Selamat datang di ForSa! Forum diskusi seputar sains, teknologi dan pendidikan Indonesia.

Selamat datang, Pengunjung. Silahkan masuk atau mendaftar. Apakah anda lupa aktivasi email?

Februari 25, 2021, 06:23:54 PM

Masuk dengan nama pengguna, kata sandi dan lama sesi

Topik Baru

Artikel Sains

Anggota
Stats
  • Total Tulisan: 139620
  • Total Topik: 10383
  • Online Today: 118
  • Online Ever: 441
  • (Desember 18, 2011, 12:48:51 AM)
Pengguna Online
Users: 0
Guests: 35
Total: 35

Ikuti ForSa

ForSa on FB ForSa on Twitter

Penulis Topik: Pilih Mana Tinggal di Indonesia atau di Luar Negeri?  (Dibaca 18133 kali)

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

Offline Alan adhityo

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 275
  • IQ: 37
  • Gender: Pria
    • Alseven - Physics and Technology
Re: Pilih Mana Tinggal di Indonesia atau di Luar Negeri?
« Jawab #15 pada: September 24, 2009, 12:41:32 AM »
Weleh . Pilih yg lebih josh aja. Xp . . .
kunjungi MIL education (bandung) http://mileducation.wordpress.com

Offline eel_boy

  • Mahasiswa
  • **
  • Tulisan: 10
  • IQ: 3
Re: Pilih Mana Tinggal di Indonesia atau di Luar Negeri?
« Jawab #16 pada: September 19, 2011, 11:58:10 PM »
di Indonesia..!!! Saya memang baru 3 bulan di Singapore, tapi saya dan teman2 ttp merindukan segala kekacauan dan kemacetan yg terjadi di Indonesia. yah, tidak ada negara yg sempurna... Hidup lebih terasa santai di Indo. di sini serba terburu-buru...

Offline exile_rstd

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 1.027
  • IQ: 38
  • Gender: Wanita
  • Now, I really changed. Life has changed 180 degree
Re: Pilih Mana Tinggal di Indonesia atau di Luar Negeri?
« Jawab #17 pada: November 05, 2011, 10:24:04 AM »
kalau dipilih sih tetep tinggal di Indonesia. memang saya pernah ke Arab, Madinah dan kondisi disana cukup nyaman tapi enaknya di Indonesia ga bakal ketemu bencana yang biasanya ditemui di negara subtropis. contoh : angin topan, musim salju dll.
ditambah lagi org2 di Indonesia kan blm terlalu maju, bisa jadi tantangan tersendiri buat 'coba2' mencerdaskan org2 kita. seperti yang saya lakukan sekarang ini. tapi butuh ketabahan soalnya ga semua org suka atau peduli atau sadar dgn kesehatan dan science.
i adore your intelligence

Offline syx

  • Global Moderator
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 4.540
  • IQ: 341
  • Gender: Pria
    • Kliping Koran
Re: Pilih Mana Tinggal di Indonesia atau di Luar Negeri?
« Jawab #18 pada: November 07, 2011, 10:36:24 PM »
pilihan tinggal di luar negeri bisa dibenarkan, tergantung pada konteksnya. kalo pilihan tersebut dilandaskan karena tidak suka bangsa sendiri itu harus dipertanyakan karena kita sudah lahir di sini, makan di sini, menghirup udara di sini... dari kalangan ilmuwan, seringkali yang jadi masalah di indonesia adalah perhatian pemerintah pada riset sangat kecil. peralatan dan fasilitas riset tidak memadai. kalau sudah gitu apa harus nganggur jika kita bertahan di indonesia. ya kalau ingin maju ya terpaksa ke negara yang lebih baik fasilitas risetnya. pe-er untuk pemerintah yang ingin mempertahankan pada ilmuwannya dan mengembangkan teknologi negeri ini. tapi sepertinya pemimpin negara lebih sibuk bikin album lagu.

Offline exile_rstd

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 1.027
  • IQ: 38
  • Gender: Wanita
  • Now, I really changed. Life has changed 180 degree
Re: Pilih Mana Tinggal di Indonesia atau di Luar Negeri?
« Jawab #19 pada: November 08, 2011, 06:50:32 AM »
memang. saya pernah lihat acara yang mengangkat topik tentang orang2 kita yang sukses diluar negeri, dan sebagian adalah scientist. menurut mereka tidak hanya pemerintah yang kurang memperhatikan fasilitas untuk riset tapi juga sebagian orang2 kita yang kurang tertarik minat akan science dkk. mungkin karena sebagian besar pekerjaan di negara kita isipol (ilmu sosial dan politik).

