Forum Sains Indonesia

Ilmu Terapan => Ilmu Teknik => Teknik Elektro => Topik dimulai oleh: adalah pada Mei 03, 2010, 04:40:09 AM

Judul: LM317 dan LM7805
Ditulis oleh: adalah pada Mei 03, 2010, 04:40:09 AM
mohon bantuannya kakak2...

saya butuh materi tentang LM317 dan 7805,,mulai dari pengertian, cara kerja, dll..
saya cari2 di internet tapi dapatnya sepotong2, malah jadi bingung..
kalo kakak2 ada yang punya materi LM317 dan 7805 mohon berbagi dengan saya...

terima kasih sebelumnya...
 :)
Judul: Re: LM317 dan LM7805
Ditulis oleh: heru.htl pada Mei 04, 2010, 11:09:23 AM
Take a look to my attachments please >>>>>

Or, visit to the following sites:

www.fairchildsemi.com/ds/LM%2FLM7805.pdf

www.national.com/ds/LM/LM117.pdf
Judul: Re: LM317 dan LM7805
Ditulis oleh: heru.htl pada Mei 04, 2010, 11:12:23 AM
This is the attachments >>>>>
Judul: Re: LM317 dan LM7805
Ditulis oleh: adalah pada Mei 05, 2010, 02:52:57 AM
sebelumnya terima kasih buat mas heru.htl atas data sheetnya..
klo ada saya butuh dalam bentuk penjabaran,mulai dari pengertian,cara kerja komponen,dll...
Judul: Re: LM317 dan LM7805
Ditulis oleh: 0y1k pada Mei 06, 2010, 02:14:36 PM
Penjelsan Singkat:
Semua yang agan tanya diatas ialah jenis dari IC regulator Tegangan. Apa yang dimaksud dengan IC regulator? Mungkin bisa dicari lengkapnya di google. Secara singkat fungsi IC regulator ialah untuk menstabilkan tegangan DC. Kenapa? Pasti tahukan bahwa di tegangan DC itu ada tegangan ripple? Tegangan ripple ini terjadi karena kurang bagusnya penyearah (dioda) yang dipakai. Maka dari itu digunakanlah IC regulator ini untuk mengecilkan tegangan ripple ini.
Lantas kenapa tegangan ripple ini harus dikecilkan atau bahkan dihilangkan? karena ada beberapa komponen elektronika yang apabila arus negatif yang cukup besar dan terus menerus akan rusak. Contohnya IC digital dan mikrokontrol. Bagian digital tidak mengenal yang namanya arus negatif. Jika ada tegangan ripple yang cukup besar masuk ke sebagai sumber IC ini maka ditakutkan akan rusak.

Diatas ialah fungsi utama dari IC regulator. Namun masih banyak fungsi dari IC regulator ini. Untuk Lengkapnya agan dapat melihat datasheet yang diberikan oleh mas heru. Liat bagian rangkaiannya. Disitu banyak aplikasi dari IC regulator ini. :-) Ya sebagian orang ada menggunakan IC ini sebagai penurun tegangan dari tegangan yang tinggi.

Lantas apa bedanya IC LM7805 dan IC LM317?
Secara umum beda kedua IC ini ialah dari output yang dihasilkan oleh kedua IC regulator ini. Jika IC LM7805 keluaran tegangan outputnya ialah FIX 5 Volt. Sedangkan untuk IC LM317 ini keluaran tegangan outputnya bisa variabel tergantung dengan potensiometer yang dipasang. :-) Output dari IC LM317 3<=Vin-Vout<=40.

Cukup sekian penjelesannya.. Ada yang ingin ditanyakan?
Semoga bermanfaat
Judul: Re: LM317 dan LM7805
Ditulis oleh: adalah pada Mei 07, 2010, 12:12:09 PM
Terima kasih banyak mas oyik atas penjelasannya...

pada data sheet LM317,untuk menentukan arus Adj menggunakan rumus yang tertera di data sheet (ada rangkaianny juga),bisa kasih reverensi rumus menentukan Iadj yang nantinya digunakan untuk menentukan Vout-nya.
Judul: Re: LM317 dan LM7805
Ditulis oleh: 0y1k pada Mei 07, 2010, 02:37:24 PM
Terima kasih banyak mas oyik atas penjelasannya...

pada data sheet LM317,untuk menentukan arus Adj menggunakan rumus yang tertera di data sheet (ada rangkaianny juga),bisa kasih reverensi rumus menentukan Iadj yang nantinya digunakan untuk menentukan Vout-nya.
kan udah ada di datasheet, kok nanya lagi?
wah jadi bingung. hehehe
Judul: Re: LM317 dan LM7805
Ditulis oleh: heru.htl pada Mei 08, 2010, 01:07:38 AM
Makin banyak diputer jadi makin paham  ;D ;D ;D ;D

