Selamat datang di ForSa! Forum diskusi seputar sains, teknologi dan pendidikan Indonesia.

Welcome to Forum Sains Indonesia. Please login or sign up.

Agustus 10, 2022, 12:08:04 AM

Login with username, password and session length

Topik Baru

Artikel Sains

Anggota
  • Total Anggota: 26,760
  • Latest: Hormide
Stats
  • Total Tulisan: 139,633
  • Total Topik: 10,390
  • Online today: 88
  • Online ever: 441
  • (Desember 17, 2011, 09:48:51 AM)
Pengguna Online
Users: 0
Guests: 29
Total: 29

Aku Cinta ForSa

ForSa on FB ForSa on Twitter

UPS bermasalah

Dimulai oleh tulushadi, Oktober 29, 2010, 09:47:48 AM

« sebelumnya - berikutnya »

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

tulushadi

saya memiliki 2 buah UPS 1200 VA  yang masing masing bermasalah.
1. UPS  A memiliki masalah overheating pada IC Regulator Voltage (LM317T), overheating terasa saat kondisi UPS tersambung ke jala2 listrik ataupun saat UPS kondisi Backup. Panas yang timbul menyebabkan board dibawah heatsink LM317T menjadi kecoklatan seperti menerima panas yang sangat berlebihan. Overheating juga terjadi pada dua buah dioda 1N4007 disekitar IC regulator LM317T. Overheating dioda ini timbul beberapa detik setelah UPS dihidupkan dalam posisi UPS tersambung ke jala2 listrik ataupun saat UPS kondisi Backup. dari beberapa kali googling, saya masih belum menemukan penyebabnya, yang saya tahu (maklum newbie dalam elektronika) overheat pada dioda terjadi karena terdapat arus yang terlalu berlebihan yang melewatinya, saya telah mencoba menukar/mengkanibal resistor disekitar IC dan dioda dengan UPS B namun masalah over heat masih muncul, kira kira apa yang menyebabkannya?
(perlu juga disampaikan, awal pembongkaran UPS A ini ditemukan kapasitor disekitar IC LM317T dengan kode 63V 470uF sudah gembung dan telah telah ganti)

2. UPS B memiliki masalah jika dalam posisi backup hanya bertahan kira2 satu menit setelah itu OFF dengan sendirinya, kalo yang ini saya gak ada clue sama sekali, apa yang menyebabkan relaynya terputus setelah satu menit apakah ada hubungannya dengan kapasitor, (perlu diketahui kondisi batrai telah diganti baru)

mohon saran dan pembelajaran dari para ahli sekalian, terima kasih

(newbie yang ingin coba2)

tukang.patri

coba cek aki nya mas
terus sisi low voltage dari TRAFO utamanya, siapa tau lapisan email nya sudah rontoh gara2 panas dan short ke tetangganya, harus gulung ulang
oya, UPS linear tafo besar ? atau SMPS ?
Hak Cipta Hanya Milik Alloh

tulushadi

untuk tipe ups sepertinya UPS biasa untuk komputer pak merk prolink pro1200s apa termasuk katagori linear atau smps kurang paham, kalo yg smps apa yg untuk PSU komputer itu pak?

tulushadi

aki dua2nya jg udah baru pak...

Bung Tok

untuk UPS A ic LM317 gunanya utk supply circuit control, max arus out LM317 1A, coba cek rangkaian yg di supply LM317 apakah ada yg rsk ( dg cara meng urut kan kaki out LM317 pin yg ke 3 kalo gak salah) LM 317 panas krn over current.
untuk UPS B coba cek batterainya dg lampu mobil ( 12v 60 watt ) jika lampunya nyala terang berarti masih bagus, dan ketika pln nyala coba cek tegangan batt dimana harus lebih besar dari nominal batt ( per batt sekitar 13,5 volt )utk chargingnya.

good luck..........