Selamat datang di ForSa! Forum diskusi seputar sains, teknologi dan pendidikan Indonesia.

Selamat datang, Pengunjung. Silahkan masuk atau mendaftar. Apakah anda lupa aktivasi email?

Desember 04, 2021, 01:43:57 PM

Masuk dengan nama pengguna, kata sandi dan lama sesi

Topik Baru

Artikel Sains

Anggota
Stats
  • Total Tulisan: 139668
  • Total Topik: 10408
  • Online Today: 34
  • Online Ever: 441
  • (Desember 18, 2011, 12:48:51 AM)
Pengguna Online
Users: 0
Guests: 21
Total: 21

Ikuti ForSa

ForSa on FB ForSa on Twitter

Penulis Topik: Timer buat ngatur kecepatan dinamo tamiya  (Dibaca 9351 kali)

0 Anggota dan 1 Pengunjung sedang melihat topik ini.

Offline zonsopgang

  • Asisten Dosen
  • ***
  • Tulisan: 93
  • IQ: 24
  • Gender: Pria
  • Dream Theater is my dream theater
Timer buat ngatur kecepatan dinamo tamiya
« pada: Juni 11, 2009, 12:32:37 PM »
dinamo tamiya biasa bisa diatur kecepatannya gak pake LM555, kalo siklusnya dikurangi jadi sekian %, misalnya 20%. ada yg bisa kasih pendapat gak??
Playing a lion being led to a cage
I turn from surreal to seclusion
From love to disdain
From belief to delusion
From a thief to a beggar From a god to God save me

Offline herlambang

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 157
  • IQ: 2
  • Gender: Pria
  • uh".. kimochi^^"
    • Discovering The Art and Technology
Re: Timer buat ngatur kecepatan dinamo tamiya
« Jawab #1 pada: Juni 22, 2009, 09:55:32 PM »
bisa bos.. PWM. 555bisa. rangkaian dibawah adalah contoh sedrhana aplikasi PWM dengan IC555. tingkat kegagalan bwt rangkaian ini kecil sekali. coba aja..



untuk IRFZ46N bisa diganti sesuai kebutuhan tergantung arus max.
dan bisa juga diganti dengan transistor. tapi direkomendasikan pake fet aja.

neh linknya :
http://www.dprg.org/tutorials/2005-11a/index.html
built-in double watchdog! ^^"   *Problem Solved*

Offline Too Payz

  • Dosen
  • ****
  • Tulisan: 260
  • IQ: 7
Re: Timer buat ngatur kecepatan dinamo tamiya
« Jawab #2 pada: Juni 24, 2009, 06:45:51 PM »
dinamo tamiya biasa bisa diatur kecepatannya gak pake LM555, kalo siklusnya dikurangi jadi sekian %, misalnya 20%. ada yg bisa kasih pendapat gak??
Aplikasi buat apa nih ?
Mobil robot ?
Kalo emang buat mobil robot pake aj mikro AVR ATmegaxxxx udah ada PWMnya tinggal d program. Bisa maju n mundur pake H-Bridge IC L298.

Tapi klo aplikasi selai robot sebaiknya pake yg dibilang Herlambang sederhana tuh n murah. tapi cuma bisa satu arah saja dan pengaturan Duty Cycle nya manual dari mengatur nilai VR1.

 

Related Topics

  Subyek / Dimulai oleh Jawaban Tulisan terakhir
10 Jawaban
20314 Dilihat
Tulisan terakhir Agustus 26, 2009, 02:46:06 AM
oleh ade_sugi
2 Jawaban
3143 Dilihat
Tulisan terakhir Desember 10, 2009, 04:53:47 PM
oleh frans3q
0 Jawaban
1737 Dilihat
Tulisan terakhir Desember 11, 2009, 04:08:53 AM
oleh lasari
4 Jawaban
6021 Dilihat
Tulisan terakhir Mei 15, 2010, 01:07:01 PM
oleh 0y1k
5 Jawaban
21131 Dilihat
Tulisan terakhir Agustus 09, 2018, 03:44:45 AM
oleh RizqiAlamsyah