Member baru? Bingung? Perlu bantuan? Silakan baca panduan singkat untuk ikut berdiskusi.

Selamat datang, Pengunjung. Silahkan masuk atau mendaftar. Apakah anda lupa aktivasi email?

Mei 28, 2022, 01:06:33 PM

Masuk dengan nama pengguna, kata sandi dan lama sesi

Topik Baru

Artikel Sains

Anggota
Stats
  • Total Tulisan: 139630
  • Total Topik: 10387
  • Online Today: 64
  • Online Ever: 441
  • (Desember 18, 2011, 12:48:51 AM)
Pengguna Online
Users: 0
Guests: 41
Total: 41

Ikuti ForSa

ForSa on FB ForSa on Twitter

Penulis Topik: Pro Kontra Pembangunan Reaktor Nuklir Indonesia  (Dibaca 33504 kali)

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

Offline The Houw Liong

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 1.585
  • IQ: 59
  • Gender: Pria
    • Sains, Filsafat dan Teknologi
Re: Pro Kontra Pembangunan Reaktor Nuklir Indonesia
« Jawab #15 pada: Februari 25, 2011, 07:23:12 AM »
Negara maju seperti Prancis , Jepang , Rusia, Amerika Serikat dan RRC membuktikan bahwa hanya Tenaga Nuklir yang bisa mengisi kebutuhan energi dunia. Negara tsb dapat menggantikan sekitar 15% --- 75% kebutuhan energinya dengan energi nuklir. Energi alternatif lainnya hanya bisa memenuhi kebutuhan energi di bawah 3% saja.

Sekarang pemerintah merencanakan membangun PLTN di pulau Bangka.

http://sansteknologi.blogspot.com
HouwLiong

Offline Pi-One

  • Next Hikaru Genji
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 6.981
  • IQ: 40
  • Gender: Pria
  • Next Hikaru Genji
    • Membantah Hoax
Re: Pro Kontra Pembangunan Reaktor Nuklir Indonesia
« Jawab #16 pada: Februari 25, 2011, 07:36:09 AM »
Ada perbedaan besar antara negara-negara maju tadi dengan Indoensia, SDM. Indonesia dengan mental korupnya yang parah, aku gak yakin PLTN pun luput dari hal ini. Gak kebayang kalau mental parah gini disodorkan PLTN...

Offline ridwan.surono

  • Siswa Baru
  • *
  • Tulisan: 4
  • IQ: 2
Re: Pro Kontra Pembangunan Reaktor Nuklir Indonesia
« Jawab #17 pada: Februari 25, 2011, 07:47:24 AM »
Sewa PLTN yang terapung dari Rusia. Rusia mengubah reaktor kapal selam nuklirnya menjadi Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir yang dipasang diatas kapal. Kapal bisa lego Jangkar diperaoran tertentu yang membutuhkan listrik . misa dekat Pantai retan Indramayu - Listrik yang dihasilkan bisa di gandeng ke Jaringan Listrik Jawa Bali.. Operator maupun  pengolahan sampah nuklirnya serahkan pada Rusia . Perkara keamanan serahkan ke Marinir Jalamengkara .Sambil Belajar mengoperasikan PLTN  di PLTN terapung, bangun PLTN di Kalimantan atau di Bangka Belitung, jual listriknya ke Sumatra sehingga ekonmi Sumatra akan meningkat karena Industri di Singapore dan Malaysia akan pendah ke Sumatra . Sumatra akann  menyedot penduduk P. Jawa yang padat.
PLTN suatu kepastian untuk digunakan dengan berkurangnya energi persediaan energi fosil

