Selamat datang di ForSa! Forum diskusi seputar sains, teknologi dan pendidikan Indonesia.

Welcome to Forum Sains Indonesia. Please login or sign up.

Maret 03, 2024, 04:04:53 PM

Login with username, password and session length

Topik Baru

Artikel Sains

Anggota
Stats
  • Total Tulisan: 139,653
  • Total Topik: 10,405
  • Online today: 80
  • Online ever: 1,582
  • (Desember 22, 2022, 06:39:12 AM)
Pengguna Online
Users: 0
Guests: 33
Total: 33

Aku Cinta ForSa

ForSa on FB ForSa on Twitter

(Ask) Capacitor bank gak berfungsi otomatis

Dimulai oleh deutz910, Juli 10, 2011, 02:28:29 PM

« sebelumnya - berikutnya »

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

deutz910

Salam kenal, saya bekerja di sebuah pabrik pengolahan karet dan kami menggunakan genset sebagai sumber daya.
Sementara ini kami menggunakan sebuah genset sewa Mercedes 500kVA dan terhubung ke capacitor bank (saya lupa berapa kvar).
Sedangkan genset yang kami miliki (bukan sewa, milik sendiri - CAT D535 - 385 kVA) baru selesai di overhaul dan rencananya akan trial dalam minggu-minggu ini.

Yang jadi pertanyaan adalah, ketika sumber daya menggunakan genset sewa, tidak ada masalah apa-apa, frekuensi, tegangan, semua normal, termasuk capacitor bank bisa berfungsi hingga step ke IV (pf sekitar 0,8-0,9).
Namun ketika beberapa hari lalu mencoba membebani genset yang baru saja di-overhaul, ternyata frekuensinya hunting (naik-turun), dan capacitor bank tidak dapat berfungsi (pf-nya hanya sekitar 0,6-0,7) secara otomatis. Tapi ketika capacitor bank dimasukkan ke mode Manual, bisa berfungsi.

Kira-kira apanya yang salah ya? Apakah di capacitor bank-nya atau gensetnya? Mohon petunjuk dan pencerahannya karena saya minim ilmu listrik (saya hanya sarjana pertanian)
Terima kasih

erik hardianto

*Faktor daya atau faktor kerja adalah perbandingan antara daya aktif (watt) dengan daya semu/daya total (VA), atau cosinus sudut antara daya aktif dan daya semu/daya total ([pranala luar disembunyikan, sila masuk atau daftar.])

mencoba menjawab,, gensetnya coba test beban bertahap sampai beban penuh, trus biarkan genset bekerja lama dengan beban penuh. lihat masing2 frekuensi, tegangan, apa semua normal?
- kalau genset mati dan tidak bisa bertahan lama + gada tegangan atau tegangan drop. berarti genset nya rusak coba cek governor sama AVR-nya...
- kalau kapasitor cek relay kontrolnya.
- kalau ada yang lebih mengerti tolong lanjutkan