Selamat datang di ForSa! Forum diskusi seputar sains, teknologi dan pendidikan Indonesia.

Selamat datang, Pengunjung. Silahkan masuk atau mendaftar. Apakah anda lupa aktivasi email?

Juli 29, 2021, 11:52:02 PM

Masuk dengan nama pengguna, kata sandi dan lama sesi

Topik Baru

Artikel Sains

Anggota
Stats
  • Total Tulisan: 139657
  • Total Topik: 10399
  • Online Today: 220
  • Online Ever: 441
  • (Desember 18, 2011, 12:48:51 AM)
Pengguna Online
Users: 0
Guests: 52
Total: 52

Ikuti ForSa

ForSa on FB ForSa on Twitter

Penulis Topik: mari qt bahas bersama cara-cara kreatif untuk menghentikan kejahatan di dunia..  (Dibaca 26387 kali)

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

Offline Sky

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 473
  • IQ: 36
  • Gender: Pria
hmmm....
Saya jadi ragu dengan gender kalian semua....
jangan-jangan avatar mas Karno beda sama orang aslinya....

Hwalah...OOT...
hapus aja mas momod....

Hmm, aku ingin bahas latar belakangnya deh.
Yaitu: "Mengapa ada orang berbuat jahat?"
Jika dilihat secara Fisika, perbuatan jahat adalah perbuatan yang merusak keteraturan.
Jadi, bisa dikatakan bahwa banyaknya perbuatan jahat menunjukkan tingkat kekacauan.
Tingkat kekacauan atau ketidakteraturan dalam bahasa Fisika diberi istilah Entropi.
Dalam sistem terisolasi, Entropi pasti naik atau tetap, dan tidak mungkin turun, kecuali sekat isolasi itu dibuka (ada campur tangan dari luar sistem).
Maka, kejahatan itu pasti akan selalu muncul dan berkembang jika sistem sosial kita terisolasi.
Maka, kejahatan tidak bisa dihindari.
Kemudian, untuk menurunkan Entropi, dibutuhkan campur tangan untuk mengubah keadaan sistem.
he....

Offline Karno Giyantono

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 647
  • IQ: 8
  • Gender: Pria
  • orang terganteng di duniaaaaaaaaa.....
so apa bisa fisika mempelajri tingkah laku manusia yang dari jaman ke jaman berubah?
dan ilmu fisika itu berasal dari inspirasi alam, dan bukan masalah sosial! toeng,.. ;D ;D
dan biar saya tidak bingung berlarut-larut, tolong deh mas Karno kasih formatnya, misalnya dengan menggunakan hukum thermodinamika, atau apa gitu!

bisa donk..., ilmu fisika bukan hanya terinspirasi dari alam saja loh... tapi dari masalah sosial juga.

nah menurut saya ada 3 tahap untuk mengatasi kejahatan menurut cara berfikir fisika yg kreatif. (ehm-ehm... batuk dikit tadi keselek...)

1. pencegahan
    dengan pendidikan, dan agama
2. mengatasi hal yang sudah terjadi
    dengan bantuan ilmu fisika hal ini bisa, seperti...
    pernah nonton film dejavu?disitu ilmuwan2 fisika dipakai untuk membuka lorong waktu
    namun hal itu saat ini hampir mustahil, tapi ada hal yang lebih dapat dilakukan saat ini
    contoh keberadaan semua orang di dunia bisa kita deteksi dimanapun sehingga jika ada
    suatu kejahatan disuatu tempat bisa kita tahu siapa2 saja yang berada di tempat tersebut.
    caranya mungkin kita menanam suatu alat pada bagian tubuh setiap manusia didunia atau
    mengembangkan radar mahkluk hidup.
    hal yang mungkin lagi adalah kamera pengawas dimana-mana...
    atau satelit 3dimensi, yg bisa mlihat apapun di suatu lokasi (saya dah ada konsepnya).
    dan ada memory yah...
3. perbaikan
    misal orang2 yg dipenjara ke enakkan bgt..., kenapa kita tidak suruh kerja saja mereka
    seperti kerja tambang atau konstruksi, dan mereka pun dapat honor juga walaupun hanya
    1/3 dari normal. selain itu kita bimbing akhlaknya. dari pada hukuman mati mending
    hukuman kerja paksa seumur hidup yg akan berguna bagi masyarakat

