Forum Sains Indonesia

Ilmu Sosial => Sosial dan Politik => Topik dimulai oleh: akatsuki pada September 26, 2008, 05:34:14 PM

Judul: saatnya Indonesia menuju negara sains
Ditulis oleh: akatsuki pada September 26, 2008, 05:34:14 PM
di Indonesia saat ini sedang marak2nya pemberitaan tentang pilkada di berbagai daerah. dengan bermacam warna dan bentuk partai politik bermunculan. mulai dari partai yang sangat gurem, partai gurem, sampai pada partai raksasa. bermacam bentuk dan rupa pemimpin dikerahkan di gembar-gemborkan sampai pada tatanan penyinggungan terhadap agama pun dilakukan.
akibatnya tidak sedikit kasus kekerasan yang terjadi akibat dari meningkatnya suhu politik belakangan ini.
lebih ironis lagi, hampir semua kaum intelektual dari berbagai macam disiplin ilmupun ikut berlomba-lomba dalam pertarungan balap karung menuju kursi pemerintahan. ternyata Indonesia terlalu hanyut terbuai dalam bidang politik sehingga hampir-hampir sangat melupakan dan mengenyampingkan hal-hal lain yang justru sangat krusial dan vital. sebagai contohnya bidang ekonomi dan sains.
Indonesia yang seharusnya kaya raya subur dan makmur hampir sama sekali tidak kelihatan akibat banyaknya persinggungan dan perebutan kekuasaan yang seakan-akan tiada habis-habisnya.
sementara pada belahan dunia lain, orang berlomba-lomba untuk menemukan sesuatu yang baru, sesuatu yang bermanfaat bagi orang banyak sesuatu yang dapat mengarahkan masyarakat menuju masyarakat yang mandiri. sedangkan kita terus-menerus menyuburkan kebiasaan hidup mewah, materi, dan konsumtif.
ibarat sebuah pohon, jika seluruh komponen pohon berkeinginan untuk menjadi daun maka pohon tersebut tidak akan tumbuh menjadi pohon yang kuat dan besar. seharusnya diantara komponen pohon harus ada yang menjadi daun, akar, batang, dan lain sebagainya.
jika kita ingin bangkit sejajar dengan negara lain, kita harus bersifat konsisten pada bidang kita.
jika kita sebagai insan sains, jadilah insan sains yang dapat menemukan sesuatu yang dapat bermanfaat bagi masyarakat. tidak perduli apakah sesuatu itu merupakan sesuatu yang sangat rumit atau sesuatu yang sederhana. yang penting sesuatu itu dapat digunakan oleh masyarakat.

bersambung........
Judul: Re: saatnya Indonesia menuju negara sains
Ditulis oleh: biobio pada Desember 22, 2008, 06:34:09 PM
bung akatsuki,disambung kapan nih?udah hampir 3 bln ga disambung2.hahaha.
Judul: Re: saatnya Indonesia menuju negara sains
Ditulis oleh: Lunaris pada Desember 25, 2008, 12:47:13 PM
Kayaknya kalah sama orang yang ingin Indonesia jadi negara teokratis.
Judul: Re: saatnya Indonesia menuju negara sains
Ditulis oleh: biobio pada Desember 25, 2008, 01:37:10 PM
Kayaknya kalah sama orang yang ingin Indonesia jadi negara teokratis.
ah,jangan ketus gt dnk bung...he3
Judul: Re: saatnya Indonesia menuju negara sains
Ditulis oleh: ksatriabajuhitam pada Desember 25, 2008, 09:59:51 PM
hm, maksudnya negara sains apa ya?

