro saya bikin sumur pak.... pasti gitu jawabnya ntar hehe.... susah dehh :p

btw, denger kabar dari temen di jatinegara. Tim SAR mungut 50rb per kepala utk bawa korban banjir pake perahu karet.... makin gila aja yahh, dah susah masih mo nyari untung... Indonesiaku  :'(

Offline peregrin

  • Global Moderator
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 538
  • IQ: 100
  • Gender: Wanita
  • 'truth' is a lonely thing (J.Gaarder)
Re: Jakarta (dan sebagian besar Indonesia) banjir...
« Jawab #19 pada: Februari 08, 2007, 07:29:14 AM »
kuala lumpur lapindo maksudnya

Kutip
Tim SAR mungut 50rb per kepala utk bawa korban banjir pake perahu karet.... makin gila aja yahh, dah susah masih mo nyari untung...

iya nih... yg kaya gini sering kejadian kalo pas ada musibah di indo  :-[

Free software [knowledge] is a matter of liberty, not price. To understand the concept, you should think of 'free' as in 'free speech', not as in 'free beer'. (fsf)

DeJoko

  • Pengunjung

Offline reborn

  • Founder
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 2.256
  • IQ: 322
  • Gender: Pria
  • ForSa
Re: Jakarta banjir lagi
« Jawab #21 pada: Februari 08, 2007, 10:29:06 AM »
Kok malah berita Poso yahh om?
« Edit Terakhir: Februari 08, 2007, 10:30:41 AM oleh Admin »

Rykov

  • Pengunjung
Re: Jakarta banjir lagi
« Jawab #22 pada: Februari 08, 2007, 11:05:56 AM »
haha salah link yak
iya tuuh,, penyakit pasca-banjir parah2..
salah satu teman sya jg kena waktu banjir beberapa tahun yg lalu..

yah namanya juga Indonesia.. kaapan yah majunya ?

Offline reborn

  • Founder
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 2.256
  • IQ: 322
  • Gender: Pria
  • ForSa
Re: Jakarta banjir lagi
« Jawab #23 pada: Februari 08, 2007, 07:32:26 PM »
Wah... banjir besar2an yahh. Kantor2 tutup, speedy dan telkom bermasalah, bank2 bnyk yg tutup, 20 orang meninggal!! parah...

Yang di jakarta siapa aja nih? Yang saya tau alinc kena banjir, ngungsi sekarang  :(... ada yang rumahnya kena juga gak?

Duh, masa tiap tahun yahh musibah yang sama  >:(
lapor .. banjir sudah surut didaerah saya  :P ..
untuk yang diatas kalau dibilang ini siklus 5 tahunan, memang benar . tapi untuk yang separah ini bisa dibilang siklus 30 tahunan .
laporan sementara setelah 4 hari kebanjiran

Waduh, kelewat baca postnya. Dah gimana sekarang nih? dah pulang ke rumah apa masih ngontrak? bener kata mas DeJoko tuh, ati2 wabah pasca banjir... apalagi ada si kecil gitu  ;)

Semoga ga ada apa2 ya om  :)

DeJoko

  • Pengunjung
Re: Jakarta banjir lagi
« Jawab #24 pada: Februari 08, 2007, 10:34:03 PM »
Maap maap,  ;D
mudah-mudahan ini benar:
http://www.detiknews.com/index.php/detik.read/tahun/2007/bulan/02/tgl/07/time/175801/idnews/739488/idkanal/10

atau kalau salah lagi dapat dicari di index berita atau search dengan topik:
Kolom Angin Goreng Sutiyoso

1. Kolom Angin Goreng Sutiyoso
Banjir karena siklus lima tahunan? Ah, Gubernur Sutiyoso sedang jualan angin goreng. Kok warga Jakarta mau melahapnya begitu saja. "Yang terjadi kali ini adalah banjir siklus lima tahunan," (Sutiyoso, 4/2/200
2007/02/07 17:58:01 WIB skor: 1000

 :-*
DeJoko

Rykov

  • Pengunjung
Re: Jakarta banjir lagi
« Jawab #25 pada: Februari 09, 2007, 03:03:19 AM »
Hahaha.. kasihan banget ntu om Yos.
Bukannnya Pemda udah mbuatin rusuna[rumahsusunsederhana] buat penduduk2 yang daerahnya berresiko banjir parah. tapi penduduk ngga mau pindah. Bukannya saya membela pak Yos. tapi yah penduduk kita kadang-kadang kalo dikasih tau suka ngga mau denger. :D

-Rikop ;D

Offline reborn

  • Founder
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 2.256
  • IQ: 322
  • Gender: Pria
  • ForSa
Re: Jakarta banjir lagi
« Jawab #26 pada: Februari 09, 2007, 06:11:30 AM »
Maap maap,  ;D
mudah-mudahan ini benar:
http://www.detiknews.com/index.php/detik.read/tahun/2007/bulan/02/tgl/07/time/175801/idnews/739488/idkanal/10

atau kalau salah lagi dapat dicari di index berita atau search dengan topik:
Kolom Angin Goreng Sutiyoso

1. Kolom Angin Goreng Sutiyoso
Banjir karena siklus lima tahunan? Ah, Gubernur Sutiyoso sedang jualan angin goreng. Kok warga Jakarta mau melahapnya begitu saja. "Yang terjadi kali ini adalah banjir siklus lima tahunan," (Sutiyoso, 4/2/200
2007/02/07 17:58:01 WIB skor: 1000

 :-*
DeJoko

Wah, tulisannya bagus sekali ini mas DeJoko. Harusnya semua orang Indo tau masalah ini. Pembodohan besar-besaran yahh  :'(

Btw, itu berita dari Belanda, jangan2 tulisan mas DeJoko nih  ;)

Rykov

  • Pengunjung
Re: Jakarta banjir lagi
« Jawab #27 pada: Februari 09, 2007, 06:18:15 AM »
Eh iya desasdesus dari temen2 sya.
tanah Jakarta katanya berbentuk mangkok apa gimana gitu, jadi kirakira tahun 2020-an, Jakarta bisa kayak Belanda. jadi tenggelem gitu. baru desasdesus sih. hahhaa takuuutt..

