Gunakan MimeTex/LaTex untuk menulis simbol dan persamaan matematika.

Selamat datang, Pengunjung. Silahkan masuk atau mendaftar. Apakah anda lupa aktivasi email?

Januari 18, 2021, 11:16:36 PM

Masuk dengan nama pengguna, kata sandi dan lama sesi

Topik Baru

Artikel Sains

Anggota
Stats
  • Total Tulisan: 139618
  • Total Topik: 10381
  • Online Today: 217
  • Online Ever: 441
  • (Desember 18, 2011, 12:48:51 AM)
Pengguna Online
Users: 0
Guests: 35
Total: 35

Ikuti ForSa

ForSa on FB ForSa on Twitter

Penulis Topik: Pengamanan pada telpon  (Dibaca 8808 kali)

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

Offline agathapie

  • Mahasiswa
  • **
  • Tulisan: 27
  • IQ: 11
Pengamanan pada telpon
« pada: April 25, 2009, 05:38:00 AM »
mau sedikit minta usul dan nambah ide mengenai tugas akhir saya neh ;D
permasalahan yang mau saya ambil disini adalah pengamanan dalam telekomunikasi terhadap telpon  :angel:
yang mau saya diskusikan adalah apa yang bagus dipakai dalam pembuatan alat yang dapat mengamankan telekomunikasi  ::)
ide saya adalah bagaimana membuat alat yang dapat mengamankan telekomunikasi pada telepon berupa alat mungkin sejenis apa ya saya juga belum kepikiran...
duh bingung ngejelasinnya ??? ???
jadi dari si A dan B harus memiliki alat yang sama untuk berkomunikasi yang aman..
yah sekian dulu,, harap dikomentari dengan ... :angel: :angel: :angel:

_agathapie_
thx

Offline skuler

  • Staff
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 993
  • IQ: 109
  • Gender: Pria
  • Read! write! Revolt!
    • Read! write! Revolt!
Re: Pengamanan pada telpon
« Jawab #1 pada: April 25, 2009, 05:44:50 AM »
hi ... agatha... mungkin ada baiknya anda promosikan diri anda dulu di board perkenalan anggota...

yg anda maksudkan ini adalah telpon kabel ato nirkabel? mohon temanya lebi spisifik, moga2 ada kawan2 forsa yg dapat membantu...
"Who controls the present now controls the past. Who controls the past now controls the future.”-- RATM, 1999.

Offline utusan langit

  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 1.509
  • IQ: 106
  • Gender: Pria
  • K
    • utusan langit
Re: Pengamanan pada telpon
« Jawab #2 pada: April 25, 2009, 09:44:49 AM »
pengaman radiasi HP bisa, mislnya kasih pereduksi radiasi yang kuat!
 ;D ;D ;D

Offline agathapie

  • Mahasiswa
  • **
  • Tulisan: 27
  • IQ: 11
Pengamanan pada telpon
« Jawab #3 pada: April 28, 2009, 11:10:50 AM »
bukan yang saya maksud adalah pengamanan pada telepon rumah ::)
saya mau menambahkan sejenis hardware yang bisa mengamankan sejenis modul enkripsi lah
tapi buat komponen dan harus apanya saya belum bisa bilang karena saya belum ada referensi sama sekali :-\
tolong bantuannya teman2....

Offline skuler

  • Staff
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 993
  • IQ: 109
  • Gender: Pria
  • Read! write! Revolt!
    • Read! write! Revolt!
Re: Pengamanan pada telpon
« Jawab #4 pada: April 28, 2009, 06:32:38 PM »
hm... agatha dikasi topiknya ama dosen ato ini topik kamu sendiri? aku kurang ngerti yg ginian.. tapi saranku, coba ngomong k dosen kamu masalah referensinya trus k gigapedia nyari bajakannya... moga2 ini bisa ngebantu...

Offline agathapie

  • Mahasiswa
  • **
  • Tulisan: 27
  • IQ: 11
Re: Pengamanan pada telpon
« Jawab #5 pada: April 28, 2009, 10:55:23 PM »
ide saya..
makanya untuk merealisasikannya saya butuh banyak saran..

jujur saja pengetahuan saya tentang tekhnik elektro sangat minim, ;)
makanya saya butuh banyak bimbingan silakan tanya saja yang kurang dimengerti dimananya..
akan saya coba menjelaskan konsep saya ini dengan sedetail-detailnya..

baik akan saya mulai dengan meanalogikan sesuatu..
agak susah juga ya klo dianalogikan ???