seandainya saya bisa menentukan, saya lebih cenderung pada pola begini (ini kondisi ideal ya, cuma angan2):
1. kembangkan ekonomi; tingkatkan produksi hasil laut (ingat nenek moyangku seorang pelaut), pertanian dan hutan (alam kita masih luas), pertambangan (tapi politiknya kenceng di sini), dan manufacture (kita punya banyak buruh).
2. kembangkan militer dan pendidikan; biasanya ada aja negara yang ngga suka ngeliat negara lain maju, pengennya ikut campur. kalo duit di step 1 udah kenceng, suntikan untuk pengembangan militer dan pendidikan. terutama angkatan laut. pendidian juga pada tahap ini lebih diarahkan pada riset untuk menghasilkan produk "biasa", semisal cara pengemasan ikan, pemantauan laut, bibit unggul. teknologi yg "ekstrim"nya nanti aja.
3. kalo militer udah kuat, barulah boleh mengembangkan teknologi yang lebih efisien dan "ekstrim", misal nuklir. kalo ada yang mau macem2, kita punya militer yang kuat. kalo militer udah kuat, kuasai selat malaka! itu jalur perdagangan penting, kalo berhasil dimanfaatkan (a.k.a. yang lewat dipalakin) bisa untung gede. cegah malaysia atau thailand ngeruk daratannya buat bikin terusan (bikin ini bakal sangat lama dan costly, tapi kalo 2 negara ini krjsma dan berhasil bikin terusan, mampus kita), kalo mau krjsma aja kita sama malaysia (thailand yg ditendang).
4. kalo tiga step ini udah berhasil, rasanya kita sudah bebas bergerak. terserah setelah itu mau ngapain, misal ekspansi ideologi.

tapi untuk itu harus ada spirit dan pemimpin yg agak diktator.

ini angan2 idealnya loh...realitanya bisa sangat kompleks...
Judul: Re: saatnya Indonesia menuju negara sains
Ditulis oleh: biobio pada Desember 25, 2008, 11:43:15 PM
menurutku awal kemajuan sebuah negara adalah edukasi. Jika hal itu terlaksana dengan baik, pasti hal-hal baik lainnya akan mengekor.
Judul: Re: saatnya Indonesia menuju negara sains
Ditulis oleh: Lunaris pada Desember 27, 2008, 01:33:50 PM
Edukasinya yang bagaimana dulu.

Edukasi tentang mengenal alam atau indoktrinasi agama. Yang satu bisa meningkatkan jumlah ilmuan, yang satunya bisa meningkatkan jumlah "orang bebal". Yang satunya menuju negara sains, yang satunya menuju negara "scientifically retard".

hm, maksudnya negara sains apa ya?

seandainya saya bisa menentukan, saya lebih cenderung pada pola begini (ini kondisi ideal ya, cuma angan2):
1. kembangkan ekonomi; tingkatkan produksi hasil laut (ingat nenek moyangku seorang pelaut), pertanian dan hutan (alam kita masih luas), pertambangan (tapi politiknya kenceng di sini), dan manufacture (kita punya banyak buruh).
2. kembangkan militer dan pendidikan; biasanya ada aja negara yang ngga suka ngeliat negara lain maju, pengennya ikut campur. kalo duit di step 1 udah kenceng, suntikan untuk pengembangan militer dan pendidikan. terutama angkatan laut. pendidian juga pada tahap ini lebih diarahkan pada riset untuk menghasilkan produk "biasa", semisal cara pengemasan ikan, pemantauan laut, bibit unggul. teknologi yg "ekstrim"nya nanti aja.
3. kalo militer udah kuat, barulah boleh mengembangkan teknologi yang lebih efisien dan "ekstrim", misal nuklir. kalo ada yang mau macem2, kita punya militer yang kuat. kalo militer udah kuat, kuasai selat malaka! itu jalur perdagangan penting, kalo berhasil dimanfaatkan (a.k.a. yang lewat dipalakin) bisa untung gede. cegah malaysia atau thailand ngeruk daratannya buat bikin terusan (bikin ini bakal sangat lama dan costly, tapi kalo 2 negara ini krjsma dan berhasil bikin terusan, mampus kita), kalo mau krjsma aja kita sama malaysia (thailand yg ditendang).
4. kalo tiga step ini udah berhasil, rasanya kita sudah bebas bergerak. terserah setelah itu mau ngapain, misal ekspansi ideologi.

tapi untuk itu harus ada spirit dan pemimpin yg agak diktator.

ini angan2 idealnya loh...realitanya bisa sangat kompleks...

yang paling penting adalah kemampuan suatu negara membedakan yang mana yang sains yang mana yang tidak. Bereskan masalah ini dulu baru bisa bergerak maju dalam bidang sains.