nah tindakan kedua itu butuh ilmu fisika dan pengetahuan kalian.....
kalian bisa gak bantu aku, menemukan teknologi atau ilmu fisika yang tepat?
"Orang Pintar adalah Orang yang Berusaha Membangun Rumah atau Kehidupan yang Bagus di dunia dan Istana Di Surga"

caranya Belajar dan Bekerja serta Beramal dan Beribadah

Offline Karno Giyantono

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 647
  • IQ: 8
  • Gender: Pria
  • orang terganteng di duniaaaaaaaaa.....
Untuk pembahasan lebih mendalam soal menghentikan sumber kejahatan,bukan urusan fisika lagi.

*Avatarku? Itu mewakili sesuatu yang aku suka. Kurasa lebih enak dilihat dari pada majang foto diriku :D

wah kasian donk gimana yah kalo peter parker memakai ilmu fisikanya dan hanya untuk dirinya sendiri...

hehehehehehehehehe   ketahuan yah foto yah jelek...... kacian deh... udah pd aja walaupun gak laku seperti daku, tetep pd aja.

Offline Karno Giyantono

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 647
  • IQ: 8
  • Gender: Pria
  • orang terganteng di duniaaaaaaaaa.....
hmm.. pendidikan tentang hukum newton... bahwa mencuri (aksi) ntar dipenjara (reaksi)...

oke sippp habis... mantep, gini nih baru namanya kreatif...

Offline Karno Giyantono

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 647
  • IQ: 8
  • Gender: Pria
  • orang terganteng di duniaaaaaaaaa.....
(untuk bagian yang di Bold)
ah, belum tentu juga,
Gara2 si nobel, jadi ada detonator peledak(eh iya ga yah?), terus jadi bom deh...
abis itu enstein jadi ada bom nuklir,
terus temuan apa lagi, itu bikin bom biologis...

bisa aja tanpa adanya mereka semua kehidupan sosial kita lebih baik....(bukan berarti saya lebih suka kalo' ga ada mereka)
itu nama dari anime kok ehehe....
NICE!!!
setuju ama ente, kok kayaknya emang agak rumpang bahasannya di thread ini yah
(No Offense) ;D



tapi kayaknya kita beruntung juga kan, bom atom di pakai untuk membom jepang, hal ini dapat membantu proses kemerdekaan bangsa Indonesia. sekarang bayangin, gak ada james watt, galileo, maxwell, hertz, karno giyantono, peter parker, dlll

wah kalo fisika dibahas secara saklek dan kaku bakal bt deh murid2 ku di sekolah...
dulu inget pernah jadi guru yang galak karena untuk mereka sendiri... eh mereka malah menghina daku dengan ejekan 'bush'... hehehe murid yg kurang ajar, namun sekarang kalo ngajar sambil bercanda aja biar seru, namun sambil ngembangin cara belajar 'two stay two stray' + melatih mereka niat, dibaca, dipahami, dihapal, dilatih, berdoa + UPGS (ulangan paling gampang sedunia)

jadi sampai sekarang kebawa deh gaya bahasa yang santai tersebut, take it easy aja oke...

Offline Karno Giyantono

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 647
  • IQ: 8
  • Gender: Pria
  • orang terganteng di duniaaaaaaaaa.....
hmmm....
Saya jadi ragu dengan gender kalian semua....
jangan-jangan avatar mas Karno beda sama orang aslinya....

Hwalah...OOT...
hapus aja mas momod....

