Member baru? Bingung? Perlu bantuan? Silakan baca panduan singkat untuk ikut berdiskusi.

Selamat datang, Pengunjung. Silahkan masuk atau mendaftar. Apakah anda lupa aktivasi email?

Oktober 20, 2021, 12:40:49 AM

Masuk dengan nama pengguna, kata sandi dan lama sesi

Topik Baru

Artikel Sains

Anggota
Stats
  • Total Tulisan: 139668
  • Total Topik: 10408
  • Online Today: 26
  • Online Ever: 441
  • (Desember 18, 2011, 12:48:51 AM)
Pengguna Online
Users: 0
Guests: 27
Total: 27

Ikuti ForSa

ForSa on FB ForSa on Twitter

Penulis Topik: Wawasan Nusantara dan Kepentingan Nasional.  (Dibaca 8118 kali)

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

Offline semut-ireng

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 2.809
  • IQ: 11
Wawasan Nusantara dan Kepentingan Nasional.
« pada: Oktober 19, 2011, 02:07:51 AM »
Wawasan nusantara adalah cara pandang dan sikap bangsa Indonesia mengenai diri dan bentuk geografinya berdasarkan Pancasila dan UUD 1945.[1] Dalam pelaksanannya, wawasan nusantara mengutamakan kesatuan wilayah dan menghargai kebhinekaan untuk mencapai tujuan nasional.[1]

.............................................................

Tujuan wawasan nusantara terdiri dari dua, yaitu:[4]

1.  Tujuan nasional, dapat dilihat dalam Pembukaan UUD 1945, dijelaskan bahwa tujuan kemerdekaan Indonesia adalah "untuk melindungi segenap bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia dan untuk mewujudkan kesejahteraan umum, mencerdaskan kehidupan bangsa, dan ikut melaksanakan ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan perdamaian abadi dan keadilan sosial".

2.  Tujuan ke dalam adalah mewujudkan kesatuan segenap aspek kehidupan baik alamiah maupun sosial, maka dapat disimpulkan bahwa tujuan bangsa Indonesia adalah menjunjung tinggi kepentingan nasional, serta kepentingan kawasan untuk menyelenggarakan dan membina kesejahteraan, kedamaian dan budi luhur serta martabat manusia di seluruh dunia.

http://id.wikipedia.org/wiki/Wawasan_Nusantara

Saya ingin masukan dari pembaca  soal Kepentingan Nasional :

1.  Pandangan tentang apa yang dimaksud dengan Kepentingan Nasional Bangsa Indonesia.

2.  Rumusan Kepentingan Nasional Bangsa Indonesia dalam kurun waktu sampai 5 - 10 tahun ke depan.

Barangkali bisa didiskusikan,  monggo ...........

Offline semut-ireng

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 2.809
  • IQ: 11
Re: Wawasan Nusantara dan Kepentingan Nasional.
« Jawab #1 pada: Oktober 20, 2011, 01:17:04 AM »
Soal Kepentingan Nasional atau National Interest,  biasanya berkaitan dengan kelangsungan hidup bernegara,  dan hal itu berhubungan dengan masalah Politik (  Kedaulatan Negara dan Stabilitas Politik,  dsbnya ),  Ekonomi,  Sosial,  Budaya,  serta Keamanan.

Secara teori,  Pemerintah wajib merumuskan Kepentingan Nasional yang diutamakan pada kurun waktu tertentu,  dan rumusan Kepentingan Nasional itu dijadikan semacam pedoman dalam melaksanakan pembangunan nasional ke depan sesuai kurun waktunya.   Idealnya,  bukan hanya para penyelenggara negara saja yang wajib memahaminya,  melainkan juga seluruh warga negara,  utamanya warga negara yang terdidik.

Offline semut-ireng

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 2.809
  • IQ: 11
Re: Wawasan Nusantara dan Kepentingan Nasional.
« Jawab #2 pada: Oktober 20, 2011, 02:32:59 AM »
Sebagai rakyat Indonesia yang hidup di desa,  dan bekerja bersama-sama rekan kerja lain di desa,  ada lebih dari 300 kk,  saya dan teman2 kerja saya kok belum tahu soal Kepentingan Nasional bangsa Indonesia sekarang ini,  dan paling tidak 5 tahun ke depan.   Padahal tiap hari lihat teve juga dengarkan berita2 di radio,  gak ada tuh kayaknya siaran pemberitahuan kepada rakyat kayak saya dan teman2 saya,  soal Kepentingan Nasional yang diprioritaskan sekarang ini.   Bagi saya,  juga teman2 saya,  pemberitahuan soal itu sangat perlu dan penting,  rakyat agar mengetahui dengan jelas Visi ke depan bangsa Indonesia.   Benar ato nggak ya  ?
« Edit Terakhir: Oktober 20, 2011, 02:35:08 AM oleh semut-ireng »

Offline semut-ireng

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 2.809
  • IQ: 11
Re: Wawasan Nusantara dan Kepentingan Nasional.
« Jawab #3 pada: Oktober 21, 2011, 03:10:36 AM »
Jadi ya bagaimana,  sebagai rakyat,  yang lalu sering diminta agar ikut berpartisipasi ( aktif ! ) dalam pembangunan nasional bangsa Indonesia,  kalo tidak tahu apa2  ( gambaran kasar tentang visi ke depan bangsa Indonesia )  ?   Apa memang rakyat dibiarkan begitu saja,  tidak dibina ??

Offline viz

  • Mahasiswa
  • **
  • Tulisan: 33
  • IQ: 8
  • Gender: Pria
Re: Wawasan Nusantara dan Kepentingan Nasional.
« Jawab #4 pada: Oktober 28, 2011, 06:06:18 PM »
kalo setau saya,pemerintah udah terbuka kok ttg kepentingan nasional..bisa liat di media cetak seperti koran,misalnya kepentingan jangka panjang yg pernah di tetapkan itu mslh pertumbuhan ekonomi.Dalam mewujudkan kepentingan jangka panjang itu pasti jg ada tahapan2nya,yg berkembang jd isu2 yg harus diselesaikan.Isu2 inilah yg nantinya di rapatkan lg apakah masuk ke daftar kepentingan jangka pendek atau tidak,apakah isu2 nasional ini berhubungan dgn kepentingan jangka panjang td
do what u love,or die unhappy

Offline semut-ireng

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 2.809
  • IQ: 11
Re: Wawasan Nusantara dan Kepentingan Nasional.
« Jawab #5 pada: Oktober 29, 2011, 09:18:55 PM »
Sudah banyak dimuat di media cetak yah,  wah,  saya ketinggalan nich,  memang saya jarang baca koran.   Tapi kok cuma masalah pertumbuhan ekonomi  ?  Biasanya selain menyangkut ekonomi,  juga menyangkut masalah politik ( kedaulatan negara ) dan keamanan.

 

Related Topics

  Subyek / Dimulai oleh Jawaban Tulisan terakhir
0 Jawaban
2260 Dilihat
Tulisan terakhir Mei 23, 2010, 07:40:19 AM
oleh Freora
4 Jawaban
56494 Dilihat
Tulisan terakhir Oktober 29, 2014, 04:21:54 PM
oleh Monox D. I-Fly
5 Jawaban
3655 Dilihat
Tulisan terakhir November 24, 2012, 11:08:43 AM
oleh Fariz Abdullah
5 Jawaban
3495 Dilihat
Tulisan terakhir September 18, 2014, 08:24:47 AM
oleh mynick
1 Jawaban
2146 Dilihat
Tulisan terakhir Januari 19, 2017, 06:24:04 AM
oleh duhil