Pengembangan ekonomi dan militer akan lebih mudah kalau negara itu mengenal sains lebih banyak. Dengan mengenal sains, teknologi tidak perlu lagi diimpor dan teknologilah yang sekarang memegang peran penting dalam pengembangan ekonomi dan militer.

BTW. kita sudah menguasai teknologi nuklir sejak jaman Soekarno, cuma ada masalah dalam pengaplikasianya, secara politik bukan secara teknik. Selama 5 tahun kuliah di Yogyakarta dulu, saya kuliah didepan salah satu dari tiga reaktor nuklir yang kita punyai dan tidak ada masalah apa2.
Judul: Re: saatnya Indonesia menuju negara sains
Ditulis oleh: biobio pada Desember 27, 2008, 02:24:32 PM
sy rasa indoktrinasi agama meskipun ada benarnya dapat meningkatkan jumlah org bebal,tp hal ini tidak selalu begitu,kan?
Judul: Re: saatnya Indonesia menuju negara sains
Ditulis oleh: Lunaris pada Januari 01, 2009, 08:32:20 AM
Indoktrinasi agama pasti menghasilkan orang bebal. Karena bagi mereka, kebenaran itu diberikan bukan dicari. Dan mereka itu manusia yang paling susah untuk berubah.

Kelanjutanya hanya apakah pemerintah di negara itu waras atau tidak.

Kita bandingkan antara Amerika dan Turki. Kedua negara ini jumlah creationinya hampir sama. Perbedaanya adalah pemerintah Amerika lebih waras dalam masalah sains. Karena itu meskipun 80% penduduk nya creationist, pengembangan sains tetap jalan terus karena selalu didanai oleh pemerintah. Ada sedikit konflik antara pemerintah dan scientist sejak Bush terpilih, yang menyebabkan banyak scientist Amerika mau pindah ke eropa, meskipun Arnold "Terminator" Schwarzenegger mendinginkan situasi sehingga para ilmuan tersebut hanya perlu pindah ke California.

Turki, dengan 80% creationist sebaliknya sangat anti sains. Para ilmuan turki di terror dimana-mana terutama oleh anggota BAV.
Judul: Re: saatnya Indonesia menuju negara sains
Ditulis oleh: rawWARus pada Januari 01, 2009, 11:57:07 PM
Klo mnrt sy,mulai dr pendi2kan moral dlm agama masing2,mulai dr keluarga sampe institusi pendidikn formal tetapi dlakukan secara benar2 agar terpaku pd jiwa tdk cm formalitas, jk moral dan ahlaq baik sudah tertancap dg kuat mk hal lain akn mudah dan bnr utk djalankan, tdk spt skrg sptnya agama cm sbg formalitas akibatnya smua ddasarkan pd tujuan duniawi akhirnya egoisme individu lah yg brmain yg mncptakan korupsi dmn2, acuh tak acuh n sakit jiwa yg akhirnya brujung narkoba atau miras yg mmbuat generasi muda bobrox, sptnya jg ada granddisign yg ingin mmbuat generasi muda indonesia hancur oleh narkoba miras dan sex bebas,dmn brasal dr kmerosotan moral yg mngacuhkn agama, klo generasi muda udah loyo n bobrox ya tinggal nunggu djajah n dkudeta aja dh
Judul: Re: saatnya Indonesia menuju negara sains
Ditulis oleh: Lunaris pada Januari 02, 2009, 02:34:27 AM
See what I mean!
Judul: Re: saatnya Indonesia menuju negara sains
Ditulis oleh: The Houw Liong pada Januari 02, 2009, 07:39:28 AM
Tentu saja, syarat menjadi negara maju ialah sains harus maju.
Ilmuwan Indonesia harus meguasai kompetensi global, berarti kemampuan yang setara dengan ilmuwan internasional dan harus bisa berperan secara nasional yang berarti harus bisa memacahkan masalah yang ada di Indonesia dengan metodal ilmiah.