Hmm, aku ingin bahas latar belakangnya deh.
Yaitu: "Mengapa ada orang berbuat jahat?"
Jika dilihat secara Fisika, perbuatan jahat adalah perbuatan yang merusak keteraturan.
Jadi, bisa dikatakan bahwa banyaknya perbuatan jahat menunjukkan tingkat kekacauan.
Tingkat kekacauan atau ketidakteraturan dalam bahasa Fisika diberi istilah Entropi.
Dalam sistem terisolasi, Entropi pasti naik atau tetap, dan tidak mungkin turun, kecuali sekat isolasi itu dibuka (ada campur tangan dari luar sistem).
Maka, kejahatan itu pasti akan selalu muncul dan berkembang jika sistem sosial kita terisolasi.
Maka, kejahatan tidak bisa dihindari.
Kemudian, untuk menurunkan Entropi, dibutuhkan campur tangan untuk mengubah keadaan sistem.
he....

ehm avatar nya sama kok dengan yang di friendster atau facebook atau ym.

waduh oke deh buruan mohon bantuannya nih ke buru di hapus ma mas momod !!!!
namun dari pada di hapus alangkah baikya jika kita bersifat dan bersikap bijak, jangan di hapus lah... mending judulnya di ganti atau ditambahi biar pas sama ilmu fisika... gmn???

nah kan fisika bisa juga kan dipakai untuk membahas masalah sosial... nanti bisa jadi ilmu nih...

Offline Karno Giyantono

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 647
  • IQ: 8
  • Gender: Pria
  • orang terganteng di duniaaaaaaaaa.....
 woyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyyy

sapa tuh yang milih kejahatan dalam polling diatas............
sableng kali yah tuh orang, insyaff men..., baca oke tulisan dibawah ini...

Offline manusiarender

  • Asisten Dosen
  • ***
  • Tulisan: 59
  • IQ: 7
  • Gender: Pria
  • seperti biasa, sedang mencoba menguasai dunia
Pak karno ini seperti ingin membahas mekanika kuantum dengan teori ekonomi... Membahas kejahatan kok dengan cara fisika... Penjelasan secara fisika untuk menghentikan kejahatan adalah dengan menghentikan sumber kejahatan itu sendiri. Karena fisika juga mengenal naturalisme, sebab-akibat. Untuk pembahasan lebih mendalam soal menghentikan sumber kejahatan,bukan urusan fisika lagi.

*Avatarku? Itu mewakili sesuatu yang aku suka. Kurasa lebih enak dilihat dari pada majang foto diriku :D

gapapa kok.... dulu pernah denger ada yang namanya "sosiofisika" atau "ekonofisika" .... ilmuwan ekonomi sekarang banyak yang pake metode2 fisika untuk meramal bursa-moneter dunia-dll.....

ayo yg jago mulai dulu.... saya blakangan.. pemula sih..
will.i.believe.the.sun

Offline HyawehHoshikawa

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 499
  • IQ: 22
  • Gender: Pria
  • ehm...gua itu cowo' yah...
Kutip
2. mengatasi hal yang sudah terjadi
    dengan bantuan ilmu fisika hal ini bisa, seperti...
    pernah nonton film dejavu?disitu ilmuwan2 fisika dipakai untuk membuka lorong waktu
    namun hal itu saat ini hampir mustahil,tapi ada hal yang lebih dapat dilakukan saat ini
    contoh keberadaan semua orang di dunia bisa kita deteksi dimanapun sehingga jika ada
    suatu kejahatan disuatu tempat bisa kita tahu siapa2 saja yang berada di tempat tersebut.
    caranya mungkin kita menanam suatu alat pada bagian tubuh setiap manusia didunia atau
    mengembangkan radar mahkluk hidup.
    hal yang mungkin lagi adalah kamera pengawas dimana-mana...
    atau satelit 3dimensi, yg bisa mlihat apapun di suatu lokasi (saya dah ada konsepnya).
    dan ada memory yah...
Haaaaiiiiyyyyyyaaaaaaahhhhhhh!!!!!!!
...
oke cukup untuk melampiaskan emosi...
haduh...yang bisa saya lakukan melihat perkembangannya hanyalah memukul kening sama mengelus dada..., dan juga menggaruk-garuk rambut..
@om karno
oke deh saya menyerah,kalo ente liat saya udah ngibarin bendera putih ni didepan kompie, terus gimana konsepnya? ??? ???
lo kate ente "tuhan" yang punya sifat maha-melihat....apa tu istilahnya, al-basir bukan yak?


