Selamat datang di ForSa! Forum diskusi seputar sains, teknologi dan pendidikan Indonesia.

Selamat datang, Pengunjung. Silahkan masuk atau mendaftar. Apakah anda lupa aktivasi email?

Februari 25, 2021, 06:13:35 PM

Masuk dengan nama pengguna, kata sandi dan lama sesi

Topik Baru

Artikel Sains

Anggota
Stats
  • Total Tulisan: 139620
  • Total Topik: 10383
  • Online Today: 118
  • Online Ever: 441
  • (Desember 18, 2011, 12:48:51 AM)
Pengguna Online
Users: 0
Guests: 31
Total: 31

Ikuti ForSa

ForSa on FB ForSa on Twitter

Penulis Topik: punya' ide caranya buat ngitung DEBIT AIR dari sebuah pipa gk ?  (Dibaca 3706 kali)

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

Offline ariarohman

  • Siswa Baru
  • *
  • Tulisan: 3
  • IQ: 1
  • Gender: Pria
punya' ide caranya buat ngitung DEBIT AIR dari sebuah pipa gk ?
« pada: Maret 09, 2010, 10:34:08 PM »
yang bisa tak pikirin cuman ngitung pake rotary encoder, cuman masalahnya kalibrasi luas pipa sama per sudut rotary-nya gimana yah ?? belum kecepantan air-nya ?? masa' harus mapake PWM ??

Offline ariarohman

  • Siswa Baru
  • *
  • Tulisan: 3
  • IQ: 1
  • Gender: Pria
Re: punya' ide caranya buat ngitung DEBIT AIR dari sebuah pipa gk ?
« Jawab #1 pada: Maret 09, 2010, 10:36:31 PM »
aku biasanya pake' ATMEGA8535 untuk mikrokontrolernya

Offline Too Payz

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 260
  • IQ: 7
Re: punya' ide caranya buat ngitung DEBIT AIR dari sebuah pipa gk ?
« Jawab #2 pada: Maret 14, 2010, 04:16:43 AM »
Kutip
masa' harus mapake PWM ??
Kalo pake PWM gimana caranya tuh??   ???   ???
Kutip
yang bisa tak pikirin cuman ngitung pake rotary encoder, cuman masalahnya kalibrasi luas pipa sama per sudut rotary-nya gimana yah ?? belum kecepantan air-nya ??
Iya bisa pakai rotari encoder.... Kalibrasinya secara langsung aja pada sistem plannya...
Menurutku ada 2 cara, pertama berdasarkan aliran debit air persatuan waktu atau cara kedua berdasarkan counter sensor rotary encoder..

Cara 1 : Debit aliran air (dgn catatan selalu konstan dan tidak berubah-ubah)
Sistem mengalirkan air dengan debit tetap 100 ml/detik, kalo benar-benar tetap maka cara ini efektif dan tepat. Gunakan Interupsi timer setiap 100 mS (tapi terserah) jadi setiap 1 kali interupsi berarti air mengalir 10 mL rotary encoder kurang berfungsi karena hanya mendeteksi adanya aliran air atau tidak.

Cara 2 : Counter Rotary Encoder
Gunakan patokan nilai counter rotary Encoder dengan aliran air..
Nyalakan aliran air selama beberapa waktu kemudian matikan...(atau ada cara lain).
Misal air terkumpul 625 mL dan Counter rotary Encoder menghitung 25637 maka
1 mL = 41,0192 counter.

Kira-kira begitu....
moga memberi pencerahaan   :angel:   :angel:

 

Related Topics

  Subyek / Dimulai oleh Jawaban Tulisan terakhir
0 Jawaban
3977 Dilihat
Tulisan terakhir Desember 24, 2008, 04:57:58 AM
oleh rawWARus
10 Jawaban
6937 Dilihat
Tulisan terakhir Mei 23, 2009, 12:33:06 PM
oleh nash
9 Jawaban
5416 Dilihat
Tulisan terakhir Mei 29, 2009, 05:26:52 AM
oleh insan sains
0 Jawaban
3208 Dilihat
Tulisan terakhir Februari 06, 2011, 09:39:55 AM
oleh brainbrain
15 Jawaban
7701 Dilihat
Tulisan terakhir Januari 29, 2012, 04:24:01 AM
oleh mhyworld