Judul: Re: saatnya Indonesia menuju negara sains
Ditulis oleh: rawWARus pada Januari 02, 2009, 07:43:31 AM
Apa si hakikat dr sains?
Sains tanpa moral n niat atau ahlak baik mk akn dsalah gunakan
sains hanyalah sbg alat utk mncari kebenaran yg haq ats kuasa Tuhan
adapun karya sains mrpkn bonus,jd meski bnyk saintis yg menemukan alat at penemuan lain jk tdk dgunakan utk kebaikan mk percuma sj, bnyk saintis  yg mndptkn penemuan2 brhrg tp krn tujuane materi mk djual knegara lain dan yg dpt paten bkn qt
solusi lain negara qt mustinya mendirikan lembaga yg mau mmbiayai riset2 atau ide2 kreatif anak2 bgs shg tdk diincar negara lain tak jrg sbg iming2nya beasiswa
Judul: Re: saatnya Indonesia menuju negara sains
Ditulis oleh: rawWARus pada Januari 02, 2009, 07:53:13 AM
Sbnrnya bnyk saintist indonesia yg mlakukan penemuan2 brhrg,tp kurang dperhatikan negara,dan bnyk ank bgs yg pny ide kreatif tp terkendala dana riset shg minta bantuan lembaga asing shg akirnya paten milik mereka,qt cm konsumen
Judul: Re: saatnya Indonesia menuju negara sains
Ditulis oleh: Lunaris pada Januari 02, 2009, 07:59:57 AM
Kutip dari: The Houw Liong
Ilmuwan Indonesia harus meguasai kompetensi global, berarti kemampuan yang setara dengan ilmuwan internasional dan harus bisa berperan secara nasional yang berarti harus bisa memacahkan masalah yang ada di Indonesia dengan metodal ilmiah.

Memecahkan masalah dengan metode ilmiah lah yang menjadi kendala kita saat ini.

Kutip dari: rawWARus
Sbnrnya bnyk saintist indonesia yg mlakukan penemuan2 brhrg,tp kurang dperhatikan negara,dan bnyk ank bgs yg pny ide kreatif tp terkendala dana riset shg minta bantuan lembaga asing shg akirnya paten milik mereka,qt cm konsumen

Masalahnya cuma satu. Disini ilmuan kurang dihargai.
Judul: Re: saatnya Indonesia menuju negara sains
Ditulis oleh: rawWARus pada Januari 02, 2009, 08:20:49 AM
ya makanya itu "dihargai"
klo moralnya baguskan akan menghargai
Judul: Re: saatnya Indonesia menuju negara sains
Ditulis oleh: skuler pada Januari 03, 2009, 09:31:54 AM
klo moralnya baguskan akan menghargai
weleh2..seandainya saja teori anda bisa terjadi, sobat....
susah banget buat masyarakat yg kaya gitu...orang2 yg mayoritas pd payah smua...
Judul: Re: saatnya Indonesia menuju negara sains
Ditulis oleh: rawWARus pada Januari 04, 2009, 09:50:47 AM
ya gt dh klo terkena budaya sok kebarat-baratan...lupa akan ketimuran kita...
Judul: Re: saatnya Indonesia menuju negara sains
Ditulis oleh: Lunaris pada Januari 04, 2009, 10:03:11 AM
Sains itu nga ada barat dan timurnya.  Jepang, Korea dan China yang paling timurpun bisa maju dalam bidang sains.

Kebenaran sains itu cuma 1. Yang ada cuma sains atau non-sains.
Judul: Re: saatnya Indonesia menuju negara sains
Ditulis oleh: rawWARus pada Januari 04, 2009, 10:18:30 AM
maksudku ngutip keskuler...
klo moral kita trutama remaja kebanyakan udah ga sebaik dulu, sekarang suka hura2 miras apa lg narkoba dan kecil2 jg udah pacaran parahnya lagi sex bebas boro2 mikirin belajar sains...dan yg miskin ga kebagian pendidikan krn faktor ekonomi mau makan aja susah ...trs gmn mau maju Indonesia...
apa lg mikirin sains...
Judul: Re: saatnya Indonesia menuju negara sains
Ditulis oleh: Lunaris pada Januari 04, 2009, 08:22:04 PM
Menjadikan negara ini negara sains tidak susah. Asalkan tidak mengalami talibanisasi saja. karena scientist dan taliban itu dua sisi yang berbeda.

Kayaknya anda sibuk sekali sama seks bebas dan miras.