Style para tukang elektro  ;D ;D ;D ;D

Rumit kayak jalur PCB Motherboard PENTIUM IV  ;D ;D ;D ;D
Judul: Re: LM317 dan LM7805
Ditulis oleh: 0y1k pada Mei 08, 2010, 07:00:41 AM
Makin banyak diputer jadi makin paham  ;D ;D ;D ;D

Style para tukang elektro  ;D ;D ;D ;D

Rumit kayak jalur PCB Motherboard PENTIUM IV  ;D ;D ;D ;D
maksudnya??
ga paham deh, hehehe
Judul: Re: LM317 dan LM7805
Ditulis oleh: heru.htl pada Mei 08, 2010, 09:41:36 AM
Mengenai LM317, sebenarnya itu cuma menyediakan rating arus yang cukup terbatas,

kecuali LM317 yang model bodinya seperti "buah jengkol" alias TO-3, itu rating arus outputnya cukup lumayan.
Kalau LM317 dengan bodi yang imut-imut macam TO-220, itu cepet meledak kalau digenjot beban berlebihan, apalagi jika bebabnya mendekati "impedansi kawat", alias hampir 0 ohm -- di jamin itu LM317 akan teriak "ohhh tobaat... saya nyangkul di sawah siang hari bolong sambil pakai jaket wol setebal 3 inchi..." wkkkkk.
Judul: Re: LM317 dan LM7805
Ditulis oleh: 0y1k pada Mei 08, 2010, 10:30:19 AM
Mengenai LM317, sebenarnya itu cuma menyediakan rating arus yang cukup terbatas,

kecuali LM317 yang model bodinya seperti "buah jengkol" alias TO-3, itu rating arus outputnya cukup lumayan.
Kalau LM317 dengan bodi yang imut-imut macam TO-220, itu cepet meledak kalau digenjot beban berlebihan, apalagi jika bebabnya mendekati "impedansi kawat", alias hampir 0 ohm -- di jamin itu LM317 akan teriak "ohhh tobaat... saya nyangkul di sawah siang hari bolong sambil pakai jaket wol setebal 3 inchi..." wkkkkk.
Pake Heatsink atuh bos :-P
K'lo tipe TO-3 biasanya ditaruh di chasing. Contoh, liat aja power supply :-)
K'lo ingin arus yang besar ganti IC regulatornya donk! Setahuku untuk LM7805 itu cuman 1 A (biasanya make ini sih). Belum pernah mainan dengan arus yang gede nih. 1A bagiku sudahlah besar. hehehe
Judul: Re: LM317 dan LM7805
Ditulis oleh: heru.htl pada Mei 13, 2010, 02:05:36 PM
Pasalnya kalau LM317 model package TO220 itu sering salah guna untuk beban macam audio mobile player sampai panasnya bisa seperti obat nyamuk.  ;D ;D ;D Kasus ini saya temukan pada adik-adik STM (bahkan D3 dan S1 elektro kampus lokal) yang pernah praktek LM317 pkg TO220 >>> tetap overheat, biarpun dikasih heatsink. Sampai saya kasih contoh toko-toko di kota lokal saya yang jual model LM317 pkg TO-3.
Judul: Re: LM317 dan LM7805
Ditulis oleh: 0y1k pada Mei 14, 2010, 12:19:58 AM
Pasalnya kalau LM317 model package TO220 itu sering salah guna untuk beban macam audio mobile player sampai panasnya bisa seperti obat nyamuk.  ;D ;D ;D Kasus ini saya temukan pada adik-adik STM (bahkan D3 dan S1 elektro kampus lokal) yang pernah praktek LM317 pkg TO220 >>> tetap overheat, biarpun dikasih heatsink. Sampai saya kasih contoh toko-toko di kota lokal saya yang jual model LM317 pkg TO-3.
wah bebannya besar tuh untuk audio :-)
k'lo hanya untuk mikrokontroller dan IC digital yang dayanya rendah mah ga masalah...
mungkin kesalahan ini terjadi karena dari ukuran TO-3 yang lebih besar dari yang lainnya...
kebanyakan lebih mengutamakan ukurannya yang kecil (selalu terpikir ntuk buat alat yang sekecil-kecilnya) namun melupakan fungsinya
Judul: Re: LM317 dan LM7805
Ditulis oleh: adalah pada Mei 14, 2010, 09:35:05 AM
Terima kasih mas mas bwt penjelasannya...
saya udah mulai paham masalah IC regulator ini,,,
sebenarnya yang saya butuhkan Vout 6V dan 5V,,didaerah saya bwt nyari LM7806 susah jadinya saya pake LM317...

Terima kasih banyak mas oyik atas penjelasannya...

pada data sheet LM317,untuk menentukan arus Adj menggunakan rumus yang tertera di data sheet (ada rangkaianny juga),bisa kasih reverensi rumus menentukan Iadj yang nantinya digunakan untuk menentukan Vout-nya.
kan udah ada di datasheet, kok nanya lagi?
wah jadi bingung. hehehe
di data sheet itu menentukan Vout-nya..
yang saya tanyakan Iadj..
tapi saya sudah dapet referensi kalo Iadj tu besarnya kurang dari 100uF,,jadi dianggap nol...
Judul: Re: LM317 dan LM7805
Ditulis oleh: 0y1k pada Mei 15, 2010, 01:05:02 PM
Terima kasih mas mas bwt penjelasannya...
saya udah mulai paham masalah IC regulator ini,,,
sebenarnya yang saya butuhkan Vout 6V dan 5V,,didaerah saya bwt nyari LM7806 susah jadinya saya pake LM317...