komunikasi yang bersifat rahasia tentu harus diamankan bukan... :angel:
baik,, jika kita inggin berkomunikasi dengan mengunakan telepon kabel tentu kita butuh suatu alat yang dapat mengenkripsikan suara kita... 8)
nah itu dia alat yang mau saya buat  >:D
alat dimana ada enkripsi pada c penelepon dan dekripsi pada yang di telepon... ;D

alat akan disambungkan dengan kabel rj11..
dari saluran ke rj11 dan dari rj11 akan di sambung  dengan alat enkripsi tersebut kemudian baru disambung ke telepon anda masing-masing ;)

bagaimana ada yang bisa nggasih ide apa c yang bisa saya gunakan dalam membuat hardware tersebut????
ayuuuuuu :kribo:
ada yang kurng jelas silakan tanyakan kembali dan jangan lupa ide2nya ya

Offline skuler

  • Staff
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 993
  • IQ: 109
  • Gender: Pria
  • Read! write! Revolt!
    • Read! write! Revolt!
Re: Pengamanan pada telpon
« Jawab #6 pada: April 29, 2009, 07:42:19 AM »
waow.. mantep ni idenya.... klo hardwer t.a lu jadi, bisa dijual mahal nii... pasti banyak organisasi teroris yg mau beli hardwer lu dengan harga slangit... wele2...

coba kamu PM oom mozzpunkz, dia itu jagoan telekomunikasi n sering dpanggil proyekan dibidang tesebut.... coba juga daftar ke milis2 n yahoogroup yg nyambung ama topik lu.

sedikit crita: klo saya kmaren t.a-nya topik punya sendiri jg... tapi karna gakuat ngerjainnya n gada yg bantuin, makanya minta dosen buat ganti topik saya.... wkwkwkwk........

buat agatha, judul, proposal ama krangka karangannya uda dibikin? jangan lupa di posting pkembangan t.a-nya di forsa yaak... gw pengen baca2 jg... penasaran... he666x...

Offline agathapie

  • Mahasiswa
  • **
  • Tulisan: 27
  • IQ: 11
Re: Pengamanan pada telpon
« Jawab #7 pada: April 29, 2009, 11:04:00 AM »
masiuh ada waktu 1 tahun 3 bulan lagi... ;)
kwkwkwk ;D
belum sama sekali coz masih banyak tugas yang lain numpuk :-[
target c bulan depan dah buat idea concept paper, trus bulan depan mau buat proposal,, target c.. :-X

lagi ngumpulin literatur ma klo bisa mau ambil les buat bikin hardware,,
ada yang bisa ngasih ide buat kesana??? :angel:

Offline skuler

  • Staff
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 993
  • IQ: 109
  • Gender: Pria
  • Read! write! Revolt!
    • Read! write! Revolt!
Re: Pengamanan pada telpon
« Jawab #8 pada: April 29, 2009, 11:20:37 AM »
dedlain t.a 1 taon? emang lu angkatan brapa?

Offline agathapie

  • Mahasiswa
  • **
  • Tulisan: 27
  • IQ: 11
Re: Pengamanan pada telpon
« Jawab #9 pada: April 29, 2009, 11:50:15 PM »
klo kullliah di tempat lain brapa lama???? ???
itu termaksud lama atau sebentar??? ???
ada ide buat TA dengan mengunakan mikon g????

klo ada mohon bantuannya lagi ya>>>> :kribo:

Offline insan sains

  • Moderator
  • Profesor
  • *****
  • Tulisan: 579
  • IQ: 68
  • Gender: Pria
  • Life is Beatiful
    • Insan Sains
Re: Pengamanan pada telpon
« Jawab #10 pada: Mei 09, 2009, 07:43:22 AM »
Kalo mau pengaman gitu, biasanya pake teknik cryptography

Cryptography (or cryptology; from Greek κρυπτός, kryptos, "hidden, secret"; and γράφω, gráphō, "I write", or -λογία, -logia, respectively)[1] is the practice and study of hiding information. In modern times cryptography is considered a branch of both mathematics and computer science and is affiliated closely with information theory, computer security and engineering. Cryptography is used in applications present in technologically advanced societies; examples include the security of ATM cards, computer passwords and electronic commerce which all depend on cryptography. (Wiki)
Menuju Indonesia sebagai THE COUNTRY MASTER OF TECHNOLOGY, 2030