Asal tahu saja, dinegara yang sainsnya maju miras itu legal dan pre martial sex tidak ada masalah. Dan ajaibnya tingkat korupsinya rendah. Begitu juga tingkat kriminalitasnya yang rendah. Plus tingkat ekonominya luar biasa.

Dinegara yang mengkonsumsi Miras bisa dihukum mati dan melakukan premartial seks juga bisa dihukum mati justru mengalami kemunduran sains.

Kesimpulanya bagaimana nih.
Judul: Re: saatnya Indonesia menuju negara sains
Ditulis oleh: rawWARus pada Januari 05, 2009, 02:51:21 AM
Y sygnya org indonesia ga kyk gt,udh pemakai dan blm siap akn globalisasi sec umum,tp knyataanya skrg negara yg ktnya adidaya slh satunya ekonominya malah trkena krisis,itu krn pnjajahan ekonomi mrk thdp negara lain,akhirnya saat negara yg djajah sec ekonomi tsb mngalami puncak kmiskinannya shg negara adidaya itupun ksulitan mncari sapi perahan baru utk mnopang ekonomi mrk,dan sptnya bnyk paten dan hak cipta yg mrk punya itu mrk beli dari negara lain...
Judul: Re: saatnya Indonesia menuju negara sains
Ditulis oleh: Lunaris pada Januari 05, 2009, 03:25:51 AM
Y sygnya org indonesia ga kyk gt,udh pemakai dan blm siap akn globalisasi sec umum,tp knyataanya skrg negara yg ktnya adidaya slh satunya ekonominya malah trkena krisis,itu krn pnjajahan ekonomi mrk thdp negara lain,akhirnya saat negara yg djajah sec ekonomi tsb mngalami puncak kmiskinannya shg negara adidaya itupun ksulitan mncari sapi perahan baru utk mnopang ekonomi mrk,dan sptnya bnyk paten dan hak cipta yg mrk punya itu mrk beli dari negara lain...

Fallacy besar kalau berkata negara adidaya kena krisis, negara teokratis yang retard science dan sudah terpuruk secara ekonomi sebelum krisis tidak krisis. Mereka justru krisisnya lebih dalam.  Berhubung harga minyak dunia terjun bebas dan negara-negara teokratis yang ada sekarang ekonominya berbasis minyak apa anda yakin mereka tidak krisis?

Negara berkembang sekarang kena krisis karena barang-barang yang mereka produksi tidak bisa dibeli sama negara-negara maju.

Apa sih yang anda maksud penjajahan ekonomi itu?

Kalau anda protes mengapa sebuah mobil yang di produksi Honda yang makan tempat hanya beberapa meter persegi di Jepang dalam waktu 6 jam setara dengan ribuan ton beras yang memerlukan puluhan hektar sawah dan waktu 3 bulan. Salahkan kenapa kok bisa tertinggal dalam bidang teknologi. Kalau tidak suka akan kenyataan tersebut jangan pake mobil, pake unta saja.
Judul: Re: saatnya Indonesia menuju negara sains
Ditulis oleh: rawWARus pada Januari 05, 2009, 06:02:26 AM
hahaha blh tuh pake unta klo ada yg mau ngasih...
dijajah secara ekonomi itu krna kita masih bergantung pada negara lain...baik dalam mengelola SDA kita ataupun dlm pemasarannya...karena sy yakin klo sbnrnya Indonesia mampu sec SDM dan uang jika mmg bnr2 berniat utk menglola SDA sendiri tapi karena kita udh terjebak pd hutang yg ada embel2nya salah satunya utk campurtangan negara asing dlm mengelola SDA kita...
Judul: Re: saatnya Indonesia menuju negara sains
Ditulis oleh: The Houw Liong pada Januari 05, 2009, 06:53:37 AM
Kemajuan suatu bangsa ditentukan oleh faktor budaya dominan. Jaman sekarang yang menjadi budaya dominan ialah agama/kepercayaan yang bisa membangun etos kerja, etika dan moral serta sains dan teknologi.
Judul: Re: saatnya Indonesia menuju negara sains
Ditulis oleh: utusan langit pada Januari 05, 2009, 08:55:54 AM
"Hidup adalah perbuatan,.."