Kutip
tapi kayaknya kita beruntung juga kan, bom atom di pakai untuk membom jepang, hal ini dapat membantu proses kemerdekaan bangsa Indonesia. sekarang bayangin, gak ada james watt, galileo, maxwell, hertz, karno giyantono, peter parker, dlll
ya itu indonesia diuntungkan,"dosa"-nya juga yang nanggung bukan indonesia,tapi gimana kalo' seandainya tanpa bom atom exist, hal itu malah diselesaikan secara baik-baik dengan berunding?

itu bagian yang dibold itu apa yah?kok di pandangan saya bentuknya kotak-kotak(censored),terus yang warnanya merah kayaknya orangnya emang ga ada...-_-(kalo' ada mungkin ibu/ayah-nya penggemar spiderman-_-...mungkin juga sih ada, orang Dekan FMIPA UGM aja mas Chairil Anwar-_-)

ah untuk ekonofisika itu kan cuman jayus-jayusan doang, beranalogilah istilahnya,
misal
E=MC2=>MCK
itu apa yah...
E = ah...lupa bahasa ekonomi lah pokoknya
M = juga lupa
C = lo kate gw orang ekonomi
K = konstanta,

terus untuk perusahaan itu karyawannya dikasi gaya sentripetal dulu supaya masuk kedalam, hubungannya erat, baru diputer keluar supaya ngundang aliansi yang banyak...
sekedar analogilah kalo menurut ane, CMIIW
« Edit Terakhir: Mei 04, 2009, 06:19:36 PM oleh HyawehHoshikawa »
Rationality alone isn't enough, the world is Complex.

Offline superstring39

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 1.143
  • IQ: 73
  • Gender: Pria
  • LES PRIVAT ONLINE
gw rasa kejahatan itu perlu ada men. sepertihalnya elektron dalam atom dia bermuatan negatif, berlawanan dengan proton yang bermuatan positif. apa jadinya dunia tanpa elektron? namun harus diimbangi dengan proton dan neutron yang netral. tidak akan ada istilah positif dan netral tanpa adanya muatan negatif.

gw mau bilang begini, enggak akan ada orang yang baik kecuali adanya orang jahat. orang baik ada karena ada orang jahat. sesuatu dikatakan benar jika ada yang salah, benar ada karena adanya salah. peran antagonis selalu diperlukan dalam setiap kisah hidup manusia jika tidak maka hidup ini akan terasa hambar, bener gak? nah disamping itu peran protagonis juga harus ada untuk menyeimbangkannya. menghapuskan atau memberantas atau menghilangkan kejahatan dimuka bumi bukalah hal yang bijak. saya lebih menyukai "mengembalikan keseimbangan" alam (wah gw ngomongnya udah kayak Avatar Aang :P ;D )

btw kalo menurut gw orang jahat itu justru banyak yang pinter-pinter lho, apalagi yang enggak ketangkep-tangkep juga. para pelaku kejahatan dunia maya misalkan (hacker), mereka melakukan perbuatan yang merugikan orang (jahat) namun mereka pinter banget dari segi teknologi komputer. misalnya lagi perampok bank bersekuritas tinggi (kayak dipilem-pilem), mereka jago banget menggunakan teknologi yang canggih-canggih. berarti mereka juga pinter dong.

nah untuk menangani masalah-masalah yang ditimbulkan orang-orang pinter (yang salah jalan) tersebut maka pemeran protagonis juga harus lebih pinter lagi, ya gak? nah inilah salah satu peranan orang "jahat" tadi. buat memicu orang-orang "baik" berfikir lebih keras lagi buat mengalahkan mereka, dan berusaha menjadi lebih pinter lagi. coba enggak ada orang "jahat" yang pinter, maka orang "baik" juga enggak mau capek-capek mikir, kan? inilah salah satu bentuk keseimbangan. ;D ;D ;D

