Selamat datang di ForSa! Forum diskusi seputar sains, teknologi dan pendidikan Indonesia.

Welcome to Forum Sains Indonesia. Please login or sign up.

Juni 28, 2022, 03:19:15 PM

Login with username, password and session length

Topik Baru

Artikel Sains

Anggota
  • Total Anggota: 26,754
  • Latest: sainsftw
Stats
  • Total Tulisan: 139,633
  • Total Topik: 10,390
  • Online today: 75
  • Online ever: 441
  • (Desember 17, 2011, 09:48:51 AM)
Pengguna Online
Users: 0
Guests: 57
Total: 57

Aku Cinta ForSa

ForSa on FB ForSa on Twitter

Awas! Penggunaan Charger Murahan KW Bisa Merusak Smartphone

Dimulai oleh dimensidata, Desember 01, 2016, 10:07:14 AM

« sebelumnya - berikutnya »

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

dimensidata

Mungkin anda tidak terlalu perduli dengan penggunaan charger KW dan merasa tidak ada masalah pada gatget. Namun tahukah anda, jika voltase yang keluar dari charger tidak melalui proses filterasi dengan baik maka beresiko terjadi pengalihan tenaga berfrekuensi tinggi.

Pada level tertentu (ekstrim) hal tersebut bisa menyebabkan smartphone rusak. Sedangkan gejala umum yang mungkin dialami adalah layar sentuh pada gatget tidak bisa dioperasikan ketika pengisian daya sedang berlangsung.

Dan bila hal ini terus berlanjut tanpa perhatian serius dari anda, maka efek butuk yang bisa ditimbulkan adalah touch screen mati/rusak secara permanen.

Tips Melakukan Isi Ulang (Charging) Smartphone Dengan Baik Dan Benar

1. Gunakan charger bawaan (original) smartphone agar daya masuk (input) maupun keluar (output) tidak melebihi kemampuan gatget.

2. Sebisa mungkin hindari menggunakan charger merk lain (meskipun lubangnya sama), paling tidak lihat ukuran daya input maupun output nya misal 100-240V~50/60Hz 0.2A dan 5.0V-1.0A.

3. Cek kondisi charger, segera lepas atau cabut jika terdengar bunyi aneh saat prose pengisian ulang.

4. Jangan melakukan charging terlalu lama, jika baterai sudah penuh segera keluarkan dari stop kontak.

5. Buang kebiasaan buruk [pranala luar disembunyikan, sila masuk atau daftar.], ini bisa memicu kerusakan charger jika arus listrik dari PLN tidak stabil.

5. Jika memang tidak terlalu penting, hindari menggunakan smartphone saat proses charging. Selain memperpendek umur baterai, kebiasaan ini membuat gatget cepat panas dan beresiko merusak komponen elektronik di dalamnya.

Merawat smartphone bisa dimulai dari hal-hal kecil seperti memperhatikan tata cara isi ulang baterai dengan benar. Jangan sampai anda menyesal nantinya karena kebiasaan buruk yang anda lakukan hari ini.

kazuma

Uhm kalau boleh tanya, hp2 model baru seperti samsung maupun Iphone yang begitu canggih dan tidak menggunakan charger KW kok tetap bisa meledak?