Kalau anda protes mengapa sebuah mobil yang di produksi Honda yang makan tempat hanya beberapa meter persegi di Jepang dalam waktu 6 jam setara dengan ribuan ton beras yang memerlukan puluhan hektar sawah dan waktu 3 bulan. Salahkan kenapa kok bisa tertinggal dalam bidang teknologi. Kalau tidak suka akan kenyataan tersebut jangan pake mobil, pake unta saja.
hehehe, tapi unta Express ya,..??
yah kalo semua petani jadi tukang buat mobil, terus yang menghasilkan padi siapa? kita makan apa?

pernah tahu, orng jerman bilang gini ke anaknya,..
"sekolahlah kamu, kalau sudah tamat, kembali dan jadilah petani seperti bapak,...."
salahkah?


Kemajuan suatu bangsa ditentukan oleh faktor budaya dominan. Jaman sekarang yang menjadi budaya dominan ialah agama/kepercayaan yang bisa membangun etos kerja, etika dan moral serta sains dan teknologi.

saya kira bukan hanya budaya dominan, tapi juga kualitas dari sistem yang terkait,..
Judul: Re: saatnya Indonesia menuju negara sains
Ditulis oleh: ksatriabajuhitam pada Januari 05, 2009, 12:16:21 PM
Kemajuan suatu bangsa ditentukan oleh faktor budaya dominan. Jaman sekarang yang menjadi budaya dominan ialah agama/kepercayaan yang bisa membangun etos kerja, etika dan moral serta sains dan teknologi.
setuju...

kalo menurut saya ekonomi harus dibuat maju dulu, entah dengan memanfaatkan sains (aka ilmu alam) atau cara lain, (mana aja yang paling cepet)
kalo banyak "orang pintar" tapi ga bisa "dipelihara", ujung2nya malah merasa ga dihargai dan lari...
Judul: Re: saatnya Indonesia menuju negara sains
Ditulis oleh: Lunaris pada Januari 06, 2009, 09:06:16 AM
hahaha blh tuh pake unta klo ada yg mau ngasih...
dijajah secara ekonomi itu krna kita masih bergantung pada negara lain...baik dalam mengelola SDA kita ataupun dlm pemasarannya...karena sy yakin klo sbnrnya Indonesia mampu sec SDM dan uang jika mmg bnr2 berniat utk menglola SDA sendiri tapi karena kita udh terjebak pd hutang yg ada embel2nya salah satunya utk campurtangan negara asing dlm mengelola SDA kita...


Kita bergantung sama negara maju karena kita terbelakang dalam bidang teknologi. Bukanyanya sekolah buat jadi ilmuan buat memajukan bangsa, yang terjadi adalah sekolah buat jadi taliban yang memundurkan bangsa.

Kita butuh utang karena kesadaran membayar pajak di Indonesia sangat rendah, meskipun subsidinya banyak.

Kalau tidak mau jual SDA boleh saja tetapi cari pemasukan negara dari sektor lain atau pajaknya ditambah.

Kutip dari: utusan langit
yah kalo semua petani jadi tukang buat mobil, terus yang menghasilkan padi siapa? kita makan apa?

Yang saya tuliskan adalah perbedaan nilai tambah dari mobil yang dibuat dalam 6 jam dengan padi yang butuh 3 bulan.

Tahukah anda kalau pengekspor makanan paling besar di dunia ini adalah negara maju, yang kebetulan negara Industri, bukanya negara agraris?

Jangan kawatir. Nanti kalau ada saatnya jadi petani lebih cepet kaya dari pada buat mobil. Tapi yang jelas bukan sekarang.
Judul: Re: saatnya Indonesia menuju negara sains
Ditulis oleh: skuler pada April 22, 2009, 10:09:57 PM
saya cendrung stuju sama bung ksatriabajuhitam... sains memang penting tapi ekonomi rill dari tindakan produksi lebih penting lagi. sperti yg telah diutarakan bung ksatriabajuhitam pada page 1, sperti itu pula, yg menurut saya, sebaiknya dilakukan. tidak mungkin sains bkembang tanpa modal. sementara modal harus diperoleh dengan cara aktivitas produksi. cuman sayangnya kawan2 di indon yg sekolanya tinggi2 lebih suka kerja ama bule daripada memakai ilmunya untuk berwirausaha di sektor riil. karna lebi instan dapet duidnya.
Judul: Re: saatnya Indonesia menuju negara sains
Ditulis oleh: Lunaris pada April 23, 2009, 06:14:12 PM
Modal belajar sains itu hanya satu. Membedakan yang mana sains dan yang mana bukan sains. Dan modal yang satu ini tidak perlu duid sepeserpun.