Offline superstring39

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 1.143
  • IQ: 73
  • Gender: Pria
  • LES PRIVAT ONLINE
Haaaaiiiiyyyyyyaaaaaaahhhhhhh!!!!!!!
ah untuk ekonofisika itu kan cuman jayus-jayusan doang, beranalogilah istilahnya,
misal
E=MC2=>MCK
itu apa yah...
sedikit meluruskan, ekonofisika bukan sekedar "jayus-jayusan". itu sudah menjadi ilmu tersendiri, merupakan perpaduan antara ilmu fisika yang diterapkan dalam bidang ekonomi. bagian ilmu fisika yang digunakan, kebanyakan, adalah statistiknya. pada fisika statistik bahkan pada teorema chaotic, bisa memprediksi "gerakan" dari partikel2 yang bergerak dengan hampir tak beraturan. nah prinsip ini digunakan oleh para fisikawan untuk mempredikasi pergerakan pasar (modal/saham). karena ternyata ada kemiripan antara kurva statistik partikel dengan kurva pergolakan pasar yang setelah diteliti mirip pergerakan chaotic tadi. dengan teori dari fisika para ilmuan dapat memprediksi pergerakan pasar lebih tepat dibandingkan dengan teori ekonomi sebelumnya. dengan cara ini banyak para ilmuan yang kaya mendadak karena terjun dibidang ekonomi, istilah untuk orang2 ini adalah "Ilmuan Roket".

Sori kalo OOT :P

btw MCK itu kan => Mandi Cuci Kakus ;D

Offline Pi-One

  • Next Hikaru Genji
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 6.981
  • IQ: 40
  • Gender: Pria
  • Next Hikaru Genji
    • Membantah Hoax
wah kasian donk gimana yah kalo peter parker memakai ilmu fisikanya dan hanya untuk dirinya sendiri...
Anda gak tahu bedanya? Beliau bukan memakai fisika untuk menghentikan kejahatan. tapi menggunakan pengetahuan untuk mencaiptakan alat bantu untuk mewujudkan keinginan. Alat bantu itu bisa dipakai untuk kebaikan atau kejahatan, itu tergantung orangnya.

Dan soal niat, itu di luar ruang lingkup fisika.

Jika anda ingin menjadi ilmuwan, anda harus bisa memilah antara mana yang merupakan ruang lingkup sains dan mana yang bukan.

hehehehehehehehehe   ketahuan yah foto yah jelek...... kacian deh... udah pd aja walaupun gak laku seperti daku, tetep pd aja.
Daripada mikirin tampang laku atau gak, aku lebih mikirin privasi. Aku gak mau dikenal orang banyak, karena popularitas berbanding terbalik dengan privasi. Aku lebih milih yang kedua...

Offline Pi-One

  • Next Hikaru Genji
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 6.981
  • IQ: 40
  • Gender: Pria
  • Next Hikaru Genji
    • Membantah Hoax
tapi kayaknya kita beruntung juga kan, bom atom di pakai untuk membom jepang, hal ini dapat membantu proses kemerdekaan bangsa Indonesia. sekarang bayangin, gak ada james watt, galileo, maxwell, hertz, karno giyantono, peter parker, dlll
Untung? Sebenarnya gak perlu bom atom juga Jepang sudah tinggal waktu buat menyerah. Mereka sudah kehabisan sumber daya buat perang. USA cuma menggunakan kesempatan terakhir untuk praktek bom atom secara ;legal', dengan alasan menyelamatkan nyawa praojuritnya.

Hilangnya nyawa ratusan ribu orang sipil yang gak terlibat perang bukan hal yang patut disandingkan dengan kata 'untung'...

Offline utusan langit

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 1.509
  • IQ: 106
  • Gender: Pria
  • K
    • utusan langit
@ bung Karno,
ganti aja judulnya dengan "The Narsis of Karno Giyantono", hahaha, canda bung!

ini nyambungnya entar membuat sub fisika,
seperti historiofisika, dll,..

sepertinya metodenya tetep saja ilmu sosial!

Kutip
1. pencegahan
2. mengatasi hal yang sudah terjadi
3. perbaikan

setahu saya yang paling efektif adalah pemulihan kesadaran serta penghilangan sebab kejahatan!

Offline Karno Giyantono

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 647
  • IQ: 8
  • Gender: Pria
  • orang terganteng di duniaaaaaaaaa.....
@ bung Karno,
ganti aja judulnya dengan "The Narsis of Utusan Langit", hahaha, canda bung!

ini nyambungnya entar membuat sub fisika,
seperti historiofisika, dll,..

sepertinya metodenya tetep saja ilmu sosial!

setahu saya yang paling efektif adalah pemulihan kesadaran serta penghilangan sebab kejahatan!

au ah elap...

