Forum > Teknik Elektro

Ebook : Buku masa depan

Halaman: (1/4) > >>

insan sains:

sorry nih, masih bingung letakin postingannya dimana. Ini berhubungan dengan gadget dan teknologi. Bantuin ya om mimin

Nampaknya dunia saat ini sedang berusaha mencari solusi-solusi penghematan sumber daya alam. Hal ini dipacu dengan krisis energi yang makin hari makin mendekati titik kritis. Kalau masalah bahan bakar sudah jelas, dan sudah banyak disinggung. Sampai detik ini pun pencarian terhadap bahan bakar yang benar-benar Blue Energy itu masih berlangsung. Tapi untuk postingan kali ini, gak akan ngebahas ini ah...

Saya sebagai pecinta buku, tentunya harus merasa khawatir, sebab hutan-hutan kayu di negara kita sudah banyak berkurang. Terlebih karena kasus illegal logging. Lalu kalau buku-buku harus dibuat ulang dengan menggunakan bahan dasar kayu, berarti jumlah hutan yang tersisa akan semakin sedikit jika porsi penanaman kembali pohon-pohon tersebut gak sebanding dengan jumlah pohon-pohon yang ditebang. Lagi-lagi, masyarakat kita kadang gak mau mendaur ulang kertas yang sudah tidak terpakai. Dipakai bungkus gorenganlah, ada yang dibakarlah....!! walah-walah...!

Nah, ebook (Electronic Book) mungkin adalah salah satu solusinya. Bagaimana tidak, hanya dengan menggunakan media penyimpan beberapa mega, sudah bisa menyimpan ratusan ebook. Ebook tersebut kemudian dapat dibuka di komputer. Masalahnya ada beberapa hal :
1. Komputer tidak bisa dibawa kemana-mana, kecuali menggunakan notebook
2. Tidak semua orang punya komputer / notebook, kecuali harganya sudah murah
3. Orang masih lebih tertarik membaca buku, dibandingkan membaca di layar komputer. Kenapa? Mungkin karena membaca buku ada sensasinya tersendiri. Bisa bolak-balik gak karuan. Bisa sekali kebet langsung nyampe halaman sekian. Walaupun sebenarnya menggunakan ebook akan lebih memudahkan ketika kita mencari sebuah kata atau kalimat.

Satu lagi gadget yang mungkin akan menjadi trend di masa depan. Yaitu ebook yang bener-bener elektronik book. Ebook ini memiliki dua layar, persis seperti buku, serta tersedia beberapa tombol dan membuat ebook ini memiliki sensasi yang sama persis sebagaimana membaca buku dari kertas. Membolak-balik halaman, melipat satu bagian buku, scanning halaman, dan sensasi lainnya. Ebook ini dikembangkan oleh sebuah tim dari Universitas Maryland dan Berkeley.



Kalo ada yang mau lihat video promosinya :
http://www.youtube.com/watch?v=Mbh4Fdnv-s0

sumber : http://www.newscientist.com/blog/technology/2008/06/dual-display-e-book-reader-lets-you.html

eky:

setuju!!!!!!!
ebook bakalan menjadi buku yang sangat mobile menurut saya ..
and we're gonna need it soon

reborn:

Keren juga inovasinya. Mudah-mudahan bukan hanya ebook "yang itu" aja ntar ya :P tapi yang beneran ada isinya. Menurut gw sih, tetep aja bakal ada sebagian orang yang lebih memilih utk baca buku kertas daripada ebook. Betul kek dibilang insan sains, sensasinya beda. Seperti baca portal berita online dan baca koran sambil minum teh atau nongkrong ;D Gw sendiri punya kebiasaan nongkrong sambil baca ;D Aneh ya? Bener lho, apalagi jaman kuliah mau ujian dah suntuk, biasanya gw ke tolet, nongkrong sambil baca, pdl cuman nongkrong bukan krn kebelet :P Ah, jadi curhat... hehe...

Mungkin analoginya seperti ini : dulu ketika orang mulai membuat buku, beberapa orang ketakutan kemungkinan orang bakal berhenti bicara. Nyatanya ngga ;D

workaholic:

wah...makin canggih aja dunia...dah mirip kek buku aja...bisa dibolak-balik pula, cuma bedanya ya seperti biasanya ngebaca dr layar komputer, rada silau kalo kelamaan..
tp tetep two thumbs up buat kreativitas temuannya

wonderfull wind:

Iyaaa Keren b9t,,  :o  :o Klo mau pindah kosan ga usah ribet2 bawa buku banyak2,,  :D

KLo nyari literatur juga mejanya jd ga brantakan dipenuhin sama buku2. Bener2 pRaktis n RaMah Lin9kun9an,,  :D

Mo9a2 Cpt NyaMpe Ke Indonesia d9n Har9a yg Terjan9kau,  ::) hehe,,, AMIN AMIN,,, ;D

Halaman: (1/4) > >>

Ke versi lengkap