Member baru? Bingung? Perlu bantuan? Silakan baca panduan singkat untuk ikut berdiskusi.

Selamat datang, Pengunjung. Silahkan masuk atau mendaftar. Apakah anda lupa aktivasi email?

September 18, 2021, 05:21:34 AM

Masuk dengan nama pengguna, kata sandi dan lama sesi

Topik Baru

Artikel Sains

Anggota
Stats
  • Total Tulisan: 139666
  • Total Topik: 10406
  • Online Today: 80
  • Online Ever: 441
  • (Desember 18, 2011, 12:48:51 AM)
Pengguna Online
Users: 0
Guests: 138
Total: 138

Ikuti ForSa

ForSa on FB ForSa on Twitter

Penulis Topik: Kontroversi Rekaman Pembicaraan ADAM AIR  (Dibaca 3859 kali)

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

Offline rawWARus

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 639
  • IQ: 108
  • Gender: Pria
Kontroversi Rekaman Pembicaraan ADAM AIR
« pada: Agustus 07, 2008, 08:37:16 AM »
JAKARTA, SELASA - Adanya kecurigaan bocornya rekaman percakapan pilot AdamAir sebelum jatuh di laut Majene berasal dari sebuah pelatihan mengenai keselamatan
transportasi udara yang digelar oleh Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) dibantah oleh wartawan peserta pelatihan.

Wakil Ketua Pokja Wartawan Dephub Dedi Supriatna mengatakan, wartawan yang mengikuti pelatihan tersebut sama sekali tidak mendapat materi mengenai rekaman percakapan pilot AdamAir. Satu-satunya pemateri, yaitu Deputi Direktur Informasi dan Investigasi Australia Transportation Safety Bureau (ATSB) Alan L Stray.

"Alan hanya menyampaikan serangkaian tata cara investigasi, yang dilakukan investigator kecelakaan pesawat terbang. Dengan begitu, dia berharap para jurnalis tidak akan membuat kesalahan dalam menulis pemberitaan seputar kecelakaan pesawat terbang yang penuh dengan hal teknis," kata Dedi dalam keterangannya kepada PersdaNetwork dan Kompas.com di Jakarta, Senin (4/8).

Menurutnya, yang dijelaskan Stray saat itu merupakan tata cara baku yang mengacu pada standar International Civil Aviation Organization (ICAO). Mulai dari pengumpulan data di lapangan, menyusun laporan investigasi, hingga merilisnya kepada publik.

Termasuk tentang etika apa saja yang harus dipatuhi investigator, termasuk tidak menggunakan temuan investigasi untuk menyalahkan, atau membawa seseorang ke jalur hukum. Sesekali, Stray juga memperlihatkan serangkaian foto-foto dokumentasi kecelakan pesawat terbang di seluruh dunia melalui proyektor.

Pernyataan Dedi ini membantah berita sebelumnya yang mengutip pernyataan pengamat penerbangan Dudi Sudibyo. Dudi mengatakan, sekitar dua bulan silam, ada semacam kursus untuk wartawan mengenai investigasi menyangkut pekerjaan apa saja. Dan para peserta kursus tersebut, punya akses ke rekaman tersebut. "Nah, apakah pada saat itu ada salah satu yang merekam dan menyebarluaskan di internet itu yang saya tidak tahu. Jadi, ada dua kemungkinan, orang dalam KNKT atau orang luar," kata dia. (PersdaNetwork/Hendra Gunawan)

Memang kenapa sh klo isi dari kotak hitam itu diketahui yg sebenarnya oleh umum???Kayaknya KNKT malah seolah2 menyembunyikan sesuatu??! ::)
« Edit Terakhir: Agustus 07, 2008, 08:39:30 AM oleh rawWARus »
SeSuATu KarYa MaNusIa SerIng BeRaWaL dAri MimPI, MaKA eKSpresIkan MImpimU DenGAN Sains...
DaLAm HaL KeDUniAwiAn TAk AdA hAl yG tAk mUNgkin...

Offline reborn

  • Founder
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 2.256
  • IQ: 322
  • Gender: Pria
  • ForSa
Re: Kontroversi Rekaman Pembicaraan ADAM AIR
« Jawab #1 pada: Agustus 07, 2008, 10:13:30 AM »
gw sempet baca beritanya nih. Katanya ada seorang pilot senior yg bilang kemungkinan besar itu rekaman asli. Dia bilang tipe pesawat Boeing xxx (lupa gw seri brp, maap bukan pilot :P) itu emang dah diketahui punya kelemahan di bagian sayap (rudder kalo ga salah namanya). Dan kelemahan ini menyebabkan beberapa kecelakaan pesawat tipe ini di beberapa tempat, bukan cuman AdamAir. Jadi jelas ini bukan human error, emang pesawatnya dah dudul. Tapi ada juga yang bilang itu palsu. Salah satunya ga mungkin pilot masih sempat ngomong dalam keadaan seperti itu.

Yah, ini terjadi akibat kebiasaan pejabat Indo ga terbuka dalam berbagai hal, termasuk kasus2 yang penting seperti ini. Jadi rakyat hanya bisa menduga2 tanpa tau persis kejadian sebenernya. Andai bener pesawatnya bermasalah, kan kasian tuh pilot yang udah jadi korban masih juga dituduh teledor.

Offline eky

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 441
  • IQ: 20
  • Gender: Pria
  • growing up
Re: Kontroversi Rekaman Pembicaraan ADAM AIR
« Jawab #2 pada: Agustus 07, 2008, 01:16:55 PM »
huehhh ..
lagi marak2nya nih berita ..
tapi ya gw juga ga tau mana yang bener mana yang salah

Offline syx

  • Global Moderator
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 4.540
  • IQ: 341
  • Gender: Pria
    • Kliping Koran
Re: Kontroversi Rekaman Pembicaraan ADAM AIR
« Jawab #3 pada: Agustus 14, 2008, 10:49:33 PM »
kemungkinan besar bener... istri pilot sendiri juga uda konfirmasi. KNKT aja yg ingin menutup-nutupi kesalahan dengan bilang itu rekaman bo'ongan.

Offline novie marselina

  • Mahasiswa
  • **
  • Tulisan: 21
  • IQ: 3
  • Gender: Wanita
Re: Kontroversi Rekaman Pembicaraan ADAM AIR
« Jawab #4 pada: September 13, 2008, 03:44:36 AM »
no comment ah takut ngedengernya jga ^-^

 

Related Topics

  Subyek / Dimulai oleh Jawaban Tulisan terakhir
5 Jawaban
6754 Dilihat
Tulisan terakhir Februari 01, 2007, 03:35:18 AM
oleh punkoholic
Siapakah Adam ?

Dimulai oleh Mtk Kerajaan Mataram « 1 2 3 4 5 » Agama dan Filosofi

66 Jawaban
34067 Dilihat
Tulisan terakhir Mei 16, 2009, 06:05:44 AM
oleh Pi-One
15 Jawaban
9570 Dilihat
Tulisan terakhir Juni 07, 2010, 11:40:10 PM
oleh syx
1 Jawaban
3068 Dilihat
Tulisan terakhir Juli 15, 2012, 02:40:58 AM
oleh Farabi
0 Jawaban
1780 Dilihat
Tulisan terakhir Juli 14, 2012, 10:19:13 AM
oleh saipul