Anda gak tahu bedanya? Beliau bukan memakai fisika untuk menghentikan kejahatan. tapi menggunakan pengetahuan untuk mencaiptakan alat bantu untuk mewujudkan keinginan. Alat bantu itu bisa dipakai untuk kebaikan atau kejahatan, itu tergantung orangnya.

Jika anda ingin menjadi ilmuwan, anda harus bisa memilah antara mana yang merupakan ruang lingkup sains dan mana yang bukan.


wah kalo peter parker tidak menggunakan pengetahuan sains nya seperti fisika, kimia, atau mtk mungkin ia akan kalah terus donk...

kata siapa kalo mau menjadi ilmuwan harus bisa memilah antara mana yg sains dan mana yg bukan? kalo kata pi-one, EGP deh ah... lagian saya bisa kok tau mana yg sains & mana yg bukan. tapi sekarang kita butuh sains untuk menyelesaikan masalah sosial, banyakloh masalah sosial yang terselesaikan karena sains, jika tidak ada sains maka .....................

sedikit meluruskan, ekonofisika bukan sekedar "jayus-jayusan". itu sudah menjadi ilmu tersendiri, merupakan perpaduan antara ilmu fisika yang diterapkan dalam bidang ekonomi. bagian ilmu fisika yang digunakan, kebanyakan, adalah statistiknya. pada fisika statistik bahkan pada teorema chaotic, bisa memprediksi "gerakan" dari partikel2 yang bergerak dengan hampir tak beraturan. nah prinsip ini digunakan oleh para fisikawan untuk mempredikasi pergerakan pasar (modal/saham). karena ternyata ada kemiripan antara kurva statistik partikel dengan kurva pergolakan pasar yang setelah diteliti mirip pergerakan chaotic tadi. dengan teori dari fisika para ilmuan dapat memprediksi pergerakan pasar lebih tepat dibandingkan dengan teori ekonomi sebelumnya. dengan cara ini banyak para ilmuan yang kaya mendadak karena terjun dibidang ekonomi, istilah untuk orang2 ini adalah "Ilmuan Roket".


nah baru aja pengen bilang kayak gini tapi udah keburu diambil superstring-39, sumpehhhhhhh


gw rasa kejahatan itu perlu ada men.

gw mau bilang begini, enggak akan ada orang yang baik kecuali adanya orang jahat. orang baik ada karena ada orang jahat.

btw kalo menurut gw orang jahat itu justru banyak yang pinter-pinter lho, apalagi yang enggak ketangkep-tangkep juga.

gw rasa kejahatan itu sangat tidak perlu ada di dunia, kita harus MEMPERBAIKINYA
minimal kita minimalisir tindak kejahatan dan bisa mengantisipasinya
mungkin orang jahat merasa dirinya pinter, tapi definisi orang pinter menurut aku adalah....

@hyawehHosikawakan
okeokeokeokeoke, santai aja donk...

nb:
oia avatarnya pada kyk kartun yah???
mungkinkah pada masih anak-anak semuaya kalinya???
pada pemalu atau takut dikenal???
atau memang merasa di dunia nyata atau maya adalah kehidupan yang beda???
kepribadian gandakah???
avatarku memang paling normal & keren seduniaaaaaaaaaaaa....

 

Related Topics

  Subyek / Dimulai oleh Jawaban Tulisan terakhir
0 Jawaban
2683 Dilihat
Tulisan terakhir Oktober 24, 2008, 11:52:45 AM
oleh skuler
18 Jawaban
12210 Dilihat
Tulisan terakhir Oktober 13, 2009, 05:20:08 AM
oleh oyi
6 Jawaban
16121 Dilihat
Tulisan terakhir Mei 11, 2010, 04:10:06 AM
oleh nandaz
19 Jawaban
10198 Dilihat
Tulisan terakhir November 29, 2012, 10:02:08 AM
oleh teddy
3 Jawaban
7085 Dilihat
Tulisan terakhir Mei 11, 2013, 04:50:16 AM
oleh Idad