Offline Too Payz

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 260
  • IQ: 7
Re: Pengamanan pada telpon
« Jawab #11 pada: Juni 26, 2009, 10:27:26 AM »
komunikasi yang bersifat rahasia tentu harus diamankan bukan... :angel:
baik,, jika kita inggin berkomunikasi dengan mengunakan telepon kabel tentu kita butuh suatu alat yang dapat mengenkripsikan suara kita... 8)
nah itu dia alat yang mau saya buat  >:D
alat dimana ada enkripsi pada c penelepon dan dekripsi pada yang di telepon... ;D
Wow keren-keren tugasnya, sep neh.  ;)
Klo dah jadi ngobrol yak.
Biasanya klo mau aman waktu telepon ada berbagai cara, seperti dengan teknik enkripsi, frekuensi komunikasi yang berbeda (tidak standar), dll.
Klo untuk telepon rumah si kayaknya emang harus dengan metode enkripsi neh.

G pernah buat si tp kasi ide aja, sapa tau berhasil  ^-^
Yang di enkripsi adalah sinyal suara yang di pancarkan dari orang 1 ke orang 2 dan sebaliknya.
Suara terdiri dari besaran frekuensi, amplitudo dan waktu.

Dengan Mikro ATmegaxxx (internal ADC)  bisa di buat, maka beberapa catatan :
- ATmega8535 adalah mikro 8 bit / 1 Byte.
- MP3 data samplingnya ambil yang 128 Kbps (Kilo bit Per Second) artinya : 128 x 1024 bit = 131.072 bit/ sec.
- konvert jadi data 1 Byte maka, 131.072 / 8 = 16.384 Byte / sec
- waktu konversi yang dibutuhkan  16.384 Byte/sec = 16,384 Byte/mS = 0,016384 Byte/uS
   bulatin ke bawah jadi 1 Byte / 100 uS (bulatin tidak ke atas biar perhitungan waktu tercepat).
- Waktu konversi ADC pada mikro 65 - 260 μs (tergantung kristal mikronya biar cepet pake 10MHz - 16 MHz)

Tar dari Audio ke ADC, ADC ke byte, bytenya dimanipulasi dengan teknik anda (enkripsi), kirim byte ke mikro penerima, byte di dekripsi (kembalikan data), byte ke ADC, ADC ke audio.

Kira-kira gitu deh,n coba kerjakan...
Moga berhasil n Good Luck .....  ;)
Klo Luck kabarin yah....  :D

Offline agathapie

  • Mahasiswa
  • **
  • Tulisan: 27
  • IQ: 11
Re: Pengamanan pada telpon
« Jawab #12 pada: Juni 30, 2009, 12:07:12 AM »
ok!! thx atas idenya ;D

Offline herlambang

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 157
  • IQ: 2
  • Gender: Pria
  • uh".. kimochi^^"
    • Discovering The Art and Technology
Re: Pengamanan pada telpon
« Jawab #13 pada: Juni 30, 2009, 12:53:13 AM »
komunikasi yang bersifat rahasia tentu harus diamankan bukan... :angel:
baik,, jika kita inggin berkomunikasi dengan mengunakan telepon kabel tentu kita butuh suatu alat yang dapat mengenkripsikan suara kita... 8)
nah itu dia alat yang mau saya buat  >:D
alat dimana ada enkripsi pada c penelepon dan dekripsi pada yang di telepon... ;D
Wow keren-keren tugasnya, sep neh.  ;)
Klo dah jadi ngobrol yak.
Biasanya klo mau aman waktu telepon ada berbagai cara, seperti dengan teknik enkripsi, frekuensi komunikasi yang berbeda (tidak standar), dll.
Klo untuk telepon rumah si kayaknya emang harus dengan metode enkripsi neh.

G pernah buat si tp kasi ide aja, sapa tau berhasil  ^-^
Yang di enkripsi adalah sinyal suara yang di pancarkan dari orang 1 ke orang 2 dan sebaliknya.
Suara terdiri dari besaran frekuensi, amplitudo dan waktu.

Dengan Mikro ATmegaxxx (internal ADC)  bisa di buat, maka beberapa catatan :
- ATmega8535 adalah mikro 8 bit / 1 Byte.
- MP3 data samplingnya ambil yang 128 Kbps (Kilo bit Per Second) artinya : 128 x 1024 bit = 131.072 bit/ sec.
- konvert jadi data 1 Byte maka, 131.072 / 8 = 16.384 Byte / sec
- waktu konversi yang dibutuhkan  16.384 Byte/sec = 16,384 Byte/mS = 0,016384 Byte/uS
   bulatin ke bawah jadi 1 Byte / 100 uS (bulatin tidak ke atas biar perhitungan waktu tercepat).
- Waktu konversi ADC pada mikro 65 - 260 μs (tergantung kristal mikronya biar cepet pake 10MHz - 16 MHz)

Tar dari Audio ke ADC, ADC ke byte, bytenya dimanipulasi dengan teknik anda (enkripsi), kirim byte ke mikro penerima, byte di dekripsi (kembalikan data), byte ke ADC, ADC ke audio.