Offline Fariz Abdullah

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 740
  • IQ: 32
Re: Pilih Mana Tinggal di Indonesia atau di Luar Negeri?
« Jawab #20 pada: November 08, 2011, 07:16:05 AM »
Pilihan untuk tinggal di luar negeri itu murni karena kecintaan pada sains, atau gaji?

Banyak juga scientist yang patriotik, mengembangkan riset teknologi tepat guna dgn fasilitas dan dana minim dan kayaknya pendapatannya juga kecil..Tapi dia tetap berguna bagi bangsanya di tengah keterbatasan..Partisipan di Forsa ini ada lho yang begitu..
DOUBT EVERYTHING AND FIND YOUR OWN LIGHT

Offline exile_rstd

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 1.027
  • IQ: 38
  • Gender: Wanita
  • Now, I really changed. Life has changed 180 degree
Re: Pilih Mana Tinggal di Indonesia atau di Luar Negeri?
« Jawab #21 pada: November 08, 2011, 07:39:19 AM »
tapi bagaimana mengembangkan suatu riset jika fasilitas yang digunakan tdk lengkap?

Offline Fariz Abdullah

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 740
  • IQ: 32
Re: Pilih Mana Tinggal di Indonesia atau di Luar Negeri?
« Jawab #22 pada: November 08, 2011, 08:41:31 AM »
Di mana ada kemauan di situ ada jalan..Memang tdk ideal..

Bagi yg motivasinya butuh fasilitas utk sains, ke luar negeri jalan keluarnya..Begitu juga yang motivasinya gaji besar..

Saya hanya mengagumi para putra bangsa, dgn fasilitas seadanya dan gaji tak seberapa, tetap menelurkan karya yg berguna..Yg begini ini kalo negara tdk memberi perhatian ya terlalu..

Offline exile_rstd

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 1.027
  • IQ: 38
  • Gender: Wanita
  • Now, I really changed. Life has changed 180 degree
Re: Pilih Mana Tinggal di Indonesia atau di Luar Negeri?
« Jawab #23 pada: November 08, 2011, 10:26:51 AM »
dilema kehidupan. mau ga mau selalu ada pilihan yang rumit untuk dipilih.

Offline nʇǝʌ∀

  • 🆈🆄🆁🅸 🅻🅾🆅🅴🆁
  • Global Moderator
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 505
  • IQ: 232
  • Gender: Pria
  • ɐɯɐs ɥɐlɐpɐ uɐʇɐlǝS uɐp ɐɹɐʇ∩
Re: Pilih Mana Tinggal di Indonesia atau di Luar Negeri?
« Jawab #24 pada: November 10, 2011, 03:52:54 AM »
gwa pilih tinggal di Indonesia, soalnya masyarakatnya gampang dikibulin, gwa bisa jual tasbeh dengan harga selangit tapi gwa bilang aja azimat buat banyak kegunaan, syukur pelanggannya tersugesti, kalo nga terbukti kan bisa bawa2 takdir hehehe.

oh ya kalo mau jadi kaya tinggal di Indonesia aja, loe beli beberapa botol minyak wangi tanpa alkohol, terus loe pasang iklan aja di koran, jual minyak untuk mendatangkan uang dari alam gaib, pasti banyak yg minat tuh. jangan lupa bilang sama pembeli tentang tata cara ritualnya, kalo gagal kan loe bisa bawa2 takdir.

"ya mungkin Tuhan belum berkehendak, kamu harus pasrah, sabar, ikhlas, dan yakin dan semua hasilnya diserahkan pada Tuhan, saya hanya perantara kok" hehehe lumayan deh minyak wangi botol kecil dijual ratusan ribu/jutaan bisa laku hahahaha!!!

terus kalo orang nanya  : "kalo begitu kenapa bukan kamu saja yg jadi kaya ?" bilang aja kamu dikenakan kode etik dari guru ghaib kamu bahwasanya ilmu kamu nga bisa digunakan utk keperibadian kamu, dll dll dll wkwkwkwk
                |'''''''''''''''''''''''''''''''''''''''''|
       __/""|"|--------nʇǝʌ∀ inc.------|
 > (|__|_|!!|__________________|
      (o)!""""""(o)(o)!"""""""""""(o)(o)!

Offline exile_rstd

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 1.027
  • IQ: 38
  • Gender: Wanita
  • Now, I really changed. Life has changed 180 degree
Re: Pilih Mana Tinggal di Indonesia atau di Luar Negeri?
« Jawab #25 pada: November 10, 2011, 08:43:23 AM »
melenceng dari diskusi ForSa nih.

