Gunakan MimeTex/LaTex untuk menulis simbol dan persamaan matematika.

Selamat datang, Pengunjung. Silahkan masuk atau mendaftar. Apakah anda lupa aktivasi email?

Oktober 29, 2020, 06:08:50 AM

Masuk dengan nama pengguna, kata sandi dan lama sesi

Topik Baru

Artikel Sains

Anggota
Stats
  • Total Tulisan: 139606
  • Total Topik: 10375
  • Online Today: 48
  • Online Ever: 441
  • (Desember 18, 2011, 12:48:51 AM)
Pengguna Online
Users: 0
Guests: 32
Total: 32

Ikuti ForSa

ForSa on FB ForSa on Twitter

Penulis Topik: cara merangkai led  (Dibaca 23794 kali)

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

Offline duck_sweet

  • Siswa Baru
  • *
  • Tulisan: 4
  • IQ: 1
cara merangkai led
« pada: Oktober 02, 2009, 12:42:14 AM »
 :)

too all my bro and sis,...

klo ada yang tau cara merangkai lampu led tolong di share ya,..soalnya gue mau coba" bikin lampu" di motor pake led dengan aki 12volt,...

misalnya komponen apa aja yang harus di beli,...trus gimana cara masangnya di PCBnya,...

klo bisa cee harga komponennya,...maaf nee sebelumnya,...masih newbie masalah ginian,...

thx buat semuanya...

Offline Alan adhityo

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 275
  • IQ: 37
  • Gender: Pria
    • Alseven - Physics and Technology
Re: cara merangkai led
« Jawab #1 pada: Oktober 02, 2009, 01:03:29 AM »
Yg hrus d beli : LED, Resistor, Capasitor dan transistor. (dl pernah pasang komponennya itu, kl nilainya sy krg tw, relatif sih) :)

Harganya murah kq, dr idr 50 s/d 2000 per koponen (khusus rangkaian led)

Kl egag lsg beli PCB yg uda jd aja bro, kan uda ada daftar komponen beserta nilainya? Jd tgl soldel aja jd.. :D (masangnya; resistor bebas, capacitor n led kaki yg pjg t utk kutub positif n yg pndk negatif)
kunjungi MIL education (bandung) http://mileducation.wordpress.com

Offline duck_sweet

  • Siswa Baru
  • *
  • Tulisan: 4
  • IQ: 1
Re: cara merangkai led
« Jawab #2 pada: Oktober 02, 2009, 06:47:06 AM »
trus transisitor tuk apaan gan,...?  ???

klo bisa se kalian gambarnya dong gan,...soalnya newbie banget nee,...

PCB yang udah jadi,..namanya apaan,...trus spec capasitor,resistor, dan transistornya apa,..??

trus cara ngebentuk PCB'y gimana cee gan,..??misalnya mau di bentuk kotak, bulet, or segitiga...

Thx...
« Edit Terakhir: Oktober 02, 2009, 06:49:44 AM oleh duck_sweet »

Offline erik hardianto

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 111
  • IQ: 10
Re: cara merangkai led
« Jawab #3 pada: Oktober 05, 2009, 02:43:33 PM »
kalo mau belajar pelan2.. hehehe,coba nyalain dulu LED pake batre, nyala ga tu, selanjutnya, ketoko elektronik, tanya mas ada rangkaian tolus kit ga? yang untuk led jalan. paling2 20rb, trus tgl solder deh, semangat..

Offline duck_sweet

  • Siswa Baru
  • *
  • Tulisan: 4
  • IQ: 1
Re: cara merangkai led
« Jawab #4 pada: Oktober 06, 2009, 04:10:14 AM »
yap,...thx gan,..

py gue pngn nanya nee,...

apa fungsi

resistor,..
dioda,...(jenisnya apa aja,..)
transistor,..
da capasitor,..

Thx

Offline ksatriabajuhitam

  • Moderator
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 791
  • IQ: 97
  • Gender: Pria
  • keep holding on
    • hsw weblog
Re: cara merangkai led
« Jawab #5 pada: Oktober 06, 2009, 11:40:57 AM »
yap,...thx gan,..

py gue pngn nanya nee,...

apa fungsi

resistor,..
dioda,...(jenisnya apa aja,..)
transistor,..
da capasitor,..