Alasanya mengapa sains jauh lebih maju di negara sekuler dibandingkan negara teokratis sangatlah sederhana. Mengajarkan sains kepada anak-anak di negara sekuler jauh lebih mudah dibandingkan mengajarkan sain kepada anak-anak di negara teokratis. Kemampuan masyarakat untuk membedakan yang mana sains dan yang mana yang bukan adalah dukungan/hambatan yang paling mendasar.

Ada banyak negara teokratis yang kaya dari segi ekonomi, tetapi terpuruk dalam bidang sains sehingga semua teknologi harus diimpor dari luar. Ada artikel yang ditulis oleh jurnalis pakistan tentang total produksi tahunan tulisan Ilmiah (skripsi/thesis/disertasi) dari seluruh (total) negara arab hanya 1% dari total dunia, dimana India bisa memegang 3% sedangkan amerika sampai 60%.

BTW. Tidak perlu sampai S1 untuk bisa membedakan yang mana sains dan yang mana bukan sains.

Kutip
cuman sayangnya kawan2 di indon yg sekolanya tinggi2 lebih suka kerja ama bule daripada memakai ilmunya untuk berwirausaha di sektor riil. karna lebi instan dapet duidnya

Ini adalah fenomena yang disebut brain drain. Alasanya sangat sederhanya. Prospek di dalam negri tidak sebanding dengan prospek diluar. Belajar sampe S1/2/3 itu butuh modal, dan modalnya harus balik. Bukankah tujuan orang-tua menyekolahkan anaknya tinggi-tinggi biar hidupnya enak?
Judul: Re: saatnya Indonesia menuju negara sains
Ditulis oleh: The Houw Liong pada April 24, 2009, 12:57:00 AM
Contoh yang nyata ialah China dan India, dalam keadaan apapun juga kedua negara ini menghargai ilmuwannya, dan sekarang terbukti hasilnya. China sudah menuju negara maju, dengan pertumbuhan ekonomi yang paling besar dan devisa negara yang paling besar di dunia.
Judul: Re: saatnya Indonesia menuju negara sains
Ditulis oleh: skuler pada April 24, 2009, 10:09:28 AM
banyak jalan mnuju roma bro... knapa lu bisa yakin metoda di cina n india bisa dtrapkan di indonesia?
Judul: Re: saatnya Indonesia menuju negara sains
Ditulis oleh: Lunaris pada April 24, 2009, 11:28:53 PM
Sains itu universal dan begitu juga metodologi sains.

Pertanyaanya adalah apakah kita bisa memahami sains itu? Tidak butuh modal kok untuk bisa memahami sains.
Judul: Re: saatnya Indonesia menuju negara sains
Ditulis oleh: paladin-x pada Mei 11, 2009, 05:57:17 AM
Menurut saya orang Indonesia Cerdas-cerdas, dan Luar biasa.

Tapi entah kenapa, pemikiran dan kemampuan mereka tidak tersalurkan, apa mungkin gak ada wadahnya kali?
Dulu Indonesia pernah bikin pesawat, (tapi itu dulu).
Sekarang apakah ada perkembangan dengan pesawatnya? (idealnya/logikanya harus ada perkembangan, tapi...)
Saya pernah baca di media massa, Indonesia pernah berencana bikin pesawat siluman.
Kalo gak salah salah satunya dosen ITS yang disuruh mencari algoritmanya. Tapi...
Sampai saat ini realisasi proyeknya belum terlihat atau mungkin saya belum mendengar.
Judul: Re: saatnya Indonesia menuju negara sains
Ditulis oleh: zxcvb pada Oktober 21, 2010, 02:11:33 PM
mengapa orang barat makmur dan maju:
1. mereka memiliki IDEOLOGI dan MOTIVASI yg berbeda dg kita;
2. mereka menguasai sains dan aplikasinya.