Offline MonDay

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 664
  • IQ: 27
  • Gender: Pria
  • pengembara, mencari sesuap ilmu
Re: Pro Kontra Pembangunan Reaktor Nuklir Indonesia
« Jawab #18 pada: Februari 25, 2011, 08:30:19 AM »
dengan mental korup apa PLTN mau dibangun setengah2? ngeri gan
selain itu sprt greenpeace blg Indonesia berada pada kawasan cincin api
mending beli ja listrik ke negara maju, selain itu mungkin nanti ditemukan sumber listrik alami
misalnya kmrn prnah lihat listrik yg dihasilkan dari buah2an (kalo tdk salah ada yg menggunakan kulit pisang dan blueberry) walaupun watt yg dihasilkan msh relatif kecil
tenaga matahari angin air msh bs dimanfaatkan Indonesia kan negara gemah ripah lohjinawi
at kemungkinan nanti bs ngirim listrik via udara sprt mengirim sinyal --
« Edit Terakhir: Februari 25, 2011, 08:35:24 AM oleh MonDay »

Offline syx

  • Global Moderator
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 4.540
  • IQ: 341
  • Gender: Pria
    • Kliping Koran
Re: Pro Kontra Pembangunan Reaktor Nuklir Indonesia
« Jawab #19 pada: Maret 14, 2011, 10:13:45 PM »
reaktor di fukushima, jepang bocor akibat gempa. reaktor yang ada di negara yang care banget untuk bikin bangunan tahan gempa aja sampe bocor. gimana dengan reaktor di indonesia yang sarat korupsi jika jadi direalisasikan?

Offline soviet regarda

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 501
  • IQ: 17
Re: Pro Kontra Pembangunan Reaktor Nuklir Indonesia
« Jawab #20 pada: Maret 14, 2011, 10:32:15 PM »
sy kurang setuju juga, pertama menurut Direktorat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (DVMBG) Departemen Energi dan Sumber Daya Mineral negara kita ini termasuk daerah rawan gempa,sunami,banjir dan letusan gunung berapi. kedua bener kata pi-one mental pembesar2 negara ini parah..proyek PLTN salah2 jd lahan korup juga (hampir pasti).ketiga tak ada salahnya jika kita gunakan sumber energi yg jelas2 tidak beresiko tinggi dan ramah lingkungan misal kembangin itu Alat pembangkit listrik tenaga gelombang laut karya tim mahasiswa Teknik Kelautan ITB..

Offline semut-ireng

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 2.809
  • IQ: 11
Re: Pro Kontra Pembangunan Reaktor Nuklir Indonesia
« Jawab #21 pada: Maret 14, 2011, 10:45:55 PM »
Setuju,  bangunnya di perbatasan negara dekat-dekat Malaysia dan Singapura.  Jangan takutlah ama nuklir,  aman-aman ajah kok,  SDM kita mampu menanganinya.  Soal mental korupsi ?  Hah,  lupakan itu.  Kalau ingat itu terus entar gak maju-maju negara ini.  Bangun,  bangun aja di perbatasan sana ..........................

Offline syx

  • Global Moderator
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 4.540
  • IQ: 341
  • Gender: Pria
    • Kliping Koran
Re: Pro Kontra Pembangunan Reaktor Nuklir Indonesia
« Jawab #22 pada: Maret 14, 2011, 11:04:30 PM »
beda dengan jepang yang sangat minim sumber daya alam, negara lebih melimpah. banyak alternatif sumber energi selain nuklir yang lebih aman, yang masih bisa dikembangkan.
bangun di salah satu pulau di batam aja kalo gitu? ato di nusa kambangan aja biar lapas di situ jadi lebih horror?

Offline soviet regarda

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 501
  • IQ: 17
Re: Pro Kontra Pembangunan Reaktor Nuklir Indonesia
« Jawab #23 pada: Maret 15, 2011, 12:31:50 AM »
Kutip
Soal mental korupsi ?  Hah,  lupakan itu.
huft..pantas saja negara kita ga maju2..pantas juga ratusan kasus suap dan korupsi banyak yg tak tuntas... :(

Offline semut-ireng

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 2.809
  • IQ: 11
Re: Pro Kontra Pembangunan Reaktor Nuklir Indonesia
« Jawab #24 pada: Maret 15, 2011, 01:25:30 AM »
Jangan sampai tuntaslah brantas korupsi.   Jangan,  sekali-kali jangan,  entar kena sendiri loh.   Mending mikir bangun PLTN.  Ya di Batam aja,  agak ke tengah sedikit tapi jangan dekat-dekat pipa minyak bawah air,  bisa meledak juga tuh kalau kesenggol.   Ngapain mau bangun kok di Bangka.    Dan jangan di Nusa Kambanganlah,  ngapain mikir bangun PLTN di Nusa Kambangan,  itu cocoknya untuk kawasan wisata aja ...........................................