Thx

silahkan baca-baca http://www.forumsains.com/teknik-elektro/pembahasan-pengenalan-komponen2-elektronika/
ditambahin juga ya...
not all the problems could be solved by the sword, but sword holder take control of problems.
ForSa versi mobile: http://www.forumsains.com/forum?wap2

Offline mekanik_gagal

  • Mahasiswa
  • **
  • Tulisan: 47
  • IQ: 3
  • Gender: Pria
  • bersama selalu menyenangkan
Re: cara merangkai led
« Jawab #6 pada: Oktober 06, 2009, 12:07:32 PM »
klo LED di kasih catu daya 12v juga langsung nyala...
jdi mnurut gw g usah ribet" pake komponen elektronik sgala..
cukup pke..
a.catu daya (aki 12v)
b.LED (ati" salah masang kutub)
c.Input (saklar)

gw rasa itu ja dah cukup..tinggal cara masang nya yg susah..salamat berjuang.
menuntut ilmu hukumnya wajib

Offline heru.htl

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 991
  • IQ: 14
  • Gender: Pria
    • Free GNU/Linux Distributions
Re: cara merangkai led
« Jawab #7 pada: Oktober 07, 2009, 02:57:26 PM »
^
^
Wah, klo ditembak langsung 12 V, bisa langsung "LEP (1x) + PET (seterusnya)" wkkkk...

yg rada kena mungkin gini nih mekanik_gagal:

Catu daya (minimum 2V) + resistor (nilainya juga harus disesuaikan, kalau ndak ya "buezzz..") + LED + saklar (opsional, paling mati sendiri kalau setrum baterainya abis)...

Offline mekanik_gagal

  • Mahasiswa
  • **
  • Tulisan: 47
  • IQ: 3
  • Gender: Pria
  • bersama selalu menyenangkan
Re: cara merangkai led
« Jawab #8 pada: Oktober 10, 2009, 12:20:32 PM »
^
^
Wah, klo ditembak langsung 12 V, bisa langsung "LEP (1x) + PET (seterusnya)" wkkkk...

yg rada kena mungkin gini nih mekanik_gagal:

Catu daya (minimum 2V) + resistor (nilainya juga harus disesuaikan, kalau ndak ya "buezzz..") + LED + saklar (opsional, paling mati sendiri kalau setrum baterainya abis)...

ywdh..gw salah dikit..
gw lupa pesan pak guru klo komponen elektronik jgn langsung di kasih tegangan (V), paling g pake resistor biar tegangan tadi bisa berubah ke kuat arus (A).dgn begitu umur komponen juga bakalan bertambah..

Offline duck_sweet

  • Siswa Baru
  • *
  • Tulisan: 4
  • IQ: 1
Re: cara merangkai led
« Jawab #9 pada: Oktober 13, 2009, 01:59:39 AM »
thx semua,...

First mission complete,...  ;) ;) ;)

continue next mission ====>

Offline cutediana

  • Siswa Baru
  • *
  • Tulisan: 4
  • IQ: 1
  • ForSa!
    • Guru Elektronika
Re:cara merangkai led
« Jawab #10 pada: April 24, 2018, 09:06:03 PM »
berdasarkan sumber yang anedapat tergantung juga dengan warna lednya.. Cara yang paling sederhana adalah dengan baterai 9V dan resistan 1Kohm dan 1/4 Watt atau bisa juga 470 ohm.
untuk lebih jelasnya ada di artikel ane disini : http:// www. bjgp-rizal. com/2017/10/cara-merakit-led-dengan-tegangan-9-volt.html

 

Related Topics

  Subyek / Dimulai oleh Jawaban Tulisan terakhir
5 Jawaban
28744 Dilihat
Tulisan terakhir April 24, 2018, 09:02:23 PM
oleh cutediana
6 Jawaban
15857 Dilihat
Tulisan terakhir Mei 11, 2010, 04:10:06 AM
oleh nandaz
0 Jawaban
165743 Dilihat
Tulisan terakhir Februari 25, 2011, 06:07:02 AM
oleh Farabi
9 Jawaban
5548 Dilihat
Tulisan terakhir Maret 30, 2011, 02:50:22 AM
oleh Andika Putra R
3 Jawaban
79107 Dilihat
Tulisan terakhir April 24, 2018, 09:09:10 PM
oleh cutediana