Terima kasih banyak mas oyik atas penjelasannya...

pada data sheet LM317,untuk menentukan arus Adj menggunakan rumus yang tertera di data sheet (ada rangkaianny juga),bisa kasih reverensi rumus menentukan Iadj yang nantinya digunakan untuk menentukan Vout-nya.
kan udah ada di datasheet, kok nanya lagi?
wah jadi bingung. hehehe
di data sheet itu menentukan Vout-nya..
yang saya tanyakan Iadj..
tapi saya sudah dapet referensi kalo Iadj tu besarnya kurang dari 100uF,,jadi dianggap nol...

Hah? besarnya kurang dari 100uF dianggap nol?
sejak kapan arus jadi farad?
Judul: Re: LM317 dan LM7805
Ditulis oleh: adalah pada Mei 23, 2010, 01:42:26 PM
Terima kasih mas mas bwt penjelasannya...
saya udah mulai paham masalah IC regulator ini,,,
sebenarnya yang saya butuhkan Vout 6V dan 5V,,didaerah saya bwt nyari LM7806 susah jadinya saya pake LM317...

Terima kasih banyak mas oyik atas penjelasannya...

pada data sheet LM317,untuk menentukan arus Adj menggunakan rumus yang tertera di data sheet (ada rangkaianny juga),bisa kasih reverensi rumus menentukan Iadj yang nantinya digunakan untuk menentukan Vout-nya.
kan udah ada di datasheet, kok nanya lagi?
wah jadi bingung. hehehe
di data sheet itu menentukan Vout-nya..
yang saya tanyakan Iadj..
tapi saya sudah dapet referensi kalo Iadj tu besarnya kurang dari 100uF,,jadi dianggap nol...

Hah? besarnya kurang dari 100uF dianggap nol?
sejak kapan arus jadi farad?

hahahahha...
mangap...
maksudnya 100uA...
Judul: Re: LM317 dan LM7805
Ditulis oleh: tulushadi pada Oktober 29, 2010, 04:43:51 PM
saya memiliki 2 buah UPS 1200 VA  yang masing masing bermasalah.
1. UPS  A memiliki masalah overheating pada IC Regulator Voltage (LM317T), overheating terasa saat kondisi UPS tersambung ke jala2 listrik ataupun saat UPS kondisi Backup. Panas yang timbul menyebabkan board dibawah heatsink LM317T menjadi kecoklatan seperti menerima panas yang sangat berlebihan. Overheating juga terjadi pada dua buah dioda 1N4007 disekitar IC regulator LM317T. Overheating dioda ini timbul beberapa detik setelah UPS dihidupkan dalam posisi UPS tersambung ke jala2 listrik ataupun saat UPS kondisi Backup. dari beberapa kali googling, saya masih belum menemukan penyebabnya, yang saya tahu (maklum newbie dalam elektronika) overheat pada dioda terjadi karena terdapat arus yang terlalu berlebihan yang melewatinya, saya telah mencoba menukar/mengkanibal resistor disekitar IC dan dioda dengan UPS B namun masalah over heat masih muncul, kira kira apa yang menyebabkannya?
(perlu juga disampaikan, awal pembongkaran UPS A ini ditemukan kapasitor disekitar IC LM317T dengan kode 63V 470uF sudah gembung dan telah telah ganti)
 
2. UPS B memiliki masalah jika dalam posisi backup hanya bertahan kira2 satu menit setelah itu OFF dengan sendirinya, kalo yang ini saya gak ada clue sama sekali, apa yang menyebabkan relaynya terputus setelah satu menit apakah ada hubungannya dengan kapasitor, (perlu diketahui kondisi batrai telah diganti baru)

mohon saran dan pembelajaran dari para ahli sekalian, terima kasih

(newbie yang ingin coba2)
Judul: Re: LM317 dan LM7805
Ditulis oleh: tukang.patri pada November 03, 2010, 05:17:26 AM
butuh kapasitas arus berapa ampere ? 6 volt nya
terus alatnya apa ? kritis ngga ?
kalo mikrokontroler bisa pake Resistor ZENER dan CAPS, mudah didapat di mana mana, kalo hanya darurat mah, jurus mac gyver
Judul: Re: LM317 dan LM7805
Ditulis oleh: aldemilano pada Januari 19, 2011, 05:13:18 AM
setau saya 7805 itu ic regulator untuk penghasil tegangan 5 volt. kalo LM 317 fungsinya sama cuma tegangan keluaran yang di hasilkan disesuiakan dengan nilai rsistor yang di berikan max 40 volt