Kira-kira gitu deh,n coba kerjakan...
Moga berhasil n Good Luck .....  ;)
Klo Luck kabarin yah....  :D



wow.. idenya bagus neh.. sip
tapi kalo telemetri kaya gitu (enkripsi) lebih baek ada CRC-nya yak?
soalnya kalo ga pake CRC pas ada yg korup jadi ga kebaca deh..

kalo proses sampling bisa cepet, sekarang gimana neh gan kalo ditambah proses enkripsi sama CRC rutinnya? kira2 mega8535 masih cukup cepat ga ya??
ato harus pake sekelas dsPIC?

dan kalo bandwith bwt pesawat telepon rumah kan 3000Hz (3KHz) kan gak gedhe2 amat kalo dibandingin sama mp3 stereo.. yang berkisar antara 30 - 12000 Hz (30Hz-12KHz) gimana kalo sampling ratenya dikecilin biar lebih cepat..

saia belum pernah buat neh yang model beginian.  ::)
BTW, kalo dah jadi share ya  ;D
built-in double watchdog! ^^"   *Problem Solved*

Offline Too Payz

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 260
  • IQ: 7
Re: Pengamanan pada telpon
« Jawab #14 pada: Juni 30, 2009, 06:16:39 AM »
Kutip
tapi kalo telemetri kaya gitu (enkripsi) lebih baek ada CRC-nya yak?
soalnya kalo ga pake CRC pas ada yg korup jadi ga kebaca deh..
Bacaan CRC (Cyclic Redundancy Check) : http://id.wikipedia.org/wiki/CRC
Untuk mencegah kesalahan transfer data memang seharusnya menambahkan CRC.
Masalahnya adalah harus menambahkan metode CRC tersebut yang juga menambah waktu proses selain itu, jika terjadi kesalahan data dan harus mengirim ulang "data tadi" maka bisa mengganggu proses pengiriminan data selanjutnya.
untuk komunikasi File, data, dll tidak akan masalah tetapi untuk komunikasi suara seperti telepon yang harus Real Time maka hal ini bisa sangat mengganggu.

Bagaimanapun tergantung si programer memilih yang mana, untuk programer profesional  8) akan menggunakan CRC agar memperkecil kesalahan data.

Kutip
dan kalo bandwith bwt pesawat telepon rumah kan 3000Hz (3KHz) kan gak gedhe2 amat kalo dibandingin sama mp3 stereo.. yang berkisar antara 30 - 12000 Hz (30Hz-12KHz) gimana kalo sampling ratenya dikecilin biar lebih cepat..
Yup memang harus disesuaikan dgn bandwith telepon, jika tidak akan terjadi kesalahan data.
Saya hanya memberikan contoh untuk konversi ADC pada mikro dengan waktu sampling tercepat.

Kutip
kalo proses sampling bisa cepet, sekarang gimana neh gan kalo ditambah proses enkripsi sama CRC rutinnya? kira2 mega8535 masih cukup cepat ga ya??
ato harus pake sekelas dsPIC?
Jika waktu sampling dikurangi ADC sesuai dengan bandwith telepon, menggunakan clock kristal yang besar dan metode CRC yang tepat maka ATmega8535 masih cukup untuk enkripsi dan metode CRC.   :-\

 

Related Topics

  Subyek / Dimulai oleh Jawaban Tulisan terakhir
4 Jawaban
8471 Dilihat
Tulisan terakhir September 18, 2008, 11:52:10 AM
oleh peregrin
Alergi Pada hidung

Dimulai oleh Cipoet « 1 2 3 » Kesehatan

31 Jawaban
108669 Dilihat
Tulisan terakhir Mei 03, 2011, 11:40:31 AM
oleh obbiq
Depresi pada Remaja

Dimulai oleh raisuien « 1 2 3 4 » Kesehatan

50 Jawaban
20495 Dilihat
Tulisan terakhir September 20, 2009, 06:03:59 AM
oleh phice
1 Jawaban
3606 Dilihat
Tulisan terakhir November 07, 2009, 01:16:21 AM
oleh Ipa 1 kelompok sains
0 Jawaban
3461 Dilihat
Tulisan terakhir November 29, 2009, 11:16:23 AM
oleh adalah