Forum Sains Indonesia

Ilmu Terapan => Ilmu Teknik => Teknik Lingkungan => Topik dimulai oleh: reborn pada Februari 01, 2011, 09:27:17 AM

Judul: Artikel ForSa - Teknologi Alami Getah Kaktus Optimal Murnikan Air
Ditulis oleh: reborn pada Februari 01, 2011, 09:27:17 AM
Air bersih menjadi kebutuhan yang sangat penting. Berbagai macam alat dan teknologi dibuat dengan tujuan memudahkan untuk memperoleh air bersih. Tetapi layaknya sebuah teknologi, perlu pemahaman tentang bagaimana cara menggunakan dan merawatnya.

Norma Alcantar, seorang ilmuwan dari University of South Florida AS, melihat tidak menariknya teknologi pemurnian air yang ada saat ini, terutama bagi masyarakat di negara-negara berkembang, karena tidak semua orang bisa dan bersedia mempelajari dan melakukan kedua hal tersebut, akibatnya adalah alat dan teknologi tersebut diabaikan dan tidak digunakan sama sekali. Belum lagi biaya perawatan yang harus dikeluarkan demi menjaga tetap berfungsi optimalnya alat dan teknologi pemurnian air saat ini.

Baca selengkapnya

(http://www.forumsains.com/tpadmin/tp-images/Image/opuntia-ficus-indica.jpg)
Judul: Re: Artikel ForSa - Teknologi Alami Getah Kaktus Optimal Murnikan Air
Ditulis oleh: suprian pada Juni 20, 2011, 06:55:36 AM
sangat menarik,..hehe :) jikalau dilakukan pembudidayaan tanaman kaktus, sebagai hal inspirasi dikalangan menengah kebawah.. buat artikel ini, informasi lebih lanjutnya, harusnya menerangkan cara-cara,dan berapa banyak kaktus diperlukan untuk pemurnian, air dalam perliternya..
Judul: Re: Artikel ForSa - Teknologi Alami Getah Kaktus Optimal Murnikan Air
Ditulis oleh: Humaedy pada Juni 22, 2011, 04:46:04 AM
pertanyaanya bagaimana memproduksi getah kaktus dalam jumlah besar ??
Judul: Re: Artikel ForSa - Teknologi Alami Getah Kaktus Optimal Murnikan Air
Ditulis oleh: KImia Analis pada Juni 25, 2011, 11:34:22 AM
Berapa kilo getah kaktus yg dibuat untuk pemurnian air dlm 1 gentong/tandon? efektif tidak?
klo satu gelas aja oke :D


Efisien dan Efektif please  ::)
Judul: Re: Artikel ForSa - Teknologi Alami Getah Kaktus Optimal Murnikan Air
Ditulis oleh: des pada Juli 14, 2011, 02:22:26 AM
menarik juga tuh, mmg teramat banyak penelitian2 ataupun hasil skripsi mahasiswa Indonesia terutama, yg hanya menumpuk di kampus, gak ada gunanya. knpa? lha mending yang tepat guna kyk gini lebih jelas dan gampang manfaatnya. soal ukurannya getah yg dibutuhkan ya...biar dicoba sendiri aja masing masing
Judul: Re: Artikel ForSa - Teknologi Alami Getah Kaktus Optimal Murnikan Air
Ditulis oleh: slalu ingin tahu pada Agustus 03, 2011, 04:57:51 AM
hemmm... bagus juga ni...
berarti seperti flokulan gitu ya????
memangnya dalam getah kaktus itu mengandung senyawa apa??
ko bisa menggumpalkan???
Judul: Re: Artikel ForSa - Teknologi Alami Getah Kaktus Optimal Murnikan Air
Ditulis oleh: 47k pada Agustus 14, 2011, 03:09:34 AM
Friends, apakah ini b'arti kita cukup menanmkan tanaman kaktus ini saja untuk biarkan kaktus yg bekerja di dalam tanah? ataukah kita harus mensaring air ke dalam kaktus (baik diiris atau dicuci dgn kaktus) ?

namun cara kerjanya bagaimana? soalnya kapan kita tahu klo di bawah kita itu ada airnya atau ngak? lantaran apakah benar jika kaktus banyak air dijamin gak mati? karena tanah kita di Indonesia kan rata2 tanahnya tidak kering kan? mohon pencerahannya....

Judul: Re: Artikel ForSa - Teknologi Alami Getah Kaktus Optimal Murnikan Air
Ditulis oleh: Ammi Hamzah pada Oktober 25, 2011, 03:17:04 PM
Wah menarik. Kwenapa bisa menggumpalkan ya?
Kalo ada waktu besok cari kaktus ah insya allah.
Judul: Re:Artikel ForSa - Teknologi Alami Getah Kaktus Optimal Murnikan Air
Ditulis oleh: Monox D. I-Fly pada Agustus 23, 2013, 11:52:17 PM
lantaran apakah benar jika kaktus banyak air dijamin gak mati?

Bukannya kaktus itu kalo' kebanyakan air malah mati ya? Kalau nggak salah sih karena jadi busuk gitu...