Otak Indonesia memang lumayan, tapi bangsa Indonesia sangat lemah dalam hal:
1. Mental kewirausahaan,
2. Penghargaan yg tinggi kepada sains dan para ilmuwan

SELAMA 2 hal itu belum berubah, jangan harap Indonesia menjadi negara sains.
Judul: Re: saatnya Indonesia menuju negara sains
Ditulis oleh: zxcvb pada Oktober 21, 2010, 02:45:47 PM
politik/ekonomi/keamanan dijaga stabilitasnya ------>revolusi sains indonesia ------->ekonomi dan keamanan dg sendirinya ter-upgrade---->Indonesia menjadi negara maju

Revolusi berarti perubahan drastis dalam sekala besar,

revolusi semacam itu mungkin akan terjadi kalau tiba2 tanah Indonesia berubah menjadi gersang dan tandus dan sulit untuk ditanami.
Judul: Re: saatnya Indonesia menuju negara sains
Ditulis oleh: Notonektid pada November 04, 2010, 10:10:24 AM
Problem utamanya adalah suatu instansi atau negara seringkali hanya mau menanggung biaya suatu riset jika keberhasilan hasilnya bisa dipertanggung jawabkan sehingga uang yg dikeluarkan untuk menunjang riset tidak menjadi pengeluaran sia-sia. Padahal inti dari sains adalah menemukan hal baru yg sebelumnya tidak diketahui sehingga sering muncul kejadian, hasil dari riset yg dilakukan tidak sesuai dengan rencana awal yg diharapkan. Kalau itu terjadi, kesannya jadi 'wasting money', sementara tidak ada kemajuan apa-apa yg didapat
Judul: Re: saatnya Indonesia menuju negara sains
Ditulis oleh: Dhantez pada November 20, 2010, 09:34:37 AM
Contoh yang nyata ialah China dan India, dalam keadaan apapun juga kedua negara ini menghargai ilmuwannya, dan sekarang terbukti hasilnya. China sudah menuju negara maju, dengan pertumbuhan ekonomi yang paling besar dan devisa negara yang paling besar di dunia.

Pengaruh sains thd pertumbuhan ekonomi di Cina tdklah scr langsung. Kebijakan pemerintah utk beralih ke ekonomi pasar liberal mengundang investasi asing dlm jumlah luar biasa besar, ini membuka peluang kerja luar biasa besar bagi rakyat Cina dan mulai terjadi transfer teknologi, dan kemudian terbukanya gerbang globalisasi dimanfaatkan bagi perusahaan Cina utk melakukan inovasi biaya dan kemudian mengalahkan kompetitor globalnya..

Sains hanya berada di bagian dalam dari proses itu. Misalnya utk melakukan inovasi biaya, perusahaan Cina membayar murah insinyur2 Cina (relatif terhadap insinyur dari Barat), utk melakukan inovasi thd proses produksi mereka..

Indonesia sebenarnya memiliki resource yg lebih dari cukup utk meniru dan menyaingi pendekatan Cina ini.
Judul: Re: saatnya Indonesia menuju negara sains
Ditulis oleh: Adelia.rike351 pada November 20, 2010, 09:38:50 AM
seharusnya kita banyak berusaha dan belajar,menghargai sains dan ilmuwan, dan menerapkan ilmu yang kita pelajari sebelumnya.
Judul: Re: saatnya Indonesia menuju negara sains
Ditulis oleh: rawWARus pada Januari 28, 2011, 09:01:06 AM
Tapi yg saya kawatirkan seumpamanya setelah saya menemukan suatu alat yg sangat efisien dan efektif ataupun energi alternatif yg sangat mudah didapat dan murah, itu akan mematikan pasaran energi yg ada dan juga membuat kacau perekonomian kita, karena negara kta termasuk "pasar" atau tempat utk menjual barang2 mereka. Dan apakah karena itu pemerintah kurang memperhatikan penemuan2 dan ilmuwan2 kita?
Bayangkan jika salah satu dari kita menemukan energi alternatif yg sangat murah dan mudah dibuat oleh setiap rumah tangga dan kebanyakan dari masyarakat beralih dari BBM/LPG ke sumber energi baru tersebut, maka si penjual BBM/LPG itu akan merasa berkurang pendapatannya.
Bagaimana kira2 ?