Selamat datang di ForSa! Forum diskusi seputar sains, teknologi dan pendidikan Indonesia.

Selamat datang, Pengunjung. Silahkan masuk atau mendaftar. Apakah anda lupa aktivasi email?

Mei 18, 2021, 07:45:25 AM

Masuk dengan nama pengguna, kata sandi dan lama sesi

Topik Baru

Artikel Sains

Anggota
Stats
  • Total Tulisan: 139631
  • Total Topik: 10391
  • Online Today: 52
  • Online Ever: 441
  • (Desember 18, 2011, 12:48:51 AM)
Pengguna Online
Users: 0
Guests: 40
Total: 40

Ikuti ForSa

ForSa on FB ForSa on Twitter

Penulis Topik: membuat sensor suhu berbasis ATMEGA8535  (Dibaca 5979 kali)

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

Offline thorIQ

  • Mahasiswa
  • **
  • Tulisan: 11
  • IQ: 3
  • Gender: Pria
membuat sensor suhu berbasis ATMEGA8535
« pada: Desember 31, 2009, 07:24:32 PM »
bismillah...

ada yang tahu tidak cara memprogram mikro untuk sensor suhu??. kasih tahu dong  ;D
kalo yg pake ADC sih udah tahu, cuma programnya aja yang belum bisa... bantuin aku yaa http://

Offline coys

  • Siswa Baru
  • *
  • Tulisan: 8
  • IQ: 0
  • Gender: Pria
Re: membuat sensor suhu berbasis ATMEGA8535
« Jawab #1 pada: Januari 01, 2010, 04:00:36 PM »
sensor suhu yang digunakan tipe berapa,,,???
kalau menggunakan ATmega8535 bisa langsung menggunakan ADC internal so dalam dalam program kita cukup membaca nilai konversi dari ADC,,,???

Offline thorIQ

  • Mahasiswa
  • **
  • Tulisan: 11
  • IQ: 3
  • Gender: Pria
Re: membuat sensor suhu berbasis ATMEGA8535
« Jawab #2 pada: Januari 01, 2010, 11:34:01 PM »
pakainya sensor suhu LM35D..., berarti bisa langsung ke port ADC kan?. terus, programnya itu yg aku belum bisa bos..?

Offline coys

  • Siswa Baru
  • *
  • Tulisan: 8
  • IQ: 0
  • Gender: Pria
Re: membuat sensor suhu berbasis ATMEGA8535
« Jawab #3 pada: Januari 05, 2010, 07:25:12 PM »
dulu q pernah bikin dari sensor suhu LM35DZ n langsung diinputkan ke ADC ternyata bisa stabil dan jika di bandingkan dengan menggunakan termometer ruang perubahannya sama yaitu termometer ruang naik 1 derajat C, yang dari sensor suhu juga naik 1 derajat C karena out dari sensor emang udah linear,,,
ada baiknya kalo sebelum masuk ke ADC, out dari sensor dikuatkan mengguanakan Op Amp LM358 dengan faktor penguatan 5x sehingga nanti setiap scala 1 derajat C bisa di bagi menjadi 3 tapi rangkaiannya butuh kestabilan  karena kalo g bisa2 penguatannya gagal,,,,,

lo program untuk yang dari sensor langsung ke ADC q dulu hanya langsung baca data ADC trus di tampilin pada LCD,,,,
untuk setting kalibrasinya bisa dengan memutar2 Vref ADC,,,,

 

Related Topics

  Subyek / Dimulai oleh Jawaban Tulisan terakhir
27 Jawaban
25831 Dilihat
Tulisan terakhir Februari 15, 2011, 04:16:13 PM
oleh wews
1 Jawaban
8343 Dilihat
Tulisan terakhir April 12, 2011, 02:38:26 PM
oleh N.A.T.O
0 Jawaban
171027 Dilihat
Tulisan terakhir Maret 12, 2016, 10:20:54 AM
oleh KevinM.K
0 Jawaban
177584 Dilihat
Tulisan terakhir Maret 12, 2016, 10:36:29 AM
oleh KevinM.K
0 Jawaban
170730 Dilihat
Tulisan terakhir April 05, 2016, 02:42:52 AM
oleh KevinM.K