Offline skuler

  • Staff
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 993
  • IQ: 109
  • Gender: Pria
  • Read! write! Revolt!
    • Read! write! Revolt!
Re:Pilih Mana Tinggal di Indonesia atau di Luar Negeri?
« Jawab #26 pada: Desember 22, 2011, 04:56:43 PM »
gw pengen keluar negri dulu supaya punya wawasan yg luas. sebagai praktisi, gw jg butuh untuk meliat/mencoba/menggunakan alat2 yg canggih2, rencana sih 5-10 taun berkelana ke berbagai project mancanegara lalu akhirnya balik ke indonesia buat adaptasi teknologi2 yg uda pernah gw pake.
"Who controls the present now controls the past. Who controls the past now controls the future.”-- RATM, 1999.

Offline semut-ireng

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 2.809
  • IQ: 11
Re:Pilih Mana Tinggal di Indonesia atau di Luar Negeri?
« Jawab #27 pada: Desember 23, 2011, 01:09:25 AM »
teorinya sich memang begitu,  bisa mengaplikasikan teknologi yang dipelajari disana.
prakteknya  .............ternyata tidak mudah,  buanyak sekali kendala dan hambatan di negeri kita ini,  bikin frustasi saja ...... ;D

Offline syx

  • Global Moderator
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 4.540
  • IQ: 341
  • Gender: Pria
    • Kliping Koran
Re:Pilih Mana Tinggal di Indonesia atau di Luar Negeri?
« Jawab #28 pada: Desember 30, 2011, 02:21:40 AM »
peneliti semakin sulit dan tidak diperhatikan di negara ini. liat aja masalah di LIPI saat ini yang didominasi peneliti 'senior' dan regenerasinya sangat sulit. blom lagi ada komentar dari salah satu menteri yang menganjurkan peneliti cari seseran aja karena tidak ada tambahan anggaran buat naikin gaji dan biaya riset (ga takut ama KPK?).
berita yang baru lagi terkait dengan susahnya siswa berprestasi untuk mendapatkan bea siswa dan kuliah di jurusan yang diminatinya di perguruan tinggi negeri ternama. malahan perguruan tinggi dari luar negeri, seperti dari singapura, yang rajin menjaring mereka.
mo jadi apa bangsa ini... pendidikannya carut marut. dosen saya pernah cerita, ada satu hal yang bisa diteladani dari israel: kepedulian terhadap pendidikan. informasi dari beliau, jumlah S3 dari komposisi penduduk mereka adalah yang tertinggi di dunia. banyak orang yahudi yang menduduki jabatan penting di universitas ternama di amerika dan eropa. dng pendidikan yang tinggi, mereka bisa menyetir negara besar seperti USA untuk bisa tunduk pada keinginan mereka.
indonesia? bangsa kita sebenarnya diakui sebagai pemasok orang pintar. tapi pemerintahnya jadi bahan olokan karena tidak mampu mengelola pendidikannya. kenapa tidak ada orang pintar yang jadi pemimpin bangsa ini?

Offline exile_rstd

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 1.027
  • IQ: 38
  • Gender: Wanita
  • Now, I really changed. Life has changed 180 degree
Re:Pilih Mana Tinggal di Indonesia atau di Luar Negeri?
« Jawab #29 pada: Desember 30, 2011, 03:43:05 AM »
IMHO; dari sekian banyak kasus dan kejadian yang terjadi dalam ranah sosial-politik bisa memberi pandangan negatif bagi mereka yang pintar untuk memilih bidang tidak yang "menyulitkan". misalnya saya, orang pintar tapi saya ogah untuk join dibidang politik karena banyaknya kasus yang sudah membuat bidang/lembaga sosial-politik itu rendah dalam pandangan masyarakat IDN.

ditambah lagi budaya politik di IDN (menurut saya) kebanyakan budaya politik kaula (Subject Political Culture); posisi yang pasif, ketika mereka tidak berdaya untuk mempengaruhi atau mengubah sistem, jadi hanya menunggu kebijakan dari para penangguang kekuasan. CMIIW. jika ada org pintar yang mau bergabung dalam bidang sosial-politik, itupun dibagian yang tidak terlalu "ter-expose".

itu sekiranya pendapat saya, mungkin ada yang mau menambahkan/mengoreksi.

 

Related Topics

  Subyek / Dimulai oleh Jawaban Tulisan terakhir
1 Jawaban
2643 Dilihat
Tulisan terakhir Desember 22, 2008, 04:48:52 PM
oleh biobio
10 Jawaban
7640 Dilihat
Tulisan terakhir Desember 18, 2014, 06:50:13 AM
oleh The Houw Liong
105 Jawaban
45975 Dilihat
Tulisan terakhir Mei 19, 2011, 02:27:00 PM
oleh daivadeva
1 Jawaban
4650 Dilihat
Tulisan terakhir September 15, 2016, 01:44:50 AM
oleh Monox D. I-Fly
6 Jawaban
15265 Dilihat
Tulisan terakhir September 16, 2016, 02:26:43 AM
oleh Monox D. I-Fly