Offline soviet regarda

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 501
  • IQ: 17
Re: Pro Kontra Pembangunan Reaktor Nuklir Indonesia
« Jawab #25 pada: Maret 15, 2011, 01:28:29 AM »
Kutip
Jangan sampai tuntaslah brantas korupsi.   Jangan,  sekali-kali jangan,  entar kena sendiri loh. 
:-X

Offline topazo

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 542
  • IQ: 21
  • Gender: Pria
  • Topazo Kenni von Ashraldia Nessia
    • (belum ada isinya)
Re: Pro Kontra Pembangunan Reaktor Nuklir Indonesia
« Jawab #26 pada: Maret 15, 2011, 01:47:26 AM »
Kalau mau bangun PLTN, di daerah gunung2 mati aja... Kalimantan... Di sana juga gak terlalu dipengaruhi pergerakan lempeng... Kalo mau di tempatkan di tengah2 pulau jadi gak kena tsunami...

Syaratnya, ya gak korupsi lah...
Maka nikmat Tuhan kamu yang manakah yang kamu dustakan?

Offline syx

  • Global Moderator
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 4.540
  • IQ: 341
  • Gender: Pria
    • Kliping Koran
Re: Pro Kontra Pembangunan Reaktor Nuklir Indonesia
« Jawab #27 pada: Maret 15, 2011, 01:52:49 AM »
semut-item, kalo PLTN-nya dibangun deket rumah anda gimana reaksi anda? ada perasaan waswas ga? ;D

Offline semut-ireng

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 2.809
  • IQ: 11
Re: Pro Kontra Pembangunan Reaktor Nuklir Indonesia
« Jawab #28 pada: Maret 15, 2011, 08:51:50 AM »
dekat rumah saya yang mana ?  hehehe,  om Syx seperti udah tahu rumah saya aja.....

kalau soal rumah,  untungnya saya belum punya om,  tapi kalau tempat tinggal,  ya adalah,  antara lain rumah mertua indah,  enak kok,  krasan ..........

ada yang mau bikin proposal bangun instalasi nuklir di situ ?  saya setuju saja, tapi lalu abang kita yang punya Jakarta itu gak protes keras ?   lha wong tempat tinggal saya itu ngga jauh2 amat dari monas lho,  hehehe ............

Offline Pi-One

  • Next Hikaru Genji
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 6.981
  • IQ: 40
  • Gender: Pria
  • Next Hikaru Genji
    • Membantah Hoax
Re: Pro Kontra Pembangunan Reaktor Nuklir Indonesia
« Jawab #29 pada: Maret 17, 2011, 12:56:14 PM »
:-X
Entar si semut-asbun ikutan kena cokok ::)

 

Related Topics

  Subyek / Dimulai oleh Jawaban Tulisan terakhir
18 Jawaban
30836 Dilihat
Tulisan terakhir Februari 06, 2010, 03:55:32 AM
oleh Bernando
12 Jawaban
6159 Dilihat
Tulisan terakhir Desember 25, 2009, 02:57:14 PM
oleh onyon_gila
99 Jawaban
50957 Dilihat
Tulisan terakhir Maret 07, 2011, 12:54:01 AM
oleh Farabi
2 Jawaban
4199 Dilihat
Tulisan terakhir Maret 22, 2011, 08:08:18 AM
oleh Monox D. I-Fly
5 Jawaban
6068 Dilihat
Tulisan terakhir Februari 16, 2012, 07:10:35 AM
oleh exile_rstd