Offline peregrin

  • Global Moderator
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 538
  • IQ: 100
  • Gender: Wanita
  • 'truth' is a lonely thing (J.Gaarder)
Re: Jakarta banjir lagi
« Jawab #28 pada: Februari 09, 2007, 12:51:40 PM »
emang serem sih ... yg jelas tiap tahun bakal tambah parah. Nemu paper lumayan tentang banjir di Jakarta hasil konferensi urban history, tp panjang banget (20p). Lumayan detil penjelasan di situ termasuk peta drainase Jakarta segala.

http://www.indie-indonesie.nl/content/documents/papers-urban%20history/caljouw%20nas%20pratiwo.pdf

Kutip
Jakarta yang dibangun oleh Jan Pietersz. Coen di awal abad the 17 dengan satu konsepsi kota air (waterfront city), merupakan kota yang akrab dengan permasalahan banjir. Pada waktu didirikan di tahun 1619, Batavia dirancang dengan kanal-kanal seperti kota Amsterdam atau kota-kota lain di Belanda. Kanal tadi sudah sejak awal sering kering dan suatu ketika tergenang air yang lebih tinggi dari kotanya sehingga banjir tak terelakkan. Dari semenjak awal abad ke 20 Belanda membangun kanal untuk menanggulangi banjir tadi. Tetapi bagaikan garam yang ditebar kelautan, setiap tahun pula banjir bertambah besar dan selalu menjadi lebih sulit untuk ditangani. Tulisan ini mengungkap sisi sejarah kota tentang banjir secara runtut. ... Melihat kompleksnya permasalahan, tulisan ini akan mengurai banjir dalam sejarah kota, kehidupan sehari-hari, tantangannya ke depan dan prospek dari kota ini terhadap banjir.


wkt banjir 2002 - nggak ada efeknya ama sutiyoso keknya  >:(

Kutip
In this kind of situation, the main public figure criticized by the public was of course Sutiyoso, the governor of Jakarta. He responded too late to the flood. People reproached him for ignoring the warning of Meteorology and Geophysics Board so that when the flood took place the city government did not know how to respond. As many as 29 NGOs and other organizations belonging to the community stated that Governor Sutiyoso had failed to lead the city. He made wrong decisions in solving the flood problems. Hence they asked the Assembly of Jakarta to decline Sitoyoso from his position as Governor. The main director of change in the capital had a difficult moment. To avoid further attacks Sutiyoso took the initiative to destroy his own villa at the Puncak, an area that has been settled rapidly in the last two decades by the rich, which is believed to be one of the causes of the flooding in Jakarta.


ttg Jakarta Utara yg makin lama makin rendah permukaan tanahnya:

Kutip
In North Jakarta flood risks are increasing by the effect of land subsidence, caused by uncontrolled and unlimited deep groundwater extraction. In some areas of north Jakarta rates of 6 cm per year have been measured. It is expected that land subsidence will continue in the near future and parts of North Jakarta will slowly sink below sea level.

dst.

Offline reborn

  • Founder
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 2.256
  • IQ: 322
  • Gender: Pria
  • ForSa
Re: Jakarta banjir lagi
« Jawab #29 pada: Februari 10, 2007, 08:06:19 AM »
Ada pics nih, dari forum sebelah. Dia ambil langsung poto ini katanya (sengaja ga kasih link karena di sana diskusinya terlalu vulgar  :P). Ini banjir di Kelapa Gading. Daerah elite di Jakarta Utara, tapi anehnya gersang, panas, udaranya bau, airnya jelek, dan yahh ini banjir gila2an. Siapa yang salah yah di sini? Masyarakat yang beli, developer yang bangun, atau Pemda yang nyetujuin pembangunan  ???







Hotel Summit, ada kamar seharga 2M semalem




Gading Mall tapi sbg tempat tinggal sementara  :P

 

Related Topics

  Subyek / Dimulai oleh Jawaban Tulisan terakhir
0 Jawaban
4038 Dilihat
Tulisan terakhir Mei 30, 2008, 06:07:18 AM
oleh peregrin
41 Jawaban
17269 Dilihat
Tulisan terakhir Januari 27, 2010, 02:51:24 PM
oleh heru.htl
25 Jawaban
21160 Dilihat
Tulisan terakhir April 20, 2009, 07:34:04 AM
oleh Alicha
13 Jawaban
8076 Dilihat
Tulisan terakhir Juli 10, 2009, 08:14:08 AM
oleh biobio
8 Jawaban
4016 Dilihat
Tulisan terakhir Oktober 23, 2011, 11:29:53 AM
oleh Pi-Man