Member baru? Bingung? Perlu bantuan? Silakan baca panduan singkat untuk ikut berdiskusi.

Selamat datang, Pengunjung. Silahkan masuk atau mendaftar. Apakah anda lupa aktivasi email?

April 16, 2021, 05:37:40 AM

Masuk dengan nama pengguna, kata sandi dan lama sesi

Topik Baru

Artikel Sains

Anggota
  • Total Anggota: 26703
  • Latest: VIVA98
Stats
  • Total Tulisan: 139627
  • Total Topik: 10388
  • Online Today: 44
  • Online Ever: 441
  • (Desember 18, 2011, 12:48:51 AM)
Pengguna Online
Users: 0
Guests: 60
Total: 60

Ikuti ForSa

ForSa on FB ForSa on Twitter

Penulis Topik: LabView programming  (Dibaca 12588 kali)

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

Offline terwelu

  • Siswa Baru
  • *
  • Tulisan: 6
  • IQ: 2
  • Gender: Pria
LabView programming
« pada: Februari 09, 2009, 04:28:29 PM »
Halo semua,

Ada yg pernah/masih menggunakan LabView utk keperluan elektronika/automation ? Kl iya, saya mau mengajak diskusi tentang LabView karena setahu saya, di Indonesia masih sedikit kalangan praktisi elektronika yang menggunakan LabView. Kalo ada, ngobrol yuk !

salam,
terwelu ;)

Offline anel46

  • Siswa Baru
  • *
  • Tulisan: 9
  • IQ: 6
Re: LabView programming
« Jawab #1 pada: Februari 17, 2009, 02:00:09 AM »
aku pernah pake...tapi ga terlalu mengerti
nyari bukunya susah
jd gimana lagi deh...
mw bantu?tolongin dong....
aku juga pengin bisa
thanks

Offline terwelu

  • Siswa Baru
  • *
  • Tulisan: 6
  • IQ: 2
  • Gender: Pria
Re: LabView programming
« Jawab #2 pada: Februari 18, 2009, 12:53:53 PM »
Sebenarnya gak sulit2 banget sih. Masalahnya karena kita terbiasa pake text programming, makanya jadi keliatan susah karena LabView kan graphic programming. Buku2 LabView emang susah (jd kepngen bikin bukunya nih  ;D), tp bbrp waktu yg lalu ky nya pernah liat deh di Gramedia.

Hmmm...saya sih pengen banget bisa sharing pengalaman. Tp gimana metoda yg paling baik ya?. Atau gini aja, dulu waktu pake LabView bikin program apa ? Gimana kl dishare kira2 waktu itu kesulitannya apa, jd bisa kita cari solusi nya. Kl menurut saya, drpd baca tutorial, lebih baik belajar dari kesulitan yg kita hadapi (learning by doing gitu). Ok deh, ditunggu tanggapannya ya ?  ;)

terwelu

Offline Too Payz

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 260
  • IQ: 7
Re: LabView programming
« Jawab #3 pada: Juni 24, 2009, 07:41:50 PM »
Lab View itu Basicnya bahasa C n logikanya anggap saja seperti bahasa C.
Jadi kalo bisa bahasa  C akan mudah untuk migrasi ke LabView.

Saya juga baru nyoba-nyoba LabView.

Offline Too Payz

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 260
  • IQ: 7
Re: LabView programming
« Jawab #4 pada: Juni 26, 2009, 01:40:43 PM »
Yang sederhana dlu dah.   :-X
Caranya memprogram dengan LabView untuk mengendalikan Motor Stepper gmana yak?
Pengennya siii :
- Bisa muter kanan n kiri (CW dan CCW) dengan sudut putar bebas sesuai inputan.
- Bisa Mode Half Step dan Full Step.
- Delay step-step motornya bisa diatur sesuai inputan.

Misal aja Motor Stepper 4 inputan Port0.0, Port0.1, Port0.2, dan Port0.3   :)

VI (Virtual Interface) nya di sertai yaaaahh..  ;)

Offline erik hardianto

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 111
  • IQ: 10
Re: LabView programming
« Jawab #5 pada: Juni 26, 2009, 03:00:23 PM »
" Lanjutkan "

Offline Too Payz

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 260
  • IQ: 7
Re: LabView programming
« Jawab #6 pada: Juli 02, 2009, 04:11:17 PM »
Weeeeeeeee..............

Kok tidak berlanjut neh ??   ???
Gmana dunk.  :'(

Offline kurdtanshori

  • Mahasiswa
  • **
  • Tulisan: 27
  • IQ: 3
Re: LabView programming
« Jawab #7 pada: Agustus 29, 2009, 02:08:19 AM »
Ayo master2 forum sains lanjutin dong....
@ too payz : gimana klu bang too payz aj yan nglanjutin??? ..di share aja bang apa aja yang dah bang too payz lakuin lewat labview...soalnya ane baru donlot softwarenya niy...tapi bingung gimana cara makenya...hihihihi

Offline Too Payz

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 260
  • IQ: 7
Re: LabView programming
« Jawab #8 pada: Oktober 15, 2009, 09:49:08 PM »
Ini contoh program LabView dari TA junior angkatan 04.

Judul :
"Pengaturan Mesin AC(Air Conditioner) pada Ruang Kuliah Berbasis Sensor PIR325 menggunakan LabView 8.6"
Tujuan :
Penghematan Energi dengan meng On-Off AC berdasarkan terdeteksi ada tidaknya orang dalam ruangan tersebut.
Alat-alat :
Power Supply, Sensor PIR, Motor Stepper+driver, Relay 12Vdc+Driver, Modul LabView, dan Lampu 220Vac (simulasi sebagai mesin AC).
Cara Kerja :
  • Motor Stepper bergerak half step/full step dengan lebar sudut tertentu berdasarkan inputan CW (Clock Wise) lalu bergerak CCW (Counter Clock Wise) hingga kembali ke posisi awal.
  • Saat Stepper bergerak sensor PIR scanning mendeteksi keberadaan orang dalam ruangan.
  • Jika pada scanning ke-1 terdeteksi ada orang maka memori "Scan 1 = 1" lalu diam 10 menit.
  • Jika scanning ke-2 ada orang maka memori "Scan 2 = 1", tapi apabila tidak terdeteksi maka memori "Scan 1 = 0" dan memori "Scan 2 = 0" dan proses mulai dari awal. Scanning ini memastikan bahwa benar-benar ada orang dalam ruangan.
  • Lampu 220Vac nyala hingga 30 menit apabila "Scan 1 = 1" dan "Scan 2 = 1".
  • Setelah 30 menit Scanning untuk cek apakah masih ada orang, jika masih ada Lampu 220Vac tetap nyala sebaliknya lampu akan mati dan memulai proses dari awal lagi.

Ini gambar Codingnya dan Front Panelnya...

Offline Too Payz

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 260
  • IQ: 7
Re: LabView programming
« Jawab #9 pada: Oktober 15, 2009, 09:51:05 PM »
Wah ribet juga liatnya...
 ???   ???  ???
Ampe gondroong..  :kribo:

Offline irsal

  • Siswa Baru
  • *
  • Tulisan: 2
  • IQ: 0
Re: LabView programming
« Jawab #10 pada: Maret 30, 2010, 12:18:51 PM »
Labview itu menurut sangat bagus karena:
  • Membuat program lebih cepat karena drag and drop, tidak perlu menghafal syntax
  • Library matematika sangat lengkap jadi untuk program hitung-hitungan yang rumit bisa dilakukan
  • Saya sudah mempunyai pengalaman menerapkannya di industri PT.Krakatau Steel, PT.Latinusa, PT.YKK-AP
lihat artikelnya http://digital.ni.com/worldwide/singapore.nsf/web/all/07C88F78CB50D8E7862574D600421C64
[/list]

Offline irsal

  • Siswa Baru
  • *
  • Tulisan: 2
  • IQ: 0
Re: LabView programming
« Jawab #11 pada: Maret 30, 2010, 12:30:24 PM »
Labview itu menurut sangat bagus karena:

1. Membuat program lebih cepat karena drag and drop, tidak perlu menghafal syntax
2. Library matematika sangat lengkap jadi untuk program hitung-hitungan yang rumit bisa dilakukan
Saya sudah mempunyai pengalaman menerapkannya di industri PT.Krakatau Steel, PT.Latinusa, PT.YKK-AP dll
lihat artikelnya di: http://digital.ni.com/worldwide/singapore.nsf/web/all/07C88F78CB50D8E7862574D600421C64
dan http://digital.ni.com/worldwide/singapore.nsf/web/all/D9B9E7E99B99760B86256ECB002AB964

Jika anda tertarik untuk diskusi lebih dalam bisa menghubungi saya di [email protected]
« Edit Terakhir: Maret 30, 2010, 12:35:01 PM oleh irsal »

Offline skuler

  • Staff
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 993
  • IQ: 109
  • Gender: Pria
  • Read! write! Revolt!
    • Read! write! Revolt!
Re: LabView programming
« Jawab #12 pada: Mei 05, 2010, 11:52:05 AM »
bang irsal dobel posting nih... momodnya tolong benerin dong...

eniwey, pake labview bisa tuning PID jg kan... ada yg bisa bagi2 pengalamannya g?
"Who controls the present now controls the past. Who controls the past now controls the future.”-- RATM, 1999.

Offline zasta88

  • Siswa Baru
  • *
  • Tulisan: 1
  • IQ: 0
Re: LabView programming
« Jawab #13 pada: Juni 22, 2010, 07:47:19 PM »
ada yang tahu kontrol motor induksi menggunakan Ni-DAQ dg labview ga?
mohon dijawab trimakasih bro n sist..

Offline Mat Dillom

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 620
  • IQ: 23
Re: LabView programming
« Jawab #14 pada: Juni 22, 2010, 11:14:43 PM »
Heheheh ciri orang indo. Sangat ketergantungan sama produk orang luar. :D. Buat apa ribet-ribet kalo fungsinya biasa aja, bahkan kita bisa buat dengan cara yg beda. :D.


 

Related Topics

  Subyek / Dimulai oleh Jawaban Tulisan terakhir
3 Jawaban
6620 Dilihat
Tulisan terakhir April 06, 2010, 04:08:10 AM
oleh dianartanto
0 Jawaban
1905 Dilihat
Tulisan terakhir Desember 22, 2009, 05:16:20 AM
oleh arfan
0 Jawaban
2219 Dilihat
Tulisan terakhir Desember 22, 2009, 05:18:54 AM
oleh arfan
0 Jawaban
2254 Dilihat
Tulisan terakhir September 29, 2010, 03:24:10 AM
oleh ari fureta
0 Jawaban
176715 Dilihat
Tulisan terakhir Januari 31, 2017, 02:43:51 